(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/1
Tema 8 :
Bumi dan Alam Semesta
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Perubahan
Rupa Bumi/ 5
Alokasi
Waktu : …………………
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan
alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4 Memiliki
rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1 Mengidentifikasi
teks laporan tentang perubahan rupa bumi secara lisan atau tulis.
3.1.2 Mengurai
gagasan pokok dari teks laporan tentang perubahan rupa bumi
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Memberikan
tanggapan terhadap teks laporan yang didengar.
4.1.2 Menceritakan
kembali isi teks laporan tentang perubahan rupa bumi secara lisan atau tulis.
b) PKn
1.1 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
3.1 Memahami
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
3.1.1 Menyebutkan
contoh sikap kasih sayang dan membantu orang lain dalam kehidupan seharihari
sebagai pengamalan sila kedua Pancasila.
4.2 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian
bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa
kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menampilkan
sosiodrama tentang pentingnya kasih sayang dan membantu orang lain.
4.2.2 Menerapkan sikap kasih sayang dan
membantu orang lain dalam kehidupan sehari-hari sebagai pengamalan nilai
Pancasila
c) Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam
diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1 Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan
dan perkalian.
3.1.1 Mengidentifikasi
pola operasi hitung pembagian sebagai operasi kebalikan dari perkalian.
4.2 Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang,
berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menggunakan
pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan perkalian.
4.2.2 Menggunakan
pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks
cerita tentang perubahan rupa bumi akibat gunung meletus.
2. Bermain
peran tentang bencana alam.
3. Mengidentifikasi
pembagian sebagai operasi kebalikan dari perkalian.
4. Berlatih
perkalian sambil bermain menuju pusat bumi.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa mengamati gambar pada buku siswa mengenai perubahan
yang terjadi pada gunung Krakatau sebelum dan setelah letusan. (Mengamati)
o Guru meminta siswa mengajukan pertanyaan terkait
gambar yang sudah diamati.
(Menanya)
o Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai apa saja
yang mereka ketahui tentang letusan gunung berapi, disertai dengan contoh.
o Siswa juga bisa mendengarkan cerita guru tentang
beberapa kejadian gunung meletus yang pernah terjadi di Indonesia. (Mengamati)
o Siswa diminta menjelaskan pendapat mereka dengan
bahasa sendiri bagaimana gunung meletus dapat menyebabkan terjadi perubahan
pada muka bumi. (Mengekplorasi)
o Siswa mendengarkan teks yang dibacakan oleh guru
mengenai Gunung Krakatau dan Anak Krakatau. Kemudian, siswa diminta
memberikan tanggapannya secara lisan atau tertulis.
o Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang
didengar.
(Menanya)
o Siswa mengamati gambar para siswa yang sedang
mengumpulkan bantuan di posko bencana. (Mengamati)
o Siswa diminta memberikan pendapat mengenai apa saja
yang bisa mereka lakukan untuk membantu para korban bencana. (Mengekplorasi)
o Sebagai kegiatan alternatif, jika memungkinkan siswa
dimotivasi untuk ikut berpartisipasi membantu korban bencana atau orang-orang
lain yang membutuhkanpertolongan di sekitar mereka, dengan mengumpulkan
sumbangan dana, pakaian, perlengkapan sekolah, dan lainlain. Kemudian,
sumbangan tersebut disalurkan ke posko-posko atau lembaga sosial terkait.
o Siswa menceritakan dan melaporkan kegiatan yang
sudah mereka lakukan sebagai bentuk partisipasi membantu korban bencana. (Mengekplorasi)
o Siswa diminta untuk membuat drama singkat/dialog
berdasarkan gambar dan cerita yang sudah di dengar di dengar sebelumnya
mengenai bencana gunung meletus.
o Siswa membentuk kelompok dan bermain
peran/menampilkan drama singkat dengan teman kelompoknya.
o Siswa mendengarkan permasalahan atau soal cerita
tentang operasi pembagian yang berkenaan dengan bencana, dan memberikan saran
atau alternatif pemecahan masalah yang sesuai. (Mengamati)
o Siswa diingatkan kembali menyelesaikan soal
pembagian dengan menggunakan konsep pembagian sebagai operasi kebalikan dari
perkalian.
o Siswa diminta untuk melengkapi tabel perkalian agar
bisa membantu menyelesaikan soal pembagian. (Mengekplorasi)
o Siswa mengerjakan latihan soal yang terdapat di buku
siswa.
o Untuk pengayaan, siswa diajak bermain sambil
berlatih menyelesaikan operasi perkalian dan pembagian. Permainan ini
menggunakan papan permainan yang terdapat pada buku siswa.
o Siswa membentuk kelompok dan bermain permainan
“Menuju Pusat Bumi”
o Setiap pemain meletakkan pion pada titik Mulai/ Start.
o Pemain bergantian melempar dua buah dadu dan
menjumlahkan angka pada kedua dadu tersebut.
o Kemudian pemain mengalikan angka hasil penjumlahan
tersebut dengan 6 dan bergerak maju ke tempat yang menunjukkan hasil
perkalian tersebut.
o Pemain pertama yang mencapai pusat atau inti bumi
adalah pemenangnya.
o Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan
bersama-sama materi yang sudah dipelajari. Kemudian guru dan siswa melakukan
evaluasi tentang kegiatan atau materi yang sudah difahami dan kesulitan yang
dihadapi. (Mengasosiasi)
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilihat dari kemampuan siswa
dalam menyelesaikan soal pembagian dan perkalian
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa
dalam melakukan kegiatan berikut.
1. Bermain peran
2. Bercerita
3. Permainan Menuju Pusat Bumi
Rubrik Bermain
Peran
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Penguasaan
dialog
|
Siswa hafal seluruh dialog.
|
Siswa hafal
sebagian besar dialog.
|
Siswa hafal
sebagian kecil dialog.
|
Siswa belum
hafal dialog.
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi dialog.
|
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi dialog namun belum konsisten.
|
Mimik wajah dan gerakan belum sesuai dengan isi dialog.
|
Belum mampu menunjukkan mimik wajah dan gerakan yang sesuai dengan isi dialog.
|
Intonasi suara
|
Suara dapat di dengar seluruh
kelas.
|
Suara dapat di dengar oleh
sebagian besar siswa di kelas.
|
Suara dapat di dengar oleh
sebagian kecil siswa di kelas.
|
Suara tidak terdengar.
|
Rubrik Bercerita
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kelancaran
dalam bercerita.
|
Seluruh cerita disampaikan
dengan lancar.
|
Setengah atau lebih bagian
cerita disampaikan dengan lancar.
|
Kurang dari setengah bagian
cerita disampaikan dengan lancar.
|
Belum mampu bercerita.
|
Kepercayaan diri dalam bercerita.
|
Tidak terlihat ragu-ragu.
|
Terlihat ragu-ragu.
|
Memerlukan bantuan guru.
|
Belum menunjukkan kepercayaan diri.
|
Volume suara, intonasi dan ekspresi.
|
Volume dan Intonasi suara terdengar
jelas hingga seluruh ruang
kelas.
|
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas.
|
Hanya terdengar di bagian depan kelas.
|
Sangat pelan
atau tidak terdengar.
|
Lembar
Pengamatan Permainan Menuju Pusat Bumi
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kelancaran dalam bercerita.
|
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar.
|
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar.
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar.
|
Belum mampu bercerita.
|
Kepercayaan diri dalam bercerita.
|
Tidak terlihat ragu-ragu.
|
Terlihat ragu-ragu.
|
Memerlukan
bantuan guru.
|
Belum
menunjukkan kepercayaan diri.
|
Volume suara,
intonasi dan ekspresi.
|
Volume dan Intonasi suara terdengar
jelas hingga seluruh ruang
kelas.
|
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas.
|
Hanya terdengar di bagian depan kelas.
|
Sangat pelan atau tidak terdengar.
|
Lembar Pengamatan Permainan Menuju Pusat
Bumi
No
|
Nama
|
Terlihat (ü)
|
Tidak Terlihat (ü)
|
1
|
Kemampuan untuk memainkan
permainan sesuai instruksi.
|
||
2
|
Kemampuan untuk bekerjasama dengan kelompok.
|
||
3
|
Antusias siswa dalam bermain.
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
Mengetahui, Tijue,
……., ………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Lengkapi tabel perkalian berikut untuk menemukan
jawabannya.
Selesaikan
soal berikut.
RPP Lainya:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment