Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 4

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 14 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Lingkungan Sosialku/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwuju dan moral Pancasila
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Mengidentifikasi pengamalan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Menyebutkan contohcontoh pengalaman sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.2 Melakukan pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila kedua.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi teks surat tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan sosial.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat surat balasan tentang peristiwa di lingkungan sosial.

c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
3.4 Mengetahui cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4.1 Mengidentifikasi cara melatih kekuatan otot tangan.
4.4 Mempraktikkan cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1  Mempraktikkan cara melatih kekuatan otot tangan melalui permainan sederhana..

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
2.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
3.      Cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengalaman belajarnya pada hari sebelumnya.
o   Guru mengulas mengenai berita di televisi atau media lain mengenai berbagai penyakit yang sedang hangat diberitakan.
o   Guru menyampaikan siswa tentang tempat manusia berobat ketika sakit.
o   Siswa berbagi pengalaman ketika sakit. (Mengomunikasikan)
o   Setelah berbagi pengalaman, guru bertanya apakah ada siswa yang sudah tahu mengenai Puskesmas
o   Siswa yang sudah tahu Puskesmas berbagi pengetahuannya kepada teman-temannya. (Mengomunikasikan)
o   Siswa mendengarkan penjelasan tentang Puskesmas dari guru. Jika memungkinkan, guru bias mengundang salah seorang dokter dari Puskesmas untuk menjelaskan Puskesmas kepada mereka. Hal
o   lain yang mungkin dilakukan adalah berkunjung ke Puskesmas.
o   Siswa berdiskusi dan berbagi cerita tentang pengalamannya pergi ke Puskesmas. (Mencoba)
o   Setelah berdiskusi tentang Puskesmas, siswa membaca teks tentang Puskesmas yang terdapat pada buku siswa. (Mengamati)
o   Setelah membaca teks tentang Puskesmas, siswa menuliskan contoh-contoh pengamalan sila kedua
o   Pancasila yang terdapat di lingkungan Puskesmas. (Menalar)
o   Siswa membaca surat pribadi yang tertera di buku siswa. (Mengamati)
o   Siswa dapat membaca surat pribadi tersebut secara estafet, misalnya setiap siswa membaca empat kalimat dan dilanjutkan empat kalimat berikutnya oleh siswa yang lain.(Mencoba)
o   Setelah membaca surat pribadi, siswa membuat pertanyaan berkaitan dengan teks yang terdapat pada buku siswa. (Menalar)
o   Setelah selesai menjawab pertanyaan, siswa berlatih membuat surat balasan yang sesuai.
o   Siswa menulis surat pada tempat yang telah disediakan. (Mencoba)
o   Usai menulis surat balasan, siswa kembali berdiskusi tentang apa yang akan dilakukan jika sakit. (Menalar)
o   Siswa berdiskusi dengan teman di sebelahnya tentang pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada teks.
o   Beberapa siswa diperkenankan mempresentasikan hasil diskusinya.
o   Siswa menyebutkan perbuatan apa saja yang ia temukan di dalam masyarakat yang berkaitan dengan pengamalan sila kedua Pancasila.
o   Siswa menyebutkan perbuatan apa yang sudah dan akan ia lakukan sebagai pengamalan sila kedua Pancasila.
o   Siswa membaca teks singkat dan mengamati gambar di sampingnya. (Mengamati)
o   Siswa menghubungkan cerita dengan gambar yang sesuai dengan cerita. (Menalar)
o   Guru menyampaikan bahwa bekerja sama dan saling menghargai merupakan pengamalan sila kedua Pancasila.
o   Mereka akan mencoba mempraktikkannya dalam sebuah permainan.
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok berpasangan.
o   Secara bergiliran siswa mencoba mempraktikkan permainan gerobak jalan.
o   Setiap kelompok pasangan berbagi cerita bagaimana caranya agar berhasil sampai pada tempat yang dituju dengan cepat.

Penutup
·         Kegiatan diakhiri dengan menyampaikan bahwa bekerja sama untuk memenangkan pertandingan itu penting dengan tetap menjaga keselamatan anggota tim maupun tim kelompok lainnya.
·         Kegiatan diakhiri dengan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk saling bekerja sama dan saling menghargai. Manusia selalu menjalin hubungan dengan manusia lain dan saling melengkapi

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dilihat dari hasil test tertulis dari buku siswa,
sebagai berikut.
1.      Mengenal pengamalan sila kedua Pancasila di Puskesmas (latihan pada buku siswa).
2.      Mengidentifikasi teks (latihan pada buku siswa).
3.      Mengidentifikasi kesesuaian teks dengan gambar (latihan pada buku siswa).

3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat keterampilan siswa pada saat membuat surat balasan dan praktik bermain gerobak jalan.



Lembar Pengamatan Membuat Surat
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak













































































































































































































































































































Kriteria 1: tempat dan tanggal pembuatan surat
Kriteria 2: salam pembuka
Kriteria 3: isi surat
Kriteria 4: salam penutup
Rubrik Bermain Gerobak Jalan
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1









2


































































































































































































































































































Kriteria 1: tempat dan tanggal pembuatan surat
Kriteria 2: salam pembuka
Kriteria 3: isi surat
Kriteria 4: salam penutup

F. Sumber dan Media
1.      Gambar dokter, perawat
2.      Gambar Puskesmas/klinik
3.      Surat Keterangan Sakit dari dokter
4.      Buku teks pelajaran/buku siswa.




Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027





LEMBAR KERJA SISWA
 (LKS)

Amati gambar dan cerita berikut ini! Hubungkan
dengan memberi garis antara gambar dan cerita
yang sesuai!
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors