Home » » TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 4

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 6 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                     : 2/II
Tema 7                                  : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Tumbuhan di sekitarku/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
3.1.8 Menjelaskan makna symbol sila kedua Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.10 Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kedua

b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.8 Memprediksi isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
3.1.9 Membaca nyaring teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
4.1.9 Menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar.

c) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.15 Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.
3.4.1 Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif.
3.4.2 Mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif.
4.15.1 Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam (Biji-bijian, kulit jagung,mambu, daun kelapa, dan kerang).

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menjelaskan makna simbol sila kedua Pancasila.
2.      Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila kedua.
3.      Memprediksi isi teks laporan sederhana.
4.      Membaca nyaring teks laporan sederhana .
5.      Menyimpulkan hasil teks laporan sederhana.
6.      Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif.
7.      Mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif.
8.       Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar percakapan Lani dan Siti.
o   Siswa membaca percakapan yang ada pada gambar.
o   Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar dan percakapan yang telah diamati (menanya) .
o   Siswa menukarkan pertanyaan yang sudah dibuat dengan teman sebangku.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang telah ditukarkan (menalar).
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar dan percakapan Lani dan Siti tentang perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila (menalar).
o   Siswa menjelaskan makna dari simbol sila kedua Pancasila (menalar).
o   Siswa menyebutkan contoh dari perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila (mengomunikasikan).
o    Siswa mengamati gambar Lani dan hasil kerajinannnya dari bambu (mengamati).
o   Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang gambar (menanya).
o   Siswa bercerita tentang gambar secara lisan (mengomunikasikan).
o   Siswa menjawab pertanyaan.
o    Siswa mengamati kerajinan yang diperagakan Lani.
o   Siswa memerhatikan bahan-bahan yang digunakan Lani.
o   Siswa mendengarkan langkah-langkah membuat kerajinan yang dibuat Lani.
o   Siswa membaca nyaring teks laporan “Tempat Pensil dari Bambu” (mengamati).
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang teks laporan yang telah dibaca (menalar).
o   Siswa menyimpulkan isi laporan yang telah dibaca (mengomunikasikan).
o   Siswa menyebutkan bahan-bahan alam yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan (mengomunikasikan).
o   Siswa dibimbing membuat tempat pensil dari bamboo (mencoba).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu menjelaskan makna dan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa diberikan latihan lanjutan yang berhubungan dengan sila kedua Pancasila.
o   Jika siswa sudah mampu menyimpulkan isi sebuah teks laporan sederhana, siswa diberikan latihan lanjutan berkaitan dengan teks laporan.
o   Jika siswa sudah mampu membuat kerajinan tempat pensil dari bambu, siswa diberikan latihan pengembangan berdasarkan keterampilan yang telah dimiliki siswa.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa belum mampu menjelaskan makna dan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa diberikan pembelajaran tambahan yang berhubungan dengan sila kedua Pancasila.
o   Jika siswa belum mampu menyimpulkan isi sebuah teks laporan sederhana, siswa diberikan bimbingan berkaitan dengan cara menyimpulkan sebuah teks laporan.
o   Jika siswa belum mampu membuat kerajinan tempat pensil dari bambu, siswa diberikan bimbingan membuat kerajinan dengan teknik yang benar

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes tertulis: Daftar Periksa dan Skor
a. Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Mampu mengajukan pertanyaan


2
Mampu menjawab pertanyaan teman



b. Menjawab pertanyaan tentang perilaku yang sesuai dengan sila pertama pancasila
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1.      Siti kesulitan menyelesaikan tugasnya (skor 25)
2.      Suka menolong (skor 25)
3.      Rantai (skor 25)
4.      Saling membantu antar sesama
5.      Tidak membeda-bedakan teman, menyadari setiap orang mempunyai hak dan kewajiban yang sama, dan lain-lain (skor 25)

c. Menjawab pertanyaan dari teks “Tempat Pensil dari Bambu”
Jumlah soal: 5
Jawaban:

  1. Bambu (skor 20)
  2. Bambu, lem, pasir, daun kering (skor 20)
  3. Batangnya lurus, beruas-ruas, dan daunnya kecil (skor 20)
  4. 12 cm (skor 20)
  5. Bambu adalah bahan alam yang bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tempat pensil (skor 20)

Penilaian: Unjuk Kerja
a. Membaca nyaring teks laporan “Tempat Pensil dari Bambu”
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca
Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
dengan lancar.
Siswa mampu
membaca seluruh teks, tetapi kurang
lancar
Siswa kurang
Mampu membaca
Siswa belum mampu
membaca teks
2
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara kurang
jelas
Suara sangat pelan
dan tidak jelas

Pemahaman
Isi teks
Mampu menjawab
Semua pertanyaan
yang diajukan
Mampu menjawab
setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab
kurang dari
setengah bagian teks
Belum mampu
menjawab semua
pertanyaan yang
diajukan

Rubrik membuat kesimpulan dari teks bacaan tentang cara merawat ayam
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian
kesimpulan
dengan teks
Simpulan singkat dan mewakili isi
teks
Simpulan agak
panjang dan
mewakili isi teks.
Simpulan kurang mewakili isi teks
Simpulan tidak
mewakili isi teks.
2
Keefektifan
kalimat
Mampu membuat
kalimat kesimpulan
secara efektif
Mampu membuat
sebagian besar
kalimat kesimpulan
Mampu membuat
sebagian kecil
kalimat kesimpulan
Belum mampu
membuat
kesimpulan

c. Membuat kerajinan tempat pensil dari bambu
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Komposisi
Karya kerajinan
Ada keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
Terdapat sebagian
besar keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
Terdapat sebagian
besar keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang

Tidak ada
keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
2
Keindahan
karya yang
dihasilkan
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan rasa sangat kagum

Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan rasa kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan kurang enak dilihat
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan tidak enak dilihat

Kerapian
Karya kerajinan
terlihat sangat
rapi
Karya kerajinan
terlihat rapi
Karya kerajinan
terlihat kurang
rapi
Karya kerajinan
terlihat tidak
rapi

F. Sumber dan Media

  1. Buku Siswa
  2. Gambar dan teks percakapan Lani dan Siti.
  3. Gambar lani memperagakan hasil karyanya.
  4. Gambar tempat pensil dari bambu.
  5. Teks “Tempat Pensil dari Bambu”.
  6. Bambu 12 cm.
  7. Biji-bijian.
  8. Daun-daun kering.
  9. Pasir halus.
  10. Lem.




Mengetahui,                                                                        Tijue, 19 Maret 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001




                             
Lembar Kerja Siswa
(LKS)




  
Jawablah pertanyaan berikut dengan teliti!

1.  Terbuat dari apa tempat pensil Lani?

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

2.  Apa saja bahan yang Lani gunakan dalam menghias tempat pensilnya?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .


3.  Bagaimana ciri-ciri pohon bambu?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

4.  Berapa ukuran bambu yang diperlukan dalam membuat tempat pensil?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

5.  Tuliskan simpulanmu terhadap hasil laporan Lani!
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 



MEDIA

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 4
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors