RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester :
2/II
Tema 7 :
Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Tumbuhan di
sekitarku/ 6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang
disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.11 Membuat tabel
sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.
3.10.2 Mengurutkan
hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.11.1 Membuat
tabel sederhana hasil pengukuran panjang
b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks
laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan
mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.11 Mencatat isi
teks laporan sederhana tentang tumbuhan di sekitar.
4.1.8 Membacakan
laporan sederhana hasil pengamatan tumbuhan di sekitar dengan lafal dan
intonasi yang jelas.
c) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
3.1 Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa symbol sila Pancasila.
3.1.9 Menjelaskan
makna simbol sila ketiga Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.11 Menunjukkan
perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila ketiga.
d) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya
seni.
3.4 Mengetahui cara
mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan
makanan.
4.15 Membentuk
karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.
3.4.3 Menjelaskan
cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
4.15.1 Membentuk
karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam (Biji-bijian, kulit jagung,mambu,
daun kelapa, dan kerang).
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari
nilai terkecil ke terbesar.
2. Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang.
3. Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan dengan
lafal dan intonasi yang jelas.
4. Mencatat isi teks laporan sederhana.
5. Menjelaskan makna simbol sila ketiga Pancasila.
6. Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai
dengan sila ketiga
7. Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan
alam.
8. Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat
digunakan sebagai karya kreatif.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membuat
pertanyaan berdasarkan gambar yang telah diamati (menanya).
o
Siswa menukarkan
pertanyaan yang telah dibuat dengan teman sebangku.
o
Si swa menjawab
pertanyaan yang telah ditukarkan(menalar).
o
Siswa mengukur
lima jenis daun yang ada di lingkungan sekitar (mencoba).
o
Siswa mencatat
hasil pengukuran pada kolom yang telah tersedia di buku siswa
(mengomunikasikan).
o
Siswa mengurutkan
hasil pengukuran lima jenis daun dari yang terkecil ke terbesar (menalar).
o
Siswa menyajikan
hasil pengukurannya dalam bentuk tabel (mengomunikasikan).
o
Siswa menulis
hasil pengukurannya, dalam bentuk teks laporan sederhana (mengomunikasikan).
o
Siswa membacakan
teks laporan yang telah ditulis (mengomunikasikan).
o
Siswa menukarkan
teks laporan yang telah ditulis dengan teman sebangku.
o
Siswa mencatat
isi teks laporan yang telah ditukurakan (menalar).
o
Siswa membaca
wacana tentang kegiatan Lani dan temanteman saat membuat anyaman ketupat dari
daun kelapa (mengamati).
o
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang perilaku yang sesuai dengan sila ketiga
Pancasila berdasarkan wacana yang telah dibaca (menanya).
o
Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan wacana tentang kegiatan Lani dan teman-teman saat
membuat anyaman ketupat dari daun kelapa (menalar).
o
Siswa menjelaskan
makna dari simbol sila ketiga Pancasila (menalar).
o
Siswa menyebutkan
contoh perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
(mengomunikasikan).
o
Siswa dibimbing
membuat kerajinan anyaman ketupat dari daun kelapa (mencoba).
Kegiatan Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu membuat tabel sederhana dari hasil pengukuran panjang, siswa diberikan latihan
lanjutan membuat tabel dari beberapa data yang berbeda.
o
Jika siswa sudah
mampu mencatat isi sebuah teks laporan, siswa diberikan latihan lanjutan berupa
mencatat isi dari beberapa teks laporan.
o
Jika siswa sudah
mampu menjelaskan makna dan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan sila
ketiga Pancasila, siswa diberikan latihan lanjutan yang berhubungan dengan sila
ketiga Pancasila.
o
Jika siswa sudah
mampu membuat kerajinan anyaman ketupat, siswa diberikan latihan pengembangan,
berupa membuat kerajinan dari bahan yang sama seperti membuat bola dari daun
kelapa.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa belum
mampu membuat tabel sederhana dari hasil pengukuran panjang, siswa diberikan
bimbingan cara membuat tabel sederhana yang tepat.
o
Jika siswa belum
mampu mencatat isi sebuah teks laporan, siswa diberikan bimbingan tentang
cara mencatat isi sebuah teks laporan.
o
Jika siswa belum
mampu menjelaskan makna dan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan sila
ketiga Pancasila, siswa diberikan pembelajaran tambahan yang berhubungan dengan
sila ketiga Pancasila.
o
Jika siswa belum
mampu membuat kerajinan anyaman ketupat, siswa diberikan bimbingan membuat
kerajinan dengan teknik yang benar.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes
tertulis: Daftar Periksa dan Skor
a.
Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1
|
Mampu mengajukan
pertanyaan
|
|
|
2
|
Mampu menjawab
pertanyaan teman
|
|
|
b. Mencatat
hasil pengukuran
Jumlah
soal: 5 soal
Jawaban:
Tergantung hasil pengukuran siswa
c.
Mengurutkakn hasil pengukuran
Jumlah
soal: 1 soal
Jawaban:
jawaban tergantung hasil pengukuran siswa
d. Menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan sila ketiga Pancasila
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1. Memberi Edo daun
kelapa
2. Edo tidak dapat
mengikuti pelajaran
3. Sila ketiga
4. Rasa persatuan
dan kesatuan
5. Cinta tanah air,
menjaga nama baik sekolah, dan lain-lain
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk
Kerja
a. Menyajikan data
dalam tabel
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ketepatan
penyajian
|
Seluruh
data
disajikan
dengan
tepat
|
Ada satu
data yang tidak tepat dalam penyajian
|
Lebih dari
satu data tidak tepat dalam
penyajian
|
Semua
data yang
disajikan tidak tepat
|
2
|
Tampilan
|
Rapi dan
bersih
|
Rapi, namun kurang bersih
|
Kurang
rapi dan kurang bersih
|
Tidak rapi
|
b. Menulis
teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
huruf
besar,
dan
tanda
baca
|
Menggunakan
huruf
besar di
awal
kalimat dan
nama
orang, serta
menggunakan
tanda
titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2
kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
|
Terdapat lebih
dari 2 kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan tanda titik
|
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
2
|
Kesesuaian
isi teks
yang
ditulis
dengan tema
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai tema
|
Setengah atau lebih isi teks sesuai tema
|
Kurang dari
setengah isi teks sesuai tema
|
Seluruh
isi teks
belum
sesuai
dengan tema
|
|
Penulisan
|
Penulisan kata
sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
penulisannya
|
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum
tepat penulisannya
|
Seluruh
kata
belum
tepat dalam
penulisan
|
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif
|
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat
yang kurang
efektif
|
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang kurang efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang belum
efektif
|
c.
Membacakan teks laporan yang ditulis
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca
Teks
|
Siswa
mampu
membaca
keseluruhan
teks
dengan lancar
|
Siswa mampu
membaca seluruh teks, tetapi kurang lancar
|
Siswa
kurang
mampu
membaca
|
Siswa belum mampu
membaca teks
|
2
|
Volume Suara
|
Volume suara
keras dan jelas
|
Volume suara jelas
|
Volume
suara kurang jelas
|
Volume
suara kurang jelas
|
d. Membuat
anyaman ketupat
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Komposisi
karya
kerajinan
|
Ada
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang
dirancang
|
Siswa
mampu
membaca
seluruh teks, tetapi kurang
lancar
|
Siswa
kurang
mampu membaca.
|
Siswa belum mampu
membaca teks
|
|
Terdapat
sebagian
besar
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang dirancang.
|
Terdapat
sebagian
besar
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang
dirancang
|
Tidak ada
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang dirancang
|
Volume suara
kurang
jelas
|
Suara sangat pelan
dan tidak jelas
|
2
|
Keindahan
karya
yang
dihasilkan
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa sangat kagum
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa kagum
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang enak dilihat
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan tidak enak dilihat
|
3
|
Kerapian
|
Karya
kerajinan
terlihat
sangat rapi
|
Karya kerajinan
terlihat rapi
|
Karya kerajinan
terlihat
kurang rapi
|
Karya kerajinan
terlihat tidak rapi
|
F. Sumber
dan Media
1. Buku
Siswa
2. Gambar
Lani mengukur daun mangga.
3. Gambar
beberapa jenis daun.
4. Pisau.
5. Gunting.
6. Daun
kelapa.
Mengetahui, Tijue,
22 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Bunga
Melati
Di kebun
rumahku tumbuh
bunga
melati.
Bunga
melati harum baunya.
Melati
memiliki bunga yang
cantik.
Bunganya
kecil berwarna putih.
Sama
seperti bunganya, daun
melati juga
kecil.
Aku suka bunga melati.
1.
Tulislah isi dari
teks laporan di atas!
Jawab:
Bunga melati baunya
harum
Melati memiliki
bunga yang cantik
Bunganya kecil
berwarna putih.
Daun bunga melati
juga kecil.
2.
Bagaimana ciri-ciri
bunga melati?
Jawab: Kecil
berwarna putih
3.
Buatlah kesimpulan
dari teks laporan di atas!
Jawab: Melati
memiliki daun dan bunga yang kecil berwarna putih
4.
Setiap akan belajar
Lani selalu berdoa. Perilaku Lani tersebut sesuai dengan sila
Pancasila. Sila
keberapakah itu?
Jawab: Sila pertama
5.
Sebutkanlah salah
satu contoh perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila!
Jawab:
Tidak
membeda-bedakan teman
Menyadari bahwa kita
diciptakan sama oleh Tuhan
Menyadari bahwa
kita memiliki hak dan kewajiban yang sama
Dan lain-lain
6.
Amatilah tabel
berikut!
Tabel Hasil
Pengukuran Panjang Daun
No
|
Nama Daun
|
Panjang
|
1
|
Daun
Mangga
|
15 cm
|
2
|
Daun Cabai
|
3 cm
|
3
|
Daun
Kelapa
|
50 cm
|
4
|
Daun Rambutan
|
9 cm
|
5
|
Daun
Sirsak
|
12 cm
|
Berdasarkan
tabel di atas, daun apakah yang paling panjang?
Jawab: Daun
kelapa
7.
Coba bandingkan
daun sirsak dengan daun mangga! Manakah yang lebih panjang?
Jawab:
Daun mangga
8.
Urutkanlah hasil
pengukuran pada tabel di atas mulai dari nilai terkecil ke terbesar!
Jawab:
No
|
Nama Daun
|
Panjang
|
1
|
Daun
Cabai
|
15 cm
|
2
|
Daun
Rambutan
|
3 cm
|
3
|
Daun
Sirsak
|
50 cm
|
4
|
Daun
Mangga
|
9 cm
|
5
|
Daun
Kelapa
|
12 cm
|
9.
Sebutkanlah 3
alat yang digunakan untuk membersihkan kelas!
Jawab:
Sapu, kemoceng, penghapus papan tulis, dan lain-lain
10.
Sebutkanlah 3
contoh bahan alam yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan!
Jawab: Kulit jagung, daun
kelapa, bambu, dan lain-lain
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Amatilah lima jenis daun yang ada di
lingkungan
sekitar. Ukurlah panjangnya.
Catat hasil pengukuranmu pada kolom
berikut.
Tabel Hasil Pengukuran
Daun
MEDIA
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 1
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 2
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 3
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 4
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment