Home » » TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 1

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 8 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : VI/ II
Tema 7                                       : Kepemimpinan di sekitarku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Pemimpin Idolaku / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      IPS
1.2 Menerima adanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat yang mengatur kehidupan manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia.
2.2 Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
3.4 Menelaah manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia.
3.4.1 Membandingkan pengaruh lembaga-lembaga politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pendidikan melalui kepemimpinannya.
4.1 Menyajikan pemahaman mengenai manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, foto, dan lainnya).
4.1.1 Mengomunikasikan manfaat kelembagaan politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pendidikan melalui lisan dan tulisan.

Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3 Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Mengidentifikasi isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air.
4.3 Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Mengomunikasikan isi teks pidato persuasive tentang cinta tanah air.

PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil.
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
3.4.1 Menjelaskan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dari kepemimpinan berbagai lembaga di suatu wilayah.
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
4.4.1 Mengomunikasikan penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Menemukan manfaat kelembagaan politik, sosial, budaya dan ekonomi bagi masyarakat.
2.      Mendiskusikan nilai-nilai kepemimpinan pemimpin idola yang mengamalkan nilai persatuan dan kesatuan.
3.      Menyampaikan pengamalan nilai persatuan dan kesatuan di sekolah.
4.      Membuat teks pidato persuasive tentang pengamalan nilai persatuan dan kesatuan yang bermanfaat bagi warga sekolah atau warga di lingkungan.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kepemimpinan di sekitarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Sebagai langkah awal pembelajaran, guru membawa foto pemimpin idola dan menempelkannya di papan tulis. Guru menyampaikan kepada siswa mengapa pemimpin tersebut diidolakan oleh guru (memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan, seperti mendengarkan masukan, memperhatikan kesejahteraan, jujur, menghormati perbedaan, dan sebagainya).
o   Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan belajar kepemimpinan dari pemimpin idola
o   Siswa diminta untuk menuliskan seorang pemimpin idolanya dan menuliskan alasan mengapa mereka mengidolakannya. Tulisan harus memuat nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan. Siswa juga harus melengkapi tulisannya dengan contoh kegiatan, atau perilaku yang ditunjukkan sebagai pencerminan adanya nilai-nilai tersebut.
o   Siswa kemudian mendiskusikan tulisannya dengan tulisan teman satu kelompoknya. Mereka menggabungkan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh tokoh idolanya lalu memilih tiga nilai kepemimpinan yang dirasa sangat penting untuk didiskusikan. Ketiga nilai kepemimpinan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kotak bertuliskan NILAI pada diagram. Selanjutnya siswa harus menuliskan contoh kegiatan atau perilaku yang mendukung nilai kepemimpinan tersebut di kotak-kotak sebelah kanan.
Guru menilai siswa saat berdiskusi dengan menggunakan rubrik.

o   Guru meminta setiap perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya. Kelompok lain bisa memberikan komentar, mempertanyakan pendapat teman atau memberi saran. Setelah diskusi selesai, guru memberi penguatan terhadap nilai-nilai kepemimpinan yang menerapkan nilai persatuan dan kesatuan.
o   Guru memperlihatkan beberapa gambar tempat pejabat atau seseorang bekerja, misalnya rumah sakit adalah tempat dokter bekerja. Masyarakat bisa berobat ke tempat tersebut. Banyak juga perawat dan pegawai lainnya yang bisa berkarya di sana. Rumah sakit adalah lembaga sosial di bidang kesehatan. Gambar bisa diperoleh dari majalah atau internet. Guru bisa menyiapkan beberapa gambar untuk menunjukkan tempat bekerja di bidang politik, sosial, budaya dan ekonomi.
o   Siswa diajak untuk berpartisipasi dalam diskusi. Mereka bisa mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang kebermanfaatan lembagalembaga tersebut.
o   Setelah mendapat penjelasan dari guru dan mendiskusikan topik di atas, siswa melanjutkan diskusi dengan teman satu kelompoknya untuk mengisi tabel yang tersedia di buku. Setiap siswa menyampaikan posisi pemimpin idolanya dan mereka mendiskusikan kelembagaan tempatnya bekerja.
o   Guru memberi penguatan setelah mendengarkan hasil pemaparan perwakilan kelompok. Siswa lain bisa saling mengomentari atau mempertanyakan hasil kelompok lain.
o   Secara individu, siswa kemudian diminta untuk menuliskan manfaat kelembagaan dan kepemimpinan tokoh idolanya bagi masyarakat
o   Siswa kemudian diminta untuk mengumpulkan hasilnya untuk diperiksa oleh guru.
o   Siswa diajak membaca teks tentang ‘Pamanku, Lurah Idola’ dan meminta mereka untuk menemukan nilai-nilai persatuan dan kesatuan sebagai wujud dari cinta tanah air dan membandingkannya dengan nilai kepemimpinan mereka.
o   Siswa diminta untuk menuliskan nilai-nilai kepemimpinannya yang mencerminkan penerapan nilai persatuan dan kesatuan di sekolah sebagai lembaga sosial.
o   Saat siswa bekerja, guru berkeliling untuk memberi motivasi dengan mengajukan pertanyaan bantuan apabila ada siswa yang merasa kesulitan
o   Hasil kerja siswa dinilai dengan menggunakan rubrik.
o   Untuk menambah pemahaman siswa, guru meminta siswa untuk menuliskan hal-hal yang mereka ketahui tentang lurah. Untuk menambah pengetahuannya, siswa dapat mencari informasi dari buku di perpustakaan atau internet (apabila sekolah memiliki fasilitas internet).
o   Guru kemudian meminta menyampaikan hasil pencarian informasinya kepada teman satu kelompoknya. Guru mengajak kelas untuk mencatat hal penting tentang sosok lurah. Guru dapat menambah informasi apabila dirasa perlu.
o   Untuk menambah pemahaman siswa tentang kelembagaan politik, guru mengajak mereka untuk mengunjungi kantor kelurahan. Sebelumnya, mereka harus membuat daftar pertanyaan yang berhubungan dengan program kerja, manfaat kelurahan bagi warga, pendapat lurah tentang warga, kegiatan staf kelurahan. Siswa bisa menambahkan pertanyaan lainnya sesuai kebutuhan.
o   Siswa kemudian menyeleksi daftar pertanyaan. Pertanyaan dipilih sesuai dengan kebutuhan. Siswa bisa mencoret pertanyaan yang dirasa tidak penting. Pertanyaan terpilih kemudian disalin ke dalam kertas untuk dibawa saat mewawancarai lurah atau kepala desa (apabila di daerah siswa tidak ada lurah).
o   Siswa ditugaskan untuk membuat laporan hasil kunjungan di rumah. Guru mengingatkan mereka untuk mengumpulkannya pada keesokan harinya.
o   Siswa diajak membuat rencana teks pidato persuasif. Guru menyampaikan bahwa mereka akan berpidato di hadapan adik kelasnya. Guru mengingatkan bahwa teks pidato harus menarik dan sesuai struktur seperti yang telah dipelajari.

Teks pidato harus memuat:
o   Salam pembuka
Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam dan lain-lain)
o   Pendahuluan
Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas.
o   Inti
Berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.
o   Penutup
Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
o   Salam penutup
Berisikan kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.
Teks pidato akan dinilai dengan rubrik di pertemuan berikutnya.

o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapatdalam buku siswa
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.

Pengayaan
o   Untuk menguatkan pemahaman tentang manfaat kelembagaan politik, siswa dapat mencari informasi dari internet atau guru dapat mendatangkan narasumber.

Remedial
o   Guru memberikan perhatian kepada siswa yang masih kesulitan dalam membuat teks pidato. Siswa diajak untuk mencoba mengungkapkan pendapat secara lisan tentang suatu hal dan mencoba menulisnya. Guru membimbing siswa untuk mengubah tulisan menjadi teks pidato.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




Penilaian
1. Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi tentang nilai-nilai kepemimpinan, guru
melakukan penilaian dengan menggunakan rubrik.



2. PPKn
Tulisan tentang penerapan nilai-nilai kepemimpinan yang mengamalkan
nilai persatuan dan kesatuan di sekolah.

3. IPS
Penilaian hasil kerja siswa saat menemukan manfaat dari kelembagaan
politik, sosial, budaya dan ekonomi dinilai dengan menggunakan rubrik.


4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (Menghargai)
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.

B.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1. Kertas HVS
2. Foto pemimpin idola


Mengetahui,                                                                 Beureunuen, …,……………...2017
Kepala SD 3 Beureunuen                                            Guru Kelas VI B,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                              JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                     NIP. 19780714 200801 2 001





LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 1

TEMA 7 KELAS 6 SUB 2 PB 1


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors