(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah
Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester : VI/
II
Tema 8 : Bumiku
KEGIATAN
LITERASI
Keterampilan literasi adalah keterampilan yang dibutuhkan dalam
mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.
Mengapa literasi penting?
Literasi sangat penting bagi siswa karena keterampilan dalam literasi
berpengaruh terhadap keberhasilan belajar mereka dan kehidupannya.
Keterampilan literasi yang baik akan membantu siswa dalam memahami teks
lisan, tulisan, maupun gambar/visual.
Apa saja produk literasi?
•
Buku
•
Majalah
•
Surat kabar
•
Tabel
•
CD/DVD
•
Rambu-rambu
•
Program
televisi/radio
•
Percakapan
•
Instruksi
•
Teks bacaan
Keterampilan literasi akan berkembang dengan baik karena pembiasaan.
Sekolah dapat melakukan kegiatan pembiasaan literasi yang meliputi pembiasaan
menulis, pembiasaan membaca, dan pembiasaan berbicara.
Berikut ini akan disampaikan beberapa kegiatan literasi selama satu
minggu dengan harapan dapat dikembangkan oleh sekolah.
Kegiatan pembiasaan literasi hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit
setiap harinya. Sekolah harus menjalankan program dengan konsisten agar
kemampuan literasi siswa dapat berkembang dengan baik. Setiap hari guru harus
membimbing siswanya untuk kegiatan berbahasa lisan, membaca pemahaman dan
menulis.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN HARI PERTAMA
Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
•
Guru meminta
seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan
mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
•
Siswa lain diminta
untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
•
Siswa yang ditunjuk
diberi kesempatan untuk berbicara dan menjawab pertanyaan dalam waktu tiga
menit saja.
•
Kemudian guru
meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama.
•
Guru menjelaskan
kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama.
•
Setiap hari guru
memberi kesempatan kepada tiga siswa untuk melakukan kegiatan mendeskripsikan
benda ini.
Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
•
Pilih satu teks
dari “Aku Cinta Membaca”.
•
Mintalah siswa
untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
•
Pada kesempatan ini
guru juga membaca teks yang sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat
bermanfaat bagi siswa karena guru menjadi model bagi siswa.
•
Mintalah siswa
menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman di sebelahnya. Guru berkeliling
untuk memastikan semua berpartisipasi secara aktif.
•
Guru meminta siswa
untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di
papan tulis (Guru juga dapat meminta siswa menyampaikan kata sulit, kemudian
guru menuliskan kata tersebut di papan tulis).
•
Guru membahas satu
kata sulit dengan siswa. Guru bertanya kepada siswa, siapa yang dapat menemukan
arti salah satu kata sulit tersebut. Siswa harus menjelaskan arti kata
tersebut. Siswa lain menanggapi.
•
Selanjutnya guru
membahas kata sulit yang lain, begitu seterusnya.
•
Siswa mencatat
kata-kata sulit yang telah didiskusikan..
Kegiatan Menulis (30 menit)
•
Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
•
Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya
(apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat
kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
•
Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut
(berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan sebagainya).
•
Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang
dilakukan, di mana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan
dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat
melakukan kegiatan.
•
Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk
membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN HARI KEDUA
Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
•
Guru meminta
seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan
mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
•
Siswa lain diminta
untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
•
Siswa yang ditunjuk
diberi kesempatan untuk berbicara dan menjawab pertanyaan dalam waktu tiga
menit saja.
•
Kemudian guru
meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama.
•
Guru menjelaskan
kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama.
•
Setiap hari guru
memberi kesempatan kepada tiga siswa untuk melakukan kegiatan mendeskripsikan
benda ini.
Membaca Pemahaman (30 menit)
•
Pilih satu teks
dari “Aku Cinta Membaca”.
•
Mintalah siswa
untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.Pada kesempatan ini
guru juga membaca teks yang sama.
•
Mintalah siswa
menyampaikan apa yang dibacanya melalui tulisan.
•
Guru meminta salah
satu siswa untuk menyampaikan hasil tulisannya di depan kelas. Siswa lain
menanggapi.
Kegiatan Menulis (30 menit)
•
Kegiatan menulis
dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
•
Siswa diajak
mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan
menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada
hari Minggu, begitu seterusnya).
•
Siswa kemudian
menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek,
berkebun, pergi ke kota, dsb). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan
mencantumkan apa yang dilakukan, di mana mereka melakukan kegiatan, siapa yang
terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana
perasaan mereka saat berkegiatan,
•
Setelah kegiatan
menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya
kepada teman di kelompoknya.
•
Pada kesempatan
ini siswa lain diminta menanggapi pemilihan kosakata serta tanda baca yang
dipergunakan.
•
Tulisan siswa
dikumpulkan oleh guru.
KEGIATAN PEMBELAJARAN HARI KETIGA
Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
•
Guru meminta
seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan
mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
•
Siswa lain diminta
untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
•
Siswa yang ditunjuk
diberi kesempatan untuk berbicara dan menjawab pertanyaan dalam waktu tiga
menit saja.
•
Kemudian guru
meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama.
•
Guru menjelaskan
kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama.
•
Setiap hari guru
memberi kesempatan kepada tiga siswa untuk melakukan kegiatan mendeskripsikan
benda ini.
Kegiatan Membaca
Pemahaman (30 menit)
•
Pilih satu teks
dari “Aku Cinta Membaca”.
•
Mintalah siswa
untuk membaca bersama (Satu siswa membaca satu paragraf, yang lain
mendengarkan. Setelah selesai satu paragraf dibaca, siswa lain melanjutkan
membaca paragraf berikutnya, begitu seterusnya.)
•
Pada kesempatan ini
guru juga memperoleh giliran membaca satu paragraf.
•
Setiap selesai
membaca satu paragraf, guru mengajukan pertanyaan mengenai paragraf tersebut
atau meminta siswa menceritakan kembali isi paragraf yang dibacanya.
Kegiatan Menulis
(30 menit)
•
Kegiatan menulis
dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
•
Siswa diajak
mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya
•
(Apabila kegiatan
menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada
hari Minggu, begitu seterusnya).
•
Siswa kemudian
menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (Berolahraga, Ke Rumah Nenek,
Berkebun, Pergi ke Kota, dan sebagainya).
•
Guru mengingatkan
siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, di mana mereka
melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan
dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat melakukan kegiatan,
•
Setelah kegiatan
menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya
kepada teman di kelompoknya.
•
Pada kesempatan ini
siswa lain diminta menanggapi pemilihan kosakata serta tanda baca yang
digunakan.
•
Tulisan siswa
dikumpulkan oleh guru.
KEGIATAN HARI KEEMPAT
Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
•
Guru meminta
seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan
mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
•
Siswa lain
diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
•
Siswa yang
ditunjuk diberi kesempatan untuk berbicara dan menjawab pertanyaan dalam waktu
tiga menit saja.
•
Kemudian guru
meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama.
•
Guru menjelaskan
kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama.
•
Setiap hari guru
memberi kesempatan kepada tiga siswa untuk melakukan kegiatan mendeskripsikan
benda ini.
Kegiatan
Membaca Pemahaman (30 menit)
•
Ambil satu teks
dari “Aku Cinta Membaca”.
•
Mintalah siswa
untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.Pada kesempatan ini
guru juga membaca teks yang sama.
•
Guru berkeliling
untuk memastikan semua berpartisipasi secara aktif.
•
Guru meminta
siswa untuk menuliskan pendapat tentang teks yang dibacanya. Pendapat harus
mengacu kepada topik bacaan, tokoh, dan cara penulisan.
•
Tulisan siswa
kemudian dikumpulkan oleh guru.
Kegiatan
Menulis (30 menit)
•
Kegiatan menulis
dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
•
Siswa diajak
mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya
•
(Apabila
kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan
pada hari Minggu, begitu seterusnya).
•
Siswa kemudian
menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (Berolahraga, Ke Rumah Nenek,
Berkebun, Pergi ke Kota, dan sebagainya).
•
Guru
mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, di
mana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana
kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat melakukan kegiatan.
•
Setelah kegiatan
menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya
kepada teman di kelompoknya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN HARI KELIMA
Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
·
Guru meminta
seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan
mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
·
Siswa lain diminta
untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
·
Siswa yang ditunjuk
diberi kesempatan untuk berbicara dan menjawab pertanyaan dalam waktu tiga
menit saja.
·
Kemudian guru
meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama.
·
Guru menjelaskan
kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama.
·
Setiap hari guru memberi
kesempatan pada tiga siswa untuk melakukan kegiatan mendeskripsikan benda ini.
Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
•
Ambil satu teks
dari Aku Cinta Membaca
•
Mintalah siswa
untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit. Pada kesempatan ini
guru juga membaca teks yang sama.
•
Guru meminta siswa
untuk memilih tokoh yang ada di dalam teks dan membuat cerita baru dengan
karakter tokoh tersebut.
Kegiatan Menulis (30 menit)
•
Kegiatan menulis
dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
•
Siswa diajak
mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya
•
(Apabila kegiatan
menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada
hari Minggu, begitu seterusnya).
•
Siswa kemudian
menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut
•
(Berolahraga, Ke
Rumah Nenek, Berkebun, Pergi ke Kota, dan sebagainya).
•
Guru mengingatkan
siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, di mana mereka
melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan
dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat melakukan kegiatan.
•
Setelah kegiatan
menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya
kepada teman di kelompoknya.
Merancang Pameran Literasi
•
Bersama siswa, guru
mengumpulkan tulisan-tulisan siswa dan merencanakan untuk mengadakan pameran.
Produk yang dapat dipamerkan adalah hasil tulisan siswa setelah membaca teks, hasil
tulisan siswa tentang kegiatan di hari sebelumnya.
•
Guru mengundang
adik kelas untuk datang ke pameran literasi. Saat pameran, selain memajan hasil
karya tulisan, siswa juga dapat membacakan teks “Aku
•
Cinta Membaca”
kepada adik kelas.
•
Pameran literasi
dapat dilaksanakan di luar kelas dengan meja-meja yang diatur untuk memamerkan
karya tulisan siswa dan bahan bacaan. Kegiatan membaca dapat dilakukan di meja
pameran, di bawah pohon, atau di lokasi lain yang memungkinkan, namun usahakan
agar seluruh kegiatan berada dalam area pameran.
KEGIATAN PEMBELAJARAN HARI KEENAM
Kegiatan pameran
dilaksanakan sejak pagi hari. Waktu dapat disesuaikan dengan kondisi. Adik
kelas yang akan berkunjung dapat menyesuaikan waktu dengan jam istirahat
mereka. Apabila memungkinkan, guru juga dapat mengundang kepala sekolah, guru
lain, serta orang tua atau komite sekolah.
Refleksi
Refleksi dilakukan
bersama untuk membicarakan
•
kegiatan literasi
yang manakah yang paling menarik,
•
hal-hal apa saja
yang harus ditingkatkan, dan
•
kegiatan saat
pameran yaitu hal-hal yang harus diperhatikan agar kegiatan
•
dapat lebih baik
lagi.
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas VI,
CHAIRUNNISA, S.Pd BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19800611
200504 1 001
MEDIA
RPP LAINNYA:
- tema-8-kelas-4-sub-2-pb-4
- tema-8-kelas-4-sub-2-pb-5
- tema-8-kelas-4-sub-2-pb-6
- tema-8-kelas-2-sub-1-pb-5
- tema-8-kelas-2-sub-1-pb-6
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment