RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester :
2/II
Tema 7 :
Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Tumbuhan di
sekitarku/ 5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.8 Memahami cara
menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan
tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan
cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas,
papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.8.3 Menyebutkan
alasan menjaga kebersihan.
3.8.4 Menyebutkan
akibat tidak menjaga kebersihan.
4.8.1 Mempraktikkan
cara menjaga kebersihan lingkungan kelas.
b) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya
terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
3.1.8 Menjelaskan
makna symbol sila kedua Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.10 Menunjukkan
perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kedua
c) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks
laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan
mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.10 Menjelaskan
isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di sekitar.
4.1.7 Menulis
laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Menyebutkakan
alasan menjaga kebersihan.
2. Menyebutkan
akibat tidak menjaga kebersihan.
3. Mempraktikkan
cara menjaga kebersihan
kelas.
4. Menjelaskan
makna simbol sila kedua Pancasila.
5. Menunjukkan
perilaku di sekitar sekolah
yang sesuai dengan sila kedua.
6. Menulis
laporan sederhana tentang
hasil
pengamatan.
7. Menjelaskan
isi teks laporan Sederhana
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar kegiatan gotong royong di kelas Lani (mengamati).
o
Siswa membuat
pertanyaan berdasarkan gambar (menanya).
o
Siswa menukarkan
pertanyaan yang telah dibuat dengan teman sebangku.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah ditukarkan (menalar).
o
Siswa membaca
percakapan Beni dan lani tentang kebersihan kelas (mengamati).
o
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang kebersihan kelas (menanya).
o
Sisa menjawab
pertanyaan yang berkaitan dengan kebersihan kelas (menalar).
o
Siswa dibimbing
mempraktikkan cara menjaga kebersihan lingkungan seolah (mencoba).
o
Siswa
memperagakan teks percakapan tentang perilaku yang sesuai dengan sila kedua
Pancasila (mencoba).
o
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tetang isi teks percakapan yang telah diperagakan
(menanya).
o
Siswa menyebutkan
simbol dari sila kedua Pancasila (mengomunikasikan).
o
Siswa menjelaskan
makna dari simbol sila kedua Pancasila (menalar).
o
Siswa menentukan
contoh perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila
dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia (mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati
gambar Lani menyiram bunga (mengamati).
o
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang bagianbagian bunga mawar (menanya).
o
Siswa mengamati
bunga mawar yang ada di lingkungan sekitar (mengamati).
o
Siswa menuliskan
ciri-ciri bunga mawar pada kolom yang telah tersedia pada buku siswa
(mengomunikasikan).
o
Siswa dibimbing
menulis hasil pengamatannya dalam bentuk teks laporan sederhana
(mengomunikasikan).
o
Siswa
menceritakan isi teks laporan yang telah ditulis (mengomunikasikan).
Kegiatan Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu mempraktikkan cara menjaga membersihkan sekolah dengan benar, siswa
dibiasakan untuk selalu menjaga kebersihan sekolah.
o
Jika siswa sudah
mampu menunjukkan contoh sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa
dibiasakan untuk bersikap sesuai sila kedua Pancasila.
o
Jika siswa sudah
mampu menulis laporan sederhana dari sebuah hasil pengamatan, siswa diberikan
latihan lanjutan terkait penulisan laporan hasil pengamatan.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa belum
mampu mempraktikkan cara menjaga membersihkan kelas dengan benar, siswa
diberikan bimbingan tentang cara menjaga kebersihan yang benar.
o
Jika siswa belum
mampu menunjukkan sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa diberikan
pemahaman berkaitan dengan sila kedua Pancasila.
o
Jika siswa belum
mampu menulis laporan sederhana dari sebuah hasil pengamatan, siswa diberikan
bimbingan terkait penulisan laporan hasil pengamatan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes
tertulis: Daftar Periksa dan Skor
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1
|
Mampu
mengajukan pertanyaan
|
|
|
2
|
Mampu menjawab
pertanyaan teman
|
|
|
b. Menjawab
pertanyaan tentang kebersihan
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1. Agar kelas
bersih dan terhindar dari penyakit (skor 25)
2. Kelas akan kotor
(skor 25)
3. Piket kelas,
gotong royong, selalu membuang sampah pada tempatnya (skor 25)
4. Sapu, kemoceng,
tong sampah (skor 25)
c.
Menentukan perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
|
Perilaku
|
Penilaianmu
|
1
|
Saling
menyayangi sesama teman
|
|
2
|
Mengembangkan
sikap tenggang rasa
|
|
3
|
Berdoa sebelum
belajar
|
|
4
|
Tidak
semena-mena terhadap teman
|
|
5
|
Membantu teman
yang sedang kesulitan
|
|
3. Penilaian
keterampilan
Penilaian : Unjuk
Kerja dan Observasi
a. Menulis teks
laporan sederhana tentang bunga mawar
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
huruf
besar,
dan tanda
baca
|
Menggunakan
huruf
besar di
awal
kalimat dan
nama
orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf besar dan tanda titik
|
Terdapat
lebih dari 2 kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan tanda titik
|
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan huruf besar dan tanda
titik.
|
2
|
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan tema
|
Seluruh
isi teks yang ditulis sesuai tema
|
Setengah
atau lebih isi teks sesuai tema
|
Kurang dari
setengah isi teks sesuai tema
|
Seluruh isi teks
belum sesuai
dengan tema
|
3
|
Penulisan
|
Penulisan
kata
sudah
tepat
|
Terdapat
1-2 kata yang belum tepat
penulisannya
|
Terdapat
lebih dari 2 kata yang belum
tepat penulisannya
|
Seluruh kata
belum tepat dalam
penulisan
|
4
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang efektif
|
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat
yang kurang efektif
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang kurang efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang belum
efektif
|
b.
Mempraktikkan cara menjaga kebersihan
Lembar
penilaian mempraktikkan cara menjaga kebersihan
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1
|
Siswa
mampu mengikuti instruksi
|
|
|
2
|
Siswa
mampu mempraktikkan cara
menjaga
kebersihan dengan benar
|
|
|
3
|
Siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran
|
|
|
F. Sumber
dan Media
1. Buku
Siswa
2. Gambar
kegiatan gotong royong di kelas Lani
3. Teks
percakapan bermain peran
4. Alat-alat
kebersihan
5. Gambar
Lani memupuk bunga mawar
Mengetahui, Tijue,
21 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Tulis hasil pengamatanmu dalam bentuk
teks laporan sederhana pada kolom berikut! Ceritakan
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
.....................................................................................................
MEDIA
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 2
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 3
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment