Home » » KEGIATAN LITERASI TEMA 8 (Bumiku) KELAS 6

KEGIATAN LITERASI TEMA 8 (Bumiku) KELAS 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 27 March 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan     : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester         : VI/ II
Tema 8                       : Bumiku


KEGIATAN LITERASI


Keterampilan literasi adalah keterampilan yang dibutuhkan dalam mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

Mengapa literasi penting?
Literasi sangat penting bagi siswa karena keterampilan dalam literasi berpengaruh terhadap keberhasilan belajar mereka dan kehidupannya.
Keterampilan literasi yang baik akan membantu siswa dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual.

Apa saja produk literasi?
         Buku
         Majalah
         Surat kabar
         Tabel
         CD/DVD
         Rambu-rambu
         Program televisi/radio
         Percakapan
         Instruksi
         Teks bacaan

Keterampilan literasi akan berkembang dengan baik karena pembiasaan. Sekolah dapat melakukan kegiatan pembiasaan literasi yang meliputi pembiasaan menulis, pembiasaan membaca, dan pembiasaan berbicara.
Berikut ini akan disampaikan beberapa kegiatan literasi selama satu minggu dengan harapan dapat dikembangkan oleh sekolah.
Kegiatan pembiasaan literasi hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit setiap harinya. Sekolah harus menjalankan program dengan konsisten agar kemampuan literasi siswa dapat berkembang dengan baik. Setiap hari guru harus membimbing siswanya untuk kegiatan berbahasa lisan, membaca pemahaman dan menulis.

KEGIATAN PEMBELAJARAN HARI PERTAMA

Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
         Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
         Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
         Siswa yang ditunjuk diberi kesempatan untuk berbicara dan menjawab pertanyaan dalam waktu tiga menit saja.
         Kemudian guru meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama.
         Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama.
         Setiap hari guru memberi kesempatan kepada tiga siswa untuk melakukan kegiatan mendeskripsikan benda ini.

Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
         Pilih satu teks dari “Aku Cinta Membaca”.
         Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
         Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena guru menjadi model bagi siswa.
         Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman di sebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi secara aktif.
         Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (Guru juga dapat meminta siswa menyampaikan kata sulit, kemudian guru menuliskan kata tersebut di papan tulis).
         Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru bertanya kepada siswa, siapa yang dapat menemukan arti salah satu kata sulit tersebut. Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa lain menanggapi.
         Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain, begitu seterusnya.
         Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan..

Kegiatan Menulis (30 menit)
         Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
         Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
         Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan sebagainya).
         Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, di mana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat melakukan kegiatan.
         Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.

KEGIATAN PEMBELAJARAN HARI KEDUA

Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
         Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
         Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
         Siswa yang ditunjuk diberi kesempatan untuk berbicara dan menjawab pertanyaan dalam waktu tiga menit saja.
         Kemudian guru meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama.
         Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama.
         Setiap hari guru memberi kesempatan kepada tiga siswa untuk melakukan kegiatan mendeskripsikan benda ini.

Membaca Pemahaman (30 menit)
         Pilih satu teks dari “Aku Cinta Membaca”.
         Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama.
         Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya melalui tulisan.
         Guru meminta salah satu siswa untuk menyampaikan hasil tulisannya di depan kelas. Siswa lain menanggapi.

Kegiatan Menulis (30 menit)
         Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
         Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
         Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, di mana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan,
         Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.
         Pada kesempatan ini siswa lain diminta menanggapi pemilihan kosakata serta tanda baca yang dipergunakan.
         Tulisan siswa dikumpulkan oleh guru.



KEGIATAN PEMBELAJARAN HARI KETIGA

Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
         Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
         Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
         Siswa yang ditunjuk diberi kesempatan untuk berbicara dan menjawab pertanyaan dalam waktu tiga menit saja.
         Kemudian guru meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama.
         Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama.
         Setiap hari guru memberi kesempatan kepada tiga siswa untuk melakukan kegiatan mendeskripsikan benda ini.

Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
         Pilih satu teks dari “Aku Cinta Membaca”.
         Mintalah siswa untuk membaca bersama (Satu siswa membaca satu paragraf, yang lain mendengarkan. Setelah selesai satu paragraf dibaca, siswa lain melanjutkan membaca paragraf berikutnya, begitu seterusnya.)
         Pada kesempatan ini guru juga memperoleh giliran membaca satu paragraf.
         Setiap selesai membaca satu paragraf, guru mengajukan pertanyaan mengenai paragraf tersebut atau meminta siswa menceritakan kembali isi paragraf yang dibacanya.

Kegiatan Menulis (30 menit)
         Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
         Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya
         (Apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
         Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (Berolahraga, Ke Rumah Nenek, Berkebun, Pergi ke Kota, dan sebagainya).
         Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, di mana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat melakukan kegiatan,
         Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.
         Pada kesempatan ini siswa lain diminta menanggapi pemilihan kosakata serta tanda baca yang digunakan.
         Tulisan siswa dikumpulkan oleh guru.

 
KEGIATAN HARI KEEMPAT

Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
         Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
         Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
         Siswa yang ditunjuk diberi kesempatan untuk berbicara dan menjawab pertanyaan dalam waktu tiga menit saja.
         Kemudian guru meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama.
         Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama.
         Setiap hari guru memberi kesempatan kepada tiga siswa untuk melakukan kegiatan mendeskripsikan benda ini.

Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
         Ambil satu teks dari “Aku Cinta Membaca”.
         Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama.
         Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi secara aktif.
         Guru meminta siswa untuk menuliskan pendapat tentang teks yang dibacanya. Pendapat harus mengacu kepada topik bacaan, tokoh, dan cara penulisan.
         Tulisan siswa kemudian dikumpulkan oleh guru.

Kegiatan Menulis (30 menit)
         Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
         Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya
         (Apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
         Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (Berolahraga, Ke Rumah Nenek, Berkebun, Pergi ke Kota, dan sebagainya).
         Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, di mana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat melakukan kegiatan.
         Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.

 
KEGIATAN PEMBELAJARAN HARI KELIMA

Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
·           Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
·           Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
·           Siswa yang ditunjuk diberi kesempatan untuk berbicara dan menjawab pertanyaan dalam waktu tiga menit saja.
·           Kemudian guru meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama.
·           Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama.
·           Setiap hari guru memberi kesempatan pada tiga siswa untuk melakukan kegiatan mendeskripsikan benda ini.

Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
           Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
           Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit. Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama.
           Guru meminta siswa untuk memilih tokoh yang ada di dalam teks dan membuat cerita baru dengan karakter tokoh tersebut.

Kegiatan Menulis (30 menit)
           Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
           Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya
           (Apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
           Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut
           (Berolahraga, Ke Rumah Nenek, Berkebun, Pergi ke Kota, dan sebagainya).
           Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, di mana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat melakukan kegiatan.
           Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.

Merancang Pameran Literasi
           Bersama siswa, guru mengumpulkan tulisan-tulisan siswa dan merencanakan untuk mengadakan pameran. Produk yang dapat dipamerkan adalah hasil tulisan siswa setelah membaca teks, hasil tulisan siswa tentang kegiatan di hari sebelumnya.
           Guru mengundang adik kelas untuk datang ke pameran literasi. Saat pameran, selain memajan hasil karya tulisan, siswa juga dapat membacakan teks “Aku
           Cinta Membaca” kepada adik kelas.
           Pameran literasi dapat dilaksanakan di luar kelas dengan meja-meja yang diatur untuk memamerkan karya tulisan siswa dan bahan bacaan. Kegiatan membaca dapat dilakukan di meja pameran, di bawah pohon, atau di lokasi lain yang memungkinkan, namun usahakan agar seluruh kegiatan berada dalam area pameran.


KEGIATAN PEMBELAJARAN HARI KEENAM

Kegiatan pameran dilaksanakan sejak pagi hari. Waktu dapat disesuaikan dengan kondisi. Adik kelas yang akan berkunjung dapat menyesuaikan waktu dengan jam istirahat mereka. Apabila memungkinkan, guru juga dapat mengundang kepala sekolah, guru lain, serta orang tua atau komite sekolah.

Refleksi
Refleksi dilakukan bersama untuk membicarakan
            kegiatan literasi yang manakah yang paling menarik,
            hal-hal apa saja yang harus ditingkatkan, dan
            kegiatan saat pameran yaitu hal-hal yang harus diperhatikan agar kegiatan
            dapat lebih baik lagi.




Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                              NIP. 19800611 200504 1 001



MEDIA



RPP LAINNYA:

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors