RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran :
Hidup Bersih dan Sehat di Rumah/ 4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.4
Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topic tertentu.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1
Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD
yang benar.
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.8
Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam
beraturan.
3.8.2
Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
4.6
Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.2
Menggambar sisi bangun ruang berupa segi tiga, segi empat dan segi enam dengan
ukuran tertentu
d) PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku
bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
3.2.3
Menjelaskan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1
Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks
cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia
2.
Unsur-unsur
yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.
Tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan
apersepsi.
o
Guru
memperlihatkan gambar kamar mandi yang bersih dan kamar mandi yang kotor.
(gambar dari koran atau internet atau sumber lain).
o
Siswa diminta
mengamati dan membedakan kedua kamar mandi tersebut!
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar Ayah membersihkan kamar mandi (mengamati).
o
Siswa memahami
teks bacaan tentang membersihkan kamar mandi.
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar bak kamar mandi dengan cermat.
o
Siswa melengkapi
tabel dengan mengisi banyak sisi, banyak sudut, banyak sisi segiempat
o
Siswa
mengidentifikasi bentuk sisi bak mandi, kemudian menggambar bentuk bak mandi
di rumah masing-masing.
o
Jawaban siswa
ditampung, misalkan ada bentuk yang lain maka dibahas bersama siswa.
o
Misalkan tabung,
tabung memiliki sisi lengkung. Sedangkan kelas 2 masih mempelajari bangun
sisi datar
o
Siswa menggambar
sisi bak mandi di rumahnya masingmasing.
o
Beberapa bentuk
sisi bangun ruang
o
Guru melakukan
bimbingan dalam menggambar sisi bak mandi di rumah masing-masing. Jika
menemui bangun ruang sisi lengkung, arahkan ke bangun sisi datar. Misal
menggambar bak mandi sekolah atau benda lain yang serupa.
o
Guru memberikan
penjelasan cara mencuci gayung dengan benar. Guru memberikan contoh cara
menggosok dengan sabun dan spon/kain dan membilasnya.
o
Siswa menulis
cerita tentang cara membersihkan kamar mandi di rumah.
o
Ada bebera hal
penting dalam menulis cerita sederhana.
o
Guru melakukan
bimbingan, jika terdapat siswa kesulitan guru dapat memberikan arahan atau
bantuan.
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika siswa sudah
bisa menggambar bak mandi di rumahnya dengan benar, maka guru dapat memberikan
penugasan menggambar peralatan mandi yang memiliki sisi datar.
o
Jika siswa sudah
bisa menulis cerita dengan benar, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan
menulis cerita dalam bentuk tulisan tegak bersambung.
o
Jika siswa sudah
bisa membersihkan kamar mandi, maka guru dapat memberikan tugas menjelaskan
cara membersihkan ruangan tidur atau ruang yang lain
o
Jika siswa sudah
bisa membuat pertanyaan tentang contoh perilaku yang sesuai dengan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan tepat, maka guru
dapat memberikan latihan lanjutan dengan membuat pertanyaan dengan teks dan
gambar yang baru.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa masih
kesulitan menggambar sisi bak mandi, maka guru dapat memberikan latihan
menggambar kubus atau balok dan memberi tugas menggambar bangun balok atau
kubus di rumah.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menulis cerita, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam
penulisan cerita sederhana dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menjelaskan cara membersihkan kamar mandi, maka guru dapat
melakukan bimbingan khusus dan menjelaskan ulang.
o
Jika siswa masih
kesulitan dalam membuat pertanyaan tentang contoh perilaku yang sesuai dengan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, maka guru dapat
memberikan bimbingan yang lebih intensif tentang kemampuan siswa membuat pertanyaan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.
Menulis bangun datar dari permainan tapak gunung.
Jawaban:
•
Banyak sisi bak mandi = 5
•
Banyak sudut segiempat = 4
•
Banyak sisi segiempat = 4
b.
Menentukan banyak sisi kamar mandi di rumah.
Jawaban:
segiempat.
Sesuaikan jawaban siswa, kemudian dibahas
3. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum terlihat
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat
tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b.
Menggambar Bentuk Kamar Mandi di Rumah.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kebenaran
Konsep
|
Gambar sudut
dan sisi benar
dan sesuai aturan
menggambar
bangun
ruang.
|
Gambar sudut dan sisi benar dan ada beberapa gambar yang tidak rapi
|
Ada beberapa
gambar sudut
dan sisinya tidak tepat
|
Ada beberapa
gambar sudut
dan sisinya tidak tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
|
2
|
Kerapian
|
Seluruh gambar
rapi dan bersih
|
Terdapat sebagian
kecil gambar tidak rapi
|
Terdapat setengah
dari gambar tidak rapi
|
Sebagian besar
gambar tidak rapi
|
c.
Menulis Cerita Berdasarkan Gambar
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan guru.
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat
namun dilakukan
tanpa bimbingan
guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan huruf
kapital, kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata yang lengkap
|
Terdapat sebagian kecil penulisan
kata yang kurang lengkap
|
Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum lengkap
|
|
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
tema mencuci
tangan
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.
Gambar Kamar Mandi yang Bersih.
3. Gambar Kamar Mandi yang Jorok.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Lengkapilah tabel berikut !
MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment