Home » » TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 6

TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 15 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 4                                        : Globalisasi
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Globaliasi di Sekitarku / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia.
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
3.6.1 Menjelaskan saling ketergantungan dalam era globalisasi
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
4.6.1 Melakukan debat tentang saling ketergantungan dalam era globalisasi

b) PJOK
3.4 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan (dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri.
3.4.1 Menyebutkan keterampilan dasar langkah dalam olahraga beladiri silat
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri.
4.4.1 Mempraktikkan keterampilan dasar langkah dalam olahraga beladiri silat

c) Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Menjelaskan energi listrik dan manfaatnya menggunakan kosakata baku dan bahasa yang runtut
4.2  Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1 Menceritakan tentang energi listrik dan manfaatnya.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :

  • Mempraktikkan keterampilan dasar kuda-kuda dalam pencak silat
  • Menulis laporan tentang konversi energi listrik
  • Mengomunikasikan tentang energi listrik dan perubahannya

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Globalisasi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan bahwa pada kegiatan olahraga hari ini siswa akan melanjutkan latihan silat. Setelah bugar nanti, siswa akan melanjutkan kegiatan dengan debat tentang globalisasi dan saling ketergantungan antarnegara.
o   Guru menyampaikan bahwa sebelumnya siswa telah mempelajari tentang keterampilan dasar langkah dalam pencak silat.
o   Siswa akan belajar lebih lanjut tentang jenis-jenis langkah.
o   Guru meminta siswa mengamati berbagai variasi langkah yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa mengamati teknik melakukan keterampilan dasar kuda-kuda dalam pencak silat.
o   Siswa mempraktikkan keterampilan dasar kuda-kuda dalam pencak silat.
o   Guru memandu siswa mempraktikkan keterampilan dasar kuda-kuda.
o   Siswa memperhatikan peragaan yang dilakukan oleh guru.
o   Siswa mengikuti aba-aba dari guru.
o   Setelah selesai melakukan pencak silat, siswa menguji pengetahuan dan keterampilan mereka dalam debat.
o   Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tata cara pelaksanaan debat.
o   Guru meminta siswa memperhatikan dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan ketika teman mereka mendapat giliran berbicara.
o   Setelah selesai melaksanakan debat, siswa menulis kesimpulan yang berisikan penjelasan materi debat.

o   Siswa mengerjakan latihan evaluasi.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.

Pengayaan
         Siswa memperkaya wawasan mereka dengan membaca berbagai sumber bacaan tentang globalisasi dan saling ketergantungan antarnegara.

Remedial
         Siswa yang belum tuntas dalam memahami teks laporan eksplanasi (belum dapat membuat laporan eksplanasi secara tepat) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan memberikan siswa teks laporan eksplanasi sederhana dan mengidentifikasi ciri-cirinya. Kemudian, siswa berlatih menulis bagian per bagian, yang meliputi definisi umum, isi, dan penutup. Siwa dipandu oleh guru untuk menulis berdasarkan pengamatan dan fakta. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
         Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



1.        Penilaian
1. PJOK dinilai dengan daftar periksa.


2. Bahasa Indonesia dinilai dengan rubrik teks eksplanasi.


3. PPKn dinilai dengan rubrik


         Siswa mendiskusikan tentang keterampilan silat yang telah dipelajari hari ini.
         Siswa memperagakan kepada cara melakukannya.
         Siswa memintar komentar dan pendapat orang tua.

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : -
Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan



Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                             JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                   NIP. 19780714 200801 2 001

Lembar Kerja Siswa
(LKS)




1.   Tulislah contoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan kesimpulan tentang kubus pada diagram frayer berikut. Buatlah gambar ketika memberikan contoh dan bukan contoh dari kubus. 
TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 6

2.  Tulislah contoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan definisi balok pada diagram frayer berikut. Buatlah gambar ketika memberikan contoh dan bukan contoh dari balok

 
TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 6



TEMA 4 KELAS 6 SUB 1 PB 6



1.  a. A1-D1 : Langkah lurus depan kiri
b. A2-D1 : Langkah lurus depan kanan
c. A1-D2 : Langkah lurus mundur kiri
d. A2-D2 : Langkah lurus mundur kanan

2.  a. A1-B1 : Langkah samping kiri
b. A2-B2 : Langkah samping kanan
3. a. A1-C1 : Langkah serong depan kiri
b. A2-C2 : Langkah serong depan kanan
c. A1-C3 : Langkah serong belakang kiri
d. A2-C4 : Langkah serong belakang kanan
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors