Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 22 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perjuangan Para Pahlawan/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1        Menemukan informasi yang terkait dengan kehidupan pada masa salah satu kerajaan Hindu.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1        Membuat ulasan sederhana terkait dengan kehidupan pada masa salah satu kerajaan Hindu dengan menggunakan kosakata baku.

b) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
3.2 Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masapraaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.2.1        Menjelaskan sikap kepahlawanan Raja-Raja dari masa Hindu, Budha dan Islam melalui lini masa.
4.2 Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam           dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2.1        Menjelaskan sikap kepahlawanan berdasarkan pertanyaan.

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalamkeberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1  Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
3.3.1       Menjelaskan pentingnya kegiatan bergotong royong sebagai wujud dari rasa  persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah,sekolah, dan        masyarakat
4.3.1             Memberikan contoh sikap yang menunjukkan rasa persatuan

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
2.      Sikap kepahlawanan Raja-Raja dari masa Hindu, Budha dan Islam melalui lini masa.
3.      Arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diminta mengamati beberapa gambar yang terdapat di buku siswa.
o   Siswa mengamati gambar dengan batas waktu yang telah ditentukan guru.
o   Secara klasikal guru bersama siswa membahas beberapa sikap yang perlu dijadikan contoh.
Guru mengajukan pertanyaan.
“Coba amati gambar. Menurut kalian, apa yang sedang    terjadi?”
“Apakah salah satu dari mereka ada yang sedang    menolong temannya?”
“Coba jelaskan!”
“Sikap baik apa yang perlu dicontoh?”
o   Siswa diminta mencari contoh lain tentang sikap-sikap positif yang bisa dijadikan teladan oleh mereka.
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa apa yang dilakukan oleh anak di dalam gambar menunjukkan sikap kepahlawanan karena mereka telah menolong sesama dan berkorban untuk orang lain (mengorbankan waktu, tenaga) tanpa pamrih
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa
o   Siswa melakukan diskusi bersama seorang teman tentang sikap baik yang pernah dilakukan. Siswa menuliskan hasil diskusinya di dalam kolom yang tersedia
o   Guru memberikan motivasi supaya siswa lebih aktif mengemukakan pendapatnya saat berdiskusi.
o   Siswa bersama guru membuat kesimpulan bahwa seseorang yang menolong orang lain tanpa pamrih, dikatakan sebagai orang yang memiliki sikap kepahlawanan.
o   Saat siswa menuliskan hasil diskusi, ingatkan siswa untuk menulis dengan runtun dan menggunakan kosa kata baku.
o   Siswa mengamati gambar beberapa tokoh dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Budha dan Islam
o   Siswa mengamati gambar tersebut dan menuliskan beberapa pertanyaan yang ingin mereka ketahui tentang tokoh-tokoh tersebut
o   Saat siswa mengerjakan tugas, guru berputar memastikan bahwa semua siswa memahami instruksi yang diberikan.
o   Bantu siswa yang tampaknya mengalami kesulitan
o   Siswa mendiskusikan pertanyaan tersebut dengan teman mereka untuk mengetahui jawabannya
o   Siswa menuliskan sebanyak mungkin informasi yang telah diperoleh di kolom yang tersedia di buku mereka dan mendiskusikannya dengan seorang teman
o   Siswa membaca senyap teks tentang Raja Purnawarman yang ada di buku mereka.
o   Siswa menjawab pertanyaan bacaan dan menuliskannya di buku mereka
o   Siswa menuliskan kembali bacaan tadi dengan menggunakan kalimat sendiri di selembar kertas dengan memperhatikan beberapa petunjuk yang terdapat di buku siswa.
o   Siswa membacakan tulisan mereka kepada teman satu kelompok
o   Siswa menjawab 3 pertanyaan dan menuliskannya dalam bentuk bagan yang tersedia di buku mereka
o   Siswa mengomunikasikan jawaban mereka di depan kelas.
o   Siswa melakukan diskusi dengan seorang teman tentang sikap persatuan yang telah diwujudkan oleh Raja Purnawarman.
o   Siswa menuliskan hasil diskusi dalam kolom yang tersedia di buku siswa
o   Siswa mengamati 4 gambar yang menunjukkan sikap persatuan dan bukan sikap persatuan
o   Siswa menuliskan alasan mereka tentang sikap yang tercermin dalam perilaku pada gambar tersebut
o   Siswa menjawab pertanyaan di buku siswa
o   Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi pelajaran
o   Siswa membaca teks singkat tentang kegiatan gotong royong dalam kehidupan masyarakat Indonesia di masa sekarang yang mulai memudar
o   Siswa menuliskan kondisi pelaksanaan gotong royong yang ada di lingkungan sekitar timpat tinggal mereka.
o   Siswa menuliskan pengalaman mereka melakukan kegiatan kerja gotong royong
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
o   Penilaian sikap (cinta tanah air dan bekerja sama). Contoh untuk penilaian terlampir di halaman 151

Pengayaan
o   Siswa menceritakan kepada temannya tentang pelaksanaan kegiatan gotong royong yang ada di sekitar.

Remedial
o   (Remedial dilakukan apabila siswa belum tuntas menguasai konsep)
o   Bagi siswa yang belum dapat memahami makna persatuan dan gotong royong dapat diajak berdiskusi lebih lanjut setelah pulang sekolah selama 30 menit. Guru memberikan pertanyaan - pertanyaan untuk mengarah pada pemahaman siswa.
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).




Penilaian

1.        Rubrik Bahasa Indonesia dan IPS : menuliskan kembali cerita perjuangan Raja Purnawarman.

No
Kriteria
4
3
2
1
1
Ide Utama dan hal yang dapat dipelajari
Siswa menyebutkan ide utama dengan jelas dan menyampaikan hal yang bisa dipelajari dari bacaan atau sebaliknya.
Siswa menyebutkan ide utama dengan jelas namun tidak menyampaikan hal yang bisa dipelajari dari bacaan atau sebaliknya
Ide utama atau hal yang dapat dipelajari dari bacaan disampaikan tidak lengkap
Ide utama atau hal yang bisa dipelajari dari bacaan tidak disampaikan siswa sama sekali
2
Data
Siswa menye­butkan data dengan leng­kap ( tokoh, tahun, tem­pat) dan dapat menghubung­kannya satu sama lain
Siswa menyebutkan data dengan lengkap ( tokoh, tahun, tempat) namun tidak menyampaikan hubungannya
Siswa menye­butkan se­bagian data ( tokoh, tahun, tempat) dan dapat meng­hubungkan­nya satu sama lain
Siswa menye­butkan se­bagian data ( tokoh, ta­hun, tempat) namun tidak dapat men­ghubung­kannya satu sama lain
3
Pengorganisasian
Siswa menyampaikan isi bacaan secara runtut (awal, tengah dan akhir)
Sebagian besar urutan bacaan disampaikan siswa secara runtut.
Isi bacaan disampaikan siswa tanpa melihat hubungan urutan.
Siswa me­nyampaikan isi cerita den­gan meng­hilangkan salah satu unsur (awal, tengah, akhir)

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =



 2.        Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus sekali
Cukup Bagus
Perlu berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
(2)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
(1.5)
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
(1)
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.  (3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.  (2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman  (1)
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi  (3)
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik
(2)
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung
(1)

3.        Daftar Periksa PPKn dan IPS

Kriteria
Sudah terlihat
Belum terlihat
Mengelompokkan gambar yang mencerminkan sikap persatuan dengan paling sedikit 2 benar, disertai alasan yang tepat



Menuliskan paling sedikit 3 manfaat pentingnya rasa persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat



Memberikan 3 contoh sikap yang menunjukkan rasa persatuan dengan benar



                         

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar beberapa orang sedang bekerjasama melakukan beragam kegiatan
            Teks tentang kepahlawanan



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004

LEMBAR KEJA SISWA


Perhatikan gambar berikut!
Apakah Sikap Berikut Mencerminkan Sikap Persatuan? Tulislah alasanmu!



TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1


PETA INDONESIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors