Home » » TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 2

TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 19 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 5                                        : Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Olahraga Tradisional di Daerahku/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.5 Memahami makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
3.5.1 Mengidentifikasi karya seni budaya daerah.
4.17 Menceritakan makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
4.17. Mengklasifikasikan karya seni budaya Matematika setempat.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5.1 Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks tentang karapan sapi dengan tepat.
4.5.1 Menceritakan kembali teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan tepat.

 c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut.
2.1 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.7 Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan benda- benda konkret.
3.7.1 Menemukan sifat simetri bangun datar menggunakan benda konkret.
4.3.1 Membuktikan simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu.
4.3.1 Membuktikan simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca teks tentang pencak silat.
2.      Melakukan gerakan dasar pencak silat.
2.      Menghargai perbedaan olahraga kesukaan.
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diberikan kesempatan untuk mengamati gambar
o   Guru menggali informasi dari siswa dengan menanyakan pertanyaan terkait gambar mengenai karapan sapi
·        Apa hewan yang ada di gambar?
·        Apa yang dilakukan orang-orang pada gambar?
·        Apakah nama olahraga yang ada pada gambar?
o   Guru membacakan cerita mengenai karapan sapi.
o   Siswa menyimak cerita guru untuk memahami isi teks laporan.
o   Guru mengarahkan siswa untuk menceritakan petunjuk melakukan olahraga karapan sapi.
o   Siswa mendapatkan giliran untuk menceritakan kembali isi teks dengan lisan.
o   Guru membacakan cerita tentang Madura.
o   Siswa menyimak cerita guru.
o   Siswa diminta menggunting gambar bunga dan kupu-kupu.
o   Siswa menentukan jumlah simetri lipat pada gambar bunga dan kupu-kupu.
o   Siswa menjiplak potongan gambar.
o   Guru memberikan petunjuk kepada siswa untuk menjiplak buku tulis pada selembar kertas (ada gambar).
o   Guru memutarkan buku tulis di atas jiplakan buku (ada gambar).
o   Guru menanyakan kepada siswa apakah pojok kanan atas buku menempati pojok kanan bawah kertas jiplakan? (ada gambar).
o   Guru kembali memutarkan buku tulis (ada gambar).
o   Siswa mengidentifikasi apakah buku tulis yang diputar menempati garis pada jiplakan.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru jika saat buku diputar dapat menempati garis jiplakan dengan tepat, maka disebut simetri putar.
o   Siswa mencari 4 benda di sekitarnya seperti tempat pensil, penghapus, uang logam dan pensil.
o   Siswa membuat jiplakan untuk setiap benda.
o   Siswa memutarkan benda-benda tersebut hingga dapat menentukan jumlah simetri putar.
o   Siswa diberikan kesempatan untuk menceritakan mengenai karya seni dari daerah asalnya di depan kelas.
o   Siswa diperbolehkan untuk menyebutkan karya seni tersebut dalam bahasa daerahnya.
o   Siswa lain menyimak cerita temannya.
o   Guru mengakhiri pelajaran dengan menjelaskan kepada siswa bahwa kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan ridho-Nya kita dapat mempelajari berbagai karya seni yang berasal dari berbagai daerah

Remedial
o   Guru membimbing siswa memahami isi bacaan bagi siswa yang belum memahami.
o   Guru membahas kembali cara menentukan simetri putar pada bangun datar bagi siswa yang belum memahami.
o   Guru membahas kembali daerah asal karya seni budaya bagi siswa yang belum memahami.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan).
o   Guru menugaskan siswa menuliskan tata cara melakukan salah satu olahraga tradisional yang berasal dari daerahnya.
o   Guru menugaskan siswa untuk menemukan simetri putar pada benda benda konkret yang berada di halaman sekolah.
o   Guru menugaskan siswa untuk menggambar macam karya seni yang berasal dari daerahnya
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;        a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan: menceritakan kembali petunjuk tata cara olahraga tradisional, menemukan sifat simetri putar, mengenali berbagai karya seni dari berbagai daerah.

Keterangan :
Skor Penilaian
Skor =  x 100

Panduan Konversi Nilai:
Rentang score
Rentang Angka
Huruf
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
D (Kurang)

Penilaian Keterampilan
Penilaian Keterampilan: menemukan simetri putar melalui percobaan
Penilaian: Observasi (pengamatan).
No
Bagian Surat
Terlihat
Tidak Terlihat
1.
Mennetukan simetri putar pada setiap bangun datar



2.
Membedakan antara simetri lipat dan simetri putar.




H. Sumber dan Media
1.      Gambar Karapan Sapi
2.      Gambar motif batik berupa burung dan bunga
3.      Benda-benda konkret di sekitar kelas seperti pensil, jam dinding, penghapus
4.      Gambar-gambar karya seni seperti tari kecak,seni patung, batik, ukiran, bordir.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Tuliskanlah pengalamanmu di rumah saat bermain bersama anggota keluarga!


Pengalamanku bermain
di rumah

…………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
…………………………………………………………………
…………………………………………………………………. 


MEDIA
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 2

TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors