Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 4

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 21 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 5                                    : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.4 Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topic tertentu.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.8.2 Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.2 Menggambar sisi bangun ruang berupa segi tiga, segi empat dan segi enam dengan ukuran tertentu


d) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.3 Menjelaskan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
2.      Unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.      Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan apersepsi.
o   Guru memperlihatkan gambar kamar mandi yang bersih dan kamar mandi yang kotor. (gambar dari koran atau internet atau sumber lain).
o   Siswa diminta mengamati dan membedakan kedua kamar mandi tersebut!
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Ayah membersihkan kamar mandi (mengamati).
o   Siswa memahami teks bacaan tentang membersihkan kamar mandi.
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  1. Apa yang dilakukan Ayah?
  2. Mengapa kamar mandi harus bersih?
  3. Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaantentang hasil pengamatannya.
  4. Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
  5. Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
  6. Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar bak kamar mandi dengan cermat.
o   Siswa melengkapi tabel dengan mengisi banyak sisi, banyak sudut, banyak sisi segiempat
o   Siswa mengidentifikasi bentuk sisi bak mandi, kemudian menggambar bentuk bak mandi di rumah masing-masing.
o   Jawaban siswa ditampung, misalkan ada bentuk yang lain maka dibahas bersama siswa.
o   Misalkan tabung, tabung memiliki sisi lengkung. Sedangkan kelas 2 masih mempelajari bangun sisi datar
o   Siswa menggambar sisi bak mandi di rumahnya masingmasing.
o   Beberapa bentuk sisi bangun ruang
o   Guru melakukan bimbingan dalam menggambar sisi bak mandi di rumah masing-masing. Jika menemui bangun ruang sisi lengkung, arahkan ke bangun sisi datar. Misal menggambar bak mandi sekolah atau benda lain yang serupa.
o   Guru memberikan penjelasan cara mencuci gayung dengan benar. Guru memberikan contoh cara menggosok dengan sabun dan spon/kain dan membilasnya.
o   Siswa menulis cerita tentang cara membersihkan kamar mandi di rumah.
o   Ada bebera hal penting dalam menulis cerita sederhana.
  1. Membuat kerangka cerita.
  2. Mengembangkan kerangka cerita.
o   Guru melakukan bimbingan, jika terdapat siswa kesulitan guru dapat memberikan arahan atau bantuan.

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah bisa menggambar bak mandi di rumahnya dengan benar, maka guru dapat memberikan penugasan menggambar peralatan mandi yang memiliki sisi datar.
o   Jika siswa sudah bisa menulis cerita dengan benar, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan menulis cerita dalam bentuk tulisan tegak bersambung.
o   Jika siswa sudah bisa membersihkan kamar mandi, maka guru dapat memberikan tugas menjelaskan cara membersihkan ruangan tidur atau ruang yang lain
o   Jika siswa sudah bisa membuat pertanyaan tentang contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan tepat, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan dengan membuat pertanyaan dengan teks dan gambar yang baru.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan menggambar sisi bak mandi, maka guru dapat memberikan latihan menggambar kubus atau balok dan memberi tugas menggambar bangun balok atau kubus di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menulis cerita, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam penulisan cerita sederhana dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menjelaskan cara membersihkan kamar mandi, maka guru dapat melakukan bimbingan khusus dan menjelaskan ulang.
o   Jika siswa masih kesulitan dalam membuat pertanyaan tentang contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, maka guru dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif tentang kemampuan siswa membuat pertanyaan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Menulis bangun datar dari permainan tapak gunung.
Jawaban:
   Banyak sisi bak mandi = 5
   Banyak sudut segiempat = 4
   Banyak sisi segiempat = 4

b. Menentukan banyak sisi kamar mandi di rumah.
Jawaban:
segiempat. Sesuaikan jawaban siswa, kemudian dibahas

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

Kriteria
Terlihat
Belum terlihat
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Menggambar Bentuk Kamar Mandi di Rumah.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kebenaran
Konsep
Gambar sudut
dan sisi benar
dan sesuai aturan
menggambar
bangun ruang.
Gambar sudut dan sisi benar dan ada beberapa gambar yang tidak rapi
Ada beberapa
gambar sudut
dan sisinya tidak tepat
Ada beberapa
gambar sudut
dan sisinya tidak tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru


2
Kerapian
Seluruh gambar
rapi dan bersih
Terdapat sebagian
kecil gambar tidak rapi
Terdapat setengah
dari gambar tidak rapi
Sebagian besar
gambar tidak rapi

c. Menulis Cerita Berdasarkan Gambar
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan guru.
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat
namun dilakukan
tanpa bimbingan
guru

Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan huruf
kapital, kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata yang lengkap
Terdapat sebagian kecil penulisan
kata yang kurang lengkap
Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum lengkap

Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
tema mencuci
tangan
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai

Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya juga kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.      Gambar Kamar Mandi yang Bersih.
3.      Gambar Kamar Mandi yang Jorok.




Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                                       NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat
























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Bak mandi Siti berbentuk bangun ruang. Setiap sisinya berbentuk segiempat.


Lengkapilah tabel berikut !


MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 4

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors