RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Perjuangan
Para Pahlawan/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa
persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.5 Memiliki
perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5
Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu- Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1
Menemukan
informasi yang terkait dengan kehidupan pada masa salah satu kerajaan Hindu.
4.5
Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1
Membuat ulasan
sederhana terkait dengan kehidupan pada masa salah satu kerajaan Hindu dengan
menggunakan kosakata baku.
b) IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam
kehidupannya sekarang
3.2 Memahami manusia, perubahan
dan keberlanjutan dalam waktu pada masapraaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek
pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.2.1
Menjelaskan
sikap kepahlawanan Raja-Raja dari masa Hindu, Budha dan Islam melalui lini
masa.
4.2 Merangkum
hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam
waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam
aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2.1
Menjelaskan sikap
kepahlawanan berdasarkan pertanyaan.
c) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalamkeberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung
jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf
sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang
penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan
moral Pancasila
3.3
Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
3.3.1 Menjelaskan pentingnya kegiatan
bergotong royong sebagai wujud dari rasa persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di
lingkungan rumah,sekolah, dan masyarakat
4.3.1
Memberikan contoh sikap
yang menunjukkan rasa persatuan
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks ulasan buku tentang nilai peninggalan
sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia
dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis
2.
Sikap kepahlawanan
Raja-Raja dari masa Hindu, Budha dan Islam melalui lini masa.
3.
Arti
bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
|
B.Kegiatan Inti
|
|
150 menit
|
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Rubrik Bahasa Indonesia dan IPS : menuliskan kembali cerita
perjuangan Raja Purnawarman.
No
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Ide Utama dan hal yang dapat dipelajari
|
Siswa menyebutkan ide utama dengan jelas dan menyampaikan
hal yang bisa dipelajari dari bacaan atau sebaliknya.
|
Siswa menyebutkan ide utama dengan jelas namun tidak
menyampaikan hal yang bisa dipelajari dari bacaan atau sebaliknya
|
Ide utama atau hal yang dapat dipelajari dari bacaan
disampaikan tidak lengkap
|
Ide utama atau hal yang bisa dipelajari dari bacaan tidak
disampaikan siswa sama sekali
|
2
|
Data
|
Siswa menyebutkan data dengan lengkap ( tokoh, tahun, tempat)
dan dapat menghubungkannya satu sama lain
|
Siswa menyebutkan data dengan lengkap ( tokoh, tahun,
tempat) namun tidak menyampaikan hubungannya
|
Siswa menyebutkan sebagian data ( tokoh, tahun, tempat)
dan dapat menghubungkannya satu sama lain
|
Siswa menyebutkan sebagian data ( tokoh, tahun, tempat)
namun tidak dapat menghubungkannya satu sama lain
|
3
|
Pengorganisasian
|
Siswa menyampaikan isi bacaan secara runtut (awal, tengah
dan akhir)
|
Sebagian besar urutan bacaan disampaikan siswa secara
runtut.
|
Isi bacaan disampaikan siswa tanpa melihat hubungan urutan.
|
Siswa menyampaikan isi cerita dengan menghilangkan salah
satu unsur (awal, tengah, akhir)
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
2.
Rubrik
Diskusi
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup Bagus
|
Perlu berlatih lagi
|
||||
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
3.
Daftar Periksa PPKn dan IPS
Kriteria
|
Sudah
terlihat
|
Belum
terlihat
|
Mengelompokkan
gambar yang mencerminkan sikap persatuan dengan paling sedikit 2 benar,
disertai alasan yang tepat
|
|
|
Menuliskan
paling sedikit 3 manfaat pentingnya rasa persatuan di dalam kehidupan
bermasyarakat
|
|
|
Memberikan
3 contoh sikap yang menunjukkan rasa persatuan dengan benar
|
|
|
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar beberapa orang
sedang bekerjasama melakukan beragam kegiatan
Teks tentang kepahlawanan
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
Perhatikan gambar berikut!
Apakah Sikap Berikut
Mencerminkan Sikap Persatuan? Tulislah
alasanmu!
PETA INDONESIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment