Home » » TEMA 2 KELAS 3 SUB 1 PB 1

TEMA 2 KELAS 3 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 25 May 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 2                                        : Perkembangan Teknologi
Sub Tema/ Pembelajaran             : Perkembangan Teknologi Pangan/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1  Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3  Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3  Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi secara lisan atau tulis.
3.3.2 Mengelompokkan hasil teknologi pangan dan yang bukan pada teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi secara tertulis.
4.3  Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membaca teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi.
4.3.2 Menceritakan kembali isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi secara lisan atau tulis dengan tepat.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Memahami konsep pecahan sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar, serta menentukan nilai terkecil dan terbesar.
3.3.1 Menyebutkan lambing pecahan biasa berdasarkan gambar.
4.2  Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menentukkan pecahan biasa sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dengan    benar.
4.2.2 Menuliskan lambing pecahan pecahan biasa berdasarkan gambar.

c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif.
3.1.1 Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif.
4.1 Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.2 Membuat pola untuk membuat gambar dekoratif sesuai contoh.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial
2.      Teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi secara lisan atau tulis
3.      Lambang pecahan biasa berdasarkan gambar
4.      Karya seni gaya dekoratif
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Perkembangan Teknologi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Di awal pembelajaran, Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
o   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
o   Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
o   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan
o   Guru melakukan apersepsi, siswa diingatkan kembali tentang hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membaca teks dengan suara nyaring
o   Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca teks:
*      Intonasi suara
Kalimat yang diakhiri dengan tanda titik intonasi suara datar. Kalimat yang diakhiri tanda Tanya intonasi suara menurun. Kalimat yang diakhiri tanda seru intonasi suara agak naik.
*      Tanda baca
Jika saat membaca bertemu tanda koma (,) maka pembaca berhenti sebentar lalu dilanjutkan kembali.
o   Jika saat membaca bertemu tanda titik (.) maka pembaca berhenti, kemudian pembaca mulai membaca kalimat berikutnya.
o   Suara lantang, dapat didengar oleh orang lain dengan jelas.
o   Siswa dikenalkan dengan kata teknologi pangan dan proses pengalengan.
o   Guru dapat menjelaskan pengertian teknologi pangan dengan penjelasan sederhana yang mudah dipahami siswa.
o   Teknologi pangan adalah suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah panen.
o   Teknologi adalah ilmu pengetahuan terapan (kbbi. web.id).

Catatan:
o   Guru menjelaskan kata teknologi kepada siswa dengan sederhana namun benar. Tujuan teknologi pangan adalah memperoleh manfaat seoptimal mungkin dan sekaligus dapat meningkatkan nilai dari pangan tersebut.
o   Penerapan ilmu pangan adalah untuk memilih, mengawetkan, memproses, mengemas, mendistribusikan, hingga menggunakan bahan pangan yang aman dan bernutrisi. Contoh produk makanan hasil teknologi pangan adalah: susu bubuk, yogurt, susu cair dalam kemasan, keju, sosis, tahu, kecap, dsb.
o   Proses pengalengan yaitu langkah-langkah penyimpanan dan pengawetan bahan pangan yang dikemas dalam sebuah wadah dari kaleng dan kemudian disterilkan sehingga dapat tahan lama dan tidak mengalami kerusakan.
o   Siswa membaca teks secara bergantian dengan suara lantang. Setiap siswa membaca satu paragraf.
o   Pada kegiatan ini guru melakukan penilaian.
o   Siswa menunjukkan kata-kata pada teks bacaaan yang berkaitan dengan teknologi pangan.
o   Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata yang belum dipahami siswa. Berikut ini contoh kata-kata yang mungkin belum dipahami siswa:
1.        Produk = barang yang dibuat dan ditambah gunanya dalam proses produksi dan menjadi hasil akhir dari proses produksi itu.
2.        pangan = makanan.
3.        tauco = nama makanan berasal dari kedelai yang difermentasi.
o   Tauco sebaiknya dibawa ke kelas agar memudahkan siswa memahami benda yang di maksud. (jika ada).
o   Siswa diminta menceritakan kembali isi bacaan dengan kalimatnya sendiri secara bergantian dengan percaya diri. Guru melakukan penilaian kemampuan siswa bercerita.
o    Siswa mengamati gambar jenis-jenis makanan yang ada pada buku siswa.
o   Siswa mengelompokkan makanan yang termasuk hasil teknologi pangan dan yang bukan pada buku siswa. Guru menilai kemampuan siswa dalam mengelompokkan makanan berdasarkan hasil teknologi pangan dan yang bukan hasil teknologi pangan
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tahu yang merupakan salah satu produk teknologi pangan. Guru dapat mengganti dengan produk teknologi pangan yang ada pada kondisi local
o    Siswa diajak berimajinasi bahwa mereka adalah penjual tahu. Setiap siswa diberi 1 lembar kertas HVS yang diimajinasikan sebagai tahu. Kertas dilipat dan digunting sesuai dengan pecahan yang disebutkan guru.
o   Siswa mengerjakan latihan soal tentang pengenalan pecahan biasa dan menentukkan pecahan biasa berdasarkan gambar yang diarsir. Guru menilai hasil pekerjaan siswa.
o   Siswa mengamati motif dekoratif pada gambar kue.
o   Siswa menirukan salah satu motif dekoratif pada gambar kue.
o   Guru berkeliling kelas untuk mengamati siswa yang sedang bekerja. Hasil pekerjaan siswa ini masuk dalam penilaian guru.
o   Setelah kegiatan ini selesai, seluruh siswa mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru dan merapikan alat-alat tulis mereka dan membersihkan sampah-sampah yang ada di kelas.

Refleksi
o   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
o   Apa yang kamu pelajari hari ini?
o   Bagaimana perasaanmu saat kegiatan bercerita/mengerjakan soal-soal pecahan/menirukan motif dekoratif gambar kue?
o   Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
o   Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
o   Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
o   Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.  Mengelompokkan hasil teknologi pangan dan yang bukan hasil teknologi
     pangan.
Jumlah soal: 1 buah
Skor maksimal: 5
Skor setiap jawaban: 5

b. Melengkapi titik-titik yang ada pada soal-soal pecahan biasa
    Jumlah soal: 3 buah
Skor Maksimal: 30
Skor setiap jawaban: 10

c.  Menentukkan nilai pecahan biasa sesuai dengan gambar.
Jumlah soal: 3 buah
Skor Maksimal: 75
Skor setiap jawaban: 25

1.        Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membaca Teks Surat
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kelancaran
dalam
membaca
Siswa membaca
seluruh teks
dengan lancar.
Siswa membaca
lebih dari
setengah teks
dengan lancar.
Siswa membaca
kurang dari
setengah teks
dengan lancar.
Belum lancar
membaca.
2
Intonasi suara
Intonasi suara
tepat pada
semua tanda
baca.
Intonasi suara
tepat sebagian
besar tanda
baca.
Intonasi suara
tepat pada
sebagian kecil
tanda baca.
Intonasi suara
tidak tepat pada
semua tanda
baca.

b. Rubrik Penilaian Bercerita Isi Teks Surat

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kelancaran
dalam bercerita
Siswa bercerita
dengan lancar
sesuai isi teks
Setengah
bagian cerita
disampaikan
dengan lancar
sesuai isi teks
Kurang dari
setengah
bagian cerita
disampaikan
dengan lancar
sesuai isi teks
Belum mampu
bercerita

2
Volume suara
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
Terdengar
sampai
setengah ruang
kelas.
Terdengar hanya
bagian depan
ruang kelas.

Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar.

c. Penilaian: Unjuk Kerja
    Rubrik Penilaian Kemampuan Menirukan Motif Dekoratif Gambar Kue

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Komposisi
gambar
Siswa mampu
menggambar
dengan hasil
gambar
simetris tanpa
bimbingan guru
Siswa mampu
menggambar
dengan hasil
gambar
simetris dengan
bimbingan guru
Siswa mampu
menggambar
dengan hasil
gambar kurang
simetris dengan
bimbingan guru.
Siswa mempu
menggambar
dengan hasil
gambar tidak
simetris dengan
bimbingan guru.

2
Kerapian dan
kebersihan
dalam
menggambar
Gambar yang
dibuat sangat
rapi serta bersih
pada bidang
dasaran.
Gambar yang
dibuat rapi serta
sedikit bersih
pada bidang
dasaran.
Gambar yang
dibuat kurang
rapi serta
kurang bersih
pada bidang
dasaran
Belum mampu
menggambar
dengan rapi dan
bersih.

H. Sumber dan Media
1.    Tempe, tahu, kecap, tauco, susu kental manis, dsb. (dapat diganti bahan lain sesuai dengan kondisi lokal)
2.    Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI online (http://kbbi.web.id)
3.    Gambar-gambar karya seni gaya dekoratif
4.    Kertas HVS
5.    Gunting.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2014
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas III,




Rosmiati, S.Pd                                                                  Mimi Santi, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19750305 200801 2 001




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Tulislah dalam bentuk pecahan biasa dari gambar di bawah ini!
1.






a. Bagian yang berwarna hijau = 
b. Bagian yang berwarna putih =


1.             






a. Bagian yang berwarna hijau =
b. Bagian yang berwarna putih =


2.             








a. Bagian yang berwarna hijau =
b. Bagian yang berwarna putih = 


MEDIA

TEMA 2 KELAS 3 SUB 1 PB 1

TEMA 2 KELAS 3 SUB 1 PB 1


 


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors