Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 3

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday, 23 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perjuangan Para Pahlawan/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
3.2  Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.2.1        Menemukan hubungan perjuangan Gajah Mada dan pengaruhnya pada kehidupan di masa sekarang.
4.2 Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan  keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2.1        Mengomunikasikan hubungan perjuangan Gajah Mada dan pengaruhnya pada kehidupan di masa sekarang.

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.4 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.7 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.7.1 Mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan desimal
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
4.2.1 Mengaplikasikan operasi penjumlahan dan pengurangan desimal

c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Mengulas bacaan tentang Mahapatih Gajah Mada menggunakan kosa kata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah       dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa       Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1 Menemukan informasi penting tentang Mahapatih Gajah Mada

C. Materi Pembelajaran :
1.      Hubungan perjuangan Gajah Mada dan pengaruhnya pada kehidupan di masa sekarang.
2.      Konsep penjumlahan dan pengurangan desimal
3.      Teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar peta wilayah kekuasaan Majapahit dengan gambar Hayam Wuruk, Patih Gajah Mada, dan candi Penataran.
o   Sebagai kegiatan pembuka, Guru bisa menyiapkan peta besar Indonesia dan membawa gambar Gajah Mada, Hayam Wuruk, dan candi Penataran. Pasang gambar tersebut di depan kelas dan minta siswa untuk mengamati.
o   Siswa melakukan diskusi dalam kelompok kecil untuk menemukan hubungan antar gambar tersebut, yaitu tokoh-tokoh kerajaan, wilayah pemerintahan, dan peninggalan bersejarah.
o   Siswa dibagi dalam kelompok kecil
o   Siswa membaca teks tentang perjuangan Mahapatih Gajah Mada.
o   Guru menunjuk satu siswa untuk membaca beberapa kalimat dengan keras dan dengan pengucapan yang jelas. Siswa lain menyimak, kemudian melanjutkan kalimat-kalimat berikutnya.
o   Guru menggiring pemahaman siswa akan isi teks bacaan dengan mem-inta siswa menceritakan kembali isi bacaan secara bergantian dan juga dengan beberapa pertanyaan pendukung:
o   Bagaimana sosok Gajah Mada yang digambarkan dalam bacaan?
o   Apa saja yang dilakukan Gajah Mada untuk kerajaan Majapahit?
o   Mengapa Gajah Mada tidak mau begitu saja menerima penunjukkan dirinya sebagai Patih?
o   Apa arti Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Gajah Mada?
o   Bagaimana pengaruh Sumpah Palapa itu bagi kehidupan bangsa Indonesia saat ini?

o   Siswa menceritakan kembali tentang perjuangan Gajah Mada dalam bentuk tulisan berdasarkan teks bacaan dalam lini masa.
o   Guru mengIngatkan siswa untuk menulis menggunakan kata baku dengan memperhatikan pemakaian huruf besar dan tanda baca.
o   Guru berputar saat siswa mengerjakan tugas, dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
o   Siswa melakukan diskusi dalam kelompok kecil, menjawab lima pertanyaan tentang perjuangan Mahapatih Gajah Mada yang ada di buku siswa.
o   Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada.
o   Guru mengajak siswa untuk berpikir kritis dengan memberikan beberapa pertanyaan:
o   Bandingkan perjuangan Mahapatih Gajah Mada dengan tokoh-tokoh pada pembelajaran hari sebelumnya!
o   Sikap apa saja yang dapat dipelajari dari perjuangan mereka?
o   Apakah bukti yang dapat dilihat pada masa sekarang untuk mengenang perjuangan mereka?
o   Bagaimana menumbuhkan sikap bela tanah air bagi seluruh masyarakatnya?
o   Guru berkeliling untuk memantau jalannya diskusi sambil memberikan sedikit pengarahan cara membuktikan dugaannya.

o   Siswa mengomunikasikan jawaban pertanyaan hasil diskusi di depan kelompok yang lain.
o   Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan hasil kerjanya di depan kelas.
o   Sebelum dan setelah siswa menyampaikan pendapatnya di kelas, guru member penguatan kembali tentang sikap saat membacakan hasil tulisannya di depan kelas.
o   Berbicara dengan runtut, jelas, dan suara yang cukup keras
o   Guru memotivasi siswa untuk memberikan pertanyaan lain yang berhubungan dengan hal-hal yang telah dipelajari
o   Siswa membaca senyap teks pendek yang berisi informasi tentang candi Penataran
o   Guru memberikan penguatan tentang bukti peninggalan masa kerajaan Hin-du-Buddha di masa sekarang yaitu peninggalan berupa candi yang masih ada hingga sekarang. - Guru dapat memberikan pengantar tentang arti dan makna candi.
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang tinggi candi naga dan candi induk.
o   Siswa berdiskusi untuk menduga perbandingan tinggi candi diantara candi naga dan candi induk. Siswa menuliskan hasil perhitungan untuk membuktikan dugaannya.
o   Siswa membuktikan dugaan dan cara penyelesaiannya dengan memperhatikan contoh yang ada di buku siswa tentang perbandingan desimal.
o   Berdasarkan hasil analisis dan diskusi yang dilakukan, siswa menuliskan secara mandiri sesuai pemahaman mereka tentang cara membandingkan desimal.
o   Setelah siswa mendapat konfirmasi dari guru, siswa membuktikan dugaan mereka tentang perbandingan tinggi candi naga dan candi induk.
o   Untuk memperdalam pemahaman siswa tentang urutan bilangan desimal. Siswa memperhatikan garis bilangan yang menunjukkan letak bilangan desimal.
o   Guru menuliskan kembali garis bilangan di atas di papan tulis
o   Guru dapat memberikan contoh lain secara klasikal di depan kelas untuk me-mantapkan pemahaman awal siswa.
o   Setelah mengetahui candi yang lebih tinggi di antara candi naga dan candi induk, siswa diajak berpikir untuk menemukan beda antara candi naga dan candi induk.
o   Siswa berdiskusi untuk menemukan bagaimana menemukan beda dari kedua can­di tersebut.
o   Siswa memperhatikan contoh untuk mengetahui cara penjumlahan dan penguran­gan secara mandiri.Guru menuliskan kembali garis bilangan di atas di papan tulis.
o   Guru menjelaskan langkah untuk penjumlahan dan pengurangan desimal,
o   Siswa berlatih soal-soal tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal.
o   Siswa pun mengerjakan latihan soal cerita tentang mengurutkan bilangan desimal.
o   Guru berkeliling saat siswa mengerjakan latihan. Bantulah siswa yang kurang memahami materi.
o   Guru memberikan penguatan dengan pembahasan dan memberikan contoh lain secara klasikal di depan kelas untuk memantapkan pemahaman awal siswa.
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Siswa yang telah mengerjakan soal matematika dengan benar diminta untuk mem­buat soal tentang penjumlahan dan pengurangan desimal.
o   Setelah selesai, tukarkanlah soal tersebut dengan teman lainnya. Mintalah pasan­gannya untuk mengerjakan soal yang telah dibuat.

Remedial
         (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas menguasai konsep)
         Pengulangan dan penguatan materi kembali bagi siswa yang belum mengerjakan latihan matematika dengan benar. Kegiatan ini dilakukan selama 30 menit setelah pulang sekolah. Setelah itu berilah 5 soal latihan untuk dikerjakan di rumah. Lati­han tersebut dikumpulkan keesokan harinya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1.      Daftar Periksa Bahasa Indonesia dan IPS
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Menemukan keseluruhan pokok-pokok informasi dalam bacaan yang dituliskan pada lini masa


Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri isi bacaan dengan benar dengan menggunakan kosa kata baku


Menemukan pengaruh hubungan perjuangan Gajah Mada dengan kehidupan di masa sekarang



2.      Rubrik Diskusi
No
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup Bagus
Perlu berlatih lagi
1

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
2

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
3

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merspon sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Peta Indonesia ukuran besar jika ada.
-          Gambar Mahapatih Gajah Mada, Raja Hayam Wuruk, dan candi Penataran.

3.        Matematika akan dilakukan dengan penilaian angka
4.        Penilaian sikap rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



Perhatikan gambar berikut!

Apakah Sikap Berikut Mencerminkan Sikap Persatuan? Tulislah alasanmu
Gajah Mada adalah ..............................................................................................................
…………………………………………………………………………………………….....
…………………………………………………………………………………………….....
…………………………………………………………………………………………….....

Akibat kecakapannya, di tahun 1319, ia diangkat sebagai …………............................
…………………………………………………………………………………………….....
…………………………………………………………………………………………….....
…………………………………………………………………………………………….....

Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, yaitu ……….....……………….
…………………………………………………………………………………………….....
…………………………………………………………………………………………….....
……………………………………………………………………………………………..... 




TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 3



PETA INDONESIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors