(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/II
Tema 8 :
Bumi dan Alam Semesta
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Bumi Bagian
dari Alam Semesta/ 6
Alokasi
Waktu : …………………
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi
isi teks laporan
informatif tentang alam
semesta.
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Membuat
kalimat berdasarkan
kata-kata yang ada
pada teks tentang alam
semesta.
b) Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.12 Mendeksripsikan
hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
4.6. Membentuk
dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat
dan menggunting atau cara lainnya.
3.12.1 Menjelaskan
hubungan bangun
datar dalam sebuah
bangun ruang.
4.6.1 Membuat
jaring-jaring bangun
ruang
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
3.1 Memahami
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
3.1.1 Menyebutkan
contoh hak yang
berkaitan dengan
sila kelima Pancasila.
3.1.2 Menyebutkan
contoh kewajiban
yang berkaitan
dengan sila kelima Pancasila.
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan
pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Menceritakan
hasil pengamatan
tentang perilaku
di sekitar rumah tentang
hak yang sesuai dengan
pengamalan sila kelima
Pancasila.
4.1.2 Menceritakan
hasil pengamatan
tentang perilaku
di sekitar.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mengenal bulan.
2.
Membuat kalimat.
3.
Membuat bangun ruang
dari jaring-jaring.
4.
Mencari pasangan antara
jaring-jaring dan
bangun ruang.
5.
Menulis cita-cita.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali
tentang bumi dan hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. (Mengkomunikasikan)
o Sebagai kegiatan pembuka siswa diminta untuk
berpasangan dan memperagakan gerak Bumi dan bulan. Siswa yang berperan
sebagai Bumi akan bergerak mengeliling Matahari, sementara Bulan akan selalu
mengikuti gerak bumi.
o Siswa diminta untuk membaca teks tentang bumi dan
bulan pada buku siswa.
(Mengamati)
o Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks yang
dibacanya. (Mengasosiasi)
o Siswa diminta berlatih untuk menggambarkan
bentuk-bentuk fase bulan yang mereka ketahui dari pengamatan sehari-hari. (Mengekplorasi)
o Siswa berlatih membuat kalimat dari kata yang
terdapat pada teks di buku siswa.
o Siswa berlatih membuat kalimat berdasarkan katakata
yang tersedia.
o Kata-kata yang dipilih terkait dengan materi yang
sedang dibahas.
o Kegiatan ini merupakan kegiatan pengayaan, bisa
dilakukan atau tidak.
o Sebagai latihan tambahan, siswa diminta untuk
mencoba mengamati bulan selama 1 bulan, kemudian menggambarkan perubahan
bentuk bulan dari hasil pengamatannya.
o Siswa mengamati gambar pada buku teks dan
mengidentifikasi bangun-bangun ruang yang menyerupai bentuk benda pada gambar
tersebut.
(Mengamati)
o Siswa mengamati gambar pesawat luar angkasa, lalu
mengidentifikasi bentuk-bentuk bangun ruang yang ada pada gambar tersebut.
o Siswa berlatih membuat jaring-jaring dari bangun
ruang yang disebutkan berdasarkan prediksi siswa. (Mengekplorasi)
o Siswa diminta untuk menggunting jaring-jaring bangun
ruang yang terdapat pada buku siswa. Kemudian siswa dipandu oleh guru untuk
melipat dan membentuk bangun ruang dari jaring-jaring tersebut.
o Siswa berlatih mengidentifikasi dan memasang-kan
gambar bangun ruang dengan jaring-jaringnya, sesuai latihan soal yang ada
pada buku. (Mengekplorasi)
o Siswa membaca teks tentang pentingnya bekerja keras
mencapai cita-cita.
(Mengamati)
o Siswa memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru
bahwa bekerja keras untuk berusaha meraih cita-cita adalah salah satu bentuk
perilaku adil terhadap diri sendiri. (Mengasosiasi)
o Siswa diminta untuk bercerita tentang cita-citanya
dan hal apa saja yang harus dilakukan agar citacitanya tercapai.
o Siswa menuliskan cita-cita dan hal yang perlu
dilakukan untuk meraih cita-cita tersebut.
o Siswa mengidentifikasi sikap adil yang sesuai dengan
cerita yang dibuatnya. (Mengekplorasi)
o Siswa dan guru menutup pertemuan dengan doa bersama. (Mengasosiasi)
Kegiatan Remedial
Kegiatan
remedial dilakukan pada siswa yang dinilai masih memerlukan bimbingan lebih
jauh. Remedial diberikan dalam bentuk sebagai berikut.
• Menjelaskan kembali contoh pengalaman sila kelima
Pancasila.
• Memberikan contoh langsung bentuk laporan.
• Membuat jaring-jaring berdasarkan bangun ruang yang
dibongkar.
• Membawa contoh berbagai jadwal kegiatan.
Kegiatan Alternatif
(Pengayaan)
• Kunjungan ke planetarium.
• Melakukan pengamatan bentuk bulan selama beberapa
hari.
• Membuat lapisan-lapisan bumi menggunakan lilin atau
plastisin
• Membuat model tata surya menggunakan bola dan di
gantung
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan secara tes tertulis,
yaitu membuat kalimat dari sebuah kata, dan memasangkan bangun ruang dan
jaring-jaring bangun ruang.
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa
pada saat melakukan kegiatan bercerita.
Rubrik Menulis
Laporan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kelancaran dalam bercerita
|
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar
|
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
Kepercayaan diri dalam bercerita
|
Tidak terlihat ragu-ragu
|
Terlihat raguragu
|
Memerlukan bantuan guru
|
Belum menunjukkan kepercayaan diri
|
Volume suara, intonasi dan ekspresi
|
Volume dan Intonasi suara terdengar jelas hingga seluruh ruang kelas
|
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas
|
Hanya terdengar di bagian depan kelas
|
Sangat pelan atau tidak terdengar
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
Mengetahui, Tijue,
……, …….……, 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Buatlah kalimat menggunakan kata-kata berikut.
1. Gerhana
2. Bulan Purnama
3. Bulan Sabit
4. Cahaya
5. Air Laut
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
1. Pernahkah kamu melihat bulan purnama dan bulan sabit?
Coba gambarkan.
2.
Adakah bentuk bulan lainnya yang pernah
kamu lihat?
Bagaimana bentuk bulan tersebut? Coba
gambarkan
- tema-8-kelas-2-sub-1-pb-6
- tema-8-kelas-2-sub-1-pb-5
- tema-8-kelas-4-sub-2-pb-6
- tema-8-kelas-4-sub-2-pb-5
- tema-8-kelas-4-sub-2-pb-4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment