RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester :
2/II
Tema 7 :
Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Tumbuhan di
sekitarku/ 4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
3.1.8 Menjelaskan
makna symbol sila kedua Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.10 Menunjukkan
perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kedua
b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks
laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan
mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.8 Memprediksi
isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
3.1.9 Membaca
nyaring teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
4.1.9 Menyimpulkan
hasil laporan sederhana tentang pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar.
c) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya
seni
3.4 Mengetahui cara
mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan
makanan.
4.15 Membentuk
karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.
3.4.1
Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif.
3.4.2
Mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif.
4.15.1 Membentuk
karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam (Biji-bijian, kulit jagung,mambu,
daun kelapa, dan kerang).
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Menjelaskan makna simbol sila kedua Pancasila.
2. Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai
dengan sila kedua.
3. Memprediksi isi teks laporan sederhana.
4. Membaca nyaring teks laporan sederhana .
5. Menyimpulkan hasil teks laporan sederhana.
6. Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar
untuk karya kreatif.
7. Mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan
sebagai karya kreatif.
8.
Membentuk karya
kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar percakapan Lani dan Siti.
o
Siswa membaca
percakapan yang ada pada gambar.
o
Siswa membuat
pertanyaan berdasarkan gambar dan percakapan yang telah diamati (menanya) .
o
Siswa menukarkan
pertanyaan yang sudah dibuat dengan teman sebangku.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah ditukarkan (menalar).
o
Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan gambar dan percakapan Lani dan Siti tentang perilaku
yang sesuai dengan sila kedua Pancasila (menalar).
o
Siswa menjelaskan
makna dari simbol sila kedua Pancasila (menalar).
o
Siswa menyebutkan
contoh dari perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila
(mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati gambar Lani dan hasil
kerajinannnya dari bambu (mengamati).
o
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang gambar (menanya).
o
Siswa bercerita
tentang gambar secara lisan (mengomunikasikan).
o
Siswa menjawab
pertanyaan.
o
Siswa mengamati kerajinan yang diperagakan
Lani.
o
Siswa
memerhatikan bahan-bahan yang digunakan Lani.
o
Siswa
mendengarkan langkah-langkah membuat kerajinan yang dibuat Lani.
o
Siswa membaca
nyaring teks laporan “Tempat Pensil dari Bambu” (mengamati).
o
Siswa menjawab
pertanyaan tentang teks laporan yang telah dibaca (menalar).
o
Siswa
menyimpulkan isi laporan yang telah dibaca (mengomunikasikan).
o
Siswa menyebutkan
bahan-bahan alam yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan
(mengomunikasikan).
o
Siswa dibimbing
membuat tempat pensil dari bamboo (mencoba).
Kegiatan Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu menjelaskan makna dan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan sila
kedua Pancasila, siswa diberikan latihan lanjutan yang berhubungan dengan sila
kedua Pancasila.
o
Jika siswa sudah
mampu menyimpulkan isi sebuah teks laporan sederhana, siswa diberikan latihan
lanjutan berkaitan dengan teks laporan.
o
Jika siswa sudah
mampu membuat kerajinan tempat pensil dari bambu, siswa diberikan latihan
pengembangan berdasarkan keterampilan yang telah dimiliki siswa.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa belum
mampu menjelaskan makna dan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan sila
kedua Pancasila, siswa diberikan pembelajaran tambahan yang berhubungan dengan
sila kedua Pancasila.
o
Jika siswa belum
mampu menyimpulkan isi sebuah teks laporan sederhana, siswa diberikan bimbingan
berkaitan dengan cara menyimpulkan sebuah teks laporan.
o
Jika siswa belum
mampu membuat kerajinan tempat pensil dari bambu, siswa diberikan bimbingan
membuat kerajinan dengan teknik yang benar
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes tertulis:
Daftar Periksa dan Skor
a.
Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1
|
Mampu
mengajukan pertanyaan
|
|
|
2
|
Mampu menjawab
pertanyaan teman
|
|
|
b. Menjawab
pertanyaan tentang perilaku yang sesuai dengan sila pertama pancasila
Jumlah
soal: 4 soal
Jawaban:
1.
Siti kesulitan menyelesaikan tugasnya (skor
25)
2.
Suka menolong (skor 25)
3.
Rantai (skor 25)
4.
Saling membantu antar sesama
5.
Tidak membeda-bedakan teman, menyadari setiap
orang mempunyai hak dan kewajiban yang sama, dan lain-lain (skor 25)
c. Menjawab
pertanyaan dari teks “Tempat Pensil dari Bambu”
Jumlah
soal: 5
Jawaban:
- Bambu (skor 20)
- Bambu, lem, pasir, daun kering (skor 20)
- Batangnya lurus, beruas-ruas, dan daunnya kecil (skor 20)
- 12 cm (skor 20)
- Bambu adalah bahan alam yang bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tempat pensil (skor 20)
Penilaian: Unjuk
Kerja
a. Membaca nyaring
teks laporan “Tempat Pensil dari Bambu”
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca
Teks
|
Siswa
mampu
membaca
keseluruhan
teks
dengan lancar.
|
Siswa
mampu
membaca
seluruh teks, tetapi kurang
lancar
|
Siswa
kurang
Mampu membaca
|
Siswa belum mampu
membaca teks
|
2
|
Volume Suara
|
Volume
suara keras dan jelas
|
Volume suara jelas
|
Volume suara kurang
jelas
|
Suara sangat pelan
dan tidak jelas
|
|
Pemahaman
Isi teks
|
Mampu
menjawab
Semua pertanyaan
yang
diajukan
|
Mampu menjawab
setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab
kurang dari
setengah bagian teks
|
Belum mampu
menjawab semua
pertanyaan yang
diajukan
|
Rubrik
membuat kesimpulan dari teks bacaan tentang cara merawat ayam
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian
kesimpulan
dengan teks
|
Simpulan
singkat dan mewakili isi
teks
|
Simpulan
agak
panjang
dan
mewakili
isi teks.
|
Simpulan
kurang mewakili isi teks
|
Simpulan
tidak
mewakili isi teks.
|
2
|
Keefektifan
kalimat
|
Mampu membuat
kalimat
kesimpulan
secara efektif
|
Mampu membuat
sebagian
besar
kalimat kesimpulan
|
Mampu
membuat
sebagian
kecil
kalimat kesimpulan
|
Belum
mampu
membuat
kesimpulan
|
c. Membuat
kerajinan tempat pensil dari bambu
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Komposisi
Karya kerajinan
|
Ada
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang dirancang
|
Terdapat
sebagian
besar
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang
dirancang
|
Terdapat
sebagian
besar
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang
dirancang
|
Tidak ada
keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
|
2
|
Keindahan
karya
yang
dihasilkan
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa sangat kagum
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa kagum
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan kurang enak dilihat
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan tidak enak dilihat
|
|
Kerapian
|
Karya
kerajinan
terlihat
sangat
rapi
|
Karya
kerajinan
terlihat
rapi
|
Karya kerajinan
terlihat kurang
rapi
|
Karya
kerajinan
terlihat
tidak
rapi
|
F. Sumber
dan Media
- Buku Siswa
- Gambar dan teks percakapan Lani dan Siti.
- Gambar lani memperagakan hasil karyanya.
- Gambar tempat pensil dari bambu.
- Teks “Tempat Pensil dari Bambu”.
- Bambu 12 cm.
- Biji-bijian.
- Daun-daun kering.
- Pasir halus.
- Lem.
Mengetahui, Tijue,
19 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Jawablah pertanyaan berikut dengan
teliti!
1. Terbuat dari apa tempat pensil Lani?
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Apa saja bahan yang Lani gunakan dalam
menghias tempat pensilnya?
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Bagaimana ciri-ciri pohon bambu?
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4. Berapa ukuran bambu yang diperlukan dalam
membuat tempat pensil?
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
5. Tuliskan simpulanmu terhadap hasil
laporan Lani!
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment