RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran :
Hidup Bersih dan Sehat di Rumah/ 5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.8
Mengetahui konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang
di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.3
Mengidentifikasi pola gerak dasar sikap kapal terbang dalam aktivitas senam.
3.5.4
Mengidentifikasi pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki dalam aktivitas
senam.
3.5.5
Mengidentifikasi pola gerak dasar menolak dalam aktivitas senam.
4.6
Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun,melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.3
Melakukan gerakan sikap kapal terbang.
4.5.4
Berdiri dengan satu kaki dalam berbagai aktivitas.
4.5.5
Melakukan gerakan menolak dengan tangan.
4.5.6
Melakukan gerakan menolak dengan kaki..
b) PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku
bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
3.2.4
Mengemukakan pendapat tentang manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di
rumah.
4.2.2
Melaksanakan aturan di lingkungan keluarga.
c) Bahasa Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan ermain di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.2.4
Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topic tertentu.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah di tulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Konsep
variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan
lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan
2.
Tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
3.
Teks
cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa indonesia
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Alternatif
Pembelajaran:
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan
apersepsi.
o
Guru menyampaikan
pentingnya melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan kita.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar Siti dan keluarga berjalan-jalan ke sawah (mengamati).
o
Siswa mengamati
masing-masing gerakan yang dilakukan Siti dan Ali.
o
Siswa memahami
teks bacaan tentang kegiatan Siti di sawah.
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
Latihan keseimbangan dengan sikap kapal terbang.
o
Tujuan: melatih
kekuatan otot–otot tungkai dan menjaga keseimbangan
Cara melakukan:
o
Berdiri tegak,
kedua kaki rapat dan kedua tangan di samping badan.
o
Rentangkan kedua
lengan, badan dibungkukkan ke depan.
o
Angkat salah satu
kaki perlahan – lahan lurus ke belakang, hingga badan dan kaki membentuk satu
garis horizontal, sedangkan kepala tetap menengadah (sikap kapal terbang)
o
Setelah seimbang,
nagkat tumit kaki tumpu dan pertahankan posisi ini selama 8 hitungan.
o
Lakukan dengan
kaki tumpu yang berbeda.
o
Gerakan Dasar
Berdiri Satu Kaki
o
Latihan keseimbangan
dari berdiri dengan satu kaki dan kaki yang lain disilangkan di lutut.
o
Tujuan: melatih
kekuatan otot–otot tungkai dan menjaga keseimbangan.
Cara melakukan :
o
Gerakan 1, angkat
dan tekuklah kaki kanan ke dalam, pertahankan selama mungkin.
o
Gerakan 2, tekuklah
kaki kanan ke luar, pertahankan selama mungkin.
o
Lakukan berulang
– ulang dengan kaki bergantian
o
Gerakan Dasar
Menolak
o
Tujuannya adalah
untuk mengoptimalkan kemampuan gerak dasar mendorong/menolak dengan tangan
kanan maupun tangan kirinya, yang lama kelamaan si anak bisa mencari,
menganalisis sendiri dan berupaya untuk menemukan gerakan yang efektif dan efisien.
Dengan jumlah ulangan yang cukup banyak, diharapkan pula kemampuan serta
fungsi motorik anak akan menjadi lebih baik.
Gambar 1
Gambar 2
o
Pada gambar 1 ini
diperlihatkan gerak dasar mendorong bola medisine dari sikap berlutut.
o
Letakkan tangan
yang memeganng bola di atas bahu. Dorong bola ke depan atas, lakukan
berkali-kali.
o
Tangan kanan dan
kiri bergantian.
o
Gerak mendorong
dapat dilakukan pula dari sikap awal berlutut dengan dua kaki. Tangan yang
memegang bola berada didepan dada. Dorong kedua tangan ke depan atas, dengan
di akhiri lecutan tanganseperti pada gambar 2.
o
Pada gambar 3 ini
mendorong bola dengan diawali dari sikap berdiri tegak, tangan yang memegang bola
ditempatkan di depan dada.
o
Kemudian dorong
bola tersebut dengan kedua lengan ke depanatas, akhiri dengan lecutan tangan.
o
Lakukan
berkali-kali.
o
Pada gambar 4 di
samping ini adalah bentuk aktivitas pembelajaran gerak menolak dengan sasaran
menjatuhkan matras. Lakukan dari sikap berdiri dengan jarak yang bisa anda
atur. Tolak dengan tangan kiri atau kanan
o
Akan lebih
menarik bila disajikan dalam bentuk permainan.
o
Formasinya bisa
satu bola untuk dua orang atau satu bola untuk 4 orang siswa. Gerak
menolaknya bisa dilakukan dengan tangan kiri dan kanan secara bergantian.
Usahakan bola yang ditolak dapat tertangkap oleh temannya.
o
Pada gambar 6
sikap awal dimulai dengan sikap berlutut. Dari sikap ini gerak dorong akan
menjadi lebih jauh. Oleh karena itu kepada siswa harus ditekankan bahwa
sasarannya adalah bola tersebut bisa ditangkap tepat oleh pasangannya.
o
Pada gambar 7
jarak antara pasangan diatur atau disesuaikan dengan kemampuan siswa. Dengan diawali
dari sikap berdiri ini tenaga dorong akan cenderung lebih kuat dibanding dari
sikap duduk atau berlutut
o
Sebelum melakukan
gerakan, siswa melakukan pemanasan.
o
Gerakan pemanasan
dimulai dari kepala, tangan, dan kaki.
o
Gerakan tangan
diperbanyak untuk menyiapkan geraka menolak.
o
Setelah
berolahraga siswa melakukan pendinginan dan mencuci tangan dan kaki dengan
sabun untuk membiasakan hidup bersih dan sehat.
Alternatif Pembelajaran
o
Kegiatan diskusi
dapat dilakukan dengan tanya-jawab secara klasikal.
o
Kegiatan diskusi
dapat juga dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok
diberi kesempatan berdiskusi mencari alasan akibat tidak mencuci tangan,
hasil jawaban kelompok disampaikan di diskusi kelas.
o
Guru sebagai
fasilitator. Peran guru menstimulus siswa untuk berpendapat dan menghargai
pendapat teman.
Alternatif Jawaban:
o
Akibat tidak
mencuci tangan adalah tangan banyak kuman penyakit. Sehingga menyebabkan
penyakit, di antaranya diare, penyakit kulit, dan lain-lain.
o
Siswa membacakan
hasil diskusi dengan penuh percaya diri.
o
Guru mengarahkan
siswa untuk membaca lafal dan intonasi yang benar.
Kegiatan
Pengayaan:
o
Jika siswa sudah
bisa melakukan gerakan berdiri satu kaki, sikap kapal terbang, dan menolak dengan
baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam bentuk gerakan kombinasi berdiri
satu kaki dan sikap kapal terbang.
o
Jika siswa sudah
bisa membacakan tulisan akibat tidak mencuci tangan, maka guru dapat memberikan
teks bacaan yang baru untuk dibaca dengan intonasi yang jelas.
Kegiatan
Remedial:
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk gerakan berdiri satu kaki, sikap kapal terbang, dan menolak dengan
baik, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk membacakan tulisan akibat tidak mencuci tangan, maka guru
dapat memberikan latihan terbimbing membaca perkata.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
Menulis
hasil diskusi tentang akibat tidak mencuci tangan.
Jawaban:
Akibat
tidak mencuci tangan adalah tangan banyak kuman penyakit. Sehingga menyebabkan
penyakit,
diantaranya diare, penyakit kulit, dan lain-lain
Kriteria Penilaian
|
Kriteria
|
bobot
|
1.
|
Menjawab dengan lengkap dan benar
sesuai dengan EYD
|
|
2.
|
Menjawab dengan lengkap dan benar
tidak sesuai dengan EYD
|
|
3.
|
Menjawab dengan kurang lengkap dan
benar sesuai dengan EYD
|
|
4
|
Menjawab dengan kurang lengkap dan
benar tidak sesuai dengan EYD
|
|
3. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum terlihat
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat
tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b.
Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar
Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum terlihat
|
1.
|
Keterampilan melakukan gerakan dasar
sikap kapal terbang
|
|
|
2.
|
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar sikap kapal
terbang
|
|
|
3.
|
Keterampilan melakukan gerakan berdiri
satu kaki.
|
|
|
4.
|
Ketaatan pada aturan gerakan berdiri
satu kak
|
|
|
5.
|
Keterampilan melakukan gerakan dasar
menolak
|
|
|
6.
|
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan
dasar menolak
|
|
|
c.
Berdiskusi Akibat Tidak Mencuci Tangan
Hasil
Pengamatan Berdiskusi
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Berdiskusi
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum terlihat
|
1.
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
|
|
2.
|
Kemampuan menguasai alasan akibat tidak mencuci tangan
|
|
|
3.
|
Kemampuan mengeluarkan pendapat
|
|
|
d.
Membaca tulisan akibat tidak mencuci tangan.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca Teks
|
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
|
Siswa mampu
Membaca setengah atau
lebih bagian teks
|
Siswa mampu
membaca kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa belum
mampu membaca
teks
|
2
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab
semua pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab
setengah atau
lebih pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab
kurang dari
setengah bagian teks
|
Belum mampu
menjawab semua
pertanyaan yang
diajukan
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”
2.
Bola volley
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Diskusikan dengan temanmu manfaat aturan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah! Tuliskan hasil diskusimu!
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 4
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment