Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 6

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 15 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Lingkungan Sosialku/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwuju dan moral Pancasila.
3.1  Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.”
3.1.1 Mengidentifikasi pengamalan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1.2 Mengidentifikasi sarana sosial yang ada di sekitar tempat tinggal.
4.1  Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
.4.1.1 Melakukan pengamatan terhadap perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila kedua Pancasila.
4.1.2 Mengelompokkan bendabenda berdasarkan kelompok sarana sosial.

b) Bahasa Indonesia
1.1  Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang  dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3  Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.3  Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3  Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Mengidentifikasi bagianbagian surat pada teks surat.
4.3.2 Melengkapi isi teks surat tanggapan pribadi.

c) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran.
3.14.1 Mengidentifikasi data pada tabel.
3.14.2 Membandingkan data pada tabel.
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan table dan grafik batang.
4.11.1 Mengumpulkan data.
4.14. Mengumpulkan dan menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal dengan label terurut sesuai dengan grafik batang horizontal.
4.14 Menyajikan data dalam bentuk tabel..

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.”
2.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
3.      Perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran.
4.      Bagianbagian surat pada teks surat
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o  Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan pada hari sebelumnya.
o  Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman sila kedua Pancasila yang pernah dibahas pada pertemuan-pertemuan sebelumnya.
o  Siswa memberi contoh pengalaman mereka terkait pengamalan sila kedua Pancasila. (Menalar)
o  Setelah suasana belajar sudah hangat, siswa mengamati gambar pada buku siswa. (Mengamati)
o  Siswa mengamati kegiatan apa yang terdapat pada gambar, siapa saja yang terlibat, di mana, kapan kira-kira dan bagaimana kesan mereka ketika melihat gambar tersebut. (Menalar)
o  Siswa menuliskan hasil pengamatannya pada buku siswa. (Menyajikan)
o  Siswa bertanya jawab seputar gambar, apakah kegiatan pada gambar memperlihatkan bentuk pengamalan sila kedua Pancasila? (Menalar)
o  Siswa menyebutkan beberapa kegiatan pada gambar yang mencerminkan pengamalan sila kedua
o  Pancasila. (Mengomunikasikan)
o  Kemudian siswa berbagi pengetahuan tentang contoh-contoh pengamalan sila kedua yang dijumpainya di lingkungan tempat tinggalnya. (Menalar)
o  Setelah kegiatan bertanya jawab dan siswa memahami bentuk-bentuk pengamalan sila kedua
o  Pancasila, siswa menuliskan kegiatan apa saja pada gambar yang mencerminkan pengamalan sila kedua di buku siswa. (Menyajikan)
o  Siswa dapat melengkapi tulisannya dengan contoh pengamalan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (Menalar)
o  Siswa menyebutkan kembali bagian-bagian surat pribadi yang pernah dipelajarinya. (Mengomunikasikan)
o  Siswa mengamati teks surat pribadi dan menyebutkan bagian-bagian yang belum terpenuhi pada teks surat pribadi. (Mengamati)
o  Siswa melengkapi teks surat pribadi sesuai dengan keinginannya masing-masing. (Menyajikan)
o  Siswa mengamati gambar pada buku siswa. (Mengamati)
o  Siswa menggunting gambar-gambar dan menempelkannya berdasarkan kelompok sarana sosial yang tertera. (Menalar, menyajikan)
o  Setelah mempelajari berbagai kegiatan di beberapa sarana sosial, siswa menuliskan contoh-contoh kegiatan yang mencerminkan pengamalan sila kedua Pancasila di beberapa lingkungan sosial. (Menyajikan)
o  Siswa membaca teks tentang sarana sosial.
o  Siswa mengamati tabel pada buku siswa. (Mengamati)
o  Siswa berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan tabel. (Menalar)
o  Siswa melakukan kegiatan memperkirakan jumlah sarana sosial yang ada di sekitar sekolah. (Mencoba)
o  Siswa menyelesaikan tabel perkiraan pada buku siswa. (menalar)
o  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan mensyukuri karunia Tuhan. Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama dan saling menolong karena manusia tidak bisa hidup sendiri.
o  Manusia selalu menjalin hubungan dengan manusia lain dan saling melengkapi.

Remedial
o  Remedial dilakukan dengan cara-cara berikut.
o  Berlatih memberi contoh pengamalan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
o  Berlatih memberi contoh pengamalan sila keempat Pancasila di lingkungan sekolah.
o  Berlatih kembali menyebutkan sarana-sarana sosial yang ada di lingungan sekitar.
o  Berlatih mengidentifikasi bagian-bagian surat pribadi.
o  Berlatih kembali membuat surat pribadi tentang lingkungan sosial sesuai dengan kelengkapan surat.
o  Berlatih menulis huruf tegak bersambung.
o  Berlatih menggunakan operasi hitung penjumlahan berkaitan dengan uang.
o  Berlatih menyelesaikan masalah uang dengan strategi menambah.
o  Berlatih mengidentifikasi data yang terdapat pada grafik batang.
o  Berlatih membuat tabel berdasarkan data yang ada.
o  Berlatih kembali menyanyikan lagu “Desaku yang Kucinta.”
o  Berlatih melakukan berbagai gerakan untuk melatih kekuatan otot tangan.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
o  Kegiatan pengayaan dapat diberikan kepada siswa yang sudah menguasai materi pembelajaran. Kegiatan pengayaan tersebut, antara lain sebagai berikut.
o  Menyanyikan lagu Desaku yang Kucinta dengan berbagai jenis suara.
o  Mengajak siswa berkunjung ke kantor pos/kantor polisi/kantor kelurahan (balai desa)/panti asuhan/puskesmas/klinik.
o  Mengajak siswa mengumpulkan prangko.
o  Berlatih melakukan push up untuk melatih kekuatan otot tangan.
o  Melakukan lomba kegiatan berkaitan dengan melatih kekuatan otot tangan.
o  Berlomba memecahkan masalah sehari-hari berkaitan dengan uang dengan strategi menambah.
o  Berlomba dalam membuat hasil karya dekoratif dari bahan lunak.
o  Melakukan kunjungan ke pasar tradisional dan modern.
o  Mewawancarai dokter di Puskesmas atau klinik.
o  Membuat poster afirmasi berkaitan dengan lingkungan sosial dengan menulis halus.
o  Berlatih mengumpulkan data, menyajikan data dalam tabel, mengubah table menjadi grafik batang, mengubah grafik batang menjadi tabel.
o  Menggambar berbagai simbol sarana sosial.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian ranah pengetahuan dilakukan guru pada saat siswa melakukan hal-hal
berikut.
1.      Menyebutkan bagian-bagian surat pribadi (latihan pada buku siswa).
2.      Membuat lima pertanyaan berkaitan dengan teks (latihan pada buku siswa).
3.      Mengelompokkan benda berdasarkan lingkungan sosial yang sesuai (latihan pada buku siswa).
4.      Menyebutkan contoh pengamalan sila kedua (latihan pada buku siswa).
5.      Mengidentifikasi tabel tentang lingkungan sosial (latihan pada buku siswa).
6.      Menempatkan data pada tabel (latihan pada buku siswa).

3. Penilaian Ketrampilan
Daftar Periksa Melengkapi Isi Teks Surat Pribadi.

No
Kriteria
Ya
Tidak
1
Tempat menulis surat


2
Tanggal menulis surat


3
Nama yang dituju


4
Kalimat pembuka


5
Nama pengirim



Daftar Periksa Mengelompokkan Peralatan

No
Kriteria
Ya
Tidak
1
Semua benda habis terkelompokkan


2
Benda-benda terkelompokkan dengan benar


3
Guntingan tidak merusak gambar


4
Gambar tertata rapi



H. Sumber dan Media
Alat dan media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran ini, antara lain sebagai berikut.
1.      Gambar-gambar sarana sosial seperti toko, kantor polisi, bank, kantor lurah, panti asuhan, masjid, gereja, klenteng, taman kota, dan lain-lain.
2.      Gambar-gambar yang berkaitan dengan kantor pos, kantor polisi, puskesmas, toko/ warung.
3.      Buku teks pelajaran/buku siswa...



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Kunci Jawaban Lembar Penilaian
1. Harga prangko, harga kartu pos, harga amplop.
2. Jumlah prangko, kartu pos dan amplop yang dibeli.
a. Tunjukkan banyaknya amplop yang berhasil dijual dalam tabel berikut
Hari
Banyaknya Amplop Terjual
Senin
2
Selasa
4
Rabu
6
Kamis
8
Jumat
10
Sabtu
12
Minggu
14

b. Tunjukkan hasil penjualan amplop dalam bentuk grafik batang.
c. Membuat amplop sendiri, beli di toko lain, pinjam amplop teman, dan lain-lain.
3. Putih.
Ada amplop besar dan kecil dengan warna berbeda, putih dan coklat. Lani
memasukkan tiga buah surat masing-masing ke dalam sebuah amplop kecil
berwarna coklat. Ketiga surat ia masukkan ke dalam amplop besar. Karena amplop
kecilnya berwarna coklat, maka amplop besarnya berwarna putih.

4. Apa nama tempat yang dapat kamu kunjungi saat sakit?

5. Persamaan: gambar anak; anak yang bersedih; anak yang perlu bantuan
    Perbedaan : jumlah anak (empat anak dan satu anak); kondisi anak (anak diejek
                         dan anak jatuh); ada rumah dan ada sepeda

6. Grafik pengunjung kantor pos selama satu minggu.
a.    Senin
b.    Kamis
c.    50 - 45 = 5
d.   95 + 45 = 140
e.    Kantor pos tutup

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai tabel di atas.
1.   Apa saja sarana sosial yang dilihat Dayu saat pergi ke sekolah?

...................................................................................


2.   Siapa yang paling banyak menjumpai rumah saat pergi ke sekolah?

...................................................................................


3.   Apa saja sarana sosial yang dilihat Lani?

...................................................................................

4.   Siapa saja yang melihat taman kota?

...................................................................................


5.   Berapa banyak toko yang dilihat Edo?

...................................................................................

MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 6

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 6

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors