RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran :
Perjuangan Para Pahlawan/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam
kehidupannya sekarang
3.2 Memahami manusia, perubahan
dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara,
Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.2.1
Menuliskan
perjuangan yang dilakukan oleh Balaputradewa
4.2 Merangkum hasil pengamatan
dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek
pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2.1 Menceritakan
dampak perjuangan “Raja Balaputradewa” terhadap kehidupan Sriwijaya.
b) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.4 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun
aktivitas sehari-hari
3.7 Menentukan hasil operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.7.1 Menemukan
cara untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan sebaliknya
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk
desimal dan persen
4.2.1 Mencocokkan bilangan
pecahan biasa dan bilangan desimal.
c) Bahasa
Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa
persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.5 Memiliki
perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1
Mengolah
informasi berdasarkan teks dengan cara menjawab pertanyaan
4.5 Mengolah dan menyajikan teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1
Memberikan pendapat
tentang teks “Raja Balaputradewa”
C. Materi Pembelajaran :
1.
Perjuangan
yang dilakukan oleh Balaputradewa
2.
Pecahan
ke bentuk desimal dan persen
3.
Teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru membawa gambar
Raja Balaputradewa ke dalam kelas. Gambar tersebut di tempel di papan tulis.
o Saat
siswa mengamati gambar, guru mengajukan
pertanyaan lisan,
“Apakah kalian pernah mendengar nama Raja
Balaputradewa?”
o Guru memberi sedikit
informasi secara lisan tentang Raja Balaputradewa, bahwa Raja Balaputradewa
adalah seorang raja yang berani yang hidup di masa kerajaan agama Budha.
o Guru
bertanya pada siswa hal-hal apa saja yang ingin mereka ketahui tentang Raja
Balaputradewa.
o Guru
menguatkan kembali bahwa pada hari ini bahwa mereka akan belajar tentang
perjuangan Raja Balaputradewa.
o
Siswa membaca senyap teks “ Raja Balaputradewa”. Setelah
membaca senyap, minta siswa untuk membaca nyaring secara bergantian
o
Siswa membuat paling sedikit 5 pertanyaan berdasarkan
gambar dan teks tentang Balaputradewa dan menuliskannya di buku.
o
Siswa kemudian mendiskusikan pertanyaan mereka dengan
seorang teman.
Saat berdiskusi, guru meminta siswa untuk mencari tambahan
informasi tentang Balaputradewa dari buku-buku, orang dewasa (guru atau staff
sekolah), atau media internet lainnya. (guru bisa menyiapkan bahan-bahan
bacaan tentang raja Balaputradewa di kelas)
o
Siswa kemudian menuliskan informasi yang telah mereka dapat
di buku mereka
o
Siswa bisa menuliskannya pada kertas lain jika kolom yang
tersedia di buku siswa tidak mencukupi.
o
Saat siswa menuliskan informasi mereka dalam bentuk cerita,
guru berkeliling untuk memeriksa dan membantu siswa yang terihat masih
mengalami kesulitan
o
Siswa menceritakan informasi yang telah mereka dapat di
depan kelas.
o
Siswa membaca 5 pertanyaan tertulis yang ada di buku mereka
dan mendiskusikannya dengan seorang teman.
o
Guru memberikan penguatan bahwa Raja Balaputradewa berjuang
untuk membangun armada laut yang sangat kuat. Karena armada laut yang kuat
itulah Sriwijaya aman, perdagangan berjalan baik sehingga Sriwijaya
o
Hasil pekerjaan ini dinilai dengan lembar penilaian 1.
o
Sebagai kegiatan pembuka, guru membawa gambar candi Muara
Takus dan minta siswa untuk mengamati gambar tersebut.
o
Siswa mambaca teks tentang candi Muara Takus
o
Guru menunjuk satu siswa untuk membaca beberapa kalimat
dengan keras dan dengan pengucapan yang jelas. Siswa lain menyimak, kemudian
melanjutkan kalimat-kalimat berikutnya. • Sesekali guru bertanya kepada siswa
apakah ada hal yang belum dipahami dari teks tersebut
o
Siswa kemudian menuliskan pendapat mereka tentang candi
Muara Takus pada kolom di buku mereka.
o
Siswa belajar Matematika yaitu konsep bilangan decimal dan
pecahan.
o
Siswa mengamati gambar kotak berpetak yang melambangkan
nilai 1,5 dibuku siswa.
o
Siswa menuliskan cara membaca gambar kertas berpetak yang
melambangkan nilai desimal 1,5 ( 1 dan 0,5/ ½ ) dalam bentuk tulisan pada
kolom yang tersedia.
o
Siswa mendiskusikan jawaban mereka dengan seorang teman
o
Siswa menuliskanlah bentuk desimal dari bagian yang
diarsir!
o
Siswa mengamati bilangan berikut dan menuliskan
pertanyaannya.
o
Siswa mencari informasi mengenai cara mengubah pecahan ke
dalam bentuk desimal! Mereka bisa mencari informasi dengan mengamati contoh,
membaca buku atau bertanya kepada guru.
o
Pecahan dapat diubah ke dalam bentuk desimal dengan cara
mengubah penyebutnya ke sepuluh dan membagi pembilang dengan penyebutnya atau
mencobanya dengan menggunakan kalkulator.
o
Siswa menjawab beberapa pertanyaan terkait pecahan dan
desimal
o
Mengubah pecahan ke bentuk desimal
o
Cara lain untuk mengubah pecahan ke desimal
o
Siswa kemudian mengubah pecahan berikut ke dalam bentuk
desimal meng- gunakan beberapa cara
a. 2/8
b. 3/6
o
Setelah mengetahui cara mengubah pecahan ke bentuk desimal,
siswa kemudian menemukan cara mengubah desimal ke pecahan.
o
Siswa membuat 2 buah soal lain untuk diberikan kepada
seorang teman mereka.
o
Siswa memasangkan bilangan pecahan dengan bilangan desimal
dengan cara menarik garis.
o
Siswa menukarkan jawaban dengan teman. Siswa membandingkan
hasil jawabnya. Hasil pekerjaan ini dinilai dengan penilaian 2.
o
Siswa menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan
perenungan di halaman 150.
Pengayaan
o
Siswa mencari informasi tambahan tentang Raja pada masa
Buddha yang perjuanganya mencerminkan kepahlawanan
Remedial
o
(Remedial
dilakukan apabila siswa belum tuntas menguasai konsep)
o
Pengulangan
dan penguatan materi kembali bagi siswa yang belum mengerjakan latihan
matematika dengan benar. Kegiatan ini dilakukan selama 30 menit setelah
pulang sekolah. Setelah itu berilah 5 soal latihan untuk dikerjakan di rumah.
Latihan tersebut dikumpulkan keesokan harinya
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Rubrik Bahasa Indonesia dan IPS : menuliskan kembali cerita
perjuangan Raja Purnawarman.
No
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Mengidentifikasi informasi penting
|
Menuliskan 3 informasi penti
|
Menuliskan 2 informasi penting
|
Menuliskan 1 informasi penting ng
|
2
|
Menjelaskan bagian yang menarik
|
Menjelaskan bagian yang menarik dengan bahasa yang runtut
|
Menjelaskan bagian yang menarik
dengan bahasa yang kurang runtut
|
Menjelaskan bagian yang menarik dengan bahasa yang tidak
runtut
|
3
|
Memberikan pendapat
|
Pendapat sesuai dengan tema
|
Pendapat kurang sesuai dengan
tema
|
Pendapat tidak sesuai dengan tema
|
4
|
Memberikan saran
|
Bahasa yang digunakan efektif dan mudah dipahami
|
Sebagian bahasa yang digunakan efektif dan mudah dipahami
|
Saran tidak menggunakan
bahasa yang efektif dan sulit dipahami
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
2. Matematika dinilai dengan
menggunakan penilaian nilai angka
3. Penilaian sikap (cinta tanah air
dan bekerja sama). Contoh untuk penilaian terlampir di halaman 151.
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks Balaputradewa
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
Perhatikan gambar
di atas dan jawablah pertanyaan di bawah ini
MEDIA
CANDI MUARA TAKUS
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment