Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 2

TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 16 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Permasalahan di Lingkungan Sosial/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi isi teks tanggapan pribadi tentang permasalahan sosial.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat surat tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan sosial.

b) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.4 Mengetahui cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4.1 Mengidentifikasi cara melatih kekuatan otot kaki
4.4 Mempraktikkan cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1 Mempraktikkan cara melatih kekuatan otot kaki melalui permainan sederhana.
.
c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.3.1 Mengidentifikasi keberagaman kebiasaan individu berkaitan dengan lingkungan sekitar.
4.3 Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
4.3.1 Memberi tanggapan terhadap keragaman perilaku sehari-hari berkaitan dengan lingkungan sekitar.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      isi teks tanggapan pribadi tentang permasalahan sosial
2.      cara melatih kekuatan otot kaki
3.      keberagaman kebiasaan individu berkaitan dengan lingkungan sekitar.
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berbagi pengalaman belajarnya pada hari sebelumnya.
o   Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menjaga taman milik bersama.
o   Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang bermain di taman. (Mengomunikasikan)
o   Siswa mengamati gambar, berdiskusi dan memberikan tanggapan atau pertanyaan yang berkaitan dengan gambar. (Mengamati, dan menalar)
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang berbagai sarana umum yang ada di sekitar tempat tinggal, salah satunya adalah taman bermain. Kebersihan dan kerapian taman menjadi tanggung jawab semua warga.
o   Siswa membaca teks tentang salah satu sarana umum, yaitu taman. (Mengamati)
o   Setelah membaca teks tentang taman, siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang dibacanya. (Menalar)
o   Siswa dapat menanyakan hal-hal yang ingin diketahuinya lebih dalam tentang permasalahan yang ada pada teks.
o   Siswa bertanya jawab tentang taman bermain yang diinginkan. (Menalar)
o   Siswa bertanya jawab tentang permasalahan yang biasa ditemui di taman bermain, seperti dinding yang kotor, sampah yang bertebaran, dan alat-alat bermain yang rusak. (Menalar)
o   Siswa secara berkelompok mengamati potongan gambar yang menunjukkan sikap saat bermain di taman. (Mengamati)
o   Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan gambar yang diamatinya. (Menalar)
o   Siswa menuliskan jawaban pertanyaan-pertanyaan pada bukunya masing-masing berdasarkan hasil diskusi kelompok. (Menyajikan)
o   Perwakilan kelompok membacakan jawaban kelompoknya atas pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa. (Mengonfirmasi)
o   Kelompok lain menyimak saat temannya membacakan jawaban kelompoknya. (Mengamati)
o   Siswa membaca teks “Lingkungan Tempat Tinggal” secara bergantian. (Mencoba)
o   Siswa menggarisbawahi bagian-bagian pada teks yang dianggap penting. (Mengeksplorasi)
o   Siswa bertanya jawab tentang kata-kata yang baru diketahuinya. (Mencari tahu)
o   Siswa membaca kembali teks “Lingkungan Tempat
o   Tinggal.” (Mengamati)
o   Siswa melengkapi pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan isi teks. (Menalar)
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dibuatnya sendiri. (Mengonfirmasi)
o   Siswa membuat surat pribadi tentang lingkungan tempat tinggalnya pada buku siswa. (Mencoba)
o   Surat bisa ditujukan kepada siapa saja yang ada di sekitar sekolah. (Menyajikan)
o   Siswa mengamati gambar tentang kegiatan Didi, anak Pak Amir yang bertugas membeli air bersih. (Mengamati)
o   Siswa menyebutkan bagian anggota tubuh mana saja yang banyak digunakan Didi untuk membawa air bersih. (Menalar)
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa untuk berjalan sambil membawa beban, Didi membutuhkan kaki yang kuat.
o   Siswa mengamati gambar tentang gerakan yang melibatkan kaki pada buku siswa. (Mengamati)
o   Siswa mengamati contoh yang diberikan guru tentang cara melakukan gerakan yang tertera pada gambar. (Mengamati)
o   Siswa membentuk barisan untuk berlatih gerakan yang dapat menguatkan otot kaki secara berulang. (Mencoba)
o   Siswa melakukan latihan hingga terlihat kompak melakukan gerakan. (Mencoba)
o   Sebelum mengakhiri kegiatan dan berganti pakaian, siswa melakukan pendinginan. (Mencoba)
o   Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan, serta menyimpulkan bahwa
o   Tuhan menciptakan manusia untuk bertanggung jawab atas segala karunia yang telah diberikan Tuhan, bekerja sama dan saling menolong untuk memelihara semua karunia-Nya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian ranah pengetahuan pada pembelajaran 2 dilakukan secara tes tertulis yang
terdapat pada buku siswa, yaitu dengan:
1.      Mengidentifikasi teks (latihan pada buku siswa)
2.      Mengenali permasalahan kebersihan fasilitas umum (latihan pada buku siswa).

3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian ranah keterampilan dilakukan guru pada keterampilan siswa membuat surat pribadi, dan melakukan kegiatan melatih otot kaki. Berikut ini lembar pengamatan untuk ranah keterampilan.

Lembar Pengamatan Membuat Surat Pribadi
No
Bagian Surat
Terlihat
Tidak Terlihat
1.
Tempat menulis surat


2.
Tanggal pembuatan surat


3.
Nama yang dituju


4.
Salam pembuka


5.
Isi surat


6.
Salam penutup


7.
Nama pengirim



  Lembar Pengamatan Kegiatan Melatih Otot Kaki
No
Nama Siswa
Kegiatan 1
Kegiatan 2
Kegiatan 3
Kegiatan  4
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
Afiya Chairunnisa








2
Agung Arais








3
Ainaya Yarid Khaira








4
Aliva Nafisha Adiena








5
Alif Al Gibral








6
Akramul Akbar








7
Arrayyan Akbar








8
Amira Najla








9
Cut Dina Amelia








10
Fawniya








11
Hafidh Ramadhan








12
Iffah Mursyidah








13
Ikhsan Fadhilah








14
Luna Salsabila Saskia








15
Luluatul Fuadah








16
Maqsalmina








17
M. Farel Alfitra








18
M.Syuhada








19
Muhammad Alif Aulia








20
Muammar Hafizh








21
Nasywa Zilya Ulhaq








22
Reva Umira








23
Rita Safitri Yana








24
Rishad Albirra Maulana








25
Raudhatul Muna








26
Raifa Qatrun Nada








27
Sausan Rahmatillah








28
T. Firdaus








29
Tiara Anggelina








30
Ulfa Syahratul Izzah








31
Aldi Jefri Ananda








32
Dicky Novrian








33
Alfin









Keterangan:
Kegiatan 1 : berjalan biasa
Kegiatan 2 : berjalan mengangkat paha tinggi-tinggi
Kegiatan 3 : berjalan dengan tumit menyentuh paha belakang
Kegiatan 4 : berjalan dengan melayangkan kaki ke depan

F. Sumber dan Media
1.      Potongan kartu berisi gambar hal-hal yang boleh dilakukan saat bermain di taman. Misalnya:
2.      Belajar bersama
3.      Membuang sampah pada tempatnya
4.      Membersihkan taman
5.      Berbagi dengan orang lain
6.      Buku teks pelajaran/buku siswa



Mengetahui,                                                                        Tijue, 3  November  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                             NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027

.



Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Buatlah pertanyaan dari teks yang baru saja kamu
baca!
Gunakan kata tanya berikut!
1.   Apa ....


 
 2.   Siapa ....
  


3.   Kapan ....
  


4.   Dimana ....
 

 
 5.   Mengapa ....


MEDIA

TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 2

 

 TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors