Home » » TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 3

TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 15 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 4                                        : Globalisasi
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Globaliasi di Sekitarku / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) PJOK
3.4 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri.
3.4.1 Menyebutkan keterampilan dasar langkah dalam olahraga beladiri silat
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri.
4.4.1 Mempraktikkan keterampilan dasar langkah dalam olahraga beladiri silat

b) IPA
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1 Mengidentifikasi konversi energi listrik pada berbagai peralatan elektronik yang terdapat di sekitar siswa
4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
4.3.1 Menulis laporan tentang konversi energi listrik pada berbagai peralatan elektronik yang terdapat di lingkungan sekitar

c) Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Menjelaskan energi listrik dan perubahannya menggunakan kosakata baku dan bahasa yang runtut
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1 Menceritakan tentang energi listrik dan perubahannya.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
  1. Kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor
  2. Energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi
  3. Isi teks penjelasan (eksplanasi)
 D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Globalisasi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan bahwa warisan budaya
o   Indonesia yang dikenal dunia tidak hanya batik. Di bidang olahraga, pencak silat, salah satu ilmu bela diri khas nusantara juga merupakan warisan budaya yang mendunia
o   Guru menyampaikan bahwa siswa akan mempelajari olahraga bela diri pencak silat.
o   Siswa akan mempelajari teknik dasar dalam gerakan pencak silat. Teknikdasar tersebut meliputi: langkah, pasang, serangan, dan belaan.
o   Siswa mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa
o   Siswa dapat bertanya langsung kepada guru tentang hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut tentang teknik dasar langkah.
o   Siswa mempraktikkan teknik dasar langkah. Sebelumnya, siswa memperhatikan peragaan yang dilakukan oleh guru dengan teliti.
o   Siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa menjawab pertanyaan berikut
  • Apakah kamu pernah mengalami hal serupa?
  • Apa saja kegiatan yang terganggu ketika listrik mati?
o   Siswa mendiskusikan pertanyaan tersebut secara berkelompok.
o   Kemudian, siswa diminta membaca teks pada buku siswa
o   Siswa menceritakan secara bergiliran pengalaman mereka ketika tiba-tiba
o   listrik mati ketika mereka menggunakan teknologi yang memerlukan listrik dalam kelompok.
o   Siswa mencatat hal penting dari cerita teman mereka.
o   Berdasarkan cerita dari teman, siswa menulis laporan yang berisi penjelasan tentang cerita teman mereka menggunakan kosakata baku.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.

Pengayaan
o   Siswa menulis teks laporan eksplanasi tentang konversi energi listrik berdasarkan literatur yang mereka baca (buku perpustakaan, eksiklopedia, dan berbagai sumber dari internet). Kegiatan ini disesuaikan dengan sumber belajar yang terdapat di sekolah masing-masing.

Remedial
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami teks laporan eksplanasi (belum dapat membuat laporan eksplanasi secara tepat) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan siswa teks laporan eksplanasi sederhana dan mengidentifikasi ciri-cirinya. Kemudian, siswa berlatih menulis bagian per bagian, yang meliputi definisi umum, isi, dan penutup. Siwa dipandu oleh guru untuk menulis berdasarkan pengamatan dan fakta. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami konsep energi listrik dan perubahannya (menjawab pertanyaan dengan benar hanya 50% atau kurang) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan contoh konkret. Guru juga dapat menggunakan media gambar untuk mempermudah siswa memahami konsep. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.


 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


1.        Penilaian

1. PJOK dinilai dengan daftar periksa.

 

2. Bahasa Indonesia dinilai dengan Rubrik teks laporan eksplanasi.
 
3. IPA dinilai dengan rubrik laporan hasil pengamatan.
Catatan: Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.

4. IPA dinilai dengan daftar periksa

5. Penilaian sikap (tanggung jawab, kerja keras).
Contoh penilaian sikap dapat dilihat di lampiran 2.

B.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : -
Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan


Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                             JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                   NIP. 19780714 200801 2 001

MEDIA

TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 3


TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 1
TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors