Home » » TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 5

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 10 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                          : VI/ II
Tema 7                                      : Kepemimpinan di sekitarku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Pemimpin Idolaku / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
1. SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.4 Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan
3.5 Memahami nilai-nilai yang melekat dalam unsurunsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
3.5.1 Menjelaskan arti dan makna lagu daerah.
4.6 Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan.
4.6.1 Mempraktikan perbedaan suara saat menyanyikan lagu daerah

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil.
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya.
3.4.1 Menjelaskan pentingnya bermusyawarah, semangat kekeluargaan dan bergotong royong dalam kehidupan sehari-hari.
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan  dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya.
4.4.1 Memberi contoh penerapan semangat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari

c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3 Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Mengidentifikasi isi teks pidato persuasif tentang sikap cinta tanah air.
4.3 Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Merancang teks pidato persuasif tentang pentingnya bergotong royong.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Menyanyi lagu Sarinande dengan dua suara.
2.      Menyampaikan contoh semangat kekeluargaan, bermusyawarah dan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Membuat teks pidato persuasive tentang pentingnya gotong royong.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kepemimpinan di sekitarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Saat akan memulai kegiatan bernyanyi, lagu sudah dipersiapkan terlebih dahulu agar siswa dapat mendalami lagu tersebut. Alat musik perlu dibawa untuk mengiringi siswa.
o   Lagu ‘Sarinande’ beserta not angkanya dapat ditulis di papan tulis agar semua siswa bisa bernyanyi sambil membaca not dan syair lagunya. Kegiatan menulis lagu
o   dilakukan sebelum pembelajaran mulai agar waktu pembelajaran tidak terganggu.
o   Guru menuliskan lagu "Sarinande" di papan tulis atau menyajikan media yang berisi syair dan not angka "Sarinande".
o   Guru dan siswa bisa mendiskusikan asal lagu, arti dan maknanya.
o   Siswa dapat mencatat makna lagu “Sarinande".
o   Guru memberi contoh dengan menyanyikan lagu dengan suara satu. Siswa mendengarkan guru.
o   Siswa kemudian menyanyikan lagu dengan suara satu dengan bimbingan guru. Guru melakukan kegiatan ini beberapa kali sampai siswa mampu menyanyikannya.
o   Guru kemudian memainkan alat musik (yang dibawanya) dan membimbing siswa bernyanyi dengan iringan alat musik tersebut.
o   Guru memperkenalkan suara dua dengan iringan musik. Guru membimbing siswa bernyanyi dengan suara dua. Kegiatan dilakukan beberapa kali.
o   Guru menilai siswa dengan rubrik.
o   Guru menuliskan tiga kata di papan tulis dengan ukuran besar sehingga terbaca oleh semua siswa. Kata tersebut adalah: SEMANGAT
o   KEKELUARGAAN, BERMUSYAWARAH, GOTONG ROYONG. Guru kemudian meminta siswa untuk menulis pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang ketiga kata tersebut dan diserahkan kepada teman di sebelahnya untuk dijawab.
o   Siswa menulis tentang contoh-contoh kegiatan yang mencerminkan ketiga semangat seperti yang tercantum pada tabel di bawah ini. Tugas dilakukan secara individual.
o   Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan pertanyaan dan jawabannya di depan kelas. Siswa lain kemudian menanggapi dan memberikan pendapatnya. Guru memberikan masukan atau penguatan.
o   Pekerjaan siswa dinilai dengan menggunakan rubrik.
o   Proses diskusi dinilai dengan rubrik.
o   Siswa melanjutkan kegiatan dengan membuat teks pidato persuasive tentang pentingnya gotong royong. Siswa diingatkan bahwa mereka akan berpidato di hadapan adik kelasnya.
o   Untuk persiapan kegiatan berpidato, guru perlu bekerja sama dengan guruguru dari kelas lain. Guru kelas 6 meminta kesediaan guru lain menyisihkan waktu belajar di kelasnya untuk mendengarkan siswa kelas 6 berpidato.
o   Guru juga dapat menetapkan beberapa tempat lain di sekolah untuk dijadikan arena berpidato. Tempat tersebut misalnya kantin, halaman sekolah, dan lainnya.
o   Teks pidato dinilai dengan menggunakan rubric
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.

Pengayaan
o   Kegiatan musik bisa dilakukan oleh guru musik apabila tersedia. Setelah lagu "Sarinande", guru dapat juga memberikan lagu dari daerah lain. Tentunya dengan memberi kesempatan bagi siswa untuk mendalami arti dan makna lagu tersebut sebelum menyanyikannya.

Remedial
o   Bagi siswa yang kesulitan menyanyi dengan dua suara dapat dilatih beberapa kali dengan guru. Bimbinglah siswa untuk dapat berkonsentrasi saat bernyanyi.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

Penilaian

1. SBdP
Penilaian dilakukan dengan menggunakan rubrik.

2. PPKn
  

Hasil karya siswa tentang contoh pengamalan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan dinilai dengan rubrik.



3. PPKn
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan menggunakan rubrik.



4. Bahasa Indonesia
Teks pidato dinilai dengan menggunakan rubrik.


5. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (menghargai).
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.


G.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.      Penilaian dilakukan dengan menggunakan rubrik




Mengetahui,                                                                 Beureunuen, …,……………...2017
Kepala SD 3 Beureunuen                                            Guru Kelas VI B,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                              JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                     NIP. 19780714 200801 2 001

 

Lembar Kerja Siswa
LKS) 

Dalam kelompokmu, ayo sampaikan contoh-contoh kegiatanmu yang
mencerminkan ketiga semangat menjaga persatua da kesatuan dengan mengisi tabel berikut.

......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................... 
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................... 
 


 MEDIA

SARIADE
Maluku
E=do
 

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 2
TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 3
TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors