Home » » TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 6

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 10 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : VI/ II
Tema 7                                       : Kepemimpinan di sekitarku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Pemimpin Idolaku / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima adanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat yang mengatur kehidupan manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia.
2.2 Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
3.3 Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Menyimpulkan isi teks pidato persuasif tentang pengamalan sikap cinta tanah air.
4.3 Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Membawakan teks pidato persuasif tentang pentingnya pengamalan nilai budaya sebagai wujud cinta tanah air.

b) SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.4 Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan
3.5 Memahami nilai-nilai yang melekat dalam unsurunsur budaya daerah dalam bahasa daerah
3.5.1 Menyampaikan apresiasi terhadap makna lagu dan artinya setelah bernyanyi.
4.6 Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan.
4.6.1 Mempraktikan perbedaan suara saat menyanyikan lagu daerah.
c) Evaluasi

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :

  1. Menyanyi lagu Sarinande dengan teknik dua suara.
  2. Berpidato dihadapan adik kelas.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kepemimpinan di sekitarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menempelkan atau menulis lagu Sarinande di papan tulis.
o   Setelah kemarin mencoba menyanyikan lagu tersebut, guru mengajak siswa berlatih menyanyikannya lagi.
o   Siswa mendiskusikan kembali arti dan makna lagu "Sarinande".
o   Siswa menuliskan perasaannya setelah kemarin mereka menyanyikan lagu tersebut dan menyampaikan hasil tulisannya kepada teman di sebelah.
o   Guru dapat menambahkan informasi tentang lagu tersebut apabila memungkinkan.
o   Siswa menyanyikan lagu "Sarinande" dengan suara satu. Guru memperhatikan mereka dan memberikan bimbingan. Kegiatan dilakukan beberapa kali.
o   Guru meminta seluruh siswa menyanyi dengan menggunakan suara dua.
o   Guru memperhatikan siswa dan memberikan bimbingan.
o   Guru menerangkan kepada siswa bahwa untuk menghasilkan harmonisasi yang baik, terkadang dalam menyanyi bersama dilakukan pembagian dua suara. Siswa kemudian dibagi menjadi dua kelompok dengan jumlah anggota sama banyak. Kelompok pertama akan menyanyi dengan suara satu dan kelompok ke dua akan menyanyi dengan suara dua.
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila mengalami kesulitan.
o   Guru kemudian meminta seluruh siswa menyanyi dengan pembagian suara dan guru mendengarkan. Saat ini guru bisa mengamati bagaimana sikap siswa bernyanyi, bagaimana mereka melakukan pernafasan, apakah artikulasi jelas dan apakah nadanya membutuhkan perbaikan. Guru memberikan bimbingan kepada mereka yang membutuhkan. Kegiatan dilakukan dua kali agar siswa dapat menyanyikan lagu dengan serempak dan harmonis.
o   Guru melanjutkan penilaian siswa yang telah dimulai kemarin dengan menggunakan rubrik.
o   Guru meminta setiap siswa menyiapkan diri untuk berpidato di depan adik kelas. Setiap siswa diberi kesempatan untuk berpidato selama 2 menit.
o   Guru mengingatkan setiap siswa untuk berpidato dengan percaya diri. Guru mengajak siswa ke luar kelas dan meminta mereka menempati tempat yang sudah disiapkan. Guru dapat membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Siswa dapat berpidato di hadapan 5 adik kelas.
o   Sebelum pelaksanaan, guru sudah berkoordinasi dengan guru kelas lain.
o   Guru dapat membagi adik kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kondisi yang ada. Upayakan agar waktu pelaksanaan tidak lebih dari 10 menit untuk semua siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak kelompok adik kelas yang akan mendengarkan pidato.
o   Guru meminta guru dari kelas lain untuk membantu penilaian siswa. Rubrik penilaian dapat diperbanyak sesuai dengan kebutuhan.
o   Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan rubrik. Siswa diberitahu hal-hal apa saja yang akan dinilai. Guru dapat membacakan rubriknya dan membahasnya.

EVALUASI
o   Guru meminta siswa mengerjakan evaluasi di buku masing-masing atau di kertas HVS.
o   Siswa diingatkan tentang nilai kejujuran dan percaya diri saat mengerjakan tugas.
o   Setelah seluruh siswa selesai mengerjakan soal, guru meminta merekamengisi bagian refleksi, kemudian buku dikumpulkan.
o   Guru mengembalikan buku di hari berikutnya.
o   Guru memberi masukan terhadap jawaban siswa.
o   Siswa diminta untuk memperlihatkan hasilnya kepada orang tua untuk didiskusikan.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.

Pengayaan
o   Kegiatan musik bisa dilakukan oleh guru musik apabila tersedia. Setelah lagu
o   Sarinande, kegiatan menyanyi dapat juga dilakukan dengan lagu dari daerah yang berbeda.

Remedial
o   Bagi siswa yang kesulitan menyanyi dengan pembagian dua suara dapat dilatih beberapa kali oleh guru. Bimbinglah siswa untuk bisa berkonsentrasi saat bernyanyi

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian
1. SBdP
Penilaian saat bernyanyi dilakukan dengan rubrik.

 
2. Bahasa Indonesia
Pidato persuasif dinilai dengan menggunakan rubrik.



3. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (menghargai).
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.

G.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1. Kertas HVS
2. Alat musik yang dikuasai (recorder, gitar) oleh guru



Mengetahui,                                                                 Beureunuen, …,……………...2017
Kepala SD 3 Beureunuen                                            Guru Kelas VI B,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                              JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                    NIP. 19780714 200801 2 001



Lembar Kerja Siswa
(LKS)
EVALUASI
1. Gunakan 6 buah kancing atau tutup botol yang
diberi angka 1 – 6 untuk melakukan percobaan
berikut. Lemparkan ke-6 kancing/tutup botol
secara bersamaan. Lakukan 10 kali lemparan.
Saat kamu melempar kancing/tutup botol
sebanyak 10 kali,
a. Berapakah peluang untuk bilangan genap?
b. Berapakah peluang untuk bilangan ganjil?
c. Berapakah peluang untuk angka 3?
 
2. Ibu Rio memiliki tas plastik berisi 3 macam buah: nanas, pisang, dan jeruk.
Rio berharap mendapatkan buah pisang.
Lakukanlah percobaan untuk mengetahui peluang dari buah pisang.
Lakukan percobaan sebanyak 10 kali. Kamu bisa menggunakan 3 kertas
yang masing-masing bergambar tiap jenis buah.

3. Isilah diagram Frayer tentang campuran berikut.
 
4. Sebutkan caramu untuk menjaga persatuan dan kesatuan!

............................................................................................................................................................... 
............................................................................................................................................................... 
...............................................................................................................................................................  
............................................................................................................................................................... 
...............................................................................................................................................................
   
5. Apa hubungan antara bupati, lurah/kepala desa, ketua RT dan ketua RW? 


............................................................................................................................................................... 
............................................................................................................................................................... 
...............................................................................................................................................................  
............................................................................................................................................................... 
...............................................................................................................................................................

MEDIA

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 6

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 6


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors