Home » » PROYEK KELAS TEMA 7 KELAS 3 PB1-6

PROYEK KELAS TEMA 7 KELAS 3 PB1-6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 24 March 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                    : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : 3/2
Tema 7                                       : Energi Dan Perubahannya
Proyek Kelas                              : 1-6
Alokasi Waktu                           : 1 Hari


HARI  PERTAMA:
(Melakukan wawancara untuk mengetahui berapa banyak konsumsi air putih)
Tujuan :
1.      Melalui kegiatan wawancara siswa mampu mengumpulkan dan mengelompokkan informasi menurut kategori tertentu
2.      Setelah mengumpulkan informasi siswa mampu mengelompokkan informasi tersebut menurut kategori tertentu
3.      Setelah mengumpulkan informasi siswa mampu menyampaikan kembali informasi yang diperoleh secara lisan

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
1.      Kertas karton manila besar
2.      Spidol besar/alat tulis lainnya
3.      Pensil warna/krayon

Cara Kerja:
         Siswa membentuk kelompok terdiri dari 5 orang.
         Siswa harus mewawancarai sekurang-kurangnya 30 orang yang berbeda.
         Siswa menanyakan berapa gelas biasanya mereka minum air putih dalam sehari.
         Siswa melakukan pembagian tugas dan menyusun strategi wawancara.
         Siswa melakukan wawancara sesuai strategi yang sudah disepakati.
         Setelah itu siswa diminta menyusun data yang diperoleh di sebuah kertas karton besar dengan menggunakan spidol/alat tulis lain.
         Komponen datanya adalah berapa gelas air yang diminum dan jumlah orang yang minum dalam jumlah gelas yang sama.

Siswa diminta menyampaikan hasil wawancaranya.

Penilaian Proyek Wawancara
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kemampuan bertanya




Kelengkapan data hasil wawancara




Penyampaian hasil wawancara







PROYEK KELAS TEMA 7 KELAS 2 PB1-6


HARI KE-2

(Menyajikan data dalam bentuk grafik batang)
Tujuan:
-          Siswa mampu membuat grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh
-          Siswa mampu menunjukkan sikap teliti dalam melakukan suatu kegiatan
-          Siswa mampu memberi penjelasan grafik batang yang sudah dibuatnya

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
-          Kertas karton manila
-          Spidol/alat tulis lainnya
-          Kertas origami/kertas warna-warni

Cara Kerja:
         Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara siswa diminta membuat grafik batang di atas kertas karton.
         Masing-masing kelompok boleh membuat grafik batang dengan warna-warni yang kontras sehingga menarik untuk dilihat.
         Setelah selesai setiap kelompok diminta menjelaskan data pada grafik batang tersebut kepada kepala sekolah.
         Siswa memberi kesempatan kepada Kepala Sekolah untuk bertanya dan mereka menjawabnya.

Penilaian Proyek Pembuatan Grafik Batang
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Akurasi grafik batang dengan data




Kerapian gambar grafik batang




Kemampuan
mempresentasikan





PROYEK KELAS TEMA 7 KELAS 3 PB1-6
 

HARI KE-3

(Melakukan percobaan penjernihan air)
Tujuan:
1.      Siswa mampu membuat perencanaan dalam melakukan suatu kegiatan
2.      Siswa mampu melakukan percobaan sesuai prosedur
3.      Siswa mampu mengambil kesimpulan dari hasil percobaannya dengan tepat
4.      Siswa mampu menyampaikan hasil percobaannya dengan lancar dan percaya diri

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
1.      Botol plastik bekas air mineral berukuran 1,5 liter
2.      Ijuk
3.      Pasir yang sudah dibersihkan
4.      Arang batok kelapa
5.      Kerikil yang sudah dibersihkan
6.      Batu yang sudah dibersihkan terlebih dahulu
7.      Baskom penampung air
8.      Ember kecil
9.      Penyangga botol
10.  Air yang sudah bercampur tanah dan debu

Cara kerja:
         Siswa membuka bagian bawah botol plastik hingga terbuka.
         Lalu meletakkan botol di atas penyangga dengan posisi mulut botol menghadap ke bawah.
         Kemudian siswa memasukkan batuan sebagai bagian paling dasar.
         Kemudian memasukkan kerikil, arang, pasir halus, ijuk, pasir halus lagi, terakhir ijuk lagi (seperti yang ada pada gambar).
         Lalu siswa diminta menuangkan air limbah yang sudah disiapkan ke botol yang sudah diisi bahan-bahan penyaring.

Cara kerja:
Bukalah bagian bawah botol plastik hingga terbuka.
Letakkan botol di atas penyangga dengan posisi mulut botol menghadap ke bawah.
Kemudian masukkan batu ke dalam botol. Ini akan menjadi bagian paling dasar.
Kemudian secara berurutan masukkan kerikil, arang, pasir halus, ijuk, pasir halus lagi, terakhir ijuk lagi (seperti yang ada pada gambar).
Lalu tuangkan air limbah, yaitu air yang  sudah bercampur tanah dan debu yang sudah disiapkan ke botol yang sudah diisi bahan-bahan penyaring, namun sisakan sedikit untuk pembanding.
Amati air yang keluar dari mulut botol.
Amati air yang ada di baskom penampungan. Bandingkan dengan air limbah yang masih ada.
Buatlah laporan dan kesimpulan hasil percobaanmu.
Setelah membuat laporan sampaikan laporan percobaanmu di depan kelas.
         Siswa melakukannya sampai air limbah tersebut habis.
         Siswa mengamati air yang ada di baskom penampungan.
         Kemudian siswa diminta membuat laporan percobaan dan membuat kesimpulan hasil percobaan.
         Setelah membuat laporan siswa menyampaikan laporan percobaannya di depan kelas.

Penilaian Proyek Penjernihan Air Sederhana:
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Persiapan percobaan




Kemampuan melakukan percobaan sesuai prosedur




Kemampuan mengambil kesimpulan




Kemampuan menyampaikan hasil
percobaan







PROYEK KELAS TEMA 7 KELAS 3 PB1-6




HARI KE-4

(Membuat poster tentang ajakan menghemat air)
Tujuan:
1. Siswa mampu membuat poster sesuai tema
2. Siswa mampu menjelaskan alasan pemilihan gambar pada poster yang dibuatnya
3. Siswa mampu menjelaskan tujuan dari pembuatan poster

Alat dan bahan:
1. Kertas gambar/karton manila
2. Pensil
3. Pensil warna/Spidol berwarna/cat air
4. Guntingan-guntingan gambar yang berhubungan dengan tema poster

Cara kerja:
         Siswa bekerja secara kelompok berjumlah 4-5 orang.
         Siswa menyiapkan perlengkapan dan bahan yang digunakan.
         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tugas yang dilakukan.
         Siswa melaksanakan tugas yang diberikan yaitu membuat poster bertema ajakan untuk menghemat air.
         Setelah selesai siswa merapikan bekas-bekas pekerjaannya agar kelas kembali bersih.
         Semua kelompok menunjukkan poster buatannya dan memberi penjelasan alasan dan tujuan pembuatan poster masing-masing.

Penilaian Proyek Pembuatan Poster
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian poster
dengan tema




Kreatifitas poster




Kinerja kelompok
dalam pembuatan
poster








HARI KE-5

(Menyusun naskah role play singkat bertema ajakan
menghemat air)

Tujuan:
-          Siswa mampu mengidentifikasi naskah sosiodrama dengan tepat
-          Siswa mampu menyusun kalimat menjadi dialog drama sesuai ketentuan
-          Siswa mampu merunut dialog sesuai konteks yang dipilih

Cara Kerja:
         Masih dalam kelompok yang sama siswa merancang sebuah naskah sosiodrama bertema Ayo Menghemat Air.
         Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan membuat dialog sosiodrama dengan ketentuan masing-masing anggota kelompok paling sedikit mendapat 3 kesempatan berdialog.
         Guru menyampaikan bahwa siswa akan menampilkan sosio drama tersebut pada pertemuan selanjutnya.
         Siswa berdiskusi dan menulis naskah drama yang akan ditampilkan.
         Guru mengarahkan siswa agar dapat melaksanakan tugas sesuai ketentuan.
         Setelah naskah selesai guru memeriksa dan memberi masukan-masukan.
         Setelah melakukan revisi naskah berdasarkan masukan dari guru, siswa diminta berlatih di dalam kelompoknya masing-masing.
         Selesai berlatih siswa mendiskusikan rencana untuk tampil di pertemuan selanjutnya.
         Guru mengarahkan siswa untuk memikirkan kostum dan properti yang akan mereka gunakan. Mereka diminta melakukan pembagian tugas.

Penilaian Proyek Pembuatan Naskah Sosiodrama

Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian dengan tema




Susunan kalimat dalam dialog




Kerunutan dialog






HARI KE-6

(Melakukan sosiodrama bertema “Ayo Menghemat Air”)
Tujuan:
1.      Siswa mampu menampilkan dialog drama sesuai peran masing-masing dengan lancer
2.      Siswa mampu menunjukkan ekspresi yang sesuai dengan peran masing-masing
3.      Siswa mampu menunjukkan sikap berani dan percaya diri saat menampilkan perannya

Cara Kerja:
         Guru membuka pelajaran dengan mengulas kembali kegiatan pada pertemuan yang lalu dan menyampaikan rencana kegiatan pertemuan saat ini.
         Guru meminta siswa mengingat kembali naskah sosiodrama yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya.
         Guru memberi kesempatan masing-masing kelompok untuk berlatih lagi selama 30 menit.
         Sementara siswa berlatih, guru menyiapkan nomor undian yang akan digunakan untuk menentukan urutan untuk tampil.
         Setelah waktu berlatih habis masing-masing perwakilan kelompok mengambil nomor undian untuk tampil.
         Setelah mengambil nomor urut semua kelompok bersiap-siap untuk tampil.
         Guru memanggil kelompok sesuai urutan nomor.
         Guru menilai penampilan masing-masing kelompok.

Penilaian Proyek Penampilan Sosiodrama

Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran adegan




Ekspresi




Intonasi dialog




Penampilan






PROYEK KELAS TEMA 7 KELAS 2 PB1-6



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



ALTERNATIF  PENILAIAN

TEMA                        : ..................................................................
SUB TEMA               : ..................................................................
PEMBELAJARAN  : ..................................................................

RUBRIK:…………………………………………………………………………………………………   TAPEL: …………………….
No. Urut
NAMA SISWA
ASPEK PENILAIAN
JLH
NILAI
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
1
Afiya Chairunnisa






2
Agung Arais






3
Ainaya Yarid Khaira






4
Aliva Nafisha Adiena






5
Alif Al Gibral






6
Akramul Akbar






7
Arrayyan Akbar






8
Amira Najla






9
Cut Dina Amelia






10
Fawniya






11
Hafidh Ramadhan






12
Iffah Mursyidah






13
Ikhsan Fadhilah






14
Luna Salsabila Saskia






15
Luluatul Fuadah






16
Maqsalmina






17
M. Farel Alfitra






18
M.Syuhada






19
Muhammad Alif Aulia






20
Muammar Hafizh






21
Nasywa Zilya Ulhaq






22
Reva Umira






23
Rita Safitri Yana






24
Rishad Albirra Maulana






25
Raudhatul Muna






26
Raifa Qatrun Nada






27
Sausan Rahmatillah






28
T. Firdaus






29
Tiara Anggelina






30
Ulfa Syahratul Izzah






31
Aldi Jefri Ananda






32
Dicky Novrian






33
Alfin








Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..


NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

RPP LAINNYA:

  1. TEMA-7-KELAS-3-SUB-3-PB-1
  2. TEMA-7-KELAS-3-SUB-3-PB-2
  3. TEMA-8-KELAS-6-SUB-3-PB-5
  4. TEMA-8-KELAS-6-SUB-3-PB-6


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors