(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 2
Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/2
Tema 7 : Energi
Dan Perubahannya
Proyek
Kelas :
1-6
Alokasi Waktu : 1 Hari
HARI PERTAMA:
(Melakukan
wawancara untuk mengetahui berapa banyak konsumsi air putih)
Tujuan :
1. Melalui kegiatan wawancara siswa mampu mengumpulkan dan mengelompokkan informasi
menurut kategori tertentu
2. Setelah mengumpulkan informasi siswa mampu mengelompokkan informasi tersebut
menurut kategori tertentu
3. Setelah mengumpulkan informasi siswa mampu menyampaikan kembali informasi
yang diperoleh secara lisan
Alat dan bahan yang dibutuhkan:
1. Kertas karton manila besar
2. Spidol besar/alat tulis lainnya
3. Pensil warna/krayon
Cara Kerja:
•
Siswa membentuk
kelompok terdiri dari 5 orang.
•
Siswa harus
mewawancarai sekurang-kurangnya 30 orang yang berbeda.
•
Siswa menanyakan
berapa gelas biasanya mereka minum air putih dalam sehari.
•
Siswa melakukan
pembagian tugas dan menyusun strategi wawancara.
•
Siswa melakukan
wawancara sesuai strategi yang sudah disepakati.
•
Setelah itu siswa
diminta menyusun data yang diperoleh di sebuah kertas karton besar dengan menggunakan
spidol/alat tulis lain.
•
Komponen datanya
adalah berapa gelas air yang diminum dan jumlah orang yang minum dalam jumlah gelas
yang sama.
Siswa diminta menyampaikan hasil wawancaranya.
Penilaian Proyek Wawancara
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kemampuan
bertanya
|
||||
Kelengkapan
data hasil wawancara
|
||||
Penyampaian
hasil wawancara
|
HARI KE-2
(Menyajikan data
dalam bentuk grafik batang)
Tujuan:
-
Siswa mampu membuat
grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh
-
Siswa mampu
menunjukkan sikap teliti dalam melakukan suatu kegiatan
-
Siswa mampu memberi
penjelasan grafik batang yang sudah dibuatnya
Alat dan bahan yang dibutuhkan:
-
Kertas karton
manila
-
Spidol/alat tulis
lainnya
-
Kertas
origami/kertas warna-warni
Cara Kerja:
•
Berdasarkan data
yang diperoleh dari hasil wawancara siswa diminta membuat grafik batang di atas
kertas karton.
•
Masing-masing
kelompok boleh membuat grafik batang dengan warna-warni yang kontras sehingga menarik
untuk dilihat.
•
Setelah selesai
setiap kelompok diminta menjelaskan data pada grafik batang tersebut kepada
kepala sekolah.
•
Siswa memberi
kesempatan kepada Kepala Sekolah untuk bertanya dan mereka menjawabnya.
Penilaian Proyek
Pembuatan Grafik Batang
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Akurasi grafik batang dengan
data
|
||||
Kerapian gambar grafik batang
|
||||
Kemampuan
mempresentasikan
|
HARI KE-3
(Melakukan percobaan penjernihan air)
Tujuan:
1. Siswa mampu membuat perencanaan dalam melakukan suatu kegiatan
2. Siswa mampu melakukan percobaan sesuai prosedur
3. Siswa mampu mengambil kesimpulan dari hasil percobaannya dengan tepat
4. Siswa mampu menyampaikan hasil percobaannya dengan lancar dan percaya
diri
Alat dan bahan yang dibutuhkan:
1. Botol plastik bekas air mineral berukuran 1,5 liter
2. Ijuk
3. Pasir yang sudah dibersihkan
4. Arang batok kelapa
5. Kerikil yang sudah dibersihkan
6. Batu yang sudah dibersihkan terlebih dahulu
7. Baskom penampung air
8. Ember kecil
9. Penyangga botol
10. Air yang sudah bercampur tanah dan debu
Cara kerja:
•
Siswa membuka
bagian bawah botol plastik hingga terbuka.
•
Lalu meletakkan
botol di atas penyangga dengan posisi mulut botol menghadap ke bawah.
•
Kemudian siswa
memasukkan batuan sebagai bagian paling dasar.
•
Kemudian memasukkan
kerikil, arang, pasir halus, ijuk, pasir halus lagi, terakhir ijuk lagi
(seperti yang ada pada gambar).
•
Lalu siswa diminta
menuangkan air limbah yang sudah disiapkan ke botol yang sudah diisi bahan-bahan
penyaring.
Cara kerja:
Bukalah bagian
bawah botol plastik hingga terbuka.
Letakkan botol di
atas penyangga dengan posisi mulut botol menghadap ke bawah.
Kemudian masukkan
batu ke dalam botol. Ini akan menjadi bagian paling dasar.
Kemudian secara
berurutan masukkan kerikil, arang, pasir halus, ijuk, pasir halus lagi, terakhir
ijuk lagi (seperti yang ada pada gambar).
Lalu tuangkan air
limbah, yaitu air yang sudah bercampur
tanah dan debu yang sudah disiapkan ke botol yang sudah diisi bahan-bahan
penyaring, namun sisakan sedikit untuk pembanding.
Amati air yang
keluar dari mulut botol.
Amati air yang ada
di baskom penampungan. Bandingkan dengan air limbah yang masih ada.
Buatlah laporan dan
kesimpulan hasil percobaanmu.
Setelah membuat
laporan sampaikan laporan percobaanmu di depan kelas.
•
Siswa melakukannya sampai air limbah tersebut habis.
•
Siswa mengamati air yang ada di baskom penampungan.
•
Kemudian siswa diminta membuat laporan percobaan dan
membuat kesimpulan hasil percobaan.
•
Setelah membuat laporan siswa menyampaikan laporan
percobaannya di depan kelas.
Penilaian Proyek Penjernihan Air Sederhana:
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Persiapan percobaan
|
||||
Kemampuan melakukan
percobaan sesuai prosedur
|
||||
Kemampuan
mengambil kesimpulan
|
||||
Kemampuan menyampaikan
hasil
percobaan
|
HARI KE-4
(Membuat poster
tentang ajakan menghemat air)
Tujuan:
1. Siswa mampu
membuat poster sesuai tema
2. Siswa mampu
menjelaskan alasan pemilihan gambar pada poster yang dibuatnya
3. Siswa mampu
menjelaskan tujuan dari pembuatan poster
Alat dan bahan:
1. Kertas
gambar/karton manila
2. Pensil
3. Pensil
warna/Spidol berwarna/cat air
4.
Guntingan-guntingan gambar yang berhubungan dengan tema poster
Cara kerja:
•
Siswa bekerja
secara kelompok berjumlah 4-5 orang.
•
Siswa menyiapkan
perlengkapan dan bahan yang digunakan.
•
Siswa mendengarkan penjelasan
guru tentang tugas yang dilakukan.
•
Siswa melaksanakan
tugas yang diberikan yaitu membuat poster bertema ajakan untuk menghemat air.
•
Setelah selesai
siswa merapikan bekas-bekas pekerjaannya agar kelas kembali bersih.
•
Semua kelompok
menunjukkan poster buatannya dan memberi penjelasan alasan dan tujuan pembuatan
poster masing-masing.
Penilaian Proyek Pembuatan Poster
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kesesuaian poster
dengan tema
|
||||
Kreatifitas
poster
|
||||
Kinerja kelompok
dalam pembuatan
poster
|
HARI KE-5
(Menyusun naskah role
play singkat bertema ajakan
menghemat air)
Tujuan:
-
Siswa mampu
mengidentifikasi naskah sosiodrama dengan tepat
-
Siswa mampu
menyusun kalimat menjadi dialog drama sesuai ketentuan
-
Siswa mampu merunut
dialog sesuai konteks yang dipilih
Cara Kerja:
•
Masih dalam
kelompok yang sama siswa merancang sebuah naskah sosiodrama bertema Ayo
Menghemat Air.
•
Siswa mendengarkan
penjelasan guru bahwa mereka akan membuat dialog sosiodrama dengan ketentuan
masing-masing anggota kelompok paling sedikit mendapat 3 kesempatan berdialog.
•
Guru menyampaikan
bahwa siswa akan menampilkan sosio drama tersebut pada pertemuan selanjutnya.
•
Siswa berdiskusi
dan menulis naskah drama yang akan ditampilkan.
•
Guru mengarahkan
siswa agar dapat melaksanakan tugas sesuai ketentuan.
•
Setelah naskah
selesai guru memeriksa dan memberi masukan-masukan.
•
Setelah melakukan
revisi naskah berdasarkan masukan dari guru, siswa diminta berlatih di dalam kelompoknya
masing-masing.
•
Selesai berlatih
siswa mendiskusikan rencana untuk tampil di pertemuan selanjutnya.
•
Guru mengarahkan
siswa untuk memikirkan kostum dan properti yang akan mereka gunakan. Mereka diminta
melakukan pembagian tugas.
Penilaian Proyek
Pembuatan Naskah Sosiodrama
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kesesuaian dengan tema
|
||||
Susunan kalimat dalam dialog
|
||||
Kerunutan
dialog
|
HARI KE-6
(Melakukan
sosiodrama bertema “Ayo Menghemat Air”)
Tujuan:
1. Siswa mampu menampilkan dialog drama sesuai peran masing-masing dengan
lancer
2. Siswa mampu menunjukkan ekspresi yang sesuai dengan peran masing-masing
3. Siswa mampu menunjukkan sikap berani dan percaya diri saat menampilkan perannya
Cara Kerja:
•
Guru membuka
pelajaran dengan mengulas kembali kegiatan pada pertemuan yang lalu dan
menyampaikan rencana kegiatan pertemuan saat ini.
•
Guru meminta siswa
mengingat kembali naskah sosiodrama yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya.
•
Guru memberi
kesempatan masing-masing kelompok untuk berlatih lagi selama 30 menit.
•
Sementara siswa
berlatih, guru menyiapkan nomor undian yang akan digunakan untuk menentukan urutan
untuk tampil.
•
Setelah waktu
berlatih habis masing-masing perwakilan kelompok mengambil nomor undian untuk
tampil.
•
Setelah mengambil
nomor urut semua kelompok bersiap-siap untuk tampil.
•
Guru memanggil
kelompok sesuai urutan nomor.
•
Guru menilai
penampilan masing-masing kelompok.
Penilaian Proyek Penampilan Sosiodrama
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kelancaran
adegan
|
||||
Ekspresi
|
||||
Intonasi
dialog
|
||||
Penampilan
|
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI,
S.Pd NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
ALTERNATIF
PENILAIAN
TEMA : ..................................................................
SUB TEMA : ..................................................................
PEMBELAJARAN : ..................................................................
RUBRIK:………………………………………………………………………………………………… TAPEL: …………………….
No. Urut
|
NAMA SISWA
|
ASPEK PENILAIAN
|
JLH
|
NILAI
|
|||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||
10
|
Fawniya
|
||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||
33
|
Alfin
|
Tijue,
……………………………., 20……
Guru
Kelas ……..
NURHASMIATI, S.Pd
NIP. 19760511
200701 2 027
RPP LAINNYA:
- TEMA-7-KELAS-3-SUB-3-PB-1
- TEMA-7-KELAS-3-SUB-3-PB-2
- TEMA-8-KELAS-6-SUB-3-PB-5
- TEMA-8-KELAS-6-SUB-3-PB-6
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment