Home » » TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 5

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 7 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                     : 2/II
Tema 7                                  : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Tumbuhan di sekitarku/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.8.3 Menyebutkan alasan menjaga kebersihan.
3.8.4 Menyebutkan akibat tidak menjaga kebersihan.
4.8.1 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan lingkungan kelas.

b) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
3.1.8 Menjelaskan makna symbol sila kedua Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.10 Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kedua

c) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.10 Menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di sekitar.
4.1.7 Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menyebutkakan alasan menjaga kebersihan.
2.      Menyebutkan akibat tidak menjaga kebersihan.
3.      Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas.
4.      Menjelaskan makna simbol sila kedua Pancasila.
5.      Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kedua.
6.      Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan.
7.      Menjelaskan isi teks laporan Sederhana

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar kegiatan gotong royong di kelas Lani (mengamati).
o   Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar (menanya).
o   Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman sebangku.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang telah ditukarkan (menalar).
o   Siswa membaca percakapan Beni dan lani tentang kebersihan kelas (mengamati).
o   Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang kebersihan kelas (menanya).
o   Sisa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan kebersihan kelas (menalar).
o   Siswa dibimbing mempraktikkan cara menjaga kebersihan lingkungan seolah (mencoba).
o   Siswa memperagakan teks percakapan tentang perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila (mencoba).
o   Siswa dan guru melakukan tanya jawab tetang isi teks percakapan yang telah diperagakan (menanya).
o   Siswa menyebutkan simbol dari sila kedua Pancasila (mengomunikasikan).
o   Siswa menjelaskan makna dari simbol sila kedua Pancasila (menalar).
o   Siswa menentukan contoh perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati gambar Lani menyiram bunga (mengamati).
o   Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang bagianbagian bunga mawar (menanya).
o   Siswa mengamati bunga mawar yang ada di lingkungan sekitar (mengamati).
o   Siswa menuliskan ciri-ciri bunga mawar pada kolom yang telah tersedia pada buku siswa (mengomunikasikan).
o   Siswa dibimbing menulis hasil pengamatannya dalam bentuk teks laporan sederhana (mengomunikasikan).
o   Siswa menceritakan isi teks laporan yang telah ditulis (mengomunikasikan).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu mempraktikkan cara menjaga membersihkan sekolah dengan benar, siswa dibiasakan untuk selalu menjaga kebersihan sekolah.
o   Jika siswa sudah mampu menunjukkan contoh sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa dibiasakan untuk bersikap sesuai sila kedua Pancasila.
o   Jika siswa sudah mampu menulis laporan sederhana dari sebuah hasil pengamatan, siswa diberikan latihan lanjutan terkait penulisan laporan hasil pengamatan.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa belum mampu mempraktikkan cara menjaga membersihkan kelas dengan benar, siswa diberikan bimbingan tentang cara menjaga kebersihan yang benar.
o   Jika siswa belum mampu menunjukkan sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa diberikan pemahaman berkaitan dengan sila kedua Pancasila.
o   Jika siswa belum mampu menulis laporan sederhana dari sebuah hasil pengamatan, siswa diberikan bimbingan terkait penulisan laporan hasil pengamatan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes tertulis: Daftar Periksa dan Skor
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Mampu mengajukan pertanyaan


2
Mampu menjawab pertanyaan teman



b. Menjawab pertanyaan tentang kebersihan
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1. Agar kelas bersih dan terhindar dari penyakit (skor 25)
2. Kelas akan kotor (skor 25)
3. Piket kelas, gotong royong, selalu membuang sampah pada tempatnya (skor 25)
4. Sapu, kemoceng, tong sampah (skor 25)

c. Menentukan perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:

Perilaku
Penilaianmu
1
Saling menyayangi sesama teman

2
Mengembangkan sikap tenggang rasa

3
Berdoa sebelum belajar

4
Tidak semena-mena terhadap teman

5
Membantu teman yang sedang kesulitan


3. Penilaian keterampilan
Penilaian : Unjuk Kerja dan Observasi
a. Menulis teks laporan sederhana tentang bunga mawar
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda
baca
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat dan
nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
penggunaan huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam
penggunaan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan huruf besar dan tanda
titik.
2
Kesesuaian
isi teks yang ditulis dengan tema
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai tema
Setengah atau lebih isi teks sesuai tema
Kurang dari
setengah isi teks sesuai tema
Seluruh isi teks
belum sesuai
dengan tema
3
Penulisan
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
penulisannya
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum
tepat penulisannya
Seluruh kata
belum tepat dalam
penulisan
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang kurang efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang belum
efektif
 
b. Mempraktikkan cara menjaga kebersihan
Lembar penilaian mempraktikkan cara menjaga kebersihan

Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Siswa mampu mengikuti instruksi


2
Siswa mampu mempraktikkan cara
menjaga kebersihan dengan benar


3
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran



F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Gambar kegiatan gotong royong di kelas Lani
3.      Teks percakapan bermain peran
4.      Alat-alat kebersihan
5.      Gambar Lani memupuk bunga mawar



Mengetahui,                                                                        Tijue, 21 Maret 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Tulis hasil pengamatanmu dalam bentuk teks laporan sederhana pada kolom berikut! Ceritakan
..................................................................................................... 
..................................................................................................... 
.....................................................................................................  
..................................................................................................... 
..................................................................................................... 
..................................................................................................... 
..................................................................................................... 
..................................................................................................... 
..................................................................................................... 
..................................................................................................... 
.....................................................................................................  

MEDIA
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 5
 

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 5

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 1
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 2
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 3
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors