Home » » TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 3

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 9 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ II
Tema 7                                        : Kepemimpinan di sekitarku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Pemimpin Idolaku / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3 Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan temandalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih danmemilah kosakata baku.
3.3.1 Mengidentifikasi isi teks pidato persuasif tentang persatuan sebagai wujud cinta tanah air.
4.3 Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Menilai teks pidato persuasive dan menyampaikan alasan dari hasil penilaian.

b) IPS
1.2 Menerima adanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat yang mengatur kehidupan manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia.
2.2 Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
3.4 Menelaah manfaat kelembagaan politik, sosial,ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia.
3.4.1 Menjelaskan tugas pemimpin di lembaga politik dan manfaatnya bagi masyarakat.
4.4 Menyajikan pemahaman mengenai manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, foto, dan lainnya).
4.4.1 Mengomunikasikan manfaat keberadaan lembaga politik melalui sosok pemimpin dalam bentuk tulisan.

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.11 Menemukan peluang empiric dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik.
3.11.1 Menentukan peluang empirik setelah melakukan rangkaian percobaan.
4.10 Menggunakan data statistic hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian.
4.10.1 Menaksir peluang kejadian dari data yang tersedia.

d) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil.
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya.
3.4.1 Menjelaskan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dari kegiatan atau program pendidikan di suatu wilayah.
4.4 Menerapkan nilai-nilaipersatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya.
4.4.1 Mengomunikasikan contoh penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar rumah.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :

  1. Belajar nilai kepemimpinan dari cerita Sang Kepala Sekolah Idola.
  2. Menuliskan hubungan antara kelembagaan dan manfaatnya bagi masyarakat dan nilai-nilai kepemimpinan.
  3. Menuliskan contoh pengamalan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah.
  4. Melakukan perconaan untuk menentukan peluang.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kepemimpinan di sekitarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan memperlihatkan peta Indonesia. Guru dapat mengajukan pertanyaan tentang Bangsa Indonesia yang majemuk ditinjau dari bahasa, adat istiadat, kebiasaan, suku, dan agama.
o   Guru memilih salah satu wilayah yang ada dalam peta dengan menunjuknya, lalu menuliskannya di papan tulis. Siswa diminta menulis sebanyakbanyaknya pertanyaan tentang wilayah tersebut terkait dengan bahasa, adat istiadat, seni, kebiasaan, suku dan agama.
o   Dalam kelompok, siswa mendiskusikan jawaban terhadap pertanyaan yang dihasilkan. Jawaban yang diperoleh dapat ditulis pada selembar kertas. Guru kemudian meminta salah satu perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya. Seluruh siswa yang lain memberikan pendapat tentang hasil diskusi kelompok tersebut. Kegiatan yang sama dapat dilakukan untuk kelompok yang lain. Di akhir diskusi, guru dapat memberikan penguatan.
o   Guru kemudian bertanya kepada seluruh siswa mengenai dengan adanya keanekaragaman. Apa yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin bangsa? Guru kemudian mencatat jawaban siswa di papan tulis dan mendiskusikannya.
o   Siswa diinformasikan bahwa hari itu mereka akan belajar tentang bagaimana peran para pejabat negara dalam rangka mempersatukan wilayah Indonesia.
o   Siswa diminta untuk membaca teks tentang pemimpin idola dan menjawab pertanyaan yang tersedia di dalam buku.
o   Kegiatan dilakukan secara individu.
o   Guru memotivasi siswa untuk berhatihati dalam menjawab.
o   Berdasarkan jawaban yang dimilikinya, siswa membuat tulisan tentang tokoh cerita dan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang terkandung dalam cerita tersebut. Guru mengumpulkan hasil pekerjaan siswa untuk dinilai.
o   Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan rubrik.
o   Setelah belajar dari nilai-nilai kepemimpinan sang tokoh, siswa kemudian diminta untuk menuliskan nilai-nilai yang mencerminkan pengamalan persatuan dan kesatuan. Siswa harus menulis perilaku yang mencerminkan nilai tersebut di lingkungan sekitar rumah. Guru mengingatkan siswa untuk menuliskan paling sedikit 5 contoh perilaku dan dampaknya bagi orang lain.
o   Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan rubric
o   Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca buku siswa tentang kelembagaan di Indonesia beserta pemimpinnya. Siswa perlu membaca tugas dengan seksama dan menyelesaikan tugas sesuai yang tertulis di buku. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada hal-hal yang belum dipahami. Untuk mendukung kegiatan ini, siswa diarahkan untuk mewawancarai orang dewasa di sekolah sebagai narasumber, membaca buku referensi di perpustakaan atau menggunakan fasilitas internet apabila memungkinkan.
o   Saat akan menulis, siswa memperhatikan kriteria penulisan seperti berikut ini.
Nama lengkap, jabatan, prestasi yang diraih, nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki, serta alasan mengapa kamu menjadikannya sebagai pemimpin idola.
o   Tulisan akan dinilai dengan daftar periksa (check list)
o   Siswa membaca teks pidato yang disusun oleh Sudin. Guru meminta setiap siswa membaca teks dalam hati. Secara individu, siswa harus menilai teks pidato Sudin.
o   Sebelum melakukan penilaian terhadap teks pidato, guru menjelaskan instrumen penilaian berupa daftar periksa (check list). Kriteria yang terdapat di dalam daftar periksa dibaca perlahan dan diterangkan satu per satu. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila belum paham. Guru dapat meminta siswa untuk membaca teks sekali lagi, agar siswa mudah dalam menilai.
o   Siswa kemudian diminta untuk menuliskan kesimpulan dari hasil penilaiannya. Setelah kegiatan penilaian selesai, guru mengingatkan siswa bahwa saat melakukan penilaian, kita harus melakukannya sesuai fakta, tidak boleh memasukkan opini. Kejujuran sangat dibutuhkan saat menilai.
o   Proses siswa menilai dicatat melalui catatan anekdot
o   Kegiatan siswa selanjutnya adalah menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa. Kegiatan dilakukan secara individu. Kemudian guru meminta satu orang siswa untuk menuliskan jawabannya di papan tulis (urutan hasil peluang). Guru kemudian membahasnya bersama siswa dengan mengacu kepada informasi yang ada di buku.
o   Sebelum melakukan kegiatan, siswa perlu membuat persiapan. Persiapan yang dilakukan siswa yaitu menyiapkan kertas HVS, gunting, pensil, dan penjepit kertas. Guru meminta setiap siswa untuk menggunting kertas menjadi bentuk lingkaran. Lingkaran kemudian dibagi menjadi delapan bagian. Setiap bagian diberi nomor seperti pada gambar. Siswa dengan menggunakan pensil dan paper clip memutar lingkaran untuk memperoleh gambaran tentang peluang mengenai pasangan pakaian yang akan dibawa Sudin.
o   Setiap siswa ditugaskan untuk melakukan kegiatan memutar lingkaran.
o   Melalui kegiatan tersebut siswa mengisi tabel yang tersedia. Guru mengingatkan agar siswa mengikuti instruksi yang ada pada buku siswa.
o   Guru meminta siswa untuk mengurutkan peluang yang dihasilkan dan membandingkan dengan urutan peluang pada kegiatan sebelumnya.
o   Hasil kegiatan siswa dinilai dengan menggunakan rubric
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.

Pengayaan
o   Bagi sekolah yang memiliki komputer dan terhubung ke jaringan internet,
o   kegiatan mencari informasi tentang kepemimpinan di lembaga politik dapat
o   dibantu melalui jaringan internet.

Remedial
o   (Siswa dapat melakukan kegiatan yang sama seperti hari sebelumnya)
o   Bagi siswa yang masih belum menguasai membaca diagram dan membuat diagram, diberikan kegiatan berikut.
o   Guru mengambil salah satu contoh diagram yang ada pada buku siswa dan memberikan beberapa pertanyaan bantuan pemahaman.
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa diagram membutuhkan data.
o   Guru dan siswa membaca diagram melalui fakta yang ada.
o   Guru memberikan data, siswa membuat diagram.
o   Kegiatan dapat dilakukan beberapa kali (30 menit setiap pertemuan).

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;





Penilaian
1. PPKn
·         Tulisan tentang nilai kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai tokoh dinilai dengan menggunakan rubrik
·         Tulisan tentang penerapan nilai-nilai kepemimpinan yang mengamalkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar rumah dinilai dengan rubrik

2. IPS
Tulisan dinilai dengan menggunakan rubric



3. Bahasa Indonesia
Guru menggunakan catatan anekdot untuk menilai proses.

4. Matematika
Guru menggunakan rubrik untuk menilai hasil percobaan siswa.


5. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (kejujuran)
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.


B.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1. Kertas HVS
2. Pensil
3. Paper clip
4. Gunting


Mengetahui,                                                                 Beureunuen, …,……………...2017
Kepala SD 3 Beureunuen                                            Guru Kelas VI B,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                              JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                    NIP. 19780714 200801 2 001 



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Tulislah pendapatmu mengenai isi pidato Sudin. Kamu bisa menilai pidatonya
dengan memberi tanda cek (V) pada kolom yang sesuai berikut.

 


MEDIA

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 3
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors