(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 2
Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/2
Tema 8 : Bumi
dan Alam Semesta
Proyek
Kelas :
1-6
Alokasi Waktu : …………………
HARI PERTAMA:
Media pembelajaran yang akan digunakan sebagai
berikut.
1. Kertas
gambar.
2. Krayon/pensil
warna.
3. Papan atau
tripleks dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm.
4. Kertas
koran bekas.
5. Lem
putih/kanji.
6. Kuas.
7. Air.
8. Cat asturo
atau bahan pewarna.
9. Blender
atau alat penumbuk.
Langkah-langkah Kerja
o
Guru dan siswa
membuka pelajaran dengan ucapan salam dan doa.
o
Siswa mendengarkan
informasi yang disampaikan oleh guru mengenai proyek yang akan dibuat, termasuk
informasi mengenai persiapan dan langkah kerja serta tujuan akhir proyek secara
lengkap.
o
Jika memungkinkan,
siswa dapat mengamati peta timbul yang sudah dibuat terlebih dahulu oleh guru
untuk dijadikan contoh.
o
Siswa menyiapkan
bahan dan alat-alat yang akan digunakan untuk membuat proyek.
o
Siswa mulai
persiapan untuk membuat bubur kertas dengan merobek-robek kertas koran bekas
hingga menjadi potongan-potongan kecil.
o
Kertas koran yang
sudah disobek direndam dan diamkan selama 1 hari agar menjadi lembut atau lunak
dan mudah untuk dihaluskan.
o
Siswa diminta
membuat desain peta bentuk muka bumi yang ingin dibuat di kertas gambar. Siswa
dapat menggambar bentuk muka bumi daerah sekitar tempat tinggalnya.
o
Siswa diingatkan
untuk melengkapi desain gambar dengan bentuk bentang alam, seperti gunung,
sungai, bukit, lembah, danau, dan lain-lain.
o
Desain yang sudah
jadi diwarnai terlebih dahulu sesuai dengan warna yang akan dibuat pada relief
peta timbul.
o
Warna merah
biasanya digunakan untuk gunung.
o
Warna hijau untuk
dataran rendah.
o
Warna coklat untuk
pegunungan.
o
Warna biru untuk danau,
sungai, dan laut.
o
Siswa
memperlihatkan desainnya kepada guru untuk dilihat dan diberi masukan. Siswa
yang sudah disetujui desainnya bisa melanjutkan pengerjaan proyek ke tahap
selanjutnya.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Desain Peta
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kesesuaian dengan tema
|
||||
Bentuk muka bumi yang dibuat
|
||||
Pewarnaan
|
||||
Waktu penyelesaian
|
HARI KE-2
Media pembelajaran yang akan digunakan sebagai
berikut.
1. Kertas
gambar.
2. Krayon/pensil
warna.
3. Papan atau
tripleks dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm.
4. Kertas
koran bekas.
5. Lem
putih/kanji.
6. Kuas.
7. Air.
8. Cat asturo
atau bahan pewarna.
9. Blender
atau alat penumbuk.
Langkah-langkah Kerja
o
Sebelum melanjutkan
membuat adonan bubur kertas, siswa memindahkan gambar bentuk muka bumi yang
akan dibuat dari kertas ke papan atau tripleks.
o
Selesai memindahkan
desain di papan, siswa melanjutkan dengan membuat adonan bubur kertas. Rendaman
kertas koran diremas-remas hingga hancur. Siswadapat menghaluskan dengan
menumbuk kertas koran yang sudah direndam hingga menjadi bubur.
o
Saring dan peras
rendaman bubur agar tidak terlalu banyak air sehingga bubur kertas tidak akan
terlalu encer.
o
Siswa memperhatikan
contoh yang diberikan guru bagaimana mencampur bubur kertas koran dengan lem
kanji.
o
Jika tidak ada lem
kanji yang sudah jadi, mintalah siswa untuk membuat lem kanji sendiri.
Campurkan tepung sagu dan air, lalu dimasak hingga mendidih. Pastikan selama
proses memasak lem siswa selalu mengaduk-aduk campuran tepung dan air agar
benar-benar tercampur merata. Diamkan hingga menjadi dingin.
o
Aduk-aduklah
campuran adonan bubur kertas dengan lem kanji hingga rata.
o
Adonan bubur kertas
ini akan cepat mengering jika didiamkan dalam waktu yang terlalu lama. Adonan
yang sudah kering tidak bisa dipakai lagi untuk membentuk bentangan alam yang
diinginkan. Oleh karena itu mintalah siswa hanya membuat adonan kertas
secukupnya atau bertahap. Siswa hanya membuat adonan persis hanya setiap kali
akan lansung ditempelkan ke papan.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Desain Peta
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kesesuaian dengan tema
|
||||
Bentuk muka bumi yang dibuat
|
||||
Pewarnaan
|
||||
Waktu penyelesaian
|
HARI KE-3
Media pembelajaran yang akan digunakan sebagai
berikut.
1. Kertas
gambar.
2. Krayon/pensil
warna.
3. Papan atau
tripleks dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm.
4. Kertas
koran bekas.
5. Lem
putih/kanji.
6. Kuas.
7. Air.
8. Cat asturo
atau bahan pewarna.
9. Blender
atau alat penumbuk.
Langkah-langkah Kerja
o
Untuk membentuk
relief peta, arahkan siswa untuk mulai dengan mengoleskan lem kanji pada
permukaan tripleks.
o
Tempelkan adonan
bubur kertas pada tiap bentuk bentang alam yang sudah dibuat. Membentuk relief
ini kemungkinan akan membutuhkan waktu yang agak lama.
o
Untuk membuat
gunung, bentuk adonan bubur kertas menyerupai bentuk kerucut/segi tiga.
o
Sungai dapat dibuat
membentuk aliran yang berkelok-kelok.
o
Danau dapat dibuat
dengan membentuk cekungan yang agak dalam.
o
Arahkan siswa agar
melengkapi reliefnya dengan bentuk-bentuk bentang alam lainnya.
o
Mintalah siswa
untuk mengeringkan relief peta yang sudah di buat selama 1 hari.
o
Setelah kering peta
siap diwarnai.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Desain Peta
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kesesuaian dengan tema
|
||||
Bentuk muka bumi yang dibuat
|
||||
Pewarnaan
|
||||
Waktu penyelesaian
|
HARI KE-4
Media pembelajaran yang akan digunakan sebagai
berikut.
1. Kertas
gambar.
2. Krayon/pensil
warna.
3. Papan atau
tripleks dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm.
4. Kertas
koran bekas.
5. Lem putih/kanji.
6. Kuas.
7. Air.
8. Cat asturo
atau bahan pewarna.
9. Blender
atau alat penumbuk.
Langkah-langkah Kerja
o
Setelah beberapa
bentang alam terbentuk dan menjadi kering, berilah warna dengan menggunakan
kuas dan bahan pewarna/cat.
o
Untuk mendapatkan
warna yang sesuai, siswa dapat mencoba mencampurkan warna-warna primer atau
sekunder.
o
Siswa mewarnai
relief peta sesuai dengan desain yang sudah dibuat sebelumnya. Siswa diingatkan
bahwa daratan diwarnai dengan warna hijau, coklat hingga merah, sedangkan
perairan diwarnai dengan warna biru. Semakin tinggi posisi daratan warna yang
digunakan semakin tua (hijau muda hingga hijau tua). Sebaliknya laut yang dalam
diwarnai dengan warna biru yang lebih tua dari pada laut dangkal.
-
Warna merah
biasanya digunakan untuk puncak gunung api.
-
Warna hijau untuk
dataran rendah.
-
Warna coklat untuk
perbukitan/pegunungan.
-
Warna biru untuk
danau, sungai dan laut.
o
Biarkan peta yang
sudah di warnai mengering sehingga siap untuk dipajang.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Desain Peta
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kesesuaian dengan tema
|
||||
Bentuk muka bumi yang dibuat
|
||||
Kreativitas dan pewarnaan
|
||||
Waktu penyelesaian
|
HARI KE-5
Media pembelajaran yang akan digunakan sebagai
berikut.
1. Kertas
gambar.
2. Krayon/pensil
warna.
3. Papan atau
tripleks dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm.
4. Kertas
koran bekas.
5. Lem
putih/kanji.
6. Kuas.
7. Air.
8. Cat asturo
atau bahan pewarna.
9. Blender
atau alat penumbuk.
Langkah-langkah Kerja
o
Siswa melanjutkan
tahap akhir penyelesaian proyek.
o
Siswa bisa
menambahkan peta timbulnya dengan beberapa maket atau hiasan, misalnya
pepohonan, rumah-rumah, jalan, dan lain-lain.
o
Jika sudah
selesai,mintalah siswa berdiskusi mengenai proyek yang sudah dibuat. Bentuk
muka bumi apa saja yang sudah dibuat, bagaimana bentuk dan cirinya serta apa
manfaat dari setiap rupa bumi tersebut bagi manusia dan makhluk hidup lain.
o
Siswa menuliskan
laporan hasil diskusi serta hasil pengerjaan proyek pada buku siswa.
o
Selain menuliskan
kembali tahapan proses pengerjaan proyek dari awal, siswa diingatkan untuk juga
memberikan tanggapan mereka tentang proyek yang sudah dibuat, hal-hal yang
menarik, kesulitan yang mereka alami dan lain-lain.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Desain Peta
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kesesuaian dengan tema
|
||||
Bentuk muka bumi yang dibuat
|
||||
Kreativitas dan pewarnaan
|
||||
Jumlah kata (100 kata atau lebih)
|
Lengkapi laporanmu dengan memberikan pendapat dan
saran terhadap proyek ini.
HARI KE-6
Media pembelajaran yang akan digunakan sebagai
berikut.
1. Kertas
gambar.
2. Krayon/pensil
warna.
3. Papan atau
tripleks dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm.
4. Kertas
koran bekas.
5. Lem
putih/kanji.
6. Kuas.
7. Air.
8. Cat asturo
atau bahan pewarna.
9. Blender
atau alat penumbuk.
Langkah-langkah Kerja
o
Siswa
mempresentasikan proyek mereka di depan guru dan teman-teman.
o
Kegiatan presentasi
bisa dilakukan dengan mengadakan pameran hasil karya siswa. Setiap siswa akan
menjelaskan mengenai proyek yang mereka buat kepada pengunjung pameran.
Mintalah para pengunjung untuk memberikan pesan dan kesan mereka untuk setiap
proyek.
o
Guru dan siswa
bersama-sama mengadakan evaluasi mengenai berkaitan dengan semua hal yang sudah
dilakukan.
o
Guru dan siswa
menutup kegiatan dengan salam dan doa kembali.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Penilaian Desain Peta
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kesesuaian dengan tema
|
||||
Kesesuaian konsep
|
||||
Intonasi suara
|
||||
Kelancaran dalam berbicara
|
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI,
S.Pd NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
ALTERNATIF
PENILAIAN
TEMA : ..................................................................
SUB TEMA : ..................................................................
PEMBELAJARAN : ..................................................................
RUBRIK:………………………………………………………………………………………………… TAPEL: …………………….
No. Urut
|
NAMA SISWA
|
ASPEK PENILAIAN
|
JLH
|
NILAI
|
|||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||
10
|
Fawniya
|
||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||
33
|
Alfin
|
Tijue,
……………………………., 20……
Guru
Kelas ……..
NURHASMIATI, S.Pd
NIP. 19760511 200701
2 027
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment