RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran :
Perjuangan Para Pahlawan/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBDP
1.1. Mengagumi ciri
khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah
tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi,
dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
3.2.1 Membedakan
panjang pendek bunyi dan tinggi-rendah nada dengan menggunakan gerakan tangan
dalam menyenyikan salah satu lagu nasional
4.7 Menyanyikan solmisasi lagu wajib
dan lagu daerah yang harus dikenal
4.7.1 Menyanyikan
salah satu lagu nasional dengan memperhatikan solmisasinya
b) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya denganmenyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaranTuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya
melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1
Mengidentifikasi
penerapan sifat-sifat cahaya
4.5 Membuat sebuah
karya/model yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
4.5.1 Merancang sebuah karya yang memanfaatkan
sifat-sifat cahaya
c) Bahasa
Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
2.5
Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu- Buddha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1
Mengidentifikasi
informasi penting dalam teks perjuangan Sultan Hasanuddin
4.5 Mengolah dan menyajikan teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1
Memberikan pendapat tentang perjuangan
Sultan Hassanuddin dalam bentuk ulasan
C. Materi Pembelajaran :
1.
Panjang
pendek bunyi dan tinggi-rendah nada dengan menggunakan gerakan tangan dalam
menyenyikan salah satu lagu nasional
2.
Sifat-sifat
cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
3.
Teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan hindu-budha di indonesia
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perjuanganku”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca senyap
teks tentang perjuangan Sultan Hasanuddin
o
Guru memandu siswa
membaca senyap. Guru mengarahkan siswa agar dapat memahami kalimat per
kalimat.
o
Siswa mendiskusikan
teks perjuangan Sultan Hasanuddin secara berpasangan.
o
Setelah melakukan
diskusi, secara individu siswa menuliskan ulasan teks tentang perjuangan
Sultan Hasanuddin dengan mengisi bagan yang terdapat di buku siswa seperti
yang tercantum di bawah ini.
o
Siswa menjelaskan
dalam bentuk tulisan 2 contoh perjuangan penting dari Sultan Hasanuddin.
o
Siswa menuliskan
beberapa hal yang telah dipelajari dari perjuangan Sultan Hasanuddin.
o
Guru meminta
seorang siswa untuk membacakan hasil ulasan di depan kelas, dan teman lain
menyimak.
o
Guru memberikan
penguatan tentang sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Sultan Hasanuddin
yang patut diteladani untuk kepentingan masyarakatnya.
o
Selanjutnya guru
mengajak siswa berpikir kritis dengan menjawab pertanyaan berikut:
•
Apa
pengaruh perjuangan Sultan Hasanuddin terhadap kelangsungan kerajaan yang
dipimpinnya?
•
Apa
pengaruhnya terhadap perekonomian rakyat kerajaan Goa dan Tallo?
•
Mengapa
Sultan Hasanuddin anti dengan monopoli oleh Belanda?
•
Apa
kaitan antara perjuangan Sultan Hasanuddin dengan keadaan masyarakat saat
ini?
o
Guru menggiring siswa
menjawab pertanyaan dengan pertanyaan berkelanjutan.
o
Guru memberi
penguatan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa
pahlawannya
o
Guru memberikan
penguatan kembali tentang sikap kita sebagai generasi penerus bangsa terhadap
peninggalan sejarah sebagai bagian dari menghargai jasa para pahlawan.
o
Siswa mengamati
gambar tentang pemanfaatan cermin sebagai alat komunikasi di zaman dahulu
o
Siswa akan
mempraktikkan cara berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin, setelah
mengamati gambar yang ada di buku siswa.
o
Siswa membuat paling
sedikit membuat 3 pertanyaan tentang gambar tersebut.
o
Siswa menukarkan
pertanyaan secara berpasangan.
o
Siswa mendiskusikan
jawaban atas pertanyaan tersebut
o
Siswa mencoba
mempraktikkan cara berkomunikasi menggunakan cahaya secara berkelompok
mengikuti instruksi yang diberikan.
o
Siswa menuliskan
laporan hasil percobaan, dengan memperhatikan bagian-bagian laporan.
o
Siswa akan belajar
menyanyikan lagu perjuangan.
o
Untuk memancing
pengetahuan siswa akan lagu perjuangan, siswa diberi mo-tivasi untuk mencari
judul lagu yang berisikan perjuangan para pahlawan. Lagu yang siswa cari
dapat berupa lagu nasional, lagu daerah ataupun lagu di masa sekarang.
o
Siswa memperhatikan
solmisasi lagu Maju Tak Gentar
o
Siswa memperhatikan
cara guru menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar”. Ketika menyanyikan lagu Maju
Tak Gentar gunakanlah panjang-pendek bunyi dan tinggi-rendah nada dengan
menggunakan gerakan tangan dengan tepat. Berikan penjelasan kepada siswa
tentang istilah panjang-pendek bunyi dan tinggi-rendah nada dengan
menggunakan gerakan tangan.
o
Siswa menjawab
pertanyaan tentang perasaan dan nilai baik yang dapat diambil dari lagu
tersebut.
o
Siswa menjawab
pertanyaan perenungan di buku siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan
o
Siswa
mencari informasi mengenai penggunaan sifat-sifat cahaya dalam kehidupan
sehari-hari
Remedial
o
(Remedial
diberikan kepada siswa yang tidak tuntas dalam memahami konsep)
o
Bagi siswa yang masih
kesulitan membuat ulasan, siswa diberikan penguatan oleg Guru. Kegiatan ini
berlangsung selama 30 menit setelah jam pelajaran.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan
kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Rubrik
Diskusi
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Bagus
|
berlatih lagi
|
Mengidentifikasi informasi
penting
|
Menuliskan 3 informasi penting
|
Menuliskan 2 informasi penting
|
Menuliskan 1 informasi penting
|
Menjelaskan bagian yang menarik
|
Menjelaskan bagian yang menarik dengan bahasa yang runtut
|
Menjelaskan bagian yang menarik dengan bahasa yang kurang
runtut
|
Menjelaskan bagian yang menarik dengan bahasa yang tidak
runtut
|
Memberikan pendapat
|
Pendapat sesuai dengan tema
|
Pendapat kurang sesuai dengan tema
|
Pendapat tidak sesuai dengan tema
|
Keterangan:
Skor
Maksimal 12
Nilai =
2.
Rubrik IPA
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup
|
Kurang
|
Alat dan bahan
|
Menuliskan
semua
alat dan
bahan
percobaan
dengan
benar
|
Menuliskan
sebagian
alat dan
bahan
percobaan
(dengan
benar
50%)
|
Menuliskan
kurang
dari 50%
alat dan bahan percobaan
dengan benar
|
Langkah-langkah percobaan
|
Menuliskan seluruh langkah percobaan dengan lengkap benar
|
Menuliskan
sebagian
langkah
percobaan
dengan
lengkap
dan benar
(dengan
benar
50%)
|
Menuliskan
kurang
dari 50%
langkah
percobaan
dengan
lengkap dan benar
|
Kesimpulan
|
Menyajikan
kesimpulan
percobaan dengan
tepat dan mandiri
|
Menyajikan
kesimpulan
percobaan
dengan
mandiri,
namun
kurang tepa
|
Belum dapat
menyajikan
kesimpulan
percobaan dengan
tepat dan mandiri
|
Skor
Keterangan :
4 = Bagus
3 = cukup
2= kurang
Skor
Maksimal 12
Nilai =
3.
Daftar Periksa SBdP
Kriteria
|
|
|
Berlatih
lagi
|
||
Nada
|
Menyanyikan seluruh lagu dengan nada tepat
|
Menyanyikan sebagian besar lagu dengan nada yang tepat
|
Menyanyikan sebagian besar lirik lagu dengan nada yang
tidak tepat
|
||
Tempo
|
Menyanyikan seluruh lagu dengan tempo tepat
|
Menyanyikan sebagian besar lagu dengan tempo yang tepat
|
Menyanyikan sebagian besar lagu dengan tempo yang tidak
tepat
|
||
Ekspresi
|
Ekspresi sesuai dengan isi, nada, dan tempo lagu
|
Sebagian besar ekspresi sesuai dengan isi, nada, dan tempo
lagu
|
Sebagian besar ekspresi tidak sesuai dengan isi, nada, dan
tempo lagu
|
||
Suara
|
Seluruh lirik lagu diucapkan dengan jelas
|
Sebagian besar lirik lagu diucapkan dengan jelas
|
Sebagian besar lirik lagu diucapkan dengan tidak jelas
|
Keterangan:
Skor
Maksimal 12
Nilai =
4.
Penilaian Sikap (cinta tanah air,
kerjasama, teliti).
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar
Sultan Hasanuddin
-
Cermin
-
Teks lagu Maju Tak
Gentar
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
PERCOBAAN
Berkomunikasi
Menggunakan Cahaya dan Cermin
Langkah-langkah:
1.
Duduk
bersama kelompokmu.
2.
Perlihatkan
cerminmu kepada kelompokmu.
3.
Gunakan
cermin untuk memantulkan cahaya matahari.
4.
Diskusikan
kode yang disepakati untuk berkomunikasi beserta maknanya (misalnya ketika
cahaya dipantulkan menggunakan cermin dan digerakkan melingkar sebanyak 3 kali,
itu berarti seluruh anggota kelompok berkumpul di tengah halaman sekolah).
5.
Setelah
berdiskusi, anggota kelompok menyebar ke tempat yang berbeda di sekitar
sekolah.
6.
Berdiri
di tempat yang terdapat cahaya matahari.
7.
Pantulkan
cahaya kepada tempat yang disepakati.
8.
Buat laporan tentang
sifat cahaya di akhir kegiatan.
Laporan
Berkomunikasi Menggunakan
Cahaya
|
Tujuan : ……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
Alat dan Bahan : ……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
Cara Kerja : ……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
Perasaanku
Ketika Melakukan Percobaan
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
Kesimpulan : ……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment