Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 4

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday, 23 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perjuangan Para Pahlawan/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBDP
1.1. Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.2  Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi dan tinggi-rendah nada dengan menggunakan gerakan tangan dalam menyenyikan salah satu lagu nasional
4.7  Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang harus dikenal
4.7.1 Menyanyikan salah satu lagu nasional dengan memperhatikan solmisasinya

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya denganmenyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaranTuhan yang menciptakannya,  serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1   Mengidentifikasi penerapan sifat-sifat cahaya
4.5     Membuat sebuah karya/model yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
4.5.1 Merancang sebuah karya yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya

c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1        Mengidentifikasi informasi penting dalam teks perjuangan Sultan Hasanuddin
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1        Memberikan pendapat tentang perjuangan Sultan Hassanuddin dalam bentuk ulasan

C. Materi Pembelajaran :
1.      Panjang pendek bunyi dan tinggi-rendah nada dengan menggunakan gerakan tangan dalam menyenyikan salah satu lagu nasional
2.      Sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.      Teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan hindu-budha di indonesia
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perjuanganku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca senyap teks tentang perjuangan Sultan Hasanuddin
o   Guru memandu siswa membaca senyap. Guru mengarahkan siswa agar dapat memahami kalimat per kalimat.
o   Siswa mendiskusikan teks perjuangan Sultan Hasanuddin secara berpasangan.
o   Setelah melakukan diskusi, secara individu siswa menuliskan ulasan teks tentang perjuangan Sultan Hasanuddin dengan mengisi bagan yang terdapat di buku siswa seperti yang tercantum di bawah ini.
o   Siswa menjelaskan dalam bentuk tulisan 2 contoh perjuangan penting dari Sultan Hasanuddin.
o   Siswa menuliskan beberapa hal yang telah dipelajari dari perjuangan Sultan Hasanuddin.
o   Guru meminta seorang siswa untuk membacakan hasil ulasan di depan kelas, dan teman lain menyimak.
o   Guru memberikan penguatan tentang sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Sultan Hasanuddin yang patut diteladani untuk kepentingan masyarakatnya.
o   Selanjutnya guru mengajak siswa berpikir kritis dengan menjawab pertanyaan berikut:
         Apa pengaruh perjuangan Sultan Hasanuddin terhadap kelangsungan kerajaan yang dipimpinnya?
         Apa pengaruhnya terhadap perekonomian rakyat kerajaan Goa dan Tallo?
         Mengapa Sultan Hasanuddin anti dengan monopoli oleh Belanda?
         Apa kaitan antara perjuangan Sultan Hasanuddin dengan keadaan masyarakat saat ini?

o   Guru menggiring siswa menjawab pertanyaan dengan pertanyaan berkelanjutan.
o   Guru memberi penguatan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya
o   Guru memberikan penguatan kembali tentang sikap kita sebagai generasi penerus bangsa terhadap peninggalan sejarah sebagai bagian dari menghargai jasa para pahlawan.
o   Siswa mengamati gambar tentang pemanfaatan cermin sebagai alat komunikasi di zaman dahulu
o   Siswa akan mempraktikkan cara berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin, setelah mengamati gambar yang ada di buku siswa.
o   Siswa membuat paling sedikit membuat 3 pertanyaan tentang gambar tersebut.
o   Siswa menukarkan pertanyaan secara berpasangan.
o   Siswa mendiskusikan jawaban atas pertanyaan tersebut
o   Siswa mencoba mempraktikkan cara berkomunikasi menggunakan cahaya secara berkelompok mengikuti instruksi yang diberikan.
o   Siswa menuliskan laporan hasil percobaan, dengan memperhatikan bagian-bagian laporan.
o   Siswa akan belajar menyanyikan lagu perjuangan.
o   Untuk memancing pengetahuan siswa akan lagu perjuangan, siswa diberi mo-tivasi untuk mencari judul lagu yang berisikan perjuangan para pahlawan. Lagu yang siswa cari dapat berupa lagu nasional, lagu daerah ataupun lagu di masa sekarang.
o   Siswa memperhatikan solmisasi lagu Maju Tak Gentar
o   Siswa memperhatikan cara guru menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar”. Ketika menyanyikan lagu Maju Tak Gentar gunakanlah panjang-pendek bunyi dan tinggi-rendah nada dengan menggunakan gerakan tangan dengan tepat. Berikan penjelasan kepada siswa tentang istilah panjang-pendek bunyi dan tinggi-rendah nada dengan menggunakan gerakan tangan.
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang perasaan dan nilai baik yang dapat diambil dari lagu tersebut.
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Siswa mencari informasi mengenai penggunaan sifat-sifat cahaya dalam kehidupan sehari-hari

Remedial
o   (Remedial diberikan kepada siswa yang tidak tuntas dalam memahami konsep)
o   Bagi siswa yang masih kesulitan membuat ulasan, siswa diberikan penguatan oleg Guru. Kegiatan ini berlangsung selama 30 menit setelah jam pelajaran.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).






Penilaian

1.        Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus sekali
Bagus
berlatih lagi
Mengidentifikasi informasi penting
Menuliskan 3 informasi penting
Menuliskan 2 informasi penting
Menuliskan 1 informasi penting
Menjelaskan bagian yang menarik
Menjelaskan bagian yang menarik dengan bahasa yang runtut
Menjelaskan bagian yang menarik dengan bahasa yang kurang runtut
Menjelaskan bagian yang menarik dengan bahasa yang tidak runtut
Memberikan pendapat
Pendapat sesuai dengan tema
Pendapat kurang sesuai dengan tema
Pendapat tidak sesuai dengan tema

Keterangan:    

Skor Maksimal 12
Nilai    =


2.        Rubrik IPA
Kriteria
Bagus sekali
Cukup
Kurang
Alat dan bahan
Menuliskan semua
alat dan bahan
percobaan dengan
benar
Menuliskan
sebagian alat dan
bahan percobaan
(dengan benar
50%)
Menuliskan kurang
dari 50% alat dan bahan percobaan
dengan benar
Langkah-langkah percobaan

Menuliskan seluruh langkah percobaan dengan lengkap benar
Menuliskan
sebagian langkah
percobaan dengan
lengkap dan benar
(dengan benar
50%)
Menuliskan kurang
dari 50% langkah
percobaan dengan
lengkap dan benar
Kesimpulan
Menyajikan
kesimpulan
percobaan dengan
tepat dan mandiri
Menyajikan
kesimpulan
percobaan dengan
mandiri, namun
kurang tepa
Belum dapat
menyajikan
kesimpulan
percobaan dengan
tepat dan mandiri

Skor
Keterangan :   
4 = Bagus                               
3 = cukup                   
2= kurang
                       
Skor Maksimal 12

Nilai    =


 3.        Daftar Periksa SBdP

Kriteria
Bagus sekali
Bagus
Berlatih lagi
Nada
Menyanyikan seluruh lagu dengan nada tepat
Menyanyikan sebagian besar lagu dengan nada yang tepat
Menyanyikan sebagian besar lirik lagu dengan nada yang tidak tepat
Tempo
Menyanyikan seluruh lagu dengan tempo tepat
Menyanyikan sebagian besar lagu dengan tempo yang tepat
Menyanyikan sebagian besar lagu dengan tempo yang tidak tepat
Ekspresi
Ekspresi sesuai dengan isi, nada, dan tempo lagu
Sebagian besar ekspresi sesuai dengan isi, nada, dan tempo lagu
Sebagian besar ekspresi tidak sesuai dengan isi, nada, dan tempo lagu
Suara
Seluruh lirik lagu diucapkan dengan jelas
Sebagian besar lirik lagu diucapkan dengan jelas
Sebagian besar lirik lagu diucapkan dengan tidak jelas
                         
Keterangan:

Skor Maksimal 12

Nilai    =


4.        Penilaian Sikap (cinta tanah air, kerjasama, teliti).


F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Sultan Hasanuddin
-          Cermin
-          Teks lagu Maju Tak Gentar




Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

PERCOBAAN

Berkomunikasi Menggunakan Cahaya dan Cermin
Langkah-langkah:
1.        Duduk bersama kelompokmu.
2.        Perlihatkan cerminmu kepada kelompokmu.
3.        Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya matahari.
4.        Diskusikan kode yang disepakati untuk berkomunikasi beserta maknanya (misalnya ketika cahaya dipantulkan menggunakan cermin dan digerakkan melingkar sebanyak 3 kali, itu berarti seluruh anggota kelompok berkumpul di tengah halaman sekolah).
5.        Setelah berdiskusi, anggota kelompok menyebar ke tempat yang berbeda di sekitar sekolah.
6.        Berdiri di tempat yang terdapat cahaya matahari.
7.        Pantulkan cahaya kepada tempat yang disepakati.
8.        Buat laporan tentang sifat cahaya di akhir kegiatan.

Laporan
Berkomunikasi Menggunakan Cahaya

Tujuan                         :  ……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………

Alat dan Bahan           :  ……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………

Cara Kerja                   :  ……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………

Perasaanku Ketika Melakukan Percobaan

                                       ……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………


Kesimpulan                 :  ……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………


 


 Media
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 4

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors