Home » » TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 5

TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 15 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 4                                        : Globalisasi
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Globaliasi di Sekitarku / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Matematika
3.6 Mengenal diagonal ruang dan diagonal sisi dalam bangun ruang sederhana
3.6.1 Menjelaskan tentang diagonal ruang dan diagonal bidang pada balok
4.2 Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang menghubungkan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut dan menggambarkannya dalam bentuk sketsa
4.2.1 Menerapkan pengetahuan tentang sifat-sifat kubus dan balok dengan merancang kemasan

b) SBdP
3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
3.1.1 Mendeskripsikan langkah-langkah membatik dengan teknik merintang warna
4.2 Menggambar di atas kain dengan teknik merintang warna
4.13 Membuat karya kerajinan batik berdasarkan motif hias daerah
4.13.1 Membuat batik berdasarkan motif daerah

c) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia.
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
3.6.1 Menjelaskan saling ketergantunga dalam era globalisasi
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
4.6.1 Melakukan debat tentang saling ketergantungan dalam era globalisasi

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Membatik dengan teknik merintang warna
2.      Memecahkan masalah
3.      Melakukan debat tentang saling ketergantungan di era globalisasi

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Globalisasi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa melanjutkan kegiatan membatik dengan mempersiapkan gambar motif batik yang telah mereka buat sebelumnya.
o   Siswa mengikuti instruksi tentang langkah- langkah membatik berikut dengan cermat dan hati-hati.
o   Siswa mengamati langkah-langkah berikut dan melaksanakan secara bertahap.

Guru menyampaikan:
o   Setelah kamu selesai membatik, sekarang selesaikan soal tentang kemasan batik
o   Siswa menulis penjelasan cara menyelesaikan soal tersebut.
o   Siswa mengamati kotak batik dari karton
o   Siswa berlatih untuk melakukan debat dengan secara berkelompok.
o   Kelompok Pro dan Kontra akan berlatih di tempat terpisah.
o   Siswa dapat melakukannya di luar ruangan (halaman sekolah atau tempat di sekitar sekolah) yang nyaman untuk berlatih.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.

Pengayaan
o   Siswa dapat bereksplorasi dengan berbagai kubus dan balok untuk mengetahui lebih jauh tentang diagonal bidang dan diagonal ruang yang terdapat pada bangun tersebut.

Remedial
o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami konsep tentang diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus dan balok (menyelesaikan dengan benar 50% atau kurang soal yang diberikan) akan mengikuti program remedial.
o   Guru dapat membantu siswa dengan menggunakan benda konkret. Selain itu, guru akan mengulang kembali penanaman konsep secara bertahap dimulai dari yang mudah dipahami. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan kepada siswa yang belum memahami tentang saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan di era globalisasi.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.


 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




1.        Penilaian

2. Matematika dinilai dengan angka (skoring).  
3. PPKn dinilai dengan daftar periksa.

4. Penilaian sikap (menghargai).
Contoh penilaian sikap dapat dilihat di lampiran 2. 


F. Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar

Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                       : Peralatan membatik
Sumber Belajar    : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan


Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                               JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                     NIP. 19780714 200801 2 001
 










LEMBAR KERJA SISWA

(LKS)

Buatlah jaring-jaring dan sketsa kemasan batik tersebut pada kertas berpetak
berikut :

TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 5

TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 5

TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 5

TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 1
TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 2
TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 3 


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors