RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ II
Tema 7 : Kepemimpinan di sekitarku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Pemimpin Idolaku / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)
IPS
1.2 Menerima adanya
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat yang mengatur kehidupan
manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia.
2.2 Memiliki
kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan
politik.
3.4 Menelaah
manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat
dan bangsa Indonesia.
3.4.1 Membandingkan
pengaruh lembaga-lembaga politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pendidikan
melalui kepemimpinannya.
4.1 Menyajikan
pemahaman mengenai manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi
kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam berbagai bentuk media (lisan,
tulisan, gambar, foto, dan lainnya).
4.1.1 Mengomunikasikan
manfaat kelembagaan politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pendidikan melalui lisan
dan tulisan.
Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas,
energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
2.3 Memiliki sikap
disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan
masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3 Menguraikan isi
teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta
layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Mengidentifikasi
isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air.
4.3 Menyampaikan
teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta
layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Mengomunikasikan
isi teks pidato persuasive tentang cinta tanah air.
PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan
ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.3 Menunjukkan
penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan
hasil.
3.4 Memahami
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah,
sosial, dan budaya
3.4.1 Menjelaskan
pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dari kepemimpinan berbagai
lembaga di suatu wilayah.
4.4 Menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan
budaya
4.4.1 Mengomunikasikan
penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari di
sekolah.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Menemukan manfaat kelembagaan politik, sosial, budaya
dan ekonomi bagi masyarakat.
2.
Mendiskusikan nilai-nilai kepemimpinan pemimpin idola
yang mengamalkan nilai persatuan dan kesatuan.
3.
Menyampaikan pengamalan nilai persatuan dan kesatuan di
sekolah.
4.
Membuat teks pidato persuasive tentang pengamalan
nilai persatuan dan kesatuan yang bermanfaat bagi warga sekolah atau warga di lingkungan.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Kepemimpinan di
sekitarku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Sebagai langkah
awal pembelajaran, guru membawa foto pemimpin idola dan menempelkannya di
papan tulis. Guru menyampaikan kepada siswa mengapa pemimpin tersebut
diidolakan oleh guru (memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan
persatuan dan kesatuan, seperti mendengarkan masukan, memperhatikan kesejahteraan,
jujur, menghormati perbedaan, dan sebagainya).
o
Guru menyampaikan
informasi kepada siswa bahwa mereka akan belajar kepemimpinan dari pemimpin
idola
o
Siswa diminta untuk menuliskan seorang pemimpin
idolanya dan menuliskan alasan mengapa mereka mengidolakannya. Tulisan harus memuat
nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan.
Siswa juga harus melengkapi tulisannya dengan contoh kegiatan, atau perilaku
yang ditunjukkan sebagai pencerminan adanya nilai-nilai tersebut.
o
Siswa kemudian mendiskusikan tulisannya dengan
tulisan teman satu kelompoknya. Mereka menggabungkan nilai-nilai kepemimpinan
yang dimiliki oleh tokoh idolanya lalu memilih tiga nilai kepemimpinan yang dirasa
sangat penting untuk didiskusikan. Ketiga nilai kepemimpinan tersebut
kemudian dimasukkan ke dalam kotak bertuliskan NILAI pada diagram. Selanjutnya
siswa harus menuliskan contoh kegiatan atau perilaku yang mendukung nilai
kepemimpinan tersebut di kotak-kotak sebelah kanan.
Guru menilai siswa saat berdiskusi dengan
menggunakan rubrik.
o
Guru meminta setiap perwakilan kelompok untuk
menyampaikan hasil diskusinya. Kelompok lain bisa memberikan komentar,
mempertanyakan pendapat teman atau memberi saran. Setelah diskusi selesai,
guru memberi penguatan terhadap nilai-nilai kepemimpinan yang menerapkan nilai
persatuan dan kesatuan.
o
Guru memperlihatkan beberapa gambar tempat pejabat
atau seseorang bekerja, misalnya rumah sakit adalah tempat dokter bekerja.
Masyarakat bisa berobat ke tempat tersebut. Banyak juga perawat dan pegawai
lainnya yang bisa berkarya di sana. Rumah sakit adalah lembaga sosial di
bidang kesehatan. Gambar bisa diperoleh dari majalah atau internet. Guru bisa
menyiapkan beberapa gambar untuk menunjukkan tempat bekerja di bidang
politik, sosial, budaya dan ekonomi.
o
Siswa diajak untuk berpartisipasi dalam diskusi.
Mereka bisa mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang kebermanfaatan
lembagalembaga tersebut.
o
Setelah mendapat penjelasan dari guru dan
mendiskusikan topik di atas, siswa melanjutkan diskusi dengan teman satu
kelompoknya untuk mengisi tabel yang tersedia di buku. Setiap siswa menyampaikan
posisi pemimpin idolanya dan mereka mendiskusikan kelembagaan tempatnya
bekerja.
o
Guru memberi penguatan setelah mendengarkan hasil
pemaparan perwakilan kelompok. Siswa lain bisa saling mengomentari atau mempertanyakan
hasil kelompok lain.
o
Secara individu, siswa kemudian diminta untuk
menuliskan manfaat kelembagaan dan kepemimpinan tokoh idolanya bagi
masyarakat
o
Siswa kemudian diminta untuk mengumpulkan hasilnya
untuk diperiksa oleh guru.
o
Siswa diajak membaca teks tentang ‘Pamanku, Lurah
Idola’ dan meminta mereka untuk menemukan nilai-nilai persatuan dan kesatuan
sebagai wujud dari cinta tanah air dan membandingkannya dengan nilai
kepemimpinan mereka.
o
Siswa diminta untuk menuliskan nilai-nilai
kepemimpinannya yang mencerminkan penerapan nilai persatuan dan kesatuan di
sekolah sebagai lembaga sosial.
o
Saat siswa
bekerja, guru berkeliling untuk memberi motivasi dengan mengajukan pertanyaan
bantuan apabila ada siswa yang merasa kesulitan
o
Hasil kerja siswa
dinilai dengan menggunakan rubrik.
o
Untuk menambah
pemahaman siswa, guru meminta siswa untuk menuliskan hal-hal yang mereka
ketahui tentang lurah. Untuk menambah pengetahuannya, siswa dapat mencari
informasi dari buku di perpustakaan atau internet (apabila sekolah memiliki
fasilitas internet).
o
Guru kemudian
meminta menyampaikan hasil pencarian informasinya kepada teman satu
kelompoknya. Guru mengajak kelas untuk mencatat hal penting tentang sosok
lurah. Guru dapat menambah informasi apabila dirasa perlu.
o
Untuk menambah pemahaman siswa tentang kelembagaan
politik, guru mengajak mereka untuk mengunjungi kantor kelurahan. Sebelumnya,
mereka harus membuat daftar pertanyaan yang berhubungan dengan program kerja,
manfaat kelurahan bagi warga, pendapat lurah tentang warga, kegiatan staf
kelurahan. Siswa bisa menambahkan pertanyaan lainnya sesuai kebutuhan.
o
Siswa kemudian menyeleksi daftar pertanyaan.
Pertanyaan dipilih sesuai dengan kebutuhan. Siswa bisa mencoret pertanyaan
yang dirasa tidak penting. Pertanyaan terpilih kemudian disalin ke dalam
kertas untuk dibawa saat mewawancarai lurah atau kepala desa (apabila di
daerah siswa tidak ada lurah).
o
Siswa ditugaskan untuk membuat laporan hasil
kunjungan di rumah. Guru mengingatkan mereka untuk mengumpulkannya pada
keesokan harinya.
o
Siswa diajak membuat rencana teks pidato persuasif.
Guru menyampaikan bahwa mereka akan berpidato di hadapan adik kelasnya. Guru
mengingatkan bahwa teks pidato harus menarik dan sesuai struktur seperti yang
telah dipelajari.
Teks pidato harus
memuat:
o
Salam pembuka
Berisikan kalimat
sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam dan lain-lain)
o
Pendahuluan
Memaparkan topik
permasalahan yang akan dibahas.
o
Inti
Berisikan
pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk
mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.
o
Penutup
Penyampaian
rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
o
Salam penutup
Berisikan kalimat
salam penutup seperti ‘terima kasih’.
Teks pidato akan
dinilai dengan rubrik di pertemuan berikutnya.
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapatdalam buku siswa
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.
Pengayaan
o
Untuk menguatkan pemahaman tentang manfaat
kelembagaan politik, siswa dapat mencari informasi dari internet atau guru
dapat mendatangkan narasumber.
Remedial
o
Guru memberikan perhatian kepada siswa yang masih
kesulitan dalam membuat teks pidato. Siswa diajak untuk mencoba mengungkapkan
pendapat secara lisan tentang suatu hal dan mencoba menulisnya. Guru
membimbing siswa untuk mengubah tulisan menjadi teks pidato.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1. Diskusi
Saat siswa
melakukan diskusi tentang nilai-nilai kepemimpinan, guru
melakukan penilaian dengan menggunakan rubrik.
2. PPKn
Tulisan tentang
penerapan nilai-nilai kepemimpinan yang mengamalkan
nilai persatuan dan kesatuan di sekolah.
3. IPS
Penilaian hasil
kerja siswa saat menemukan manfaat dari kelembagaan
politik, sosial, budaya dan ekonomi
dinilai dengan menggunakan rubrik.
4. Catatan Anekdot
untuk mencatat sikap (Menghargai)
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir
(lampiran) buku ini.
B.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
1. Kertas HVS
2. Foto pemimpin idola
Mengetahui, Beureunuen,
…,……………...2017
Kepala SD 3
Beureunuen Guru Kelas VI B,
CHAIRUNNISA, S.Pd JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312
199402 2 002 NIP.
19780714 200801
2 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment