Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 1

TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 16 November 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                       : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Permasalahan di Lingkungan Sosial/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi teks surat tanggapan pribadi tentang permasalahan di lingkungan sosial.
3.3.2 Membuat tanggapan terhadap surat pribadi tentang permasalahan di lingkungan sosial.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Mengidentifikasi teks tentang permasalahan sosial.

b) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6 Menentukan strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
3.6.1 Mengenali masalah yang dapat diselesaikan dengan mengurangi sejumlah uang.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.2.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang dengan pengurangan
.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
3.4.1 Mengidentifikasi bahan alam dan bahan buatan yang dapat digunakan untuk membuat prakarya.
4.4 Membentuk karya dekoratif dari bahan lunak.
4.4.1 Membuat karya dekoratif dari bahan lunak yang telah dipilih.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
2.      Strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
3.      Cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
o   Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat pada halaman pembuka. Guru meminta siswa memberikan pendapat mengenai gambar tersebut. (Mengamati, menalar)
o   Guru menyampaikan bahwa dalam minggu ini mereka akan membahas beberapa permasalahan yang terkait dengan kebiasaan manusia yang dapat mengganggu kenyamanan seperti yang tertera pada gambar.
o   Guru meminta seorang siswa membaca teks surat dengan nyaring dan siswa lainnya menyimak. (Mengamati)
o   Guru memberikan kesempatan kepada tiga orang siswa membaca teks surat dan puisi yang ada di dalamnya secara bergantian. (Mencoba)
o   Siswa lain mengamati temannya membaca. (Mengamati)
o   Guru memberi masukan tentang cara membaca teks surat dan puisi, dan memberi contoh cara membaca puisi. (Mengamati)
o   Siswa kembali mengamati isi surat. (Mengamati)
o   Siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi surat. (Menalar)
o   Seorang siswa memimpin tanya jawab tentang manfaat sungai. (Menalar)
o   Seorang siswa lainnya menuliskan jawaban temantemannya di papan tulis. (Menyajikan)
o   Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang manfaat sungai. (Mengamati)
o   Siswa menyebutkan apa saja manfaat sungai yang tertera pada teks bacaan. (Mengonfirmasikan)
o   Siswa menyebutkan akibat sungai tidak terawat. (Menalar)
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi dengan anggota maksimal lima siswa.
o   Siswa berdiskusi tentang manfaat sungai bagi kehidupan manusia, perbedaan sungai yang bersih dan kotor, tanda-tanda sungai bersih dan kotor, mengapa sungai ada yang bersih dan ada yang kotor, apa akibat sungai kotor, dan apa yang dapat mereka lakukan agar sungai tetap bersih sehingga bisa memberi manfaat. (Menalar)
o   Siswa menuliskan hasil diskusi di tempat yang telah disediakan. (Menyajikan)
o   Salah seorang siswa di dalam setiap kelompok menyalin hasil diskusi kelompoknya di kertas tersendiri, dihias, dan dipajang di papan pajangan kelas. (Menyajikan)
o   Siswa mengamati teks permasalahan yang berkaitan dengan uang yang dapat diselesaikan dengan mengurangi. (Mengamati)
o   Siswa mengamati contoh penyelesaian permasalahan yang berkaitan dengan uang pada buku siswa. (Mengamati)
o   Siswa berlatih menghitung dan memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan uang pada buku siswa. (Mencoba)
o   Siswa membaca teks pada buku siswa. (Mengamati)
o   Siswa diajak berbagi pendapat tentang kegiatan yang biasa dilakukan anak-anak yang tinggal di dekat sawah yang tak jauh dari sungai. (Menalar)
o   Siswa menemukan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan adalah bermain dengan tanah lempung dan membuat berbagai bentuk mainan dari tanah lempung. Mereka suka membuat alat dapur, mobil, telepon, radio, dan lain sebagainya seperti yang tertera pada buku siswa. (Mengeksplorasi)
o   Siswa menyebutkan bahan lain yang dapat digunakan selain tanah lempung. (Menalar)
o   Siswa membentuk berbagai benda dari bahan lunak.
o   Misalnya, alat rumah tangga, alat transportasi, dan alat komunikasi. Bahan yang dapat digunakan, antara lain plastisin aneka warna, tanah liat atau adonan yang dibuat dari tepung, lalu diberi pewarna. (Mencoba)
o   Setelah selesai berkreasi, semua siswa memajang hasil karyanya di tempat yang telah disediakan dan diberi nama. (Menyajikan)
o   Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi. Kemudian, siswa menutup kegiatan pada hari ini dengan rasa syukur kepada
o   Tuhan, dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, serta saling menolong dalam menjaga semua pemberian Tuhan. Siswa memahami bahwa apa yang diberikan Tuhan adalah milik bersama dan harus dijaga bersamasama pula.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
1. Menjawab pertanyaan tentang isi surat (latihan pada buku siswa).
2. Menyelesaikan masalah penjumlahan yang melibatkan uang (latihan pada buku
siswa).
Berikut ini skor penilaian yang digunakan.
Skor penilaian: 100
Skor =  x 100

Panduan Konversi Nilai:
Rentang score
Rentang Angka
Huruf
96,25 - 100
3,85 - 4,00
A
87,75 - 96
3,51 – 3,84
A-
79,5 – 87,5
3,18 - 3,50
B+
71,25 - 79,25
2,85 - 3,17
B
62,75 - 71
2,51 - 2,84
B-
54,5 – 62,5
2,18 - 2,50
C+
46,25 – 54,25
1,85 - 2,17
C
37,75 - 46
1,51 - 1,84
C-
29,5 – 37,5
1,18 - 1,50
D+
25 – 29,25
1,00 - 1,17
D

3. Penilaian Ketrampilan
Rubrik Kegiatan Membaca Teks
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Suara terdengar
jelas, nada tepat, jeda
tepat.
Memenuhi
semua kriteria
Memenuhi dua
kriteria
Memenuhi satu kriteria.
Belum
Memenuhi kriteria
2
Tampil percaya
diri, menatap
pendengar,
berdiri tegak
Memenuhi
semua kriteria


Memenuhi dua
kriteria.
Memenuhi satu kriteria
Belum
memenuhi
kriteria

 
Daftar Periksa Membuat Benda Menggunakan Bahan Lunak
No
Nama Siswa
Kreatif
Rapi
Antusia
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
Afiya Chairunnisa






2
Agung Arais






3
Ainaya Yarid Khaira






4
Aliva Nafisha Adiena






5
Alif Al Gibral






6
Akramul Akbar






7
Arrayyan Akbar






8
Amira Najla






9
Cut Dina Amelia






10
Fawniya






11
Hafidh Ramadhan






12
Iffah Mursyidah






13
Ikhsan Fadhilah






14
Luna Salsabila Saskia






15
Luluatul Fuadah






16
Maqsalmina






17
M. Farel Alfitra






18
M.Syuhada






19
Muhammad Alif Aulia






20
Muammar Hafizh






21
Nasywa Zilya Ulhaq






22
Reva Umira






23
Rita Safitri Yana






24
Rishad Albirra Maulana






25
Raudhatul Muna






26
Raifa Qatrun Nada






27
Sausan Rahmatillah






28
T. Firdaus






29
Tiara Anggelina






30
Ulfa Syahratul Izzah






31
Aldi Jefri Ananda






32
Dicky Novrian






33
Alfin








F. Sumber dan Media
1.      Berbagai pecahan uang kertas dan logam
2.      Gambar-gambar sungai dan pemanfaatannya
3.      Gambar/poster sungai yang bersih dan indah
4.      Plastisin/tanah liat/ adonan tepung
5.      Contoh bentuk peralatan rumah yang terbuat dari bahan lunak
6.      Buku teks pelajaran/buku siswa



Mengetahui,                                                                        Tijue, 2 November 2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




 

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

 
Setelah membaca surat Dayu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.      Siapa yang menulis surat? 

2.      Kepada siapa surat itu ditujukan? 

3.      Kapan surat itu dibuat?   

4.      Di mana surat itu dibuat? 

       5.      Apa yang diceritakan di dalam surat tersebut?  


MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors