Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 5

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 22 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 5                                    : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.8 Mengetahui konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.3 Mengidentifikasi pola gerak dasar sikap kapal terbang dalam aktivitas senam.
3.5.4 Mengidentifikasi pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki dalam aktivitas senam.
3.5.5 Mengidentifikasi pola gerak dasar menolak dalam aktivitas senam.
4.6 Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun,melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.3 Melakukan gerakan sikap kapal terbang.
4.5.4 Berdiri dengan satu kaki dalam berbagai aktivitas.
4.5.5 Melakukan gerakan menolak dengan tangan.
4.5.6 Melakukan gerakan menolak dengan kaki..

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
3.2.4 Mengemukakan pendapat tentang manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.

c) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan ermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.2.4 Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topic tertentu.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah di tulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan
2.      Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Alternatif Pembelajaran:
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan apersepsi.
o   Guru menyampaikan pentingnya melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan kita.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan keluarga berjalan-jalan ke sawah (mengamati).
o   Siswa mengamati masing-masing gerakan yang dilakukan Siti dan Ali.
o   Siswa memahami teks bacaan tentang kegiatan Siti di sawah.
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  • Gerakan apakah yang dilakukan Siti?
  • Gerakan apakah yang dilakukan Ali?
  • Dapatkah kamu melakukan gerakan Siti dan Ali?
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.

Latihan keseimbangan dengan sikap kapal terbang.
o   Tujuan: melatih kekuatan otot–otot tungkai dan menjaga keseimbangan

Cara melakukan:
o   Berdiri tegak, kedua kaki rapat dan kedua tangan di samping badan.
o   Rentangkan kedua lengan, badan dibungkukkan ke depan.
o   Angkat salah satu kaki perlahan – lahan lurus ke belakang, hingga badan dan kaki membentuk satu garis horizontal, sedangkan kepala tetap menengadah (sikap kapal terbang)
o   Setelah seimbang, nagkat tumit kaki tumpu dan pertahankan posisi ini selama 8 hitungan.
o   Lakukan dengan kaki tumpu yang berbeda.
o   Gerakan Dasar Berdiri Satu Kaki
o   Latihan keseimbangan dari berdiri dengan satu kaki dan kaki yang lain disilangkan di lutut.
o   Tujuan: melatih kekuatan otot–otot tungkai dan menjaga keseimbangan.

Cara melakukan :
o   Gerakan 1, angkat dan tekuklah kaki kanan ke dalam, pertahankan selama mungkin.
o   Gerakan 2, tekuklah kaki kanan ke luar, pertahankan selama mungkin.
o   Lakukan berulang – ulang dengan kaki bergantian
o   Gerakan Dasar Menolak
o   Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kemampuan gerak dasar mendorong/menolak dengan tangan kanan maupun tangan kirinya, yang lama kelamaan si anak bisa mencari, menganalisis sendiri dan berupaya untuk menemukan gerakan yang efektif dan efisien. Dengan jumlah ulangan yang cukup banyak, diharapkan pula kemampuan serta fungsi motorik anak akan menjadi lebih baik.
Gambar 1
Gambar 2
o   Pada gambar 1 ini diperlihatkan gerak dasar mendorong bola medisine dari sikap berlutut.
o   Letakkan tangan yang memeganng bola di atas bahu. Dorong bola ke depan atas, lakukan berkali-kali.
o   Tangan kanan dan kiri bergantian.
o   Gerak mendorong dapat dilakukan pula dari sikap awal berlutut dengan dua kaki. Tangan yang memegang bola berada didepan dada. Dorong kedua tangan ke depan atas, dengan di akhiri lecutan tanganseperti pada gambar 2.
o   Pada gambar 3 ini mendorong bola dengan diawali dari sikap berdiri tegak, tangan yang memegang bola ditempatkan di depan dada.
o   Kemudian dorong bola tersebut dengan kedua lengan ke depanatas, akhiri dengan lecutan tangan.
o   Lakukan berkali-kali.
o   Pada gambar 4 di samping ini adalah bentuk aktivitas pembelajaran gerak menolak dengan sasaran menjatuhkan matras. Lakukan dari sikap berdiri dengan jarak yang bisa anda atur. Tolak dengan tangan kiri atau kanan
o   Akan lebih menarik bila disajikan dalam bentuk permainan.
o   Formasinya bisa satu bola untuk dua orang atau satu bola untuk 4 orang siswa. Gerak menolaknya bisa dilakukan dengan tangan kiri dan kanan secara bergantian. Usahakan bola yang ditolak dapat tertangkap oleh temannya.
o   Pada gambar 6 sikap awal dimulai dengan sikap berlutut. Dari sikap ini gerak dorong akan menjadi lebih jauh. Oleh karena itu kepada siswa harus ditekankan bahwa sasarannya adalah bola tersebut bisa ditangkap tepat oleh pasangannya.
o   Pada gambar 7 jarak antara pasangan diatur atau disesuaikan dengan kemampuan siswa. Dengan diawali dari sikap berdiri ini tenaga dorong akan cenderung lebih kuat dibanding dari sikap duduk atau berlutut
o   Sebelum melakukan gerakan, siswa melakukan pemanasan.
o   Gerakan pemanasan dimulai dari kepala, tangan, dan kaki.
o   Gerakan tangan diperbanyak untuk menyiapkan geraka menolak.
o   Setelah berolahraga siswa melakukan pendinginan dan mencuci tangan dan kaki dengan sabun untuk membiasakan hidup bersih dan sehat.

Alternatif Pembelajaran
o   Kegiatan diskusi dapat dilakukan dengan tanya-jawab secara klasikal.
o   Kegiatan diskusi dapat juga dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberi kesempatan berdiskusi mencari alasan akibat tidak mencuci tangan, hasil jawaban kelompok disampaikan di diskusi kelas.
o   Guru sebagai fasilitator. Peran guru menstimulus siswa untuk berpendapat dan menghargai pendapat teman.

Alternatif Jawaban:
o   Akibat tidak mencuci tangan adalah tangan banyak kuman penyakit. Sehingga menyebabkan penyakit, di antaranya diare, penyakit kulit, dan lain-lain.
o   Siswa membacakan hasil diskusi dengan penuh percaya diri.
o   Guru mengarahkan siswa untuk membaca lafal dan intonasi yang benar.

Kegiatan Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa melakukan gerakan berdiri satu kaki, sikap kapal terbang, dan menolak dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam bentuk gerakan kombinasi berdiri satu kaki dan sikap kapal terbang.
o   Jika siswa sudah bisa membacakan tulisan akibat tidak mencuci tangan, maka guru dapat memberikan teks bacaan yang baru untuk dibaca dengan intonasi yang jelas.

Kegiatan Remedial:
o   Jika siswa masih kesulitan untuk gerakan berdiri satu kaki, sikap kapal terbang, dan menolak dengan baik, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk membacakan tulisan akibat tidak mencuci tangan, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing membaca perkata.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
Menulis hasil diskusi tentang akibat tidak mencuci tangan.

Jawaban:
Akibat tidak mencuci tangan adalah tangan banyak kuman penyakit. Sehingga menyebabkan
penyakit, diantaranya diare, penyakit kulit, dan lain-lain

Kriteria Penilaian

Kriteria
bobot
1.
Menjawab dengan lengkap dan benar sesuai dengan EYD

2.
Menjawab dengan lengkap dan benar tidak sesuai dengan EYD

3.
Menjawab dengan kurang lengkap dan benar sesuai dengan EYD

4
Menjawab dengan kurang lengkap dan benar tidak sesuai dengan EYD


3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

Kriteria
Terlihat
Belum terlihat
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan

Kriteria
Terlihat
Belum terlihat
1.
Keterampilan melakukan gerakan dasar sikap kapal terbang


2.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar sikap kapal
terbang


3.
Keterampilan melakukan gerakan berdiri satu kaki.


4.
Ketaatan pada aturan gerakan berdiri satu kak


5.
Keterampilan melakukan gerakan dasar menolak


6.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar menolak



c. Berdiskusi Akibat Tidak Mencuci Tangan
Hasil Pengamatan Berdiskusi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Berdiskusi

Kriteria
Terlihat
Belum terlihat
1.
Keaktifan dalam berdiskusi


2.
Kemampuan menguasai alasan akibat tidak mencuci tangan


3.
Kemampuan mengeluarkan pendapat



d. Membaca tulisan akibat tidak mencuci tangan.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
Siswa mampu
Membaca setengah atau
lebih bagian teks
Siswa mampu
membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum
mampu membaca
teks
2
Pemahaman Isi teks
Mampu menjawab
semua pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab
setengah atau
lebih pertanyaan
yang diajukan
Mampu menjawab
kurang dari
setengah bagian teks
Belum mampu
menjawab semua
pertanyaan yang
diajukan

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”
2.      Bola volley



Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                                       NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat






















































































































































































































































































  
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
  
Diskusikan dengan temanmu manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah! Tuliskan hasil diskusimu!
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………

MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 5

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 5

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 5

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 5
             

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors