Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 3

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 14 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Lingkungan Sosialku/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1    Meresapi makna anugerah Tuhan YangMaha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3    Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3    Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi isi teks tentang lingkungan sosial.
3.3.2 Mengidentifikasi teka-teki terkait isi teks tentang lingkungan sosial
4.3    Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat surat tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan sosial.

b) Matematika
1.1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3.   Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.6    Menentukan strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
4.2.  Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabannya
4.1.1 Mengenal masalah uang yang dapat diselesaikan dengan menambah.
4.1.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan uang melalui strategi penjumlahan.

c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
3.4.1 Mengidentifikasi bahan lunak untuk membuat prakarya.
4.4 Membentuk karya dekoratif dari bahan lunak.
4.4.1 Mengidentifikasi cara membuat bahan buatan yang dapat digunakan untuk membuat prakarya.
4.4.2 Membuat karya dekoratif dari bahan lunak yang telah dipilih.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
2.      Masalah uang yang dapat diselesaikan dengan menambah
3.      Karya dekoratif dari bahan lunak
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o  Guru membuka pelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untukberbagi pengalaman belajarnya pada hari sebelumnya.
o  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pasar sebagai salah satu fasilitas yang ada di lingkungan sosial.
o  Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentangpasar. (Menyajikan)
o  Setelah berbagi pengalaman, siswa mengamati gambar yang ada pada buku. Guru dapat memperkaya dengan gambar pasar dari sumber lain. (Mengamati)
o  Siswa menyebutkan apa saja yang dilihat pada gambar, siapa yang ada di sana, dan apa yang sedang mereka lakukan. (Menyajikan)
o  Guru menyampaikan bahwa pasar adalah salah satu sarana yang ada di lingkungan sekitar.
o  Siswa diberi kesempatan mengemukakan pertanyaan berkaitan dengan pasar. (Menanya)
o  Setelah mengamati gambar, siswa membaca
o  teks yang ada pada buku siswa. Siswa dapat melakukannya dengan cara estafet sampai beberapa putaran. (Mencoba)
o  Setelah membaca teks, siswa bekerja berpasangan untuk membuat pertanyaan sesuai isi teks lengkap dengan jawabannya. (Menanya)
o  Siswa menuliskan pertanyaan-pertanyaan danjawabannya pada buku siswa. (Menyajikan)
o  Setelah kegiatan menuliskan pertanyaan selesai, siswa berkesempatan bercerita tentang pengalamannya pergi ke pasar kepada teman di sebelahnya. (Mengomunikasikan)
o  Jika siswa belum pernah berpengalaman berbelanja ke pasar, siswa dapat bercerita tentang keinginannya untuk berbelanja ke pasar. (Mengomunikasikan)
o  Siswa menuliskan pengalaman pergi ke pasar dalam bentuk surat yang akan dikirim kepada salah satu temannya. Kegiatan ini bisa lebih mempererat pertemanan mereka. Bagi siswa yang belum memiliki pengalaman pergi ke pasar, isi suratnya dapat berupa keinginannya berbelanja di pasar atau pertanyaan yang ingin ia ketahui tentang pasar. (Mencoba)
o  Surat bisa dipajang di papan pajangan kelas. (Menyajikan)
o  Siswa yang telah selesai menulis surat, dapat berlatih menemukan nama-nama kegiatan yang biasa dilakukan di pasar melalui teka-teki pada buku siswa. (Mencoba)
o  Siswa mengamati harga-harga buah pada buku siswa. (Mengamati)
o  Siswa menyebutkan nama-nama buah beserta harganya. (Mengomunikasikan)
o  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa mengenai strategi menjumlah. (Menalar)
o  Siswa akan berkreasi membuat keranjang belanjadengan menggunakan bahan lunak. Keranjang belanja dibutuhkan agar kita dapat menghemat penggunaan plastik.
o  Siswa bertanya jawab dengan teman-temannya tentang jenis-jenis bahan lunak untuk membuat karya. Seorang siswa memimpin tanya jawab, siswa lainnya menjawab sesuai dengan pengalaman masing-masing. (Mengomunikasikan)
o  Siswa mengamati gambar jenis-jenis bahan lunak untuk membuat karya yang terdapat pada buku siswa. (Mengamati)
o  Siswa menyebutkan hasil pengamatannya tentang jenis-jenis bahan lunak untuk berkarya, seperti tanah liat, plastisin, dan adonan yang dibuat sendiri menggunakan bahan tepung. (Mengomunikasikan)
o  Siswa mengamati gambar urutan membuat karya dari bahan lunak. (Mengamati)
o  Siswa membuat karya dari bahan lunak. (Mencoba)
o  Urutan Membuat Karya dari Bahan Lunak
·      Tentukan bahan lunak yang akan dipakai.
·      Lenturkan bahan lunak dengan cara memukul-mukul dan meremasnya.
o  Bagi bahan menjadi beberapa bagian, untuk membuat benda dengan bagian-bagiannya, dan untuk menghias.
o  Bentuk bahan lunak menjadi seperti keranjang belanja.
o  Pilin bahan lunak untuk pegangan keranjang, lalu sematkan pada keranjang.
o  Hias keranjang dengan warna-warna bahan lunak yang beragam
o  Hiasan dapat dibuat dengan membuat ukiran pada bahan lunak dengan menggunakan benda keras seperti tusuk gigi.
o  Siswa dapat membuat benda lain yang mereka sukai

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;  a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;        a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dilakukan guru dengan melihat hasil latihan pada
buku siswa yang meliputi hal-hal berikut.
o   Mengidentifikasi teks (latihan pada buku siswa).
o   Mengenal kegiatan di pasar (latihan pada buku siswa).
o   Mengenal permasalahan berkaitan dengan uang (latihan pada buku siswa).

3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian pada ranah keterampilan dilakukan guru pada keterampilan siswa dalam
menulis surat, dan membuat keranjang dari tanah liat atau plastisin. Berikut rubrik
untuk kedua penilaian tersebut.

Rubrik Penilaian Menulis Surat
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kelengkapan
isi
Terdiri dari tempat dan waktu menulis surat, nama yang
dituju, kalimat
pembuka, isi surat, kalimat penutup, nama pengirim.
Hanya memenuhi
lima kriteria.

Memenuhi tiga
kriteria

Siswa tidak
menulis surat
2
Struktur
Kalimat
Kalimat terdiri atas
subjek, predikat,
objek atau
keterangan dan
berkaitan dengan
lingkungan sosial
Kalimat
memenuhi tiga
unsur.

Kalimat
memenuhi dua
unsur

Siswa
belum dapat
membuat
kalimat

Rubrik Keterampilan Membuat Keranjang dari Tanah Liat atau Plastisin

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kreativitas
Hasil prakarya
memadukan dua
warna/lebih,
dihias dengan
ukiran, dihias
dengan tambahan
aksesoris.
Hasil prakarya
memiliki dua
kriteria.
Hasil prakarya
hanya
berbentuk
karya dasar
dan satu
warna.


Siswa tidak
selesai
mengerjakan
prakarya
2
Kerapian
Menggunakan
bahan seperlunya,
tidak ada
bahan tersisa,
tertib dalam
mengerjakan
Memenuhi dua
kriteria.

Memenuhi satu
kriteria
Siswa
belum dapat
membuat
prakarya.

F. Sumber dan Media
1.      Gambar pasar dengan proses jual beli di dalamnya.
2.      Gambar beberapa kebutuhan yang dijual di pasar.
3.      Contoh surat pribadi.
4.      Brosur harga supermarket.
5.      Plastisin aneka warna/adonan terigu.
6.      Alat-alat membentuk hiasan pada plastisin seperti tusuk gigi.
7.      Buku teks pelajaran/buku siswa.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.   Edo membeli sebuah semangka dan dua buah jambu. Berapa uang yang harus Edo keluarkan?

..................................................................................


2.   Lani bertugas membeli sebuah nanas dan dua buah apel. Berapa jumlah uang yang harus Lani keluarkan?

..................................................................................


3.   Udin membeli dua jeruk. Ia juga membeli sebuah nanas. Udin menambahkan sebuah apel. Berapa uang yang Udin keluarkan untuk membeli jeruk, nanas, dan apel?

..................................................................................


4.   Beni dibekali uang sebanyak Rp10.000,00. Buah apa saja yang dapat ia beli, dan berapa banyak? Beri contoh!

...................................................................................
 
MEDIA
 
TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 3


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors