(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/II
Tema 8 :
Bumi dan Alam Semesta
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Bumi Bagian
dari Alam Semesta/ 5
Alokasi
Waktu : …………………
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi
isi teks laporan
informatif tentang alam
semesta.
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Memberi
tanggapan terhadap
laporan informatif tentang
alam semesta secara
tertulis.
b) Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.12 Mendeksripsikan
hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
3.12.1 Menjelaskan
hubungan bangun
datar dalam sebuah
bangun ruang.
4.6. Membentuk
dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat
dan menggunting atau cara lainnya.
4.6.1 Membuat
jaring-jaring bangun
ruang.
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
3.1 Memahami
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
3.1.1 Menyebutkan
contoh hak yang
berkaitan dengan
sila kelima Pancasila.
3.1.2 Menyebutkan
contoh kewajiban
yang berkaitan
dengan sila kelima Pancasila.
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan
pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Menceritakan
hasil pengamatan
tentang perilaku
di sekitar rumah tentang
hak yang sesuai dengan
pengamalan sila kelima
Pancasila.
4.1.2 Menceritakan
hasil pengamatan
tentang perilaku
di sekitar rumah tentang
kewajiban yang
berkaitan dengan pengamalan
sila kelima Pancasilasesuai
konteks/tema.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mengamati bagian bumi.
2.
Membuat laporan.
3.
Mengenal bangun ruang.
4.
Menggambar
jaring-jaring sebuah bangun
ruang.
5.
Contoh
sikap adil.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa mengamati gambar pada buku paket tentang lapisan-lapisan
yang membentuk bumi.
(Mengamati)
o Siswa membaca teks informasi pada buku siswa
mengenai bagian-bagian bumi.
o Siswa melakukan percobaan dengan telur ayam/bebek.
Kegiatan ini bisa dilakukan per individu atau kelompok. (Mengekplorasi)
o Sebelum melakukan percobaan siswa/guru menyiapkan
sebuah telur ayam/bebek untuk direbus. Pastikan telur hingga matang.
o Minta siswa untuk membelah telur menjadi dua bagian
tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Kemudian siswa mengamati
bagian-bagian telur tersebut. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa
lapisan-lapisan pada telur menggambar-kan lapisan-lapisan pada bumi kita. (Mengekplorasi)
o Siswa mengidentifikasi bagian-bagian telur yang
mewakili setiap lapisan bumi.
o Siswa menuliskan laporan dari hasil pengamatan-nya
pada tempat yang disediakan. (Mengasosiasi)
o Siswa berdiskusi untuk membandingkan hasil laporan
pengamatan mereka dengan teman-temannya. Siswa berdiskusi dan
mengidentifikasi mengenai persamaan dan perbedaan hasil pengamatan
masing-masing. (Mengekplorasi)
o Siswa menceritakan hasil percobaan yang
dilakukannya.
o Siswa saling membandingkan hasil percobaan dan
mengidentifikasi jika ada persamaan dan perbedaannya. (Mengasosiasi)
o Siswa mengamati gambar bumi pada buku siswa yang
menyerupai bentuk bangun ruang bola. Siswa diminta menyebutkan bangun-bangun
ruang lainnya yang mereka kenal.
(Mengamati)
o Siswa diminta untuk membawa kardus bekas atau
kemasan untuk mengamati bentuk-bentuk bangun datar yang membentuk kardus.
o Siswa diminta untuk membuka kardus kemasan dan
mengamati bentuk jaring-jaring bangun. Penting untuk mengamati jumlah dan
bentuk bangun datar pada jaring-jaring tersebut.
o Siswa menanggapi penjelasan guru mengenai
jaring-jaring sebagai gabungan bangun datar pembentuk bangun ruang. (Mengasosiasi)
o Jika memungkinkan siswa diminta untuk melakukan hal
yang sama pada bentuk bangun ruang lainnya, yaitu limas. (Mengekplorasi)
o Siswa mengidentifikasi jaring-jaring balok, kubus,
dan limas.
o Siswa berdiskusi dalam kelompok dan mencoba untuk
membuka kotak kardus kemasan dengan cara yang berbeda dari sebelumnya.
Kegiatan ini bisa dilakukan dengan menggunting bagian rusuk kotak kardus.
o Siswa mengamati dan menggambarkan bentuk baru dari
jaring-jaring bangun tersebut.
(Mengamati)
o Siswa berlatih menyelesaikan soal yang ada pada
buku. (Mengekplorasi)
o Siswa membaca teks pada buku siswa tentang bersikap
adil dalam kehidupan sehari-hari.
o Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks yang
dibacanya.
o Siswa menjelaskan manfaat bersikap adil kepada orang
lain dan menyebutkan beberapa contoh lain bersikap adil kepada orang lain
dalam kehidupan sehari-hari. (Mengekplorasi)
o Siswa berlatih mempraktikkan salah satu sikap adil
yang bisa dilakukannya di kelas.
o Siswa membuat perencanaan terlebih dahulu mengenai
sikap adil yang akan dipraktikkannya, lalu menulis laporan singkat tentang
sikap yang dilakukannya.
o Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah
dipelajari hari itu.
(Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Penilaian
pengetahuan dilakukan secara tertulis dan secara lisan, yaitu pada saat siswa
melakukan kegiatan berikut.
• Identifikasi
jaring-jaring bangun ruang (latihan pada buku siswa).
• Menyebutkan
contoh dan manfaat perilaku adil dalam kehidupan sehari-hari (latihan pada buku
siswa).
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian
keterampilan dilihat dari keterampilan siswa dalam menulis laporan dan pada
saat melakukan diskusi. Rubrik kriteria yang dinilai, antara lain sebagai
berikut.
Rubrik Menulis Laporan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kemampuan mendeskripsikan
laporan hasil pengamatan
|
Deskripsi detail, kesesuaian
isi dengan tema, runut
|
Memenuhi 3 kriteria
|
Memenuhi 2 kriteria
|
Memenuhi 1 kriteria saja
|
Tata bahasa
|
Seluruh struktur kalimat dan
tata bahasa benar
|
Sebagian besar kalimat dan tata
bahasa benar
|
Kurang dari setengah tulisan
menggunakan kalimat dan tata bahasa benar
|
Kalimat dan tata bahasa belum
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Lembar Pengamatan Kegiatan Melempar Bola
No
|
Nama
|
Kemampuan Memasukan bola ke dalam
keranjang
|
|
Terlihat (ü)
|
Belum Terlihat (ü)
|
||
1
|
Partisipasi dalam mengemukakan
pendapat
|
||
2
|
Partisipasi dalam bertanya
|
||
3
|
Partisipasi dalam menjawab
pertanyaan
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Kardus bekas
3. Berbagai macam jaring-jaring bangun datar yang dibuat dari karton bekas.
4. Bangun ruang
5. Telur
6. Alat masak
Mengetahui, Tijue,
……, …….……, 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
2.Apa yang terjadi jika salah satu dari teman Lani mendapatkan
potongan yang lebih besar?
3. Apakah manfaat berbuat adil kepada orang
lain?
4. Bisakah kalian menyebutkan beberapa
contoh bersikap adil kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari?
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment