RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ II
Tema 7 : Kepemimpinan di sekitarku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Pemimpin Idolaku / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)
PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
Sang Pencipta.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
2.5 Toleransi dan
mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.1 Memahami konsep
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola besar.
3.1.1 Mengidentifikasi
gerak melempar bola melalui pengamatan
4.1 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola besar.
4.1.1 Mendemonstrasikan
gerak melempar bola dalam permainan.
b) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.11 Menemukan
peluang empiric dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan
beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik.
3.11.1 Menemukan
peluang empiric setelah melakukan percobaandan memberikan alasannya.
4.10 Menggunakan
data statistic hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian.
4.10.1 Menyampaikan
hasil taksiran peluang kejadian dari data yang ada.
b)
IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan.
3.4.1 Mengidentifikasi
sifat campuran melalui pengamatan.
4.1 Merancang dan
melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan
yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari.
3.4.Membuktikan
bahwa campuran terdiri dari beberapa zat padat dan cair dengan cara
memisahkannya.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
- Melakukan permainan mengoper bola
- Menaksir peluang empiric dan membuktikannya melalui percobaan, menaksir peluang kejadian.
- Melakukan percobaan campuran.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Kepemimpinan di
sekitarku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pelajaran dengan memperlihatkan gambar semut-semut yang sedang bekerjasama.
o
Guru kemudian
mengajak siswa menyampaikan kegiatan mereka yang menunjukkan kerja sama.
Siswa dapat menyampaikan contoh kegiatan yang dilakukan di rumah, di sekolah
atau di tempat lainnya. Pada kesempatan ini guru dan siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan
tersebut. Siswa dapat bertanya, memberi komentar ataupun mempertanyakan
pendapat temannya.
o
Bentuk-bentuk
kegiatan yang disampaikan siswa tersebut bisa ditulis oleh guru di papan
tulis untuk kemudian dikonfirmasi setelah kegiatan selesai.
o
Guru dan siswa
berdiskusi tentang pentingnya kerjasama. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa
mereka akan melakukan permainan di luar kelas dan membutuhkan kerjasama saat
beraktivitas.
o
Sebelum
beraktivitas, guru membaca langkah kegiatan dan petunjuk cara mengoper bola.
Guru harus memahami keduanya.
o
Setelah itu, guru
perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
o
Guru mengajak siswa untuk membaca buku teks tentang
cara melempar bola. Guru meminta salah satu siswa untuk membaca kalimat demi kalimat.
Guru mengajukan pertanyaan pancingan agar siswa tergali pemahamannya. Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang ingin diketahuinya
lebih lanjut.
o
Setelah selesai berdiskusi tentang cara mengoper
bola, siswa kemudian diajak untuk mendiskusikan aturan permainannya. Guru
menggambar lapangan di papan tulis dan menjelaskan cara permainan yang akan dilakukan.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan kegiatan diakhiri dengan meminta
salah seorang siswa untuk menyampaikan kembalimengenai aturan permainan
dengan bahasanya sendiri. Siswa lain dapat menambahkan untuk memperjelas
permainan ini.
o
Guru mengajak siswa ke luar untuk beraktivitas.
Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok (1 kelompok dapat terdiri dari 5-6
orang). Pembagian kelompok disesuaikan dengan kondisi kelas.
o
Siswa diberi informasi bahwa mereka akan berlatih
mengoper bola (passing) terlebih dahulu. Setiap kelompok kemudian
membuat lingkaran dan mempraktikkan mengoper bola. Saat seorang siswa
mengoper, siswa lainnya harus memperhatikan temannya dan mereka boleh
memberikan masukan. Saat kegiatan berlangsung, guru dapat berkeliling
mengamati seluruh siswa. Guru bisa membuat catatan tentang keterampilan yang ditunjukkan
oleh mereka. Guru harus membimbing siswa yang masih kesulitan mengoper bola.
o
Siswa kemudian mempraktikkan permainan mengoper
bola. Guru mengingatkan bahwa permainan tidak akan berlangsung dengan baik apabila
tidak ada kerjasama dengan teman satu kelompok. Oleh sebab itu, setiap pemain
harus berkontribusi dalam permainan dengan mengikuti aturan main dan
berkonsentrasi untuk beraktivitas.
o
Setelah beraktivitas, siswa kemudian melakukan
refleksi dengan menjawab pertanyaan yang tertera di buku siswa. Refleksi bisa
dilakukan di dalam atau di luar kelas. Guru dapat memberikan masukan saat
siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya.
o
Penilaian akan dilakukan dipertemuan berikutnya.
o
Siswa melanjutkan tugasnya dengan membaca terlebih
dahulu penjelasan yang ada di buku. Guru membimbing seluruh siswa untuk
memahami soal yang diberikan. Pada kesempatan ini, guru bisa meminta salah
satu siswa untuk membaca soal dan memberikan pertanyaan untuk menggali pemahaman
seluruh siswa.
o
Saat siswa diminta untuk menduga peluang setiap bola
apabila dilakukan percobaan satu kali, maka guru bisa meminta setiap siswa
untuk menuliskan terlebih dahulu jawabannya di atas kertas dan kemudian
membuktikannya dengan menggunakan alat atau media yang dipilih oleh siswa
(kelereng, bola plastik atau bola kertas yang diberi warna berbeda). Secara
klasikal siswa kemudian mendiskusikan hasilnya. Guru memberikan penguatan dan
klarifikasi apabila dibutuhkan.
o
Siswa kemudian diminta untuk mengamati data yang
terdapat pada tabel dan selanjutnya guru mengajak siswa untuk menjawab
pertanyaan yang ada dalam buku. Siswa harus mengerjakannya sendiri.
o
Siswa melanjutkan pekerjaannya dengan membaca grafik
dan menjawab pertanyaan. Tanpa bimbingan guru, siswa harus menyelesaikan
pekerjaan tepat waktu. Pekerjaan siswa harus dikumpulkan untuk dinilai.
o
Pekerjaan siswa dinilai dengan menggunakan rubrik.
o
Siswa diajak untuk melanjutkan membaca buku dan
berdiskusi tentang kegagalan yang sering dijumpai oleh para penemu besar
seperti Thomas
o
Alfa Edison. Siswa diberi kesempatan untuk
menyampaikan pengalamannya saat melakukan percobaan.
o
Guru menyampaikan kepada siswa bahwa kegagalan dalam
melakukan percobaan jangan sampai membuat mereka berputus asa. Kemudian guru mengajak
para siswa untuk melakukan percobaan tentang campuran.
o
Berhubung percobaan ini agak rumit langkahnya,
sebaiknya guru mencobanya terlebih dahulu agar lebih paham maksudnya dan
memiliki pengalaman terhadap apa yang harus disampaikan kepada siswa. Guru juga
harus membaca mengenai konsep campuran, langkah percobaan dan alat yang
dibutuhkan sehari sebelum mengajarkan konsepnya.
o
Guru mengulang konsep dengan mengajukan pertanyaan;
apa yang dimaksud dengan campuran? Guru lalu menuliskan jawaban siswa di
papan tulis.
o
Guru melanjutkan pertanyaan tentang sifat campuran
dan meminta siswa untuk menjawabnya. Kembali guru menuliskan jawabannya di
papan tulis.
o
Sebenarnya siswa sudah mempelajari konsep ini
sebelumnya dan yang dilakukan guru hanyalah untuk mengingatkan mereka saja
mengenai konsep yang akan diperdalam melalui percobaan.
o
Guru kemudian menyampaikan kepada siswa bahwa mereka
akan melakukanpercobaan tentang campuran.
o
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap
kelompok sebaiknya beranggotakan tidak lebih dari 6 orang. Guru memastikan
setiap kelompok menutup meja dengan kertas koran sehingga meja tidak kotor.
o
Setiap kelompok membaca peralatan yang dibutuhkan
dan langkah kegiatannya. Guru menugaskan salah satu kelompok untuk
membacakannya dan kemudian meminta siswa lain untuk menyampaikannya dengan
bahasa sendiri.
o
Siswa kemudian melakukan percobaan bersama. Guru
berkeliling untuk meyakinkan bahwa semua bekerja. Guru bisa memberikan
pertanyaan pancingan untuk menguatkan pemahaman siswa.
o
Setelah selesai melakukan percobaan, siswa secara
individual menjawab pertanyaan berikut.
o
Siswa menyampaikan hasil percobaan melalui tulisan
dan dikumpulkan.
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.
Pengayaan
o
Sebagai pengayaan dapat melakukan percobaan mengenai
campuran.
o
Campuran yang dilakukan siswa dapat berupa percobaan
dengan berbagai campuran lain.
Remedial
o
Siswa yang menemukan kesulitan dalam menemukan
jawaban setelah percobaan dapat diajak berdiskusi kembali dengan melakukan
percobaan setahap demi setahap. Lakukan diskusi bersama siswa pada setiap
tahap percobaan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1. Matematika
Guru menggunakan rubrik untuk menilai hasil percobaan
siswa.
2. IPA
Percobaan IPA dinilai dengan menggunakan rubrik.
3. PJOK
Praktik PJOK akan
dinilai pada pertemuan berikut. Guru dapat melakukan
catatan saat proses
kegiatan berlangsung.
4. Catatan Anekdot
untuk mencatat sikap (Menghargai).
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
1. Kertas HVS
2. Gambar semut sedang bekerja sama
3. Bola basket
4. Perlengkapan percobaan IPA (lihat daftar kebutuhan)
Mengetahui, Beureunuen,
…,……………...2017
Kepala SD 3
Beureunuen Guru Kelas VI B,
CHAIRUNNISA, S.Pd JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312
199402 2 002 NIP.
19780714 200801
2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Lengkapi gambar berikut saat kamu melakukan percobaan!
Catatlah tinggi airnya!
_____________________ cm, setelah air dikocok
_____________________ cm, setelah air didiamkan 10
menit
Jawablah pertanyaan berikut!
- Kira-kira, mengapa campuran tersebut diberi nama campuran berlapis?
- Mengapa lapisan tersebut terjadi?
- Menurutmu, apakah cara ini bermanfaat dalam kehidupan? Jelaskan!
- Apa yang terjadi pada ketinggian air sebelum dan setelah dikocok?
- Apa kesimpulan percobaanmu?
Tuliskan hasilnya pada titik-titik di bawah ini.
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
MEDIA
TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment