Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 1

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 11 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                   : Cita-Citaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Giat Berusaha Meraih Cita-cita/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menjawab dan membuat pertanyaan tentang teks cerita petualangan
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Bermain peran tentang teks cerita petualangan dengan menggunakan kosakata baku

b) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Membuat daftar cita-cita dan usaha yang perlu diraih untuk mencapai cita-cita
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1 Menceritakan interaksi yang dilakukannya dengan lingkungan sosial yang berkaitan dengan citacitanya

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.3. Memahami manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat
3.3.1 Menyebutkan manfaat keberagaman sifat individu di sekolah
4.3. Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3.1 Menunjukkan kerja sama dengan teman dalam kegiatan bermain peran

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Mengenal tentang astronaut
  2. Melakukan wawancara
  3. Mempraktikkan drama
  4. Menganalisis keberagaman individu

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks bacaan tentang Lani yang bercita-cita ingin menjadi seorang astronaut.
o   Siswa menjawab beberapa pertanyaan secara Individu
o   Guru berkeliling melihat jawaban siswa.
o   Minta siswa melakukan strategi dalam membaca, misalnya menggarisbawahi kata atau kalimat penting untuk membantunya dalam menjawab pertanyaan.
o   Ingatkan siswa untuk menulis dengan rapi dan menggunakan kosakata baku
o   Siswa menuliskan pertanyaan tentang hal-hal lain yang ingin ia ketahui lebih lanjut.
Siswa menukarkan pertanyaannya dengan pertanyaan temannya. Mereka dapat saling menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut
o   Guru meminta beberapa siswa untuk berbagi tentang pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka buat berikut jawabannya. Tanyakan perasaan mereka tentang pengetahuan yang mereka dapatkan dengan berbagi informasi.
o   Siswa mencari tahu tentang cita-cita beberapa teman di kelas, paling sedikit 5 siswa.
Ia akan bertindak sebagai wartawan yang akan mewawancarai teman-temannya.
Siswa membuat pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada temannya dalam wawancara tersebut
Jika siswa terlihat belum dapat membuat pertanyaan secara mandiri, guru dapat
mengajak siswa untuk berdiskusi secara berpasangan atau berkelompok dengan teman-temannya. Hal ini untuk memancing munculnya kepercayaan diri siswa
o   Siswa mencatat informasi yang ia dapatkan dalam tabel yang tersedia.
o   Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan kegiatan wawancara tadi.
o   Siswa mencoba mempraktikkan sebuah drama tentang isi bacaan tadi dengan seorang temannya.
o   Siswa diharapkan dapat membuat naskah dramanya terlebih dahulu dengan menggunakan kata-kata sendiri. Hal ini untuk meningkatkan kreativitasnya.
o   Siswa meminta beberapa pasangan lain untuk melihatnya bermain peran bersama pasangannya.
o   Guru mengingatkan siswa agar selalu menggunakan kosakata baku, pengucapan yang keras dan jelas, intonasi atau nada suara yang tepat, serta ekspresi wajah dan tubuh yang sesuai dalam penampilan drama tersebut
o   Siswa melakukan refleksi tentang penampilannya bermain peran tadi dengan menuliskan pendapatnya serta hal-hal apa saja yang masih perlu diperbaiki
o   Siswa menganalisis karakter tiap individu di dalam kelasnya dengan bantuan pertanyaanpertanyaan yang ada di buku siswa.
o   Siswa menuliskan manfaat dari keberagaman sifat diri mereka, minimal sebanyak 2!
o   Siswa mengetahui bahwa sikap bekerja sama adalah sikap yang sangat penting dalam
usahanya untuk meraih cita-citanya. Tanpa kerja sama, kita tidak akan mencapai hasil yang maksimal.
Siswa menyebutkan paling sedikit 3 cita-cita atau pekerjaan yang mengharuskannya untuk bekerja sama dengan orang lain. Siswa menuliskan contoh kerja sama yang dilakukan dalam cita-cita atau pekerjaan tersebut nantinya. Siswa menuliskannya di dalam bagan yang tersedia
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Siswa membuat pertanyaan-pertanyaan lain yang ingin ia ketahui tentang cita-citanya dan dapat mendiskusikannya dengan guru.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.)
o   Siswa yang belum mampu menampilkan kegiatan bermain peran sesuai kriteria yang diharapkan akan berlatih dengan guru. Kegiatan remedial dilakukan selama 30 menit setelah waktu sekolah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. Daftar periksa tentang teks bacaan (Bahasa Indonesia )
Beri tanda pada kolom yang sesuai
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menjawab 5 pertanyaan tentang teks bacaan


2
Siswa mampu membuat minimal 3 pertanyaan tentang teks bacaan



2. Daftar periksa kegiatan membuat daftar cita-cita (IPS)
Beri tanda √ pada kolom yang sesuai
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu membuat minimal 3 pertanyaan untuk tugas wawancara


2
Siswa mampu mengisi tabel dengan benar



3. Rubrik kegiatan bermain peran (Bahasa Indonesia)
Beri tanda pada kolom yang sesuai.

Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Perlu berlatih
lagi
Penggunaan
Kosakata baku
Siswa mampu
menggunakan
kosakata baku
di sepanjang
penampilannya
Siswa mampu
menggunakan
kosakata baku di
sebagian besar
penampilannya
Siswa sedikit
menggunakan
kosakata
baku dalam
penampilannya
Siswa tidak
mampu
menggunakan
kosakata
baku dalam
penampilannya
Pengucapan
Siswa mampu
menunjukkan
pengucapan yang keras dan jelas
di sepanjang
penampilannya.
Siswa mampu
menunjukkan
pengucapan
yang keras dan jelas di sebagian besar penampilannya.
Siswa sedikit
menunjukkan
pengucapan
yang keras dan
jelas dalam
penampilannya
Siswa tidak
mampu
menunjukkan
pengucapan
yang keras dan
jelas dalam
penampilannya.
Intonasi atau
nada suara
Siswa mampu
menunjukkan
intonasi atau
nada suara
yang tepat
di sepanjang
penampilannya
Siswa mampu
menunjukkan
intonasi atau
nada suara
yang tepat
di sebagian
penampilannya
Siswa sedikit
menunjukkan
intonasi atau
nada suara yang
tepat dalam
penampilannya
Siswa tidak
mampu
menunjukkan
intonasi atau
nada suara yang
tepat dalam
penampilannya
Ekspresi
wajah dan
tubuh
Siswa mampu
menunjukkan
ekspresi wajah
dan tubuh
yang sesuai
di sepanjang
penampilannya
Siswa mampu
menunjukkan
ekspresi wajah
dan tubuh
yang sesuai di
sebagian besar
penampilannya

Siswa sedikit
menunjukkan
ekspresi wajah
dan tubuh yang
sesuai dalam
penampilannya.

Siswa tidak
mampu
menunjukkan
ekspresi wajah
dan tubuh yang
sesuai dalam
penampilannya

4. Daftar periksa tentang sikap bekerja sama (PPKn)
Beri tanda √ pada kolom yang sesuai

No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menuliskan minimal 2 manfaat dari keberagaman sifat diri yang dimilikinya dan teman-temannya


2
Siswa mampu menuliskan dalam bagan paling sedikit 3 cita-cita atau pekerjaan yang mengharuskan kita untuk bekerja sama
dengan orang lain.



5. Penilaian Sikap (percaya diri, bekerja sama, giat berusaha).


F. Sumber dan Media

  • Buku Guru
  • Buku Siswa
  • Gambar-gambar tentang astronaut dan ruang angkasa (bila ada).



Mengetahui,                                                                        Tijue, 19 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!
Tukarkan

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 1



MEDIA

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 1
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors