Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 2

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 22 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perjuangan Para Pahlawan/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
3.2 Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa         praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan         pendidikan
3.2.1      Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Balaputradewa
4.2 Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan         keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam         aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2.1      Menceritakan dampak perjuangan “Raja Balaputradewa” terhadap kehidupan Sriwijaya.

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.4 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.7  Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.7.1 Menemukan cara untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan sebaliknya
4.2  Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
4.2.1 Mencocokkan bilangan pecahan biasa dan bilangan desimal.

c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan       perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman       dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata       baku
3.5.1        Mengolah informasi berdasarkan teks dengan cara menjawab pertanyaan
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah       dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa       Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1        Memberikan pendapat tentang teks “Raja Balaputradewa”


C. Materi Pembelajaran :
1.      Perjuangan yang dilakukan oleh Balaputradewa
2.      Pecahan ke bentuk desimal dan persen
3.      Teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan       perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membawa gambar Raja Balaputradewa ke dalam kelas. Gambar tersebut di tempel di papan tulis.
o   Saat siswa mengamati gambar, guru mengajukan pertanyaan lisan,
Apakah kalian pernah mendengar nama Raja Balaputradewa?”

o   Guru memberi sedikit informasi secara lisan tentang Raja Balaputradewa, bahwa Raja Balaputradewa adalah seorang raja yang berani yang hidup di masa kerajaan agama Budha.
o   Guru bertanya pada siswa hal-hal apa saja yang ingin mereka ketahui tentang Raja Balaputradewa.
o   Guru menguatkan kembali bahwa pada hari ini bahwa mereka akan belajar tentang perjuangan Raja Balaputradewa.

o   Siswa membaca senyap teks “ Raja Balaputradewa”. Setelah membaca senyap, minta siswa untuk membaca nyaring secara bergantian
o   Siswa membuat paling sedikit 5 pertanyaan berdasarkan gambar dan teks tentang Balaputradewa dan menuliskannya di buku.
o   Siswa kemudian mendiskusikan pertanyaan mereka dengan seorang teman.
Saat berdiskusi, guru meminta siswa untuk mencari tambahan informasi tentang Balaputradewa dari buku-buku, orang dewasa (guru atau staff sekolah), atau media internet lainnya. (guru bisa menyiapkan bahan-bahan bacaan tentang raja Balaputradewa di kelas)

o   Siswa kemudian menuliskan informasi yang telah mereka dapat di buku mereka
o   Siswa bisa menuliskannya pada kertas lain jika kolom yang tersedia di buku siswa tidak mencukupi.
o   Saat siswa menuliskan informasi mereka dalam bentuk cerita, guru berkeliling untuk memeriksa dan membantu siswa yang terihat masih mengalami kesulitan
o   Siswa menceritakan informasi yang telah mereka dapat di depan kelas.
o   Siswa membaca 5 pertanyaan tertulis yang ada di buku mereka dan mendiskusikannya dengan seorang teman.
o   Guru memberikan penguatan bahwa Raja Balaputradewa berjuang untuk membangun armada laut yang sangat kuat. Karena armada laut yang kuat itulah Sriwijaya aman, perdagangan berjalan baik sehingga Sriwijaya
o   Hasil pekerjaan ini dinilai dengan lembar penilaian 1.

o   Sebagai kegiatan pembuka, guru membawa gambar candi Muara Takus dan minta siswa untuk mengamati gambar tersebut.
o   Siswa mambaca teks tentang candi Muara Takus
o   Guru menunjuk satu siswa untuk membaca beberapa kalimat dengan keras dan dengan pengucapan yang jelas. Siswa lain menyimak, kemudian melanjutkan kalimat-kalimat berikutnya. • Sesekali guru bertanya kepada siswa apakah ada hal yang belum dipahami dari teks tersebut
o   Siswa kemudian menuliskan pendapat mereka tentang candi Muara Takus pada kolom di buku mereka.
o   Siswa belajar Matematika yaitu konsep bilangan decimal dan pecahan.
o   Siswa mengamati gambar kotak berpetak yang melambangkan nilai 1,5 dibuku siswa.
o   Siswa menuliskan cara membaca gambar kertas berpetak yang melambangkan nilai desimal 1,5 ( 1 dan 0,5/ ½ ) dalam bentuk tulisan pada kolom yang tersedia.
o   Siswa mendiskusikan jawaban mereka dengan seorang teman
o   Siswa menuliskanlah bentuk desimal dari bagian yang diarsir!
o   Siswa mengamati bilangan berikut dan menuliskan pertanyaannya.
o   Siswa mencari informasi mengenai cara mengubah pecahan ke dalam bentuk desimal! Mereka bisa mencari informasi dengan mengamati contoh, membaca buku atau bertanya kepada guru.
o   Pecahan dapat diubah ke dalam bentuk desimal dengan cara mengubah penyebutnya ke sepuluh dan membagi pembilang dengan penyebutnya atau mencobanya dengan menggunakan kalkulator.
o   Siswa menjawab beberapa pertanyaan terkait pecahan dan desimal
o   Mengubah pecahan ke bentuk desimal
o   Cara lain untuk mengubah pecahan ke desimal
o   Siswa kemudian mengubah pecahan berikut ke dalam bentuk desimal meng- gu­nakan beberapa cara
a. 2/8
b. 3/6
o   Setelah mengetahui cara mengubah pecahan ke bentuk desimal, siswa kemudian menemukan cara mengubah desimal ke pecahan.
o   Siswa membuat 2 buah soal lain untuk diberikan kepada seorang teman mereka.
o   Siswa memasangkan bilangan pecahan dengan bilangan desimal dengan cara menarik garis.
o   Siswa menukarkan jawaban dengan teman. Siswa membandingkan hasil jawabnya. Hasil pekerjaan ini dinilai dengan penilaian 2.
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Siswa mencari informasi tambahan tentang Raja pada masa Buddha yang perjuang­anya mencerminkan kepahlawanan

Remedial
o   (Remedial dilakukan apabila siswa belum tuntas menguasai konsep)
o   Pengulangan dan penguatan materi kembali bagi siswa yang belum mengerjakan latihan matematika dengan benar. Kegiatan ini dilakukan selama 30 menit setelah pulang sekolah. Setelah itu berilah 5 soal latihan untuk dikerjakan di rumah. Lati­han tersebut dikumpulkan keesokan harinya

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

1.        Rubrik Bahasa Indonesia dan IPS : menuliskan kembali cerita perjuangan Raja Purnawarman.

No
Kriteria
4
3
2
1
Mengidentifikasi informasi penting
Menuliskan 3 informasi penti
Menuliskan 2 informasi penting
Menuliskan 1 informasi penting ng
2
Menjelaskan bagian yang menarik
Menjelaskan bagian yang menarik dengan bahasa yang runtut
Menjelaskan bagian yang menarik dengan bahasa yang kurang runtut
Menjelaskan bagian yang menarik dengan bahasa yang tidak runtut
3
Memberikan pendapat
Pendapat sesuai dengan tema
Pendapat kurang sesuai dengan tema
Pendapat tidak sesuai dengan tema
4
Memberikan saran
Bahasa yang digunakan efektif dan mudah dipahami
Sebagian bahasa yang digunakan efektif dan mudah dipahami
Saran tidak menggunakan bahasa yang efektif dan sulit dipahami

Skor
Keterangan :     
4 = sangat baik
3 = baik                         
2 = cukup                      
1 = perlu bimbingan                 

Skor Maksimal 12

Nilai       =

2.    Matematika dinilai dengan menggunakan penilaian nilai angka
3.    Penilaian sikap (cinta tanah air dan bekerja sama). Contoh untuk penilaian terlam­pir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks Balaputradewa


                             
Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004


LEMBAR KEJA SISWA
(LKS) 




Perhatikan gambar di atas dan jawablah pertanyaan di bawah ini



  MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 2

CANDI MUARA TAKUS
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors