Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 2

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 14 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Lingkungan Sosialku/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1  Meresapi maknaanugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesiayang dikenal sebagai bahasa persatuan dansarana belajar di tengahkeberagaman bahasa daerah.
2.3  Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3  Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi isi teks tentang lingkungan sosial.
3.3.2 Mengidentifikasi teka-teki terkait isi teks tentang lingkungan sosial.
4.3  Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat surat tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan sosial.

b) PPKn
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Mengidentifikasi pengamalan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1.2 Mengidentifikasi pengamalan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.2 Melakukan pengamatan terhadap perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila keempat Pancasila
4.1.3 Melakukan pengamatan terhadap perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila kedua Pancasila.

c) PJOK
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.4  Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7  Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.4 Mengetahui cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4.1 Mengidentifikasi cara melatih kekuatan otot tangan.
4.4  Mempraktikkan cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1 Mempraktikkan cara melatih kekuatan otot melalui permainan sederhana.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
2.      Simbol-simbol sila pancasila dalam lambang negara “garuda pancasila”.
3.      Cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kepada siswa apa yang mereka pelajari kemarin.
o   Guru sedikit bercerita mengenai pengalamannya yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
o   Siswa berbagi apa yang telah diketahuinya dari pelajaran lalu. (Mengeksplorasi)
o   Guru menyampaikan bahwa mereka akan belajar tentang musyawarah, menyayangi teman dan berlatih kekuatan tangan.
o   Siswa mendapat kesempatan berbagi pendapat tentang hal-hal yang akan dipelajari hari itu. (Mengomunikasikan)
o   Siswa mengamati gambar yang ada pada buku tentang balai desa dan kondisi sebuah pertemuan. (Mengamati)
o   Siswa mengidentifikasi hasil pengamatannya, siapa saja yang ada pada gambar, apa yang sedang dilakukan, apa yang dibicarakan, siapa pemimpinnya, dan lain-lain. (Menalar)
o   Siswa diberi kesempatan menanyakan apa saja yang ingin diketahuinya berkaitan dengan hasil pengamatannya. (Menanya)
o   Siswa membaca teks secara estafet, seorang siswa membaca sampai batas tertentu dan dilanjutkan siswa lain. Guru menginstruksikan siapa yang akan membaca, kapan siswa berhenti membaca, dan siapa yang harus melanjutkan temannya membaca. Kegiatan ini dapat dilakukan beberapa kali. (Mencoba)
o   Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya. (Menalar)
o   Setelah kegiatan menjawab pertanyaan selesai, siswa menuliskan apa saja yang ingin diketahuinya tentang balai desa atau kantor lurah.
o   Siswa berlatih menulis surat yang ditujukan kepada
o   Pak Lurah atau Pak Kepala Desa. (Mencoba)
o   Surat-surat yang bagus dikirim ke kantor lurah atau balai desa. (Menyajikan)
o   Jika memungkinkan, siswa mengunjungi kantor lurah di tempat tinggal masing-masing, mereka bisa bertanya jawab dengan Pak Lurah/Kepala Desa. (Mencoba)
o   Kegiatan dilanjutkan dengan membaca teks. (Mengamati)
o   Siswa mendapat kesempatan membaca teks dengan nyaring secara berkelompok (bertiga atau berempat).
o   Setelah membaca teks, siswa berdiskusi tentang sikap Dayu yang membantu Siti, dan alasan mengapa Dayu menolong Siti. (Menalar)
o   Siswa berdiskusi tentang pengamalan sila kedua
o   Pancasila bersama teman-temannya. (Menalar)
o   Siswa kemudian mengamati gambar pada buku siswa, mengidentifikasi apa yang terjadi pada gambar, dan menuliskan sikapnya terhadap gambar yang ada. (Mengamati, menalar)
o   Kegiatan terakhir pada hari itu adalah siswa berlatih kekuatan otot tangan. Mereka membutuhkan otot yang kuat agar dapat menolong teman, seperti yang dilakukan Lani dan Siti.
o   Siswa diminta menggunakan pakaian olahraga, dan mencari teman untuk melakukan kegiatan melatih kekuatan otot tangan secara berpasangan.
o   Sebelum kegiatan dimulai, siswa mengamati gambar dan menyebutkan kegiatan apa saja yang dapat dilakukan untuk melatih kekuatan otot tangan. (Menalar)
o   Siswa kembali mengamati gambar yang ada pada buku teks pelajaran tentang cara melakukan kegiatan tersebut. (Mencoba)
o   Siswa berdiri saling berhadapan dengan pasangan masing-masing. Kemudian, mereka bersamasama berlatih saling mendorong tangan, saling mendorong bahu, dan gerobak dorong di halaman sekolah. (Melakukan).

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan secara tes tertulis yang terdapat pada buku siswa,
yaitu sebagai berikut.
• Mengenal pengamalan sila keempat Pancasila (latihan pada buku siswa).
• Mengenal pengamalan sila kedua Pancasila (latihan pada buku siswa).

3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian pada ranah keterampilan, dilakukan guru pada saat siswa membaca sebuah
teks yang terdapat dalam buku siswa. Penilaian keterampilan dilihat dari kriteria
keterampilan membaca, seperti pada rubrik berikut.

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Volume suara
Suara
terdengar
jelas
Sebagian
besar suara
terdengar
jelas
Sebagian suara tidak terdengar
jelas
Suara tidak
terdengar
2
Kelancaran
Sangat
lancar
Ada bagian
yang sedikit
tersendat
Tersendatsendat
Tapi tuntas
Belum mampu
membaca

Intonasi
Tertata rapi
Kadang
datar
Datar
Sulit
terdeteksi

H. Sumber dan Media
1.      Lambang negara Pancasila, khususnya sila kedua dan keempat Pancasila.
2.      Kertas surat.
3.      Buku teks pelajaran tematik..



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Tulislah surat lengkap dengan bagian-bagiannya


………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………….


MEDIA

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 1

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 1

TEMA 4 KELAS 3 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors