Home » » PROYEK KELAS TEMA 8 KELAS 3 PB1-6

PROYEK KELAS TEMA 8 KELAS 3 PB1-6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 13 April 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                    : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                          : 3/2
Tema 8                                       : Bumi dan Alam Semesta
Proyek Kelas                             : 1-6
Alokasi Waktu                           : …………………


HARI  PERTAMA:

Media pembelajaran yang akan digunakan sebagai berikut.
1.     Kertas gambar.
2.     Krayon/pensil warna.
3.     Papan atau tripleks dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm.
4.     Kertas koran bekas.
5.     Lem putih/kanji.
6.     Kuas.
7.     Air.
8.     Cat asturo atau bahan pewarna.
9.     Blender atau alat penumbuk.

Langkah-langkah Kerja
o   Guru dan siswa membuka pelajaran dengan ucapan salam dan doa.
o   Siswa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru mengenai proyek yang akan dibuat, termasuk informasi mengenai persiapan dan langkah kerja serta tujuan akhir proyek secara lengkap.
o   Jika memungkinkan, siswa dapat mengamati peta timbul yang sudah dibuat terlebih dahulu oleh guru untuk dijadikan contoh.
o   Siswa menyiapkan bahan dan alat-alat yang akan digunakan untuk membuat proyek.
o   Siswa mulai persiapan untuk membuat bubur kertas dengan merobek-robek kertas koran bekas hingga menjadi potongan-potongan kecil.
o   Kertas koran yang sudah disobek direndam dan diamkan selama 1 hari agar menjadi lembut atau lunak dan mudah untuk dihaluskan.
o   Siswa diminta membuat desain peta bentuk muka bumi yang ingin dibuat di kertas gambar. Siswa dapat menggambar bentuk muka bumi daerah sekitar tempat tinggalnya.
o   Siswa diingatkan untuk melengkapi desain gambar dengan bentuk bentang alam, seperti gunung, sungai, bukit, lembah, danau, dan lain-lain.
o   Desain yang sudah jadi diwarnai terlebih dahulu sesuai dengan warna yang akan dibuat pada relief peta timbul.
o   Warna merah biasanya digunakan untuk gunung.
o   Warna hijau untuk dataran rendah.
o   Warna coklat untuk pegunungan.
o   Warna biru untuk danau, sungai, dan laut.
o   Siswa memperlihatkan desainnya kepada guru untuk dilihat dan diberi masukan. Siswa yang sudah disetujui desainnya bisa melanjutkan pengerjaan proyek ke tahap selanjutnya.

PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Desain Peta
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian dengan tema




Bentuk muka bumi yang dibuat




Pewarnaan




Waktu penyelesaian












HARI KE-2

Media pembelajaran yang akan digunakan sebagai berikut.
1.     Kertas gambar.
2.     Krayon/pensil warna.
3.     Papan atau tripleks dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm.
4.     Kertas koran bekas.
5.     Lem putih/kanji.
6.     Kuas.
7.     Air.
8.     Cat asturo atau bahan pewarna.
9.     Blender atau alat penumbuk.

Langkah-langkah Kerja
o   Sebelum melanjutkan membuat adonan bubur kertas, siswa memindahkan gambar bentuk muka bumi yang akan dibuat dari kertas ke papan atau tripleks.
o   Selesai memindahkan desain di papan, siswa melanjutkan dengan membuat adonan bubur kertas. Rendaman kertas koran diremas-remas hingga hancur. Siswadapat menghaluskan dengan menumbuk kertas koran yang sudah direndam hingga menjadi bubur.
o   Saring dan peras rendaman bubur agar tidak terlalu banyak air sehingga bubur kertas tidak akan terlalu encer.
o   Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru bagaimana mencampur bubur kertas koran dengan lem kanji.
o   Jika tidak ada lem kanji yang sudah jadi, mintalah siswa untuk membuat lem kanji sendiri. Campurkan tepung sagu dan air, lalu dimasak hingga mendidih. Pastikan selama proses memasak lem siswa selalu mengaduk-aduk campuran tepung dan air agar benar-benar tercampur merata. Diamkan hingga menjadi dingin.
o   Aduk-aduklah campuran adonan bubur kertas dengan lem kanji hingga rata.
o   Adonan bubur kertas ini akan cepat mengering jika didiamkan dalam waktu yang terlalu lama. Adonan yang sudah kering tidak bisa dipakai lagi untuk membentuk bentangan alam yang diinginkan. Oleh karena itu mintalah siswa hanya membuat adonan kertas secukupnya atau bertahap. Siswa hanya membuat adonan persis hanya setiap kali akan lansung ditempelkan ke papan.

PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Desain Peta
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian dengan tema




Bentuk muka bumi yang dibuat




Pewarnaan




Waktu penyelesaian





 
PROYEK KELAS TEMA 8 KELAS 3 PB1-6

PROYEK KELAS TEMA 8 KELAS 3 PB1-6

PROYEK KELAS TEMA 8 KELAS 3 PB1-6







HARI KE-3

Media pembelajaran yang akan digunakan sebagai berikut.
1.     Kertas gambar.
2.     Krayon/pensil warna.
3.     Papan atau tripleks dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm.
4.     Kertas koran bekas.
5.     Lem putih/kanji.
6.     Kuas.
7.     Air.
8.     Cat asturo atau bahan pewarna.
9.     Blender atau alat penumbuk.

Langkah-langkah Kerja
o   Untuk membentuk relief peta, arahkan siswa untuk mulai dengan mengoleskan lem kanji pada permukaan tripleks.
o   Tempelkan adonan bubur kertas pada tiap bentuk bentang alam yang sudah dibuat. Membentuk relief ini kemungkinan akan membutuhkan waktu yang agak lama.
o   Untuk membuat gunung, bentuk adonan bubur kertas menyerupai bentuk kerucut/segi tiga.
o   Sungai dapat dibuat membentuk aliran yang berkelok-kelok.
o   Danau dapat dibuat dengan membentuk cekungan yang agak dalam.
o   Arahkan siswa agar melengkapi reliefnya dengan bentuk-bentuk bentang alam lainnya.
o   Mintalah siswa untuk mengeringkan relief peta yang sudah di buat selama 1 hari.
o   Setelah kering peta siap diwarnai.

PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Desain Peta
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian dengan tema




Bentuk muka bumi yang dibuat




Pewarnaan




Waktu penyelesaian







PROYEK KELAS TEMA 8 KELAS 3 PB1-6

PROYEK KELAS TEMA 8 KELAS 3 PB1-6

HARI KE-4
Media pembelajaran yang akan digunakan sebagai berikut.
1.     Kertas gambar.
2.     Krayon/pensil warna.
3.     Papan atau tripleks dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm.
4.     Kertas koran bekas.
5.     Lem putih/kanji.
6.     Kuas.
7.     Air.
8.     Cat asturo atau bahan pewarna.
9.     Blender atau alat penumbuk.

Langkah-langkah Kerja
o   Setelah beberapa bentang alam terbentuk dan menjadi kering, berilah warna dengan menggunakan kuas dan bahan pewarna/cat.
o   Untuk mendapatkan warna yang sesuai, siswa dapat mencoba mencampurkan warna-warna primer atau sekunder.
o   Siswa mewarnai relief peta sesuai dengan desain yang sudah dibuat sebelumnya. Siswa diingatkan bahwa daratan diwarnai dengan warna hijau, coklat hingga merah, sedangkan perairan diwarnai dengan warna biru. Semakin tinggi posisi daratan warna yang digunakan semakin tua (hijau muda hingga hijau tua). Sebaliknya laut yang dalam diwarnai dengan warna biru yang lebih tua dari pada laut dangkal.
-       Warna merah biasanya digunakan untuk puncak gunung api.
-       Warna hijau untuk dataran rendah.
-       Warna coklat untuk perbukitan/pegunungan.
-       Warna biru untuk danau, sungai dan laut.
o   Biarkan peta yang sudah di warnai mengering sehingga siap untuk dipajang.

PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Desain Peta
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian dengan tema




Bentuk muka bumi yang dibuat




Kreativitas dan pewarnaan




Waktu penyelesaian






PROYEK KELAS TEMA 8 KELAS 3 PB1-6

PROYEK KELAS TEMA 8 KELAS 3 PB1-6



HARI KE-5
Media pembelajaran yang akan digunakan sebagai berikut.
1.     Kertas gambar.
2.     Krayon/pensil warna.
3.     Papan atau tripleks dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm.
4.     Kertas koran bekas.
5.     Lem putih/kanji.
6.     Kuas.
7.     Air.
8.     Cat asturo atau bahan pewarna.
9.     Blender atau alat penumbuk.

Langkah-langkah Kerja
o   Siswa melanjutkan tahap akhir penyelesaian proyek.
o   Siswa bisa menambahkan peta timbulnya dengan beberapa maket atau hiasan, misalnya pepohonan, rumah-rumah, jalan, dan lain-lain.
o   Jika sudah selesai,mintalah siswa berdiskusi mengenai proyek yang sudah dibuat. Bentuk muka bumi apa saja yang sudah dibuat, bagaimana bentuk dan cirinya serta apa manfaat dari setiap rupa bumi tersebut bagi manusia dan makhluk hidup lain.
o   Siswa menuliskan laporan hasil diskusi serta hasil pengerjaan proyek pada buku siswa.
o   Selain menuliskan kembali tahapan proses pengerjaan proyek dari awal, siswa diingatkan untuk juga memberikan tanggapan mereka tentang proyek yang sudah dibuat, hal-hal yang menarik, kesulitan yang mereka alami dan lain-lain.

PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Desain Peta
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian dengan tema




Bentuk muka bumi yang dibuat




Kreativitas dan pewarnaan




Jumlah kata (100 kata atau lebih)







Lengkapi laporanmu dengan memberikan pendapat dan saran terhadap proyek ini.



PROYEK KELAS TEMA 8 KELAS 3 PB1-6


HARI KE-6
Media pembelajaran yang akan digunakan sebagai berikut.
1.     Kertas gambar.
2.     Krayon/pensil warna.
3.     Papan atau tripleks dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm.
4.     Kertas koran bekas.
5.     Lem putih/kanji.
6.     Kuas.
7.     Air.
8.     Cat asturo atau bahan pewarna.
9.     Blender atau alat penumbuk.

Langkah-langkah Kerja
o   Siswa mempresentasikan proyek mereka di depan guru dan teman-teman.
o   Kegiatan presentasi bisa dilakukan dengan mengadakan pameran hasil karya siswa. Setiap siswa akan menjelaskan mengenai proyek yang mereka buat kepada pengunjung pameran. Mintalah para pengunjung untuk memberikan pesan dan kesan mereka untuk setiap proyek.
o   Guru dan siswa bersama-sama mengadakan evaluasi mengenai berkaitan dengan semua hal yang sudah dilakukan.
o   Guru dan siswa menutup kegiatan dengan salam dan doa kembali.

PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Desain Peta
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian dengan tema




Kesesuaian konsep




Intonasi suara




Kelancaran dalam berbicara








Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027





PROYEK KELAS TEMA 8 KELAS 3 PB1-6


ALTERNATIF  PENILAIAN


TEMA                        : ..................................................................
SUB TEMA               : ..................................................................
PEMBELAJARAN  : ..................................................................

RUBRIK:…………………………………………………………………………………………………   TAPEL: …………………….
No. Urut
NAMA SISWA
ASPEK PENILAIAN
JLH
NILAI
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
1
Afiya Chairunnisa






2
Agung Arais






3
Ainaya Yarid Khaira






4
Aliva Nafisha Adiena






5
Alif Al Gibral






6
Akramul Akbar






7
Arrayyan Akbar






8
Amira Najla






9
Cut Dina Amelia






10
Fawniya






11
Hafidh Ramadhan






12
Iffah Mursyidah






13
Ikhsan Fadhilah






14
Luna Salsabila Saskia






15
Luluatul Fuadah






16
Maqsalmina






17
M. Farel Alfitra






18
M.Syuhada






19
Muhammad Alif Aulia






20
Muammar Hafizh






21
Nasywa Zilya Ulhaq






22
Reva Umira






23
Rita Safitri Yana






24
Rishad Albirra Maulana






25
Raudhatul Muna






26
Raifa Qatrun Nada






27
Sausan Rahmatillah






28
T. Firdaus






29
Tiara Anggelina






30
Ulfa Syahratul Izzah






31
Aldi Jefri Ananda






32
Dicky Novrian






33
Alfin








Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..


NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
 









Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors