Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 5

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 15 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 4                                       : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Lingkungan Sosialku/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudanmoral Pancasila.
3.1  Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.”
3.1.1 Mengidentifikasi pengamalan sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1  Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Melakukan pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila kelima Pancasila.

b) Bahasa Indonesia
1.1  Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3  Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3  Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi teks surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menulis tegak bersambung surat tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan sosial.

c) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.1 Menentukan perbandingan data menggunakan table grafik batang, dan grafik lingkaran.
3.1.4 Mengidentifikasi data yang terdapat pada grafik batang.
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan table dan grafik batang.
4.11.1 Membandingkan data yang terdapat pada grafik batang.
4.14. Mengumpulkan dan menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal dengan label terurut sesuai dengan grafik batang horizontal.
4.14.1 Membuat tabel berdasarkan data yang terdapat pada grafik batang.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.       Simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
2.       Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial
3.      Mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan table dan grafik batang.
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengalaman belajarnya pada hari sebelumnya.
o   Guru bercerita mengenai pengalamannya saat berada di jalan raya. Kemudian, guru memancing siswa dengan pertanyaan siapa yang biasanya membantu kita menertibkan lalu lintas yang padat? Siapa yang membantu kita saat ada masalah dengan keamanan di lingkungan tempat tinggal?
o   Guru meminta siswa yang pernah dibantu polisi atau mengetahui tentang polisi untuk berbagi pengalaman tentangnya. (Mengomunikasikan)
o   Siswa mengamati gambar polisi dengan berbagai kegiatan. (Mengamati)
o   Siswa diminta menyampaikan pendapat dan informasi apa saja yang mereka ketahui berkaitan dengan gambar. Siswa dapat menuliskannya pada buku siswa. (Menalar, menyajikan)
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kantor polisi sebagai salah satu sarana yang terdapat di lingkungan sosial. (Mengamati)
o   Siswa membaca teks tentang polisi yang ada pada buku. (Mengumpulkan informasi)
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru lebih lanjut tentang kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di kantor polisi dan peran apa saja yang biasa polisi lakukan di masyarakat.
o   Setelah kegiatan membaca teks, siswa menyebutkan beberapa tugas polisi. (Mengomunikasikan)
o   Setelah memahami tugas-tugas polisi, siswa melengkapi bagan tentang tugas polisi yang ada pada buku siswa. (Menalar)
o   Siswa membaca teks surat berkaitan dengan tertib di tempat umum secara mandiri. (Menalar)
o   Siswa menyebutkan kembali bagian-bagian dari surat. (Mengomunikasikan)
o   Siswa mengamati kembali teks surat yang ditujukan untuk polisi. (Mengamati)
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan surat. (Menalar)
o   Siswa mengamati kembali surat yang ditujukan nuntuk polisi. (Mengamati)
o   Siswa menyalin isi surat dengan menulis tegak bersambung. (Mencoba)
o   Siswa melakukannya dengan teliti dan bersih dari kesalahan. (Menyajikan)
o   Menulis bersambung merupakan latihan kesabaran, ketekunan, ketelitian, kerapian, dan kebersihan
o   Siswa membaca teks bacaan tentang pengamalan sila kelima Pancasila secara berpasangan. (Mengamati)
o   Siswa menuliskan hasil diskusinya berupa tanggapan tentang beberapa masalah yang dijumpai saat berada di jalan raya. (Menalar)
o   Tanggapan dapat berkembang jika ada siswa yang bercita-cita ingin menjadi polisi. Mereka dapat menuliskannya di selembar kertas alasan mereka memilih cita-cita itu, apa yang bisa mereka lakukan untuk mencapainya, dan apa yang ingin mereka lakukan saat menjadi polisi nanti. Tulisan siswa tersebut dapat dipajang pada majalah dinding sekolah. (Menyajikan)
o   Siswa melanjutkan diskusinya tentang perbuatanperbuatan baik yang mencerminkan pengamalan sila kelima di lingkungan sekitar. (Menalar)
o   Salah satu tugas polisi adalah mengatur lalu lintas agar berjalan lancar. Kemacetan antara lain disebabkan oleh jumlah kendaraan yang melebihi kemampuan jalan raya menampungnya.
o   Siswa mengamati grafik yang menunjukkan banyaknya kendaraan melintas di depan kantor polisi dalam waktu seminggu yang diperoleh dari kantor polisi. (Mengamati)
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan data pada grafik batang di buku siswa. (Menalar).
o   Siswa berlatih membuat tabel berdasarkan data pada grafik.
o   Kegiatan diakhiri dengan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama dan saling tolong-menolong karena manusia tidak bisa hidup sendiri.
o   Manusia hendaknya selalu berbuat baik kepada sesama manusia.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
1.      Menyebutkan tugas-tugas polisi (latihan pada buku siswa).
2.      Mengidentifikasi surat (latihan pada buku siswa).
3.      Mengidentifikasi data pada grafik batang (latihan pada buku siswa).

3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian ranah keterampilan dilakukan pada keterampilan menulis tegak bersambung,
dan membuat tabel. Berikut ini rubrik penilaiannya Menulis Tegak Bersambung
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
1
Tulisan seperti contoh,
bersih, tipis tebal tepat, tulisan mudah
dibaca.
Memenuhi 4
kriteria
Memenuhi 3
kriteria.


Memenuhi 2
kriteria.

Siswa belum
mau menulis

Rubrik Membuat Tabel

No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
1
Data tertulis lengkap, data berdasarkan pada
sumber data yang
tersedia, data tertulis dengan benar, data
ditulis dengan urutan sesuai sumber data
Memenuhi 4
kriteria.


Memenuhi
3 kriteria.
Memenuhi 2
kriteria.


Tidak membuat
tabel

H. Sumber dan Media
1.      Gambar polisi
2.      Gambar kantor keamanan di lingkungan tempat tinggal
3.      Gambar kantor polisi
4.      Gambar grafik batang
5.   Buku teks pelajaran/buku siswa..


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Berilah tanggapan untuk cerita di bawah ini.

1.  Siti menyeberang jalan bersama Nenek. Mereka menyeberang melalui tempat penyeberangan. Apakah sikap Siti benar?

...................................................................................

Sebagai teman, apa yang akan kamu sampaikan pada Siti?

...................................................................................


2.   Pak Polisi telah membantumu menyeberang jalan. Bagaimana menurutmu sikap pak polisi tersebut?

...................................................................................

Apa yang akan kamu sampaikan kepada pak polisi?

...................................................................................

 MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 5

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 5

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 5

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 5

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 1
TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 2
TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors