Home » » TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 1

TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 15 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 4                                        : Globalisasi
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Globaliasi di Sekitarku / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPS
3.1 Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia
3.1.1 Menjelaskan pengaruh globalisasi terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
4.1 Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita, tulisan, atau media lainnya
4.1.1 Mengomunikasikan pengaruh globalisasi terhadap berbagai aspek dalam kehidupan.

b) IPA
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1 Mengidentifikasi konversi energi listrik pada berbagai peralatan elektronik yang terdapat di sekitar siswa
4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
4.3.1 Menulis laporan tentang konversi energi listrik pada berbagai peralatan elektronik yang terdapat di lingkungan sekitar

c) Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Menulis laporan yang berisikan penjealasan tentang energi listrik dan perubahannya.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1 Menjelaskan energi listrik dan perubahannya menggunakan kosakata baku dan bahasa yang runtut

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Mengomunikasikan pengaruh globalisasi terhadap berbagai aspek dalam kehidupan dengan mengedepankan sikap cinta tanah air
2.      Menulis laporan tentang konversi energi listrik pada berbagai peralatan elektronik
3.      Menulis laporan yang berisikan penjelasan tentang energi listrik dan perubahannya

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Globalisasi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan kalimat pengantar berikut kepada siswa:
o   Kita berada di era globalisasi. Apakah kamu dapat menyebutkan dan menjelaskan fakta tentang globalisasi yang ada di sekitarmu?
o   Siswa mengamati berbagai produk yang ada di sekitar mereka.
o   Produk tersebut bisa berupa pakaian dan aksesori yang mereka kenakan.
o   Siswa juga dapat mengamati produk lainnya yang ada di sekitar mereka.
o   Siswa diminta menebak negara asal atau negara yang memproduksi barang-barang tersebut.
o   Siswa menuliskan hasil temuan mereka pada tabel yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar tentang berbagai produk dan negara yang memproduksi yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa mendiskusikan secara berkelompok hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut dari hasil pengamatan mereka sehubungan dengan globalisasi.
o   Siswa menuliskannya dalam bentuk pertanyaan.
o   Siswa menukarkan pertanyaan mereka dengan kelompok lain dan mendiskusikan jawaban bersama-sama.
o   Secara berpasangan, siswa mengamati gambar dan peta yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa menerka negara yang memproduksi produk-produk yang terdapat di sekeling peta.
o   Siswa menarik garis pada peta (dari gambar produk ke negara yang memproduksi barang tersebut).
o   Siswa menulis kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan mer
o   Siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa berikut.
o   Siswa membaca dialog yang terdapat dalam buku siswa.
o   Dialog ini membahas tentang peranan penting listrik di era globalisasi.
o   Siswa secara berkelompok menemukan benda-benda yang menggunakan energi listrik yang mereka temukan di sekitar mereka.
o   Siswa mencari tahu negara yang memproduksi produk tersebut
o   Siswa melakukan pengamatan tentang konversi energi listrik.
o   Siswa menulis laporan berdasarkan pengamatan yang mereka lakukan
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.

Pengayaan
o   Siswa menulis teks laporan eksplanasi tentang konversi energi listrik berdasarkan literatur yang mereka baca (buku perpustakaan, eksiklopedia, dan berbagai sumber dari internet. Kegiatan ini disesuaikan dengan sumber belajar yang terdapat di sekolah masing-masing).

Remedial
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami teks laporan eksplanasi (belum dapat membuat laporan eksplanasi secara tepat) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan siswa teks laporan eksplanasi sederhana dan mengidentifikasi ciri-cirinya. Kemudian, siswa berlatih menulis bagian per bagian, yang meliputi definisi umum, isi, dan penutup. Siwa dipandu oleh guru untuk menulis berdasarkan pengamatan dan fakta. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami konsep energi listrik dan perubahannya (menjawab pertanyaan dengan benar hanya 50% atau kurang) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan contoh konkret. Guru juga dapat menggunakan media gambar untuk mempermudah siswa memahami konsep. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

 
1.        Penilaian

1. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik teks laporan eksplanasi



2. IPA dinilai dengan rubrik laporan hasil pengamatan



3. IPS dinilai dengan daftar periksa
 



B.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : -
Sumber Belajar     : 1. Peralatan elektronik di sekitar siswa
2. Produk dari beberapa negara yang ada di sekitar siswa
3. Gambar-gambar berbagai produk (local dan asing)



Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                             JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                   NIP. 19780714 200801 2 001



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Amati berbagai produk yang ada di sekitarmu! Produk tersebut bisa berupa
pakaian yang kamu pakai, temanmu, dan gurumu kenakan, atau produk
lain yang ada di sekitar kelas. Bisakah kamu menerka negara mana yang
memproduksi produk tersebut?

Lengkapi tabel berikut!

TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 1

MEDIA
TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors