RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran :
Hidup Bersih dan Sehat di Rumah/ 6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.4
Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topic tertentu.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.4
Membuat jadwal harian berdasarkan kegiatan danaktivitas bermain yang dilakukan.
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.8
Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam
beraturan.
3.8.2
Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
4.6
Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1
Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.
4.6.2
Menggambar sisi bangun ruang berupa segi tiga, segi empat dan segi enam dengan ukuran
tertentu.
c) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan
Tuhan.
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni.
3.3
Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak
3.3.3
Mengidentifikasi gerak simbolik.
4.12
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan
badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
4.12.7
Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat
sesuai dinamika gerak.
4.12.8
Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang
sesuai dinamika gerak.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks
cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia
2.
Unsur-unsur
bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
3.
Gerak
seharihari dengan memperhatikan tempo gerak
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Pemotivasian
Alternatif Pembelajaran
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan
apersepsi.
o
Guru menyampaikan
pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar Ayah yang sedang menimbun dan membakar barang
bekas (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar gerobak sampah bentuk sisi-sisinya (mengamati).
o
Siswa memahami
teks bacaan tentang membersihkan halaman rumah.
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·
Apakah yang dilakukan Ayah?
·
Apa bentuk sisi gerobak?
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o
Siswa mengamati
gambar sisi gerobak sampah, sisi gerobak sampah berbentuk segiempat.
o
Guru dapat
menjelaskan sisi gerobak sampah dengan media kardus atau benda lain.
o
Siswa menggambar
sisi bak sampah, menentukan banyak sisinya dan sudutnya.
o
Siswa mengamati
teks naskah tentang gerakan petugas sampah dalam menarik gerobaknya.
o
Siswa menirukan
gerakan menarik gerobak di depan kelas.
o
Setelah siswa
menirukan gerakan menarik gerobak, guru meminta siswa menjelaskan gerakan
kepala, tangan dan kaki ketika menarik gerobak.
Alternatif Pembelajaran
o
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok, masing-kelompok 4-5 siswa.
o
Masing-masing
kelompok menyiapkan bahan dan alat untuk membuat kreasi tempat tissu.
o
Guru menjelaskan
bagaimana cara membuat kreasi tempat tissue.
KREASI TISSU UNIK
o
Bahan : Kardus
bekas, Kertas kado/kertas koran/kalender yang tidak terpakai (tergantung
selera), plastik parcel atau pastik biasa juga bisa, tali rafi, Double
tape/lem.
o
Alat : Gunting,
jarum kasur, penggaris.
Cara Pembuatan :
o
Potong kardus
berbentuk persegi dengan ukuran 15 x 15 cm sebanyak 6 buah.
o
Potong kertas
kado dengan ukuran 16 cm x 16 cm 6 buah.
o
Potong plastik
parcel atau plastik yang lainnya dengan ukuran 16 x 16 cm.
o
Tempelkan kertas
kado pada potongan kardus yang telah di potong.
o
Tempelkan plastik
parcel yang telah dipotong pada kardus yang telah dibungkus kertas kado.
o
Setelah plastik
selesai ditempel baru kita mulai tahapan selanjutnya yaitu menjahit bagian
sisi semua kardus yang telah dibungkus menggunakan tusuk festom.
o
Satukan semua
kardus yang telah dibungkus. Gunakan tusuk jelujur pada masing masing-maing
sisi kardus. Agar lebih kuat kita bisa menjahit sudut kotak kardus pada
bagian awal menjahit.
o
Setelah semua
sisi disatukan, agar lebih manis boleh ditempel foto atau gambar lainnya di
sisi masing-masing kardus yang sudah terbungkus kado sebelum dibungkus
plastik.
o
Siswa menulis
cerita tentang pengalamannya membuat kreasi tempat tissue.
o
Guru membimbing
siswa dalam menuliskan cerita.
o
Semua siswa
menuliskan kegiatan di hari Minggu beserta waktunya.
o
Guru membimbing
siswa menemukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan perilaku hidup bersih
dan sehat di rumah
o
Guru meminta
siswa menyampaikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di hari Minggu. Secara
klasikal guru bersama siswa mengidentifikasi kegiatan yang sesuai perilaku
hidup bersih dan sehat dan mengidentifikasi kegiatan yang tidak sesuai perilaku
hidup bersih dan sehat di rumah.
o
Perilaku Hidup
Bersih dan Sehat di Rumah
o
Menyapu, mencuci
tangan, berolahraga, membuang sampah pada tempatnya, dan lain-lain.
o
Perilaku yang
tidak sesuai Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
o
Membuang sampah
sembarangan, merokok, dan lain-lain.
o
Siswa menuliskan
kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan di
rumah.
o
Guru bersama
siswa mengevaluasi siapa yang sering berprilaku bersih dan sehat di rumah dan
siswa yang tidak pernahberperilaku hidup bersih dan sehat di rumah.
o
Guru menanamkan
pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat
di rumah.
Kegiatan
Pengayaan:
o
Jika siswa sudah
bisa menirukan gerakan menarik gerobak dengan baik, maka guru dapat memberikan
penugasan berupa menirukan gerakan pekerjaan orang tua masing-masing.
o
Jika siswa sudah
bisa menentukan sisi gerobak, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan
yaitu menentukan sisi-sisi benda yang lain.
o
Jika siswa sudah
bisa membuat kreasi tempat tissue, maka guru dapat memberikan tugas kreasi
yang lain dan diadakan pameran hasil karya siswa.
o
Jika siswa sudah
bisa menuliskan kegiatan yang sesuai perilaku hidup bersih dan sehat, maka guru
dapat memberikan tugas membuat kliping tentang hidup bersih dan sehat di
rumah.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.
Menentukan banyak sisi, sudut, banyak sisi segiempat dari gerobak sampah.
Jawaban:
Banyak sisi bak mandi = 5
Banyak sudut segiempat = 4
Banyak sisi segiempat = 4
b.
Menuliskan Kegiatan di Rumah.
Kriteria
Penilaian
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Menulis 7 kegiatan dan memuat kegiatan
perilaku hidup bersih dan sehat di rumah
|
4
|
2.
|
Menulis 5-6 kegiatan dan memuat
kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.
|
3
|
3.
|
Menulis 3-4 kegiatan dan memuat
kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah
|
2
|
4
|
Menulis kurang dari 3 kegiatan dan memuat kegiatan perilaku hidup
bersih dan sehat dirumah.
|
1
|
3. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum terlihat
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat
tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b.
Menirukan gerakan bekerja melalui gerakan simbolik berdasarkan pengamatan.
Penilaian:
Pengamatan
Rubrik
Penilaian Menirukan Gerakan Bekerja Melalui Gerakan Simbolik Berdasarkan
Pengamatan.
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum terlihat
|
1.
|
Keterampilan koordinasi kaki dan tangan dalam meniru
gerakan menarik gerobak
|
|
|
2.
|
Keseimbangan posisi badan dalam meniru gerakan
menarik gerobak
|
|
|
3.
|
Ketaatan pada aturan meniru menarik
gerobak
|
|
|
c. Membuat Kreasi Tempat Tissue
Hasil
Pengamatan Berdiskusi
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Hasil Kreasi Tempat Tissue
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ukuran dan
Bentuk
|
Bentuk dan
ukuran sesuai dengan prosedur
|
Bentuk sesuai
prosedur dan
ukuran sebagian
berbeda.
|
Bentuk sesuai
dan ukuran
hampir semua
berbeda
|
Bentuk ada yang
tidak sesuai dan
ukuran berbeda
|
2
|
Kerapian
|
Seluruh pekerjaan rapi
|
Sebagian besar
pekerjaan rapi
|
Sebagian kecil
pekerjaan rapi
|
Pekerjaan tidak rapi
|
d.
Membaca tulisan akibat tidak mencuci tangan.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Kegiatan Menjaga Kebersihan dan
Kesehatan di Rumah
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan guru.
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang
digunakan dengan
tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat sebagian kecil penulisan
kata yang kurang lengkap
|
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
|
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai
judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi yang
ditulis sesuai judul atau tema
|
Kurang dari
setengah isi yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi yang
ditulis belum sesuai
|
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat yang
lengkap dengan
susunan yang
tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap dan susunannya
juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”
2.
Kardus bekas, kertas kado/kertas koran/kalender yang
tidak terpakai (tergantung selera), plastik parcel atau pastik biasa juga bisa,
tali rafia, double tape/lem.
2.
Gunting, jarum kasur, penggaris
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Lengkapilah
tabel berikut!
Gambar Sisi
Gerobak
Sampah
|
Banyak Sisi
Gerobak
sampah
|
Banyak
Sudut
|
Banyak Sisi
segiempat
|
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
|
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
|
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
………………….
|
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
………………….
|
MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 4
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment