RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan
Sosialku/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi maknaanugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesiayang dikenal sebagai bahasa persatuan dansarana belajar
di tengahkeberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, serta permasalahan sosial di
daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
isi teks tentang lingkungan sosial.
3.3.2 Mengidentifikasi
teka-teki terkait isi teks tentang lingkungan sosial.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat surat
tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan
sosial.
b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Mengidentifikasi
pengamalan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1.2 Mengidentifikasi
pengamalan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya
terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.2 Melakukan
pengamatan terhadap perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila keempat Pancasila
4.1.3 Melakukan
pengamatan terhadap perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila kedua Pancasila.
c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan
berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.4 Mengetahui cara
memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan,
serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4.1 Mengidentifikasi
cara melatih kekuatan otot tangan.
4.4 Mempraktikkan cara memilih dan mengenakan
pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak
secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1 Mempraktikkan
cara melatih kekuatan otot melalui permainan sederhana.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi
2.
Simbol-simbol sila
pancasila dalam lambang negara “garuda pancasila”.
3. Cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan
dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka
pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pelajaran dengan menanyakan kepada siswa apa yang mereka pelajari kemarin.
o
Guru sedikit
bercerita mengenai pengalamannya yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari.
o
Siswa berbagi apa
yang telah diketahuinya dari pelajaran lalu. (Mengeksplorasi)
o
Guru menyampaikan
bahwa mereka akan belajar tentang musyawarah, menyayangi teman dan berlatih
kekuatan tangan.
o
Siswa mendapat
kesempatan berbagi pendapat tentang hal-hal yang akan dipelajari hari itu.
(Mengomunikasikan)
o
Siswa mengamati
gambar yang ada pada buku tentang balai desa dan kondisi sebuah pertemuan. (Mengamati)
o
Siswa
mengidentifikasi hasil pengamatannya, siapa saja yang ada pada gambar, apa
yang sedang dilakukan, apa yang dibicarakan, siapa pemimpinnya, dan
lain-lain. (Menalar)
o
Siswa diberi
kesempatan menanyakan apa saja yang ingin diketahuinya berkaitan dengan hasil
pengamatannya. (Menanya)
o
Siswa membaca
teks secara estafet, seorang siswa membaca sampai batas tertentu dan
dilanjutkan siswa lain. Guru menginstruksikan siapa yang akan membaca, kapan
siswa berhenti membaca, dan siapa yang harus melanjutkan temannya membaca.
Kegiatan ini dapat dilakukan beberapa kali. (Mencoba)
o
Siswa menjawab
pertanyaan sesuai teks yang dibacanya. (Menalar)
o
Setelah kegiatan
menjawab pertanyaan selesai, siswa menuliskan apa saja yang ingin
diketahuinya tentang balai desa atau kantor lurah.
o
Siswa berlatih
menulis surat yang ditujukan kepada
o
Pak Lurah atau
Pak Kepala Desa. (Mencoba)
o
Surat-surat yang
bagus dikirim ke kantor lurah atau balai desa. (Menyajikan)
o
Jika
memungkinkan, siswa mengunjungi kantor lurah di tempat tinggal masing-masing,
mereka bisa bertanya jawab dengan Pak Lurah/Kepala Desa. (Mencoba)
o
Kegiatan
dilanjutkan dengan membaca teks. (Mengamati)
o
Siswa mendapat
kesempatan membaca teks dengan nyaring secara berkelompok (bertiga atau berempat).
o
Setelah membaca
teks, siswa berdiskusi tentang sikap Dayu yang membantu Siti, dan alasan mengapa
Dayu menolong Siti. (Menalar)
o
Siswa berdiskusi
tentang pengamalan sila kedua
o
Pancasila bersama
teman-temannya. (Menalar)
o
Siswa kemudian
mengamati gambar pada buku siswa, mengidentifikasi apa yang terjadi pada gambar,
dan menuliskan sikapnya terhadap gambar yang ada. (Mengamati, menalar)
o
Kegiatan terakhir
pada hari itu adalah siswa berlatih kekuatan otot tangan. Mereka membutuhkan
otot yang kuat agar dapat menolong teman, seperti yang dilakukan Lani dan
Siti.
o
Siswa diminta
menggunakan pakaian olahraga, dan mencari teman untuk melakukan kegiatan
melatih kekuatan otot tangan secara berpasangan.
o
Sebelum kegiatan
dimulai, siswa mengamati gambar dan menyebutkan kegiatan apa saja yang dapat
dilakukan untuk melatih kekuatan otot tangan. (Menalar)
o
Siswa kembali
mengamati gambar yang ada pada buku teks pelajaran tentang cara melakukan kegiatan
tersebut. (Mencoba)
o
Siswa berdiri
saling berhadapan dengan pasangan masing-masing. Kemudian, mereka bersamasama
berlatih saling mendorong tangan, saling mendorong bahu, dan gerobak dorong
di halaman sekolah. (Melakukan).
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
pengetahuan dilakukan secara tes tertulis yang terdapat pada buku siswa,
yaitu sebagai
berikut.
• Mengenal pengamalan sila keempat Pancasila (latihan pada buku siswa).
• Mengenal pengamalan sila kedua Pancasila (latihan pada buku siswa).
3. Penilaian
Ketrampilan
Penilaian pada
ranah keterampilan, dilakukan guru pada saat siswa membaca sebuah
teks yang terdapat
dalam buku siswa. Penilaian keterampilan dilihat dari kriteria
keterampilan
membaca, seperti pada rubrik berikut.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Volume
suara
|
Suara
terdengar
jelas
|
Sebagian
besar suara
terdengar
jelas
|
Sebagian suara
tidak terdengar
jelas
|
Suara tidak
terdengar
|
2
|
Kelancaran
|
Sangat
lancar
|
Ada
bagian
yang
sedikit
tersendat
|
Tersendatsendat
Tapi tuntas
|
Belum mampu
membaca
|
|
Intonasi
|
Tertata
rapi
|
Kadang
datar
|
Datar
|
Sulit
terdeteksi
|
H. Sumber dan Media
1. Lambang
negara Pancasila, khususnya sila kedua dan keempat Pancasila.
2. Kertas
surat.
3. Buku teks pelajaran tematik..
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment