Home » » TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 2

TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 15 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 4                                        : Globalisasi
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Globaliasi di Sekitarku / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Matematika
3.6 Mengenal diagonal ruang dan diagonal sisi dalam bangun ruang sederhana
3.6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat kubus
4.2 Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang menghubungkan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut dan menggambarkannya dalam bentuk sketsa
4.2.1 Melakukan percobaan dengan bantuan benang untuk mengenal diagonal bidang dan diagonal ruang

b) PPKn
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
3.6.1 Menjelaskan saling ketergantungan dalam era globalisasi
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
4.6.1 Mengomunikasikan saling ketergantungan dalam era globalisasi

c) SBdP
3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
3.1.1 Menyebutkan langkah-langkah menggambar motif batik dengan teknik merintang warna
4.2 Menggambar di atas kain dengan teknik merintang warna
4.13 Membuat karya kerajinan batik berdasarkan motif hias daerah
4.13.1 Menggambar motif batik berdasarkan motif daerah


C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Menggambar motif batik
2.      Melakukan eksplorasi tentang diagonal ruang dan diagonal bidang pada bangun ruang sederhana
3.      Mengomunikasikan saling ketergantungan di era globalisasi

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Globalisasi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Untuk memancing rasa ingin tahu, siswa diminta membaca dialog yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa mengamati gambar dan membaca teks dalam hati.
o   Secara berpasangan, siswa menuliskan hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut tentang keberadaan batik Indonesia di dunia dalam bentuk pertanyaan.
o   Siswa menukarkan pertanyaan yang mereka buat dengan teman di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya bersama-sama.
o   Kemudian, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa menjelaskan tujuan pembuatan batik.
o   Siswa menjelaskan apa yang mereka ketahui tentang motif batik Indonesia.
o   Siswa menyebutkan berbagai upaya yang dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia Internasional.
o   Siswa menulis kesimpulan setelah mengetahui bahwa batik Indonesia diakui sebagai warisan dunia.
o   Siswa menyimpulkan menggunakan 3 kalimat tentang bacaan.
o   Siswa menjelaskan arti kata ‘mendunia’.
o   Setelah mengenal batik Indonesia, siswa mempraktikkan menggambar motif batik di atas kain mori atau blacu.
o   Untuk mendapatkan inspirasi, siswa mengamati berbagai motif batik pada gambar.
o   Siswa mendiskusikan dengan teman di sebelahnya tentang motif batik yang mereka amati.
o   Siswa menuliskan hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut tentang batik dalam bentuk pertanyaan.
o   Siswa membuat pola motif batik.
o   Siswa diminta memperhatikan dan memahami langkah-langkah dalam membuat batik
o   Siswa mengamati contoh beberapa kemasan batik.
o   Siswa diajak berpikir dan berdiskusi bagaimana cara merancang kemasan tersebut.
o   Setelah mengamati kemasan batik di atas, selanjutnya siswa diminta mengamati berbagai kemasan produk yang mereka bawa dari rumah.
o   Siswa diminta mengambil kemasan yang berbentuk kubus. Kemudian siswa membuka kemasan tersebut sehingga siswa bisa mengenal lebih jauh diagonal bidang dan diagonal ruang dari kubus.
o   Siswa bekerja secara berpasangan untuk mencari diagonal ruang dan diagonal bidang pada kubus.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Setelah melakukan percobaan, siswa membuat beberapa sketsa yangm menunjukkan proses yang mereka lalui untuk mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kertas berpetak yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa menulis kesimpulan tentang sketsa yang telah dibuat.
o   Siswa mempresentasikan sketsa yang telah mereka buat dalam kelompok
o   Setelah melakukan praktik untuk mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus, siswa mencari tahu lebih lanjut tentang sifat-sifat kubus.
o   Siswa menjawab pertanyaan berikut.
·         Berapa banyak sisi yang terdapat pada kubus?
·         Berapa banyak rusuk yang terdapat pada kubus?
·         Berapa banyak titik sudut yang terdapat pada kubus?
·         Berapa banyak diagonal sisi (bidang) yang terdapat pada kubus?
·         Berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada kubus?
o   Siswa menulis kesimpulan tentang diagonal bidang dan diagonal ruang yang terdapat pada kubus.
o   Siswa membaca teks globalisasi pada buku siswa
o   Siswa mendiskusikan dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan.
o   Siswa menjelaskan maksud ‘menembus ruang dan waktu’ pada bacaan.
o   Siswa menjelaskan tentang globalisasi dan memberikan contoh atau fakta yang mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari.
o   Siswa menjelaskan pengaruh globalisasi yang mereka rasakan.
o   Siswa menjelaskan makna dari ‘saling bergantung dan saling mempengaruhi’ dan memberikan contoh yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari dari kegiatan hari ini, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum dipahami, apa manfaat yang mereka peroleh, serta apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.

Pengayaan
o   Siswa dapat bereksplorasi dengan berbagai bangun ruang untuk mengenal lebih jauh sifat-sifat bangun tersebut.
o   Siswa membandingkan berbagai kemasan produk.

Remedial
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami konsep tentang sifat-sifat kubus akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan menggunakan benda konkret. Selain itu, guru akan mengulang kembali penanaman konsep secara bertahap dimulai dari yang mudah dipahami. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan kepada siswa yang belum memahami tentang saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan di era globalisasi.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


1.        Penilaian

1. SBdP dinilai dengan rubrik membatik.

 
2. Matematika dinilai dengan rubrik.

3. PPKn dinilai dengan daftar periksa.
 

4. Penilaian sikap (menghargai).
Contoh penilaian sikap dapat dilihat di lampiran 2.
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12
 

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : -
Sumber Belajar     : 1. Peralatan membatik
2. Lidi (tusuk sate)
3. Benang


Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                             JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                    NIP. 19780714 200801 2 001

 

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Kalau kubus tersebut dibuka, maka jaring-jaringnya akan terlihat seperti
berikut.

Jawab pertanyaan berikut:

1. Berapa banyak sisi yang terdapat pada kubus?

2. Berapa banyak rusuk yang terdapat pada kubus?

3. Berapa banyak titik sudut yang terdapat pada kubus?

4. Berapa banyak diagonal bidang yang terdapat pada kubus?

5. Berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada kubus?


Tulis kesimpulanmu tentang diagonal bidang dan diagonal ruang yang terdapat
pada kubus.  
  

MEDIA
TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 2

TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 2

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 6

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors