Home » » TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 4

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 9 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : VI/ II
Tema 7                                       : Kepemimpinan di sekitarku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Pemimpin Idolaku / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
3.1.1 Mengidentifikasi teknik melempar bola melalui pengamatan.
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.1.1 Mendemonstrasikan teknik melempar bola dalam permainan.

b)       IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan.
3.4.1 Menjelaskan sifat campuran setelah melakukan pengamatan.
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.1 Mengomunikasikan hasil percobaan penyulingan air

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :

  1. Melakukan permainan mengoper bola.
  2. Membuat permainan dalam matematika.
  3. Melakukan percobaan penyulingan air.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kepemimpinan di sekitarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Untuk kegiatan awal, guru mengajak seluruh siswa berolahraga di luar.
o   Kegiatan ini bisa dipandu oleh guru kelas atau guru PJOK. Meskipun kegiatan ini merupakan kegiatan pengulangan, guru perlu membaca cara mengoper bola dan aturan permainannya.
o   Pada kesempatan ini guru dapat menilai siswa saat bermain dengan kelompoknya.
o   Kegiatan olahraga di hari ini merupakan kegiatan pengulangan dari kegiatan di hari ke dua. Kegiatan ini dilakukan lagi untuk melatih cara mengoper bola yang benar.
o   Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang permainan mengoper bola dan melakukan refleksi apa yang perlu diperbaiki hari ini sehingga keterampilan mengoper bola bisa semakin berkembang dengan baik.
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada hal-hal yang belum jelas. Setelah berdiskusi, guru dan siswa kemudian melakukan kegiatan di luar kelas. Kali ini guru membiarkan siswa memilih anggota kelompoknya sendiri (satu kelompok terdiri dari 6 orang atau sesuai dengan kondisi di kelas).
o   Di dalam kelompoknya, siswa bergantian berlatih mengoper bola sesuai dengan teknik yang sudah dilatihkan di hari sebelumnya. Guru kemudian menilai siswa dengan menggunakan daftar periksa (check list).
o   Setelah dirasakan cukup berlatih mengoper bola, guru kemudian mengajak siswa untuk melakukan permainan. Siswa diingatkan untuk bekerja sama.
o   Kegiatan dinilai dengan daftar periksa (check list).
o   Setelah selesai melakukan permainan, guru mengajak siswa untuk melakukan refleksi di dalam atau di luar kelas. Setiap siswa diminta untuk menuliskan hasil refleksinya.
o   Siswa membaca teks tentang Sudin dan sahabat barunya, Ismail dari Aceh.
o   Agar pemahaman siswa terjaga, guru mengajukan pertanyaan tentang isiteks yang dibacanya. Kegiatan ini d ilakukan setiap siswa selesai membaca satu paragraf.
o   Siswa perlu memahami permainan angka seperti yang tercantum dalam teks. Untuk memudahkan pemahaman, siswa ditugaskan menulis angkaangka pada potongan kertas atau pada tutup botol. Berikut adalah angkaangka yang harus ditulis setiap siswa.
o   Secara individual, siswa menjawab pertanyaan tentang peluang kejadian dan melakukan kegiatan untuk menemukan peluang empirik dengan menggunakan potongan kertas atau tutup botol yang bertuliskan angkaangka.
o   Setiap siswa membuat permainan yang berbasis kepada peluang. Saat mendesain permainan, guru mengingatkan siswa untuk membuat aturannya serta membuat pertanyaan untuk pemain. Permainan harus dicoba sendiri terlebih dahulu oleh siswa. Permainan siswa harus memuat data awal, aturan permainan, dan pertanyaan untuk dijawab oleh para pemain
o   Setelah desain permainan selesai dibuat, setiap siswa kemudian memberikan permainannya kepada guru untuk dicoba oleh temantemannya.
o   Setiap siswa harus mencoba paling sedikit 3 permainan dan menuliskan pengalamannya. Tulisan setiap siswa harus memuat
·         Jenis permainan 1-3
·         Aturan permainan 1-3
·         Masukan terhadap ketiga permainan tersebut
·         Perasaan saat bermain
·         Pendapat tentang permainan teman
o   Produk siswa akan dinilai dengan rubrik.
o   Siswa akan melakukan percobaan penyulingan air.
o   Guru memastikan seluruh peralatan dan prosedur kegiatan sudah siap untuk dibaca.
o   Siswa mencatat proses kegiatan dan hasilnya.
o   Siswa menemukan banyak air bersih yang dihasilkan.
o   Apa yang harus dilakukan apabila air masih belum bersih?
o   Guru menyiapkan seluruh peralatan di atas meja. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 6 anggota. Banyaknya kelompok bisa disesuaikan dengan kondisi di kelas. Sebelum kegiatan dimulai, siswa harus menutup meja dengan kertas koran agar meja tidak kotor.
o   Guru meminta salah seorang siswa untuk membaca peralatan percobaan beserta prosedur kegiatannya. Siswa lain ditunjuk untuk mengulang apa yang telah dibaca temannya dengan bahasa sendiri. Hal ini dilakukan agar siswa paham apa yang harus dilakukan.
o   Percobaan dilakukan bersama antaranggota kelompok namun siswa harus mencatat, mengumpulkan informasi dan menjawab pertanyaan secara individu. Saat percobaan berlangsung, guru berkeliling untuk membantu mereka yang membutuhkan bimbingan.
o   Siswa menuliskan laporannya dan menyerahkannya kepada guru untuk dinilai. Seluruh siswa kemudian diminta untuk merapikan kelas dengan mengembalikan semua peralatan dan membersihkan meja.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan untuk perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.

Pengayaan
o   Permainan dengan peluang empirik dengan berbagai kreasi permainan, yang bisa dimainkan bersama ketika waktu istirahat.

Remedial
o   Siswa yang kurang berhasil dengan percobaan penyulingan air dapat melakukan kegiatan ulang dengan bimbingan guru. Guru meminta siswa untuk membaca ulang langkah kegiatan dan melakukannya langkah demi langkah. Guru memberikan bimbingan untuk setiap langkah kegiatan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian
1. Matematika
Guru menggunakan rubrik untuk menilai permainan karya siswa.


2. IPA
Percobaan IPA dinilai dengan menggunakan rubrik.

3. PJOK
Keterampilan siswa saat mengoper bola dinilai dengan daftar periksa
(check list).


4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (pantang menyerah).
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.Kerja Sama





F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1. Kertas HVS
2. Bola basket



Mengetahui,                                                                 Beureunuen, …,……………...2017
Kepala SD 3 Beureunuen                                            Guru Kelas VI B,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                              JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                    NIP. 19780714 200801 2 001





MEDIA
TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 4


TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 4



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors