RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran :
Perjuangan Para Pahlawan/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam
kehidupannya sekarang
3.2 Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam
aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.2.1
Menemukan
hubungan perjuangan Gajah Mada dan pengaruhnya pada kehidupan di masa sekarang.
4.2 Merangkum hasil pengamatan
dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek
pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2.1
Mengomunikasikan
hubungan perjuangan Gajah Mada dan pengaruhnya pada kehidupan di masa sekarang.
b) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.4 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun
aktivitas sehari-hari
3.7 Menentukan hasil operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.7.1 Mengenal konsep penjumlahan
dan pengurangan desimal
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk
desimal dan persen
4.2.1 Mengaplikasikan operasi
penjumlahan dan pengurangan desimal
c) Bahasa
Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa
persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.5 Memiliki
perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5
Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Mengulas bacaan tentang
Mahapatih Gajah Mada menggunakan kosa kata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1 Menemukan
informasi penting tentang Mahapatih Gajah Mada
C. Materi Pembelajaran :
1.
Hubungan
perjuangan Gajah Mada dan pengaruhnya pada kehidupan di masa sekarang.
2.
Konsep
penjumlahan dan pengurangan desimal
3.
Teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di
Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati gambar peta wilayah kekuasaan Majapahit
dengan gambar Hayam Wuruk, Patih Gajah Mada, dan candi Penataran.
o
Sebagai kegiatan pembuka, Guru bisa menyiapkan peta besar
Indonesia dan membawa gambar Gajah Mada, Hayam Wuruk, dan candi Penataran.
Pasang gambar tersebut di depan kelas dan minta siswa untuk mengamati.
o
Siswa melakukan diskusi dalam kelompok kecil untuk menemukan
hubungan antar gambar tersebut, yaitu tokoh-tokoh kerajaan, wilayah
pemerintahan, dan peninggalan bersejarah.
o
Siswa dibagi dalam kelompok kecil
o
Siswa membaca teks tentang perjuangan Mahapatih Gajah Mada.
o
Guru menunjuk satu siswa untuk membaca beberapa kalimat
dengan keras dan dengan pengucapan yang jelas. Siswa lain menyimak, kemudian
melanjutkan kalimat-kalimat berikutnya.
o
Guru menggiring pemahaman siswa akan isi teks bacaan dengan
mem-inta siswa menceritakan kembali isi bacaan secara bergantian dan juga
dengan beberapa pertanyaan pendukung:
o
Bagaimana
sosok Gajah Mada yang digambarkan dalam bacaan?
o
Apa
saja yang dilakukan Gajah Mada untuk kerajaan Majapahit?
o
Mengapa
Gajah Mada tidak mau begitu saja menerima penunjukkan dirinya sebagai Patih?
o
Apa
arti Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Gajah Mada?
o
Bagaimana
pengaruh Sumpah Palapa itu bagi kehidupan bangsa Indonesia saat ini?
o
Siswa menceritakan
kembali tentang perjuangan Gajah Mada dalam bentuk tulisan berdasarkan teks
bacaan dalam lini masa.
o
Guru mengIngatkan
siswa untuk menulis menggunakan kata baku dengan memperhatikan pemakaian
huruf besar dan tanda baca.
o
Guru berputar saat
siswa mengerjakan tugas, dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
o
Siswa melakukan
diskusi dalam kelompok kecil, menjawab lima pertanyaan tentang perjuangan
Mahapatih Gajah Mada yang ada di buku siswa.
o
Siswa menuliskan
jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada.
o
Guru
mengajak siswa untuk berpikir kritis dengan
memberikan beberapa pertanyaan:
o
Bandingkan
perjuangan Mahapatih Gajah Mada dengan tokoh-tokoh pada pembelajaran hari
sebelumnya!
o
Sikap
apa saja yang dapat dipelajari dari perjuangan mereka?
o
Apakah
bukti yang dapat dilihat pada masa sekarang untuk mengenang perjuangan
mereka?
o
Bagaimana
menumbuhkan sikap bela tanah air bagi seluruh masyarakatnya?
o
Guru
berkeliling untuk memantau jalannya diskusi sambil memberikan sedikit
pengarahan cara membuktikan dugaannya.
o
Siswa mengomunikasikan jawaban pertanyaan hasil diskusi di
depan kelompok yang lain.
o
Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan hasil
kerjanya di depan kelas.
o
Sebelum dan setelah siswa menyampaikan pendapatnya di
kelas, guru member penguatan kembali tentang sikap saat membacakan hasil
tulisannya di depan kelas.
o
Berbicara dengan runtut, jelas, dan suara yang cukup keras
o
Guru memotivasi siswa untuk memberikan pertanyaan lain yang
berhubungan dengan hal-hal yang telah dipelajari
o
Siswa membaca senyap teks pendek yang berisi informasi
tentang candi Penataran
o
Guru memberikan penguatan tentang bukti peninggalan masa
kerajaan Hin-du-Buddha di masa sekarang yaitu peninggalan berupa candi yang
masih ada hingga sekarang. - Guru dapat memberikan pengantar tentang arti dan
makna candi.
o
Siswa menjawab pertanyaan tentang tinggi candi naga dan
candi induk.
o
Siswa berdiskusi untuk menduga perbandingan tinggi candi
diantara candi naga dan candi induk. Siswa menuliskan hasil perhitungan untuk
membuktikan dugaannya.
o
Siswa membuktikan dugaan dan cara penyelesaiannya dengan
memperhatikan contoh yang ada di buku siswa tentang perbandingan desimal.
o
Berdasarkan hasil analisis dan diskusi yang dilakukan,
siswa menuliskan secara mandiri sesuai pemahaman mereka tentang cara
membandingkan desimal.
o
Setelah siswa mendapat konfirmasi dari guru, siswa
membuktikan dugaan mereka tentang perbandingan tinggi candi naga dan candi
induk.
o
Untuk memperdalam pemahaman siswa tentang urutan bilangan
desimal. Siswa memperhatikan garis bilangan yang menunjukkan letak bilangan
desimal.
o
Guru menuliskan kembali garis bilangan di atas di papan
tulis
o
Guru dapat memberikan contoh lain secara klasikal di depan
kelas untuk me-mantapkan pemahaman awal siswa.
o
Setelah mengetahui candi yang lebih tinggi di antara candi
naga dan candi induk, siswa diajak berpikir untuk menemukan beda antara candi
naga dan candi induk.
o
Siswa berdiskusi untuk menemukan bagaimana menemukan beda
dari kedua candi tersebut.
o
Siswa memperhatikan contoh untuk mengetahui cara
penjumlahan dan pengurangan secara mandiri.Guru menuliskan kembali garis bilangan
di atas di papan tulis.
o
Guru menjelaskan langkah untuk penjumlahan dan pengurangan
desimal,
o
Siswa berlatih soal-soal tentang penjumlahan dan
pengurangan bilangan desimal.
o
Siswa pun mengerjakan latihan soal cerita tentang
mengurutkan bilangan desimal.
o
Guru berkeliling saat siswa mengerjakan latihan. Bantulah
siswa yang kurang memahami materi.
o
Guru memberikan penguatan dengan pembahasan dan memberikan
contoh lain secara klasikal di depan kelas untuk memantapkan pemahaman awal
siswa.
o
Siswa menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan
perenungan di halaman 150.
Pengayaan
o
Siswa
yang telah mengerjakan soal matematika dengan benar diminta untuk membuat
soal tentang penjumlahan dan pengurangan desimal.
o
Setelah
selesai, tukarkanlah soal tersebut dengan teman lainnya. Mintalah pasangannya
untuk mengerjakan soal yang telah dibuat.
Remedial
•
(Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas menguasai konsep)
• Pengulangan dan
penguatan materi kembali bagi siswa yang belum mengerjakan latihan matematika
dengan benar. Kegiatan ini dilakukan selama 30 menit setelah pulang sekolah.
Setelah itu berilah 5 soal latihan untuk dikerjakan di rumah. Latihan
tersebut dikumpulkan keesokan harinya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Daftar Periksa Bahasa Indonesia dan IPS
Kriteria
|
|
|
||
|
|
|
||
|
|
|
||
|
|
|
2. Rubrik Diskusi
No
|
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup Bagus
|
Perlu berlatih
lagi
|
||||
1
|
|
|
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
||||
3
|
|
|
|
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor Maksimal
12
Nilai =
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Peta Indonesia ukuran besar jika ada.
-
Gambar Mahapatih Gajah Mada, Raja Hayam Wuruk, dan candi
Penataran.
3.
Matematika
akan dilakukan dengan penilaian angka
4.
Penilaian sikap
rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Perhatikan gambar berikut!
Gajah Mada adalah ..............................................................................................................
…………………………………………………………………………………………….....
…………………………………………………………………………………………….....
…………………………………………………………………………………………….....
Akibat kecakapannya, di
tahun 1319, ia diangkat sebagai …………............................
…………………………………………………………………………………………….....
…………………………………………………………………………………………….....
…………………………………………………………………………………………….....
Pada tahun 1336, Gajah
Mada mengucapkan Sumpah Palapa, yaitu ……….....……………….
…………………………………………………………………………………………….....
…………………………………………………………………………………………….....
…………………………………………………………………………………………….....
PETA INDONESIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment