Home » » TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 1

TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 19 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 5                                        : Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Olahraga Tradisional di Daerahku/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
1.5.1 Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks tentang permainan/ dolanan tradisional.
4.5.1 Menceritakan kembali teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan tepat.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut.
2.1 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.7 Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan bendabenda konkret
4.3.1 Membuktikan simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu.
3.7.1 Menemukan sifat simetri bangun datar menggunakan benda konkret.
4.3.1 Membuktikan simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar

c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.5 Memahami makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
4.17 Menceritakan makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
3.5.1 Mengidentifikasi karya seni budaya daerah.
4.17 Mengklasifikasikan karya seni budaya setempat.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengenal olahraga tradisional.
2.      Mengidentifikasi seni tradisional.
3.      Melakukan percobaan menemukan simetri lipat pada benda konkret

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
·         Apakah olahraga kesukaanmu?
·         Apakah olahraga tradisional di daerahmu?
o   Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
o   Guru mengingatkan siswa mengenai olahraga egrang yang pernah dipelajari pada saat siswa duduk di kelas 1.
o   Guru menanyakan pendapat siswa mengenai olahraga egrang.
o   Siswa membaca teks laporan mengenai olahraga tradisional.

Olahraga Tradisional Indonesia
o   Indonesia memiliki banyak kegiatan olahraga tradisional.
o   Olahraga tradisional adalah olahraga asli yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia.
o   Olahraga tradisional yang terdapat di Indonesia dapat dilakukan oleh anak-anak ataupun orang dewasa.
o   Olahraga tradisional ada yang dikenal hanya di daerah asalnya saja. Ada juga yang terkenal sampai luar negeri.
o   Contoh olahraga tradisional Indonesia yang dikenal di luar negeri adalah karapan sapi, sepak takraw, dan pencak silat.
o   Karapan sapi adalah olahraga pacuan sapi yang berasal dari Madura.
o   Olahraga karapan sapi memerlukan dua ekor sapi untuk menarik kereta kayu.
o   Penunggang sapi, yang disebut joki sapi, berdiri di atas kereta kayu.
o   Joki sapi harus dapat mengendalikan kecepatan dan arah sapi berlari.
o   Panjang lintasan karapan jauhnya 100 meter.
o   Sepak takraw adalah olahraga bola tradisional. Bola sepak takraw terbuat dari rotan.
o   Olahraga ini berasal dari Sulawesi Selatan.
o   Walaupun menggunakan bola, pemain tidak diperbolehkan memegang bola.
o   Pemain hanya diperbolehkan memindahkan bola untuk melintasi net dengan kaki.
o   Sepak takraw dimainkan secara berkelompok.
o   Masing-masing kelompok terdiri atas 3 pemain.
o   Pencak silat adalah olahraga seni bela diri yang sudah berkembang sejak zaman dahulu.
o   Pencak silat berakar dari daerah Melayu.
o   Saat ini pencak silat terkenal di banyak daerah.
o   Pencak silat memiliki banyak jurus bergantung dari kebudayaan daerah asalnya.
o   Guru mengamati kegiatan membaca siswa dan membimbing siswa untuk memahami isi teks laporan.
o   Siswa menjawab petanyaan berkaitan dengan teks laporan yang dibaca.
o   Siswa mendiskusikan jawaban yang diberikan
o   Guru mengondisikan siswa ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
o   Guru memberikan bahan bahan untuk membuat layang-layang kepada setiap kelompok.
o   Setiap kelompok membuat layang-layang dengan petunjuk dari guru.
o   Guru mengajukan beberapa pertanyaan yaitu,
·         Apakah kamu senang bermain layanglayang?
·         Apa kesulitan dalam membuat layanglayang?
·         Bagaimana bentuk layang-layang?
o   Siswa diminta untuk melipat layang laying secara vertikal. Siswa menebalkan bekas lipatannya denga spidol berwarna.
o   Siswa diminta untuk melipat layang-layang secara horizontal. Siswa menebalkan bekas lipatannya denga spidol berwarna
o   Guru mengajukan pertanyaan yaitu,
·         Apakah lipatan vertikal dapat membagi layang layang dua bagian sama besar?
·         Apakah lipatan horizontal dapat membagi layang layang dua bagian sama besar?
o   Siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan.
o   Guru menjelaskan bahwa jika bangun datar dapat dilipat sehingga menghasilkan dua bagian tepat sama besar, maka bangun datar tersebut memiliki simetri lipat. Bekas lipatannya disebut sumbu simetri.
o   Setiap siswa menggambar bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga sama sisi pada kertas lipat berwarna.
o   Setelah digambar, setiap gambar bangun datar tersebut digunting sesuai garis.
o   Siswa melakukan percobaan menemukan simetri lipat pada setiap bangun datar yang ada.
o   Siswa menuliskan jumlah simetri lipat pada setiap bangun datar pada lembar pengamatan.
o   Siswa membaca teks bacaan mengenai karya seni daerah.
o   Guru membimbing siswa untuk memahami teks bacaan
o   Guru menunjukkan gambar layang laying dengan berbagai motif.
o   Guru menjelaskan bahwa layang-layang adalah salah satu permainan tradisional
o   Indonesia yang memiliki banyak motif
o   Guru membimbing siswa untuk menggambar layang-layang.
o   Siswa menggambar layang-layang dan menghias gambar layang-layang dengan motif batik.
o   Siswa mengamati gambar berbagai permainan tradisional seperti wayang orang, pertunjukkan ketoprak, ludruk, dan wayang kulit.
o   Guru menjelaskan bahwa permainan tradisional dapat bernilai seni tinggi.
o   Guru memberikan contoh permainan tradisional Indonesia yang sudah sangat dikenal masyarakat, bahkan mancanegara
o   adalah seni pertunjukkan wayang
o   Siswa mencari informasi daerah usul wayang kulit, wayang orang, dan wayang golek.
o   Siswa membaca teks.
o   Siswa menghubungkan isi teks dengan gambar yang sesuai.

Remedial
o   Guru membimbing siswa memahami isi bacaan bagi siswa yang belum memahami.
o   Guru membahas kembali cara menentukan simetri lipat pada bangun datar bagi siswa yang belum memahami.
o   Guru membahas kembali daerah asal karya seni tradisional bagi siswa yang belum memahami.


Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
o   Guru menugaskan siswa untuk menentukan simetri lipat pada bangun datar lainnya seperti segitiga sama kaki, trapesium dan segilima.
o   Guru menugaskan siswa mencari informasi mengenai karya seni yang berasal dari daerahnya masing-masing

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027




2. Penilaian Pengetahuan
Memahami teks laporan, mengidentifikasi daerah asal karya seni
tradisional.

Keterangan :
Skor Penilaian
Skor =  x 100

Panduan Konversi Nilai:
Rentang score
Rentang Angka
Huruf
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
D (Kurang)

3. Penilaian Keterampilan
a. Menemukan simetri lipat melalui percobaan.
Penilaian: Observasi (pengamatan).
No
Bagian Surat
Terlihat
Tidak Terlihat
1.
Menentukan bentuk bangun datar.


2.
Menetukan simetri lipat pada setiap
bangun datar.



F. Sumber dan Media
1.      Gambar karya seni tradisional seperti tarian, lukisan, kain batik, kain tenun, dan patung.
2.      Layang-layang
3.      Kertas lipat berwarna
4.      Penggaris
5.      Spidol



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepat!

1.   Apakah yang dimaksud dengan olah raga tradisional?

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2.   Siapakah yang bertugas mengendalikan sapi pada olah raga karapan sapi?

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3.   Bagaimanakah cara melakukan olah raga sepak takraw?

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4.   Mengapa pencak silat memiliki banyak jurus?

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

MEDIA

TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors