RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ II
Tema 7 : Kepemimpinan di sekitarku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Pemimpin Idolaku / 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas,
energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
2.3 Memiliki sikap
disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan
masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3 Menguraikan isi
teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta
layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan temandalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih danmemilah kosakata baku.
3.3.1 Mengidentifikasi
isi teks pidato persuasif tentang persatuan sebagai wujud cinta tanah air.
4.3 Menyampaikan
teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta
layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Menilai teks
pidato persuasive dan menyampaikan alasan dari hasil penilaian.
b) IPS
1.2 Menerima adanya
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat yang mengatur kehidupan
manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia.
2.2 Memiliki
kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan
politik.
3.4 Menelaah
manfaat kelembagaan politik, sosial,ekonomi dan budaya bagi kehidupan
masyarakat dan bangsa Indonesia.
3.4.1 Menjelaskan
tugas pemimpin di lembaga politik dan manfaatnya bagi masyarakat.
4.4 Menyajikan pemahaman
mengenai manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan
masyarakat dan bangsa Indonesia dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan,
gambar, foto, dan lainnya).
4.4.1 Mengomunikasikan
manfaat keberadaan lembaga politik melalui sosok pemimpin dalam bentuk tulisan.
c) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.11 Menemukan
peluang empiric dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan
beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik.
3.11.1 Menentukan
peluang empirik setelah melakukan rangkaian percobaan.
4.10 Menggunakan
data statistic hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian.
4.10.1 Menaksir
peluang kejadian dari data yang tersedia.
d) PPKn
1.1 Menghargai semangat
kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa,
rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.3 Menunjukkan
penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan
hasil.
3.4 Memahami
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah,
sosial, dan budaya.
3.4.1 Menjelaskan
pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dari kegiatan atau program
pendidikan di suatu wilayah.
4.4 Menerapkan
nilai-nilaipersatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan
budaya.
4.4.1 Mengomunikasikan
contoh penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar
rumah.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
- Belajar nilai kepemimpinan dari cerita Sang Kepala Sekolah Idola.
- Menuliskan hubungan antara kelembagaan dan manfaatnya bagi masyarakat dan nilai-nilai kepemimpinan.
- Menuliskan contoh pengamalan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah.
- Melakukan perconaan untuk menentukan peluang.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Kepemimpinan di
sekitarku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka pelajaran dengan memperlihatkan peta
Indonesia. Guru dapat mengajukan pertanyaan tentang Bangsa Indonesia yang
majemuk ditinjau dari bahasa, adat istiadat, kebiasaan, suku, dan agama.
o
Guru memilih salah satu wilayah yang ada dalam peta
dengan menunjuknya, lalu menuliskannya di papan tulis. Siswa diminta menulis
sebanyakbanyaknya pertanyaan tentang wilayah tersebut terkait dengan bahasa, adat
istiadat, seni, kebiasaan, suku dan agama.
o
Dalam kelompok, siswa mendiskusikan jawaban terhadap
pertanyaan yang dihasilkan. Jawaban yang diperoleh dapat ditulis pada
selembar kertas. Guru kemudian meminta salah satu perwakilan kelompok untuk menyampaikan
hasil diskusinya. Seluruh siswa yang lain memberikan pendapat tentang hasil
diskusi kelompok tersebut. Kegiatan yang sama dapat dilakukan untuk kelompok
yang lain. Di akhir diskusi, guru dapat memberikan penguatan.
o
Guru kemudian bertanya kepada seluruh siswa mengenai
dengan adanya keanekaragaman. Apa yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin bangsa?
Guru kemudian mencatat jawaban siswa di papan tulis dan mendiskusikannya.
o
Siswa diinformasikan bahwa hari itu mereka akan
belajar tentang bagaimana peran para pejabat negara dalam rangka
mempersatukan wilayah Indonesia.
o
Siswa diminta untuk membaca teks tentang pemimpin
idola dan menjawab pertanyaan yang tersedia di dalam buku.
o
Kegiatan dilakukan secara individu.
o
Guru memotivasi siswa untuk berhatihati dalam
menjawab.
o
Berdasarkan jawaban yang dimilikinya, siswa membuat
tulisan tentang tokoh cerita dan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang
terkandung dalam cerita tersebut. Guru mengumpulkan hasil pekerjaan siswa
untuk dinilai.
o
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan rubrik.
o
Setelah belajar
dari nilai-nilai kepemimpinan sang tokoh, siswa kemudian diminta untuk
menuliskan nilai-nilai yang mencerminkan pengamalan persatuan dan kesatuan.
Siswa harus menulis perilaku yang mencerminkan nilai tersebut di lingkungan
sekitar rumah. Guru mengingatkan siswa untuk menuliskan paling sedikit 5
contoh perilaku dan dampaknya bagi orang lain.
o
Tulisan siswa
dinilai dengan menggunakan rubric
o
Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca buku siswa
tentang kelembagaan di Indonesia beserta pemimpinnya. Siswa perlu membaca tugas
dengan seksama dan menyelesaikan tugas sesuai yang tertulis di buku. Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada hal-hal yang belum
dipahami. Untuk mendukung kegiatan ini, siswa diarahkan untuk mewawancarai
orang dewasa di sekolah sebagai narasumber, membaca buku referensi di
perpustakaan atau menggunakan fasilitas internet apabila memungkinkan.
o
Saat akan menulis, siswa memperhatikan kriteria
penulisan seperti berikut ini.
Nama lengkap, jabatan, prestasi yang diraih,
nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki, serta alasan mengapa kamu
menjadikannya sebagai pemimpin idola.
o
Tulisan akan
dinilai dengan daftar periksa (check list)
o
Siswa membaca teks pidato yang disusun oleh Sudin.
Guru meminta setiap siswa membaca teks dalam hati. Secara individu, siswa
harus menilai teks pidato Sudin.
o
Sebelum melakukan penilaian terhadap teks pidato,
guru menjelaskan instrumen penilaian berupa daftar periksa (check list).
Kriteria yang terdapat di dalam daftar periksa dibaca perlahan dan
diterangkan satu per satu. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila
belum paham. Guru dapat meminta siswa untuk membaca teks sekali lagi, agar
siswa mudah dalam menilai.
o
Siswa kemudian diminta untuk menuliskan kesimpulan
dari hasil penilaiannya. Setelah kegiatan penilaian selesai, guru
mengingatkan siswa bahwa saat melakukan penilaian, kita harus melakukannya
sesuai fakta, tidak boleh memasukkan opini. Kejujuran sangat dibutuhkan saat
menilai.
o
Proses siswa menilai dicatat melalui catatan anekdot
o
Kegiatan siswa selanjutnya adalah menjawab
pertanyaan yang ada pada buku siswa. Kegiatan dilakukan secara individu.
Kemudian guru meminta satu orang siswa untuk menuliskan jawabannya di papan
tulis (urutan hasil peluang). Guru kemudian membahasnya bersama siswa dengan
mengacu kepada informasi yang ada di buku.
o
Sebelum melakukan kegiatan, siswa perlu membuat
persiapan. Persiapan yang dilakukan siswa yaitu menyiapkan kertas HVS,
gunting, pensil, dan penjepit kertas. Guru meminta setiap siswa untuk
menggunting kertas menjadi bentuk lingkaran. Lingkaran kemudian dibagi
menjadi delapan bagian. Setiap bagian diberi nomor seperti pada gambar. Siswa
dengan menggunakan pensil dan paper clip memutar lingkaran untuk
memperoleh gambaran tentang peluang mengenai pasangan pakaian yang akan
dibawa Sudin.
o
Setiap siswa ditugaskan untuk melakukan kegiatan
memutar lingkaran.
o
Melalui kegiatan tersebut siswa mengisi tabel yang
tersedia. Guru mengingatkan agar siswa mengikuti instruksi yang ada pada buku
siswa.
o
Guru meminta
siswa untuk mengurutkan peluang yang dihasilkan dan membandingkan dengan
urutan peluang pada kegiatan sebelumnya.
o
Hasil kegiatan
siswa dinilai dengan menggunakan rubric
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.
Pengayaan
o
Bagi sekolah yang memiliki komputer dan terhubung ke
jaringan internet,
o
kegiatan mencari informasi tentang kepemimpinan di
lembaga politik dapat
o
dibantu melalui jaringan internet.
Remedial
o
(Siswa dapat melakukan kegiatan yang sama seperti
hari sebelumnya)
o
Bagi siswa yang
masih belum menguasai membaca diagram dan membuat diagram, diberikan kegiatan
berikut.
o
Guru mengambil
salah satu contoh diagram yang ada pada buku siswa dan memberikan beberapa
pertanyaan bantuan pemahaman.
o
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa diagram membutuhkan data.
o
Guru dan siswa
membaca diagram melalui fakta yang ada.
o
Guru memberikan
data, siswa membuat diagram.
o
Kegiatan dapat
dilakukan beberapa kali (30 menit setiap pertemuan).
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1. PPKn
·
Tulisan tentang nilai kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai tokoh dinilai dengan
menggunakan rubrik
·
Tulisan tentang penerapan nilai-nilai kepemimpinan yang mengamalkan nilai
persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar rumah dinilai dengan rubrik
2. IPS
Tulisan dinilai dengan menggunakan rubric
3. Bahasa Indonesia
Guru menggunakan
catatan anekdot untuk menilai proses.
4. Matematika
Guru
menggunakan rubrik untuk menilai hasil percobaan siswa.
5.
Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (kejujuran)
Contoh
dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.
B.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
1. Kertas HVS
2. Pensil
3. Paper clip
4. Gunting
Mengetahui, Beureunuen,
…,……………...2017
Kepala SD 3
Beureunuen Guru Kelas VI B,
CHAIRUNNISA, S.Pd JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312
199402 2 002 NIP. 19780714 200801 2 001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Tulislah pendapatmu mengenai isi pidato Sudin. Kamu
bisa menilai pidatonya
dengan memberi tanda cek (V) pada kolom yang sesuai berikut.
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment