Home » » TEMA 8 KELAS 3 SUB 3 PB 5

TEMA 8 KELAS 3 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 8 April 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 8                                        : Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Perubahan Rupa Bumi/ 5
Alokasi Waktu                            : …………………

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup,  energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1    Mengidentifikasi teks laporan tentang perubahan rupa bumi secara lisan atau tulis.
3.1.2 Mengurai gagasan pokok dari teks laporan tentang perubahan rupa bumi
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Memberikan tanggapan terhadap teks laporan yang didengar.
4.1.2    Menceritakan kembali isi teks laporan tentang perubahan rupa bumi secara lisan atau tulis.

b) PKn
1.1    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
3.1.1    Menyebutkan contoh sikap kasih sayang dan membantu orang lain dalam kehidupan seharihari sebagai pengamalan sila kedua Pancasila.
4.2    Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian  bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1    Menampilkan sosiodrama tentang pentingnya kasih sayang dan membantu orang lain.
  4.2.2       Menerapkan sikap kasih sayang dan membantu orang lain dalam kehidupan sehari-hari sebagai pengamalan nilai Pancasila

c) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
3.1.1    Mengidentifikasi pola operasi hitung pembagian sebagai operasi kebalikan dari perkalian.
4.2    Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1    Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian.
4.2.2    Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.   Teks cerita tentang perubahan rupa bumi akibat gunung meletus.
2.   Bermain peran tentang bencana alam.
3.   Mengidentifikasi pembagian sebagai operasi kebalikan dari perkalian.
4.   Berlatih perkalian sambil bermain menuju pusat bumi.




D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bumi dan Alam Semesta”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar pada buku siswa mengenai perubahan yang terjadi pada gunung Krakatau sebelum dan setelah letusan. (Mengamati)
o   Guru meminta siswa mengajukan pertanyaan terkait gambar yang sudah diamati. (Menanya)
o   Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai apa saja yang mereka ketahui tentang letusan gunung berapi, disertai dengan contoh.
o   Siswa juga bisa mendengarkan cerita guru tentang beberapa kejadian gunung meletus yang pernah terjadi di Indonesia. (Mengamati)
o   Siswa diminta menjelaskan pendapat mereka dengan bahasa sendiri bagaimana gunung meletus dapat menyebabkan terjadi perubahan pada muka bumi. (Mengekplorasi)
o   Siswa mendengarkan teks yang dibacakan oleh guru mengenai Gunung Krakatau dan Anak Krakatau. Kemudian, siswa diminta memberikan tanggapannya secara lisan atau tertulis.
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang didengar. (Menanya)
o   Siswa mengamati gambar para siswa yang sedang mengumpulkan bantuan di posko bencana. (Mengamati)
o   Siswa diminta memberikan pendapat mengenai apa saja yang bisa mereka lakukan untuk membantu para korban bencana. (Mengekplorasi)
o   Sebagai kegiatan alternatif, jika memungkinkan siswa dimotivasi untuk ikut berpartisipasi membantu korban bencana atau orang-orang lain yang membutuhkanpertolongan di sekitar mereka, dengan mengumpulkan sumbangan dana, pakaian, perlengkapan sekolah, dan lainlain. Kemudian, sumbangan tersebut disalurkan ke posko-posko atau lembaga sosial terkait.
o   Siswa menceritakan dan melaporkan kegiatan yang sudah mereka lakukan sebagai bentuk partisipasi membantu korban bencana. (Mengekplorasi)
o   Siswa diminta untuk membuat drama singkat/dialog berdasarkan gambar dan cerita yang sudah di dengar di dengar sebelumnya mengenai bencana gunung meletus.
o   Siswa membentuk kelompok dan bermain peran/menampilkan drama singkat dengan teman kelompoknya.
o   Siswa mendengarkan permasalahan atau soal cerita tentang operasi pembagian yang berkenaan dengan bencana, dan memberikan saran atau alternatif pemecahan masalah yang sesuai. (Mengamati)
o   Siswa diingatkan kembali menyelesaikan soal pembagian dengan menggunakan konsep pembagian sebagai operasi kebalikan dari perkalian.
o   Siswa diminta untuk melengkapi tabel perkalian agar bisa membantu menyelesaikan soal pembagian. (Mengekplorasi)
o   Siswa mengerjakan latihan soal yang terdapat di buku siswa.
o   Untuk pengayaan, siswa diajak bermain sambil berlatih menyelesaikan operasi perkalian dan pembagian. Permainan ini menggunakan papan permainan yang terdapat pada buku siswa.
o   Siswa membentuk kelompok dan bermain permainan “Menuju Pusat Bumi”
o   Setiap pemain meletakkan pion pada titik Mulai/ Start.
o   Pemain bergantian melempar dua buah dadu dan menjumlahkan angka pada kedua dadu tersebut.
o   Kemudian pemain mengalikan angka hasil penjumlahan tersebut dengan 6 dan bergerak maju ke tempat yang menunjukkan hasil perkalian tersebut.
o   Pemain pertama yang mencapai pusat atau inti bumi adalah pemenangnya.
o   Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan bersama-sama materi yang sudah dipelajari. Kemudian guru dan siswa melakukan evaluasi tentang kegiatan atau materi yang sudah difahami dan kesulitan yang dihadapi. (Mengasosiasi)

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian dan perkalian

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa dalam melakukan kegiatan berikut.
1.      Bermain peran
2.      Bercerita
3.      Permainan Menuju Pusat Bumi

Rubrik Bermain Peran
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penguasaan
dialog
Siswa hafal seluruh dialog.
Siswa hafal
sebagian besar dialog.
Siswa hafal
sebagian kecil dialog.
Siswa belum
hafal dialog.
Ekspresi
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi dialog.
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi dialog namun belum konsisten.
Mimik wajah dan gerakan belum sesuai dengan isi dialog.
Belum mampu menunjukkan mimik wajah dan gerakan yang  sesuai dengan isi dialog.
Intonasi suara
Suara dapat di dengar seluruh kelas.
Suara dapat di dengar oleh sebagian besar siswa di kelas.
Suara dapat di dengar oleh sebagian kecil siswa di kelas.
Suara tidak terdengar.

Rubrik Bercerita
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran
dalam bercerita.
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar.
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Belum mampu bercerita.
Kepercayaan diri dalam bercerita.
Tidak terlihat ragu-ragu.
Terlihat ragu-ragu.
Memerlukan bantuan guru.
Belum menunjukkan kepercayaan diri.
Volume suara, intonasi dan ekspresi.
Volume dan Intonasi suara terdengar
jelas hingga seluruh ruang
kelas.
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas.
Hanya terdengar di bagian depan kelas.
Sangat pelan
atau tidak terdengar.


Lembar Pengamatan Permainan Menuju  Pusat  Bumi
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran dalam bercerita.
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar.
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Belum mampu bercerita.
Kepercayaan diri dalam bercerita.
Tidak terlihat ragu-ragu.
Terlihat ragu-ragu.
Memerlukan
bantuan guru.
Belum
menunjukkan kepercayaan diri.
Volume suara,
intonasi dan ekspresi.
Volume dan Intonasi suara terdengar
jelas hingga seluruh ruang
kelas.
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas.
Hanya terdengar di bagian depan kelas.
Sangat pelan atau tidak terdengar.

Lembar Pengamatan Permainan Menuju  Pusat  Bumi
No
Nama
Terlihat (ü)
Tidak Terlihat (ü)
1
Kemampuan untuk memainkan permainan sesuai instruksi.


2
Kemampuan untuk bekerjasama dengan kelompok.


3
Antusias siswa dalam bermain.



H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……., …………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027






LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

TEMA 8 KELAS 3 SUB 3 PB 5
TEMA 8 KELAS 3 SUB 3 PB 5



Lengkapi tabel perkalian berikut untuk menemukan
jawabannya.



 Selesaikan soal berikut.





RPP Lainya:


 


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors