Home » » TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 2

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 8 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                          : VI/ II
Tema 7                                      : Kepemimpinan di sekitarku
Sub Tema 2/ Pembelajaran         : Pemimpin Idolaku / 2
Alokasi Waktu                           : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
3.1.1 Mengidentifikasi gerak melempar bola melalui pengamatan
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.1.1 Mendemonstrasikan gerak melempar bola dalam permainan.

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.11 Menemukan peluang empiric dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik.
3.11.1 Menemukan peluang empiric setelah melakukan percobaandan memberikan alasannya.
4.10 Menggunakan data statistic hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian.
4.10.1 Menyampaikan hasil taksiran peluang kejadian dari data yang ada.

b)       IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan.
3.4.1 Mengidentifikasi sifat campuran melalui pengamatan.
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari.
3.4.Membuktikan bahwa campuran terdiri dari beberapa zat padat dan cair dengan cara memisahkannya.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
  1. Melakukan permainan mengoper bola
  2. Menaksir peluang empiric dan membuktikannya melalui percobaan, menaksir peluang kejadian.
  3. Melakukan percobaan campuran.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kepemimpinan di sekitarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan memperlihatkan gambar semut-semut yang sedang bekerjasama.
o   Guru kemudian mengajak siswa menyampaikan kegiatan mereka yang menunjukkan kerja sama. Siswa dapat menyampaikan contoh kegiatan yang dilakukan di rumah, di sekolah atau di tempat lainnya. Pada kesempatan ini guru dan siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan tersebut. Siswa dapat bertanya, memberi komentar ataupun mempertanyakan pendapat temannya.
o   Bentuk-bentuk kegiatan yang disampaikan siswa tersebut bisa ditulis oleh guru di papan tulis untuk kemudian dikonfirmasi setelah kegiatan selesai.
o   Guru dan siswa berdiskusi tentang pentingnya kerjasama. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan melakukan permainan di luar kelas dan membutuhkan kerjasama saat beraktivitas.
o   Sebelum beraktivitas, guru membaca langkah kegiatan dan petunjuk cara mengoper bola. Guru harus memahami keduanya.
o   Setelah itu, guru perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
o   Guru mengajak siswa untuk membaca buku teks tentang cara melempar bola. Guru meminta salah satu siswa untuk membaca kalimat demi kalimat. Guru mengajukan pertanyaan pancingan agar siswa tergali pemahamannya. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang ingin diketahuinya lebih lanjut.
o   Setelah selesai berdiskusi tentang cara mengoper bola, siswa kemudian diajak untuk mendiskusikan aturan permainannya. Guru menggambar lapangan di papan tulis dan menjelaskan cara permainan yang akan dilakukan. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan kegiatan diakhiri dengan meminta salah seorang siswa untuk menyampaikan kembalimengenai aturan permainan dengan bahasanya sendiri. Siswa lain dapat menambahkan untuk memperjelas permainan ini.
o   Guru mengajak siswa ke luar untuk beraktivitas. Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok (1 kelompok dapat terdiri dari 5-6 orang). Pembagian kelompok disesuaikan dengan kondisi kelas.
o   Siswa diberi informasi bahwa mereka akan berlatih mengoper bola (passing) terlebih dahulu. Setiap kelompok kemudian membuat lingkaran dan mempraktikkan mengoper bola. Saat seorang siswa mengoper, siswa lainnya harus memperhatikan temannya dan mereka boleh memberikan masukan. Saat kegiatan berlangsung, guru dapat berkeliling mengamati seluruh siswa. Guru bisa membuat catatan tentang keterampilan yang ditunjukkan oleh mereka. Guru harus membimbing siswa yang masih kesulitan mengoper bola.
o   Siswa kemudian mempraktikkan permainan mengoper bola. Guru mengingatkan bahwa permainan tidak akan berlangsung dengan baik apabila tidak ada kerjasama dengan teman satu kelompok. Oleh sebab itu, setiap pemain harus berkontribusi dalam permainan dengan mengikuti aturan main dan berkonsentrasi untuk beraktivitas.
o   Setelah beraktivitas, siswa kemudian melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang tertera di buku siswa. Refleksi bisa dilakukan di dalam atau di luar kelas. Guru dapat memberikan masukan saat siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya.
o   Penilaian akan dilakukan dipertemuan berikutnya.
o   Siswa melanjutkan tugasnya dengan membaca terlebih dahulu penjelasan yang ada di buku. Guru membimbing seluruh siswa untuk memahami soal yang diberikan. Pada kesempatan ini, guru bisa meminta salah satu siswa untuk membaca soal dan memberikan pertanyaan untuk menggali pemahaman seluruh siswa.
o   Saat siswa diminta untuk menduga peluang setiap bola apabila dilakukan percobaan satu kali, maka guru bisa meminta setiap siswa untuk menuliskan terlebih dahulu jawabannya di atas kertas dan kemudian membuktikannya dengan menggunakan alat atau media yang dipilih oleh siswa (kelereng, bola plastik atau bola kertas yang diberi warna berbeda). Secara klasikal siswa kemudian mendiskusikan hasilnya. Guru memberikan penguatan dan klarifikasi apabila dibutuhkan.
o   Siswa kemudian diminta untuk mengamati data yang terdapat pada tabel dan selanjutnya guru mengajak siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam buku. Siswa harus mengerjakannya sendiri.
o   Siswa melanjutkan pekerjaannya dengan membaca grafik dan menjawab pertanyaan. Tanpa bimbingan guru, siswa harus menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Pekerjaan siswa harus dikumpulkan untuk dinilai.
o   Pekerjaan siswa dinilai dengan menggunakan rubrik.

o   Siswa diajak untuk melanjutkan membaca buku dan berdiskusi tentang kegagalan yang sering dijumpai oleh para penemu besar seperti Thomas
o   Alfa Edison. Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pengalamannya saat melakukan percobaan.
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa kegagalan dalam melakukan percobaan jangan sampai membuat mereka berputus asa. Kemudian guru mengajak para siswa untuk melakukan percobaan tentang campuran.
o   Berhubung percobaan ini agak rumit langkahnya, sebaiknya guru mencobanya terlebih dahulu agar lebih paham maksudnya dan memiliki pengalaman terhadap apa yang harus disampaikan kepada siswa. Guru juga harus membaca mengenai konsep campuran, langkah percobaan dan alat yang dibutuhkan sehari sebelum mengajarkan konsepnya.
o   Guru mengulang konsep dengan mengajukan pertanyaan; apa yang dimaksud dengan campuran? Guru lalu menuliskan jawaban siswa di papan tulis.
o   Guru melanjutkan pertanyaan tentang sifat campuran dan meminta siswa untuk menjawabnya. Kembali guru menuliskan jawabannya di papan tulis.
o   Sebenarnya siswa sudah mempelajari konsep ini sebelumnya dan yang dilakukan guru hanyalah untuk mengingatkan mereka saja mengenai konsep yang akan diperdalam melalui percobaan.
o   Guru kemudian menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan melakukanpercobaan tentang campuran.
o   Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok sebaiknya beranggotakan tidak lebih dari 6 orang. Guru memastikan setiap kelompok menutup meja dengan kertas koran sehingga meja tidak kotor.
o   Setiap kelompok membaca peralatan yang dibutuhkan dan langkah kegiatannya. Guru menugaskan salah satu kelompok untuk membacakannya dan kemudian meminta siswa lain untuk menyampaikannya dengan bahasa sendiri.
o   Siswa kemudian melakukan percobaan bersama. Guru berkeliling untuk meyakinkan bahwa semua bekerja. Guru bisa memberikan pertanyaan pancingan untuk menguatkan pemahaman siswa.
o   Setelah selesai melakukan percobaan, siswa secara individual menjawab pertanyaan berikut.
o   Siswa menyampaikan hasil percobaan melalui tulisan dan dikumpulkan.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.

Pengayaan
o   Sebagai pengayaan dapat melakukan percobaan mengenai campuran.
o   Campuran yang dilakukan siswa dapat berupa percobaan dengan berbagai campuran lain.

Remedial
o   Siswa yang menemukan kesulitan dalam menemukan jawaban setelah percobaan dapat diajak berdiskusi kembali dengan melakukan percobaan setahap demi setahap. Lakukan diskusi bersama siswa pada setiap tahap percobaan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit


E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;





Penilaian
1. Matematika
Guru menggunakan rubrik untuk menilai hasil percobaan siswa.

2. IPA
Percobaan IPA dinilai dengan menggunakan rubrik.

3. PJOK
Praktik PJOK akan dinilai pada pertemuan berikut. Guru dapat melakukan
catatan saat proses kegiatan berlangsung.

4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (Menghargai).
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1. Kertas HVS
2. Gambar semut sedang bekerja sama
3. Bola basket
4. Perlengkapan percobaan IPA (lihat daftar kebutuhan)


Mengetahui,                                                                 Beureunuen, …,……………...2017
Kepala SD 3 Beureunuen                                            Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                              JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                     NIP. 19780714 200801 2 001


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Lengkapi gambar berikut saat kamu melakukan percobaan!

 

Catatlah tinggi airnya!

_____________________ cm, setelah air dikocok
_____________________ cm, setelah air didiamkan 10 menit

Jawablah pertanyaan berikut!

  1. Kira-kira, mengapa campuran tersebut diberi nama campuran berlapis?
  2. Mengapa lapisan tersebut terjadi?
  3. Menurutmu, apakah cara ini bermanfaat dalam kehidupan? Jelaskan!
  4. Apa yang terjadi pada ketinggian air sebelum dan setelah dikocok?
  5. Apa kesimpulan percobaanmu?

Tuliskan hasilnya pada titik-titik di bawah ini.
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................           


MEDIA

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 2

 

 TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors