Home » » TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 6

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 7 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 7                                  : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Tumbuhan di sekitarku/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.
3.10.2 Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.11.1 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang

b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.11 Mencatat isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di sekitar.
4.1.8 Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan tumbuhan di sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas.

c) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa symbol sila Pancasila.
3.1.9 Menjelaskan makna simbol sila ketiga Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.11 Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila ketiga.

d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.15 Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.
3.4.3 Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
4.15.1 Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam (Biji-bijian, kulit jagung,mambu, daun kelapa, dan kerang).

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
2.      Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang.
3.      Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan dengan lafal dan intonasi yang jelas.
4.      Mencatat isi teks laporan sederhana.
5.      Menjelaskan makna simbol sila ketiga Pancasila.
6.      Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila ketiga
7.      Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.
8.      Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar yang telah diamati (menanya).
o   Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman sebangku.
o   Si swa menjawab pertanyaan yang telah ditukarkan(menalar).
o   Siswa mengukur lima jenis daun yang ada di lingkungan sekitar (mencoba).
o   Siswa mencatat hasil pengukuran pada kolom yang telah tersedia di buku siswa (mengomunikasikan).
o   Siswa mengurutkan hasil pengukuran lima jenis daun dari yang terkecil ke terbesar (menalar).
o   Siswa menyajikan hasil pengukurannya dalam bentuk tabel (mengomunikasikan).
o   Siswa menulis hasil pengukurannya, dalam bentuk teks laporan sederhana (mengomunikasikan).
o   Siswa membacakan teks laporan yang telah ditulis (mengomunikasikan).
o   Siswa menukarkan teks laporan yang telah ditulis dengan teman sebangku.
o   Siswa mencatat isi teks laporan yang telah ditukurakan (menalar).
o   Siswa membaca wacana tentang kegiatan Lani dan temanteman saat membuat anyaman ketupat dari daun kelapa (mengamati).
o   Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila berdasarkan wacana yang telah dibaca (menanya).
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan wacana tentang kegiatan Lani dan teman-teman saat membuat anyaman ketupat dari daun kelapa (menalar).
o   Siswa menjelaskan makna dari simbol sila ketiga Pancasila (menalar).
o   Siswa menyebutkan contoh perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (mengomunikasikan).
o   Siswa dibimbing membuat kerajinan anyaman ketupat dari daun kelapa (mencoba).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu membuat tabel sederhana dari hasil pengukuran panjang, siswa diberikan latihan lanjutan membuat tabel dari beberapa data yang berbeda.
o   Jika siswa sudah mampu mencatat isi sebuah teks laporan, siswa diberikan latihan lanjutan berupa mencatat isi dari beberapa teks laporan.
o   Jika siswa sudah mampu menjelaskan makna dan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila, siswa diberikan latihan lanjutan yang berhubungan dengan sila ketiga Pancasila.
o   Jika siswa sudah mampu membuat kerajinan anyaman ketupat, siswa diberikan latihan pengembangan, berupa membuat kerajinan dari bahan yang sama seperti membuat bola dari daun kelapa.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa belum mampu membuat tabel sederhana dari hasil pengukuran panjang, siswa diberikan bimbingan cara membuat tabel sederhana yang tepat.
o   Jika siswa belum mampu mencatat isi sebuah teks laporan, siswa diberikan bimbingan tentang cara mencatat isi sebuah teks laporan.
o   Jika siswa belum mampu menjelaskan makna dan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila, siswa diberikan pembelajaran tambahan yang berhubungan dengan sila ketiga Pancasila.
o   Jika siswa belum mampu membuat kerajinan anyaman ketupat, siswa diberikan bimbingan membuat kerajinan dengan teknik yang benar.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes tertulis: Daftar Periksa dan Skor
a. Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Mampu mengajukan pertanyaan


2
Mampu menjawab pertanyaan teman



b. Mencatat hasil pengukuran
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban: Tergantung hasil pengukuran siswa

c. Mengurutkakn hasil pengukuran
Jumlah soal: 1 soal
Jawaban: jawaban tergantung hasil pengukuran siswa

d. Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan sila ketiga Pancasila
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1. Memberi Edo daun kelapa
2. Edo tidak dapat mengikuti pelajaran
3. Sila ketiga
4. Rasa persatuan dan kesatuan
5. Cinta tanah air, menjaga nama baik sekolah, dan lain-lain

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Menyajikan data dalam tabel
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ketepatan
penyajian
Seluruh data
disajikan dengan
tepat
Ada satu data yang tidak tepat dalam penyajian
Lebih dari satu data tidak tepat dalam
penyajian
Semua data yang
disajikan tidak tepat
2
Tampilan
Rapi dan bersih
Rapi, namun kurang bersih
Kurang rapi dan kurang bersih
Tidak rapi

b. Menulis teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda
baca
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat dan
nama orang, serta
menggunakan tanda
titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam
penggunaan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan huruf besar dan tanda titik.
2
Kesesuaian
isi teks
yang ditulis
dengan tema
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai tema
Setengah atau lebih isi teks sesuai tema
Kurang dari
setengah isi teks sesuai tema
Seluruh isi teks
belum sesuai
dengan tema

Penulisan
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
penulisannya
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum
tepat penulisannya
Seluruh kata
belum tepat dalam
penulisan

Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang kurang
efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang kurang efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang belum
efektif



c. Membacakan teks laporan yang ditulis
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca
Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
dengan lancar
Siswa mampu
membaca seluruh teks, tetapi kurang lancar
Siswa kurang
mampu membaca
Siswa belum mampu
membaca teks
2
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara kurang jelas
Volume suara kurang jelas

d. Membuat anyaman ketupat
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Komposisi
karya
kerajinan
Ada keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
Siswa mampu
membaca seluruh teks, tetapi kurang
lancar
Siswa kurang
mampu membaca.


Siswa belum mampu
membaca teks

Terdapat sebagian
besar
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang dirancang.
Terdapat sebagian
besar keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
Tidak ada
keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang

Volume suara kurang
jelas

Suara sangat pelan
dan tidak jelas
2
Keindahan
karya yang
dihasilkan
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan rasa sangat kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan rasa kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan kurang enak dilihat
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan tidak enak dilihat
3
Kerapian
Karya kerajinan
terlihat sangat rapi
Karya kerajinan
terlihat rapi
Karya kerajinan
terlihat kurang rapi
Karya kerajinan
terlihat tidak rapi

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Gambar Lani mengukur daun mangga.
3.      Gambar beberapa jenis daun.
4.      Pisau.
5.      Gunting.
6.      Daun kelapa.





Mengetahui,                                                                        Tijue, 22 Maret 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001





Bunga Melati
Di kebun rumahku tumbuh
bunga melati.
Bunga melati harum baunya.
Melati memiliki bunga yang
cantik.
Bunganya kecil berwarna putih.
Sama seperti bunganya, daun
melati juga kecil.
Aku suka bunga melati.


1.        Tulislah isi dari teks laporan di atas!
Jawab:
Bunga melati baunya harum
Melati memiliki bunga yang cantik
Bunganya kecil berwarna putih.
Daun bunga melati juga kecil.
2.        Bagaimana ciri-ciri bunga melati?
Jawab: Kecil berwarna putih
3.        Buatlah kesimpulan dari teks laporan di atas!
Jawab: Melati memiliki daun dan bunga yang kecil berwarna putih
4.        Setiap akan belajar Lani selalu berdoa. Perilaku Lani tersebut sesuai dengan sila
Pancasila. Sila keberapakah itu?
Jawab: Sila pertama
5.      Sebutkanlah salah satu contoh perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila!
Jawab:
Tidak membeda-bedakan teman
Menyadari bahwa kita diciptakan sama oleh Tuhan
Menyadari bahwa kita memiliki hak dan kewajiban yang sama
Dan lain-lain
6.        Amatilah tabel berikut!

Tabel Hasil Pengukuran Panjang Daun
No
Nama Daun
Panjang
1
Daun Mangga
15 cm
2
Daun Cabai
3 cm
3
Daun Kelapa
50 cm
4
Daun Rambutan
9 cm
5
Daun Sirsak
12 cm

Berdasarkan tabel di atas, daun apakah yang paling panjang?
Jawab: Daun kelapa
7.        Coba bandingkan daun sirsak dengan daun mangga! Manakah yang lebih panjang?
        Jawab: Daun mangga
8.        Urutkanlah hasil pengukuran pada tabel di atas mulai dari nilai terkecil ke terbesar!
       Jawab:
No
Nama Daun
Panjang
1
Daun Cabai
15 cm
2
Daun Rambutan
3 cm
3
Daun Sirsak
50 cm
4
Daun Mangga
9 cm
5
Daun Kelapa
12 cm

9.        Sebutkanlah 3 alat yang digunakan untuk membersihkan kelas!
       Jawab: Sapu, kemoceng, penghapus papan tulis, dan lain-lain
10.    Sebutkanlah 3 contoh bahan alam yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan!
Jawab: Kulit jagung, daun kelapa, bambu, dan lain-lain




Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Amatilah lima jenis daun yang ada di lingkungan
sekitar. Ukurlah panjangnya.
Catat hasil pengukuranmu pada kolom berikut.
Tabel Hasil Pengukuran Daun


 


MEDIA

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 6

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 6
 
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 1
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 2
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 3
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 4
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors