Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 6

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 22 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 5                                    : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.4 Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topic tertentu.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.4 Membuat jadwal harian berdasarkan kegiatan danaktivitas bermain yang dilakukan.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.8.2 Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1 Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.
4.6.2 Menggambar sisi bangun ruang berupa segi tiga, segi empat dan segi enam dengan ukuran tertentu.

c) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.3 Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak
3.3.3 Mengidentifikasi gerak simbolik.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
4.12.7 Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat sesuai dinamika gerak.
4.12.8 Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang sesuai dinamika gerak.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
2.      Unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
3.      Gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Pemotivasian
Alternatif Pembelajaran
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan apersepsi.
o   Guru menyampaikan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Ayah yang sedang menimbun dan membakar barang bekas (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar gerobak sampah bentuk sisi-sisinya (mengamati).
o   Siswa memahami teks bacaan tentang membersihkan halaman rumah.
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·         Apakah yang dilakukan Ayah?
·         Apa bentuk sisi gerobak?
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Siswa mengamati gambar sisi gerobak sampah, sisi gerobak sampah berbentuk segiempat.
o   Guru dapat menjelaskan sisi gerobak sampah dengan media kardus atau benda lain.
o   Siswa menggambar sisi bak sampah, menentukan banyak sisinya dan sudutnya.
o   Siswa mengamati teks naskah tentang gerakan petugas sampah dalam menarik gerobaknya.
o   Siswa menirukan gerakan menarik gerobak di depan kelas.
o   Setelah siswa menirukan gerakan menarik gerobak, guru meminta siswa menjelaskan gerakan kepala, tangan dan kaki ketika menarik gerobak.

Alternatif Pembelajaran
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, masing-kelompok 4-5 siswa.
o   Masing-masing kelompok menyiapkan bahan dan alat untuk membuat kreasi tempat tissu.
o   Guru menjelaskan bagaimana cara membuat kreasi tempat tissue.

KREASI TISSU UNIK
o   Bahan : Kardus bekas, Kertas kado/kertas koran/kalender yang tidak terpakai (tergantung selera), plastik parcel atau pastik biasa juga bisa, tali rafi, Double tape/lem.
o   Alat : Gunting, jarum kasur, penggaris.

Cara Pembuatan :
o   Potong kardus berbentuk persegi dengan ukuran 15 x 15 cm sebanyak 6 buah.
o   Potong kertas kado dengan ukuran 16 cm x 16 cm 6 buah.
o   Potong plastik parcel atau plastik yang lainnya dengan ukuran 16 x 16 cm.
o   Tempelkan kertas kado pada potongan kardus yang telah di potong.
o   Tempelkan plastik parcel yang telah dipotong pada kardus yang telah dibungkus kertas kado.
o   Setelah plastik selesai ditempel baru kita mulai tahapan selanjutnya yaitu menjahit bagian sisi semua kardus yang telah dibungkus menggunakan tusuk festom.
o   Satukan semua kardus yang telah dibungkus. Gunakan tusuk jelujur pada masing masing-maing sisi kardus. Agar lebih kuat kita bisa menjahit sudut kotak kardus pada bagian awal menjahit.
o   Setelah semua sisi disatukan, agar lebih manis boleh ditempel foto atau gambar lainnya di sisi masing-masing kardus yang sudah terbungkus kado sebelum dibungkus plastik.
o   Siswa menulis cerita tentang pengalamannya membuat kreasi tempat tissue.
o   Guru membimbing siswa dalam menuliskan cerita.
o   Semua siswa menuliskan kegiatan di hari Minggu beserta waktunya.
o   Guru membimbing siswa menemukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah
o   Guru meminta siswa menyampaikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di hari Minggu. Secara klasikal guru bersama siswa mengidentifikasi kegiatan yang sesuai perilaku hidup bersih dan sehat dan mengidentifikasi kegiatan yang tidak sesuai perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.
o   Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
o   Menyapu, mencuci tangan, berolahraga, membuang sampah pada tempatnya, dan lain-lain.
o   Perilaku yang tidak sesuai Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
o   Membuang sampah sembarangan, merokok, dan lain-lain.
o   Siswa menuliskan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan di rumah.
o   Guru bersama siswa mengevaluasi siapa yang sering berprilaku bersih dan sehat di rumah dan siswa yang tidak pernahberperilaku hidup bersih dan sehat di rumah.
o   Guru menanamkan pentingnya perilaku hidup bersih dan  sehat di rumah.

Kegiatan Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa menirukan gerakan menarik gerobak dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan berupa menirukan gerakan pekerjaan orang tua masing-masing.
o   Jika siswa sudah bisa menentukan sisi gerobak, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan yaitu menentukan sisi-sisi benda yang lain.
o   Jika siswa sudah bisa membuat kreasi tempat tissue, maka guru dapat memberikan tugas kreasi yang lain dan diadakan pameran hasil karya siswa.
o   Jika siswa sudah bisa menuliskan kegiatan yang sesuai perilaku hidup bersih dan sehat, maka guru dapat memberikan tugas membuat kliping tentang hidup bersih dan sehat di rumah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Menentukan banyak sisi, sudut, banyak sisi segiempat dari gerobak sampah.
Jawaban:
Banyak sisi bak mandi = 5
Banyak sudut segiempat = 4
Banyak sisi segiempat = 4

b. Menuliskan Kegiatan di Rumah.
Kriteria Penilaian

Kriteria
Bobot
1.
Menulis 7 kegiatan dan memuat kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah
4
2.
Menulis 5-6 kegiatan dan memuat kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.
3
3.
Menulis 3-4 kegiatan dan memuat kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah
2
4
Menulis kurang dari 3 kegiatan dan memuat kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat dirumah.
1

 3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

Kriteria
Terlihat
Belum terlihat
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Menirukan gerakan bekerja melalui gerakan simbolik berdasarkan pengamatan.
Penilaian: Pengamatan
Rubrik Penilaian Menirukan Gerakan Bekerja Melalui Gerakan Simbolik Berdasarkan
Pengamatan.

Kriteria
Terlihat
Belum terlihat
1.
Keterampilan koordinasi kaki dan tangan dalam meniru
gerakan menarik gerobak


2.
Keseimbangan posisi badan dalam meniru gerakan
menarik gerobak


3.
Ketaatan pada aturan meniru menarik gerobak



c. Membuat Kreasi Tempat Tissue
Hasil Pengamatan Berdiskusi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Hasil Kreasi Tempat Tissue
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ukuran dan
Bentuk
Bentuk dan
ukuran sesuai dengan prosedur
Bentuk sesuai
prosedur dan
ukuran sebagian
berbeda.
Bentuk sesuai
dan ukuran
hampir semua
berbeda
Bentuk ada yang
tidak sesuai dan
ukuran berbeda
2
Kerapian
Seluruh pekerjaan rapi
Sebagian besar
pekerjaan rapi
Sebagian kecil
pekerjaan rapi
Pekerjaan tidak rapi

d. Membaca tulisan akibat tidak mencuci tangan.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Kegiatan Menjaga Kebersihan dan Kesehatan di Rumah
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan guru.
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang
digunakan dengan
tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat sebagian kecil penulisan
kata yang kurang lengkap

Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap



Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai
judul atau tema
Setengah atau
lebih isi yang
ditulis sesuai judul atau tema
Kurang dari
setengah isi yang ditulis sesuai judul atau tema
Seluruh isi yang
ditulis belum sesuai

Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat yang
lengkap dengan
susunan yang
tepat
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap dan susunannya
juga kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”
2.      Kardus bekas, kertas kado/kertas koran/kalender yang tidak terpakai (tergantung selera), plastik parcel atau pastik biasa juga bisa, tali rafia, double tape/lem.
2.      Gunting, jarum kasur, penggaris



Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001


Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat

























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Gerobak sampah adalah bangun ruang. Sisi gerobak sampah berbentuk segiempat.


Lengkapilah tabel berikut!
 
Gambar Sisi
Gerobak
Sampah
Banyak Sisi
Gerobak
sampah
Banyak
Sudut
Banyak Sisi
segiempat

…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..

…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..


…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
………………….

…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
………………….
                                        
 

MEDIA


TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 6


TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 4
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors