(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 3/1
Tema 2 :
Perkembangan Teknologi
Sub
Tema/ Pembelajaran : Perkembangan
Teknologi Pangan/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan sosial di
daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang
perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi secara
lisan atau tulis.
3.3.2 Mengelompokkan
hasil teknologi pangan dan yang bukan pada teks surat tanggapan pribadi tentang
perkembangan teknologi produksi secara tertulis.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan
pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
4.3.1 Membaca teks
surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi.
4.3.2 Menceritakan
kembali isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi
secara lisan atau
tulis dengan tepat.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.3 Memahami konsep
pecahan sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar, serta menentukan
nilai terkecil dan terbesar.
3.3.1 Menyebutkan lambing
pecahan biasa berdasarkan gambar.
4.2 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat
model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa
kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menentukkan
pecahan biasa sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dengan benar.
4.2.2 Menuliskan lambing
pecahan pecahan biasa berdasarkan gambar.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal karya
seni gaya dekoratif.
3.1.1 Mengidentifikasi
karya seni gaya dekoratif.
4.1 Menggambar
dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk, dan tekstur
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.2 Membuat pola
untuk membuat gambar dekoratif sesuai contoh.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial
2. Teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi
secara lisan atau tulis
3. Lambang pecahan biasa berdasarkan gambar
4. Karya seni gaya dekoratif
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Perkembangan Teknologi”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Di awal pembelajaran, Guru menyapa
siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
o
Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
o
Guru menginformasikan kegiatan yang akan
dilakukan pada hari itu.
o
Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan
o
Guru melakukan apersepsi, siswa
diingatkan kembali tentang hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membaca teks dengan
suara nyaring
o
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
membaca teks:
Intonasi suara
Kalimat
yang diakhiri dengan tanda titik intonasi suara datar. Kalimat yang diakhiri
tanda Tanya intonasi suara menurun. Kalimat yang diakhiri tanda seru intonasi
suara agak naik.
Tanda baca
Jika saat
membaca bertemu tanda koma (,) maka pembaca berhenti sebentar lalu
dilanjutkan kembali.
o
Jika saat membaca bertemu tanda titik
(.) maka pembaca berhenti, kemudian pembaca mulai membaca kalimat berikutnya.
o
Suara lantang, dapat didengar oleh orang
lain dengan
jelas.
o
Siswa dikenalkan dengan kata teknologi
pangan dan proses pengalengan.
o
Guru dapat menjelaskan pengertian
teknologi pangan dengan penjelasan sederhana yang mudah dipahami siswa.
o
Teknologi pangan adalah suatu teknologi
yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah
panen.
o
Teknologi adalah ilmu pengetahuan
terapan (kbbi. web.id).
Catatan:
o
Guru menjelaskan kata teknologi kepada
siswa dengan sederhana namun benar. Tujuan teknologi pangan adalah memperoleh
manfaat seoptimal mungkin dan sekaligus dapat meningkatkan nilai dari pangan
tersebut.
o
Penerapan ilmu pangan adalah untuk
memilih, mengawetkan, memproses, mengemas, mendistribusikan, hingga
menggunakan bahan pangan yang aman dan bernutrisi. Contoh produk makanan
hasil teknologi pangan adalah: susu bubuk, yogurt, susu cair dalam kemasan,
keju, sosis, tahu, kecap, dsb.
o
Proses pengalengan yaitu langkah-langkah
penyimpanan dan pengawetan bahan pangan yang dikemas dalam sebuah wadah dari
kaleng dan kemudian disterilkan sehingga dapat tahan lama dan tidak mengalami kerusakan.
o
Siswa membaca teks secara bergantian
dengan suara lantang. Setiap siswa membaca satu paragraf.
o
Pada kegiatan ini guru melakukan
penilaian.
o
Siswa menunjukkan kata-kata pada teks
bacaaan yang berkaitan dengan teknologi pangan.
o
Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata
yang belum dipahami siswa. Berikut ini contoh kata-kata yang mungkin belum
dipahami siswa:
1.
Produk =
barang yang dibuat dan ditambah gunanya dalam proses produksi dan menjadi
hasil akhir dari proses produksi itu.
2.
pangan =
makanan.
3.
tauco =
nama makanan berasal dari kedelai yang difermentasi.
o
Tauco sebaiknya dibawa ke kelas agar
memudahkan siswa memahami benda yang di maksud. (jika ada).
o
Siswa diminta menceritakan kembali isi
bacaan dengan kalimatnya sendiri secara bergantian dengan percaya diri. Guru
melakukan penilaian kemampuan siswa bercerita.
o
Siswa mengamati gambar jenis-jenis makanan
yang ada pada buku siswa.
o
Siswa mengelompokkan makanan yang
termasuk hasil teknologi pangan dan yang bukan pada buku siswa. Guru menilai
kemampuan siswa dalam mengelompokkan makanan berdasarkan hasil teknologi
pangan dan yang bukan hasil teknologi pangan
o
Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang tahu yang merupakan salah satu produk teknologi pangan. Guru dapat
mengganti dengan produk teknologi
pangan yang ada pada kondisi local
o
Siswa diajak berimajinasi bahwa mereka
adalah penjual tahu. Setiap siswa diberi 1 lembar kertas HVS yang
diimajinasikan sebagai tahu. Kertas dilipat dan digunting sesuai dengan
pecahan yang disebutkan guru.
o
Siswa mengerjakan latihan soal tentang
pengenalan pecahan biasa dan menentukkan pecahan biasa berdasarkan gambar
yang diarsir. Guru menilai hasil pekerjaan siswa.
o
Siswa mengamati motif dekoratif pada
gambar kue.
o
Siswa menirukan salah satu motif
dekoratif pada gambar kue.
o
Guru berkeliling kelas untuk mengamati siswa
yang sedang bekerja. Hasil pekerjaan siswa ini masuk dalam penilaian guru.
o
Setelah kegiatan ini selesai, seluruh
siswa mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru dan merapikan alat-alat tulis
mereka dan membersihkan sampah-sampah yang ada di kelas.
Refleksi
o
Guru dan siswa melakukan
kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan
salah satu pertanyaan berikut ini:
o
Apa yang kamu pelajari hari
ini?
o
Bagaimana perasaanmu saat
kegiatan bercerita/mengerjakan soal-soal pecahan/menirukan motif dekoratif
gambar kue?
o
Kegiatan apa yang paling
kamu sukai?
o
Informasi apa yang ingin
kamu ketahui lebih lanjut?
o
Bagaimana caramu untuk
mendapatkan informasi tersebut?
o
Pertanyaan yang diajukan
guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan.
Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya
siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
o
Kegiatan kelas diakhiri
dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Mengelompokkan hasil teknologi pangan dan yang
bukan hasil teknologi
pangan.
Jumlah soal: 1 buah
Skor maksimal: 5
Skor setiap jawaban: 5
b. Melengkapi
titik-titik yang ada pada soal-soal pecahan biasa
Jumlah
soal: 3 buah
Skor Maksimal: 30
Skor
setiap jawaban: 10
c. Menentukkan nilai pecahan biasa sesuai dengan
gambar.
Jumlah soal: 3 buah
Skor Maksimal: 75
Skor
setiap jawaban: 25
1.
Keterampilan
a.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Membaca Teks Surat
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kelancaran
dalam
membaca
|
Siswa
membaca
seluruh
teks
dengan
lancar.
|
Siswa
membaca
lebih
dari
setengah
teks
dengan
lancar.
|
Siswa
membaca
kurang
dari
setengah
teks
dengan
lancar.
|
Belum
lancar
membaca.
|
2
|
Intonasi
suara
|
Intonasi
suara
tepat
pada
semua
tanda
baca.
|
Intonasi
suara
tepat
sebagian
besar
tanda
baca.
|
Intonasi
suara
tepat
pada
sebagian
kecil
tanda
baca.
|
Intonasi
suara
tidak
tepat pada
semua
tanda
baca.
|
b. Rubrik
Penilaian Bercerita Isi Teks Surat
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kelancaran
dalam
bercerita
|
Siswa
bercerita
dengan
lancar
sesuai
isi teks
|
Setengah
bagian
cerita
disampaikan
dengan
lancar
sesuai
isi teks
|
Kurang
dari
setengah
bagian
cerita
disampaikan
dengan
lancar
sesuai
isi teks
|
Belum
mampu
bercerita
|
2
|
Volume
suara
|
Terdengar
sampai
seluruh
ruang
kelas
|
Terdengar
sampai
setengah
ruang
kelas.
|
Terdengar
hanya
bagian
depan
ruang
kelas.
|
Suara
sangat
pelan
atau tidak
terdengar.
|
c. Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik
Penilaian Kemampuan Menirukan Motif Dekoratif Gambar Kue
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Komposisi
gambar
|
Siswa
mampu
menggambar
dengan
hasil
gambar
simetris
tanpa
bimbingan
guru
|
Siswa
mampu
menggambar
dengan
hasil
gambar
simetris
dengan
bimbingan guru
|
Siswa
mampu
menggambar
dengan
hasil
gambar
kurang
simetris
dengan
bimbingan
guru.
|
Siswa
mempu
menggambar
dengan
hasil
gambar
tidak
simetris
dengan
bimbingan guru.
|
2
|
Kerapian
dan
kebersihan
dalam
menggambar
|
Gambar
yang
dibuat
sangat
rapi
serta bersih
pada
bidang
dasaran.
|
Gambar
yang
dibuat
rapi serta
sedikit
bersih
pada
bidang
dasaran.
|
Gambar
yang
dibuat
kurang
rapi
serta
kurang bersih
pada
bidang
dasaran
|
Belum
mampu
menggambar
dengan
rapi dan
bersih.
|
H. Sumber dan Media
1.
Tempe, tahu, kecap,
tauco, susu kental manis, dsb. (dapat diganti bahan lain sesuai dengan kondisi
lokal)
2.
Kamus Besar Bahasa
Indonesia atau KBBI online (http://kbbi.web.id)
3.
Gambar-gambar karya
seni gaya dekoratif
4.
Kertas HVS
5.
Gunting.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2014
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas III,
Rosmiati, S.Pd Mimi Santi, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19750305 200801 2 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Tulislah dalam bentuk pecahan biasa dari gambar di
bawah ini!
1.
a. Bagian yang berwarna hijau =
b. Bagian yang berwarna putih =
1.
a. Bagian yang berwarna hijau =
b. Bagian yang berwarna putih =
2.
a. Bagian yang berwarna hijau =
b. Bagian yang berwarna putih =
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment