Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 3

TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 16 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                       : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Permasalahan di Lingkungan Sosial/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3.1 Mengidentifikasi isi teks tentang permasalahan sosial.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Memberi tanggapan terhadap permasalahan lingkungan sosial yang ada pada teks

b) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6 Menentukan strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
3.6.1 Mengenali masalah yang dapat diselesaikan dengan mengurangi sejumlah uang.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian,  pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.2.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang dengan pengurangan
.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif.
3.1.1 Mengidentifikasi karya seni dekoratif.
3.1.2 Membuat karya seni berupa gambar dekoratif
4.3 Menghias benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar.
4.3.1 Mengidentifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      isi teks tentang permasalahan sosial
2.      strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
3.      karya seni berupa gambar dekoratif
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
o   Guru menyampaikan bahwa hari ini siswa akan belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan sekolah.
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengenai tema yang akan dibahas bersama. (Mengomunikasikan)
o   Siswa membaca teks “Ketika Pak Uun Sakit” dengan suara nyaring secara bergantian (Menyajikan).
o   Setiap siswa mendapat kesempatan untuk membaca teks masing-masing satu paragraf. (Mencoba).
o   Siswa mengamati kembali isi teks “Ketika Pak Uun Sakit.” (Mengamati)
o   Siswa mengamati pertanyaan-pertanyaan tentang teks tersebut. (Mengamati).
o   Siswa berdiskusi secara berpasangan menjawab pertanyaan pada buku siswa. (Menalar).
o   Siswa menuliskan jawaban pada buku siswa. (Mencoba).
o   Siswa mengamati gambar peralatan kebersihan yang dilengkapi dengan harga. (Mengamati)
o   Siswa menyebutkan alat kebersihan apa saja yang terdapat pada gambar dan berapa harganya. (Mengonfirmasi)
o   Siswa mengenali permasalahan yang berkaitan dengan uang dengan mengamati contoh pada buku siswa. (Menalar)
o   Siswa mengerjakan soal latihan mengenal masalah yang berkaitan dengan uang dengan mengurangi. (Menalar)
o   Siswa menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan permasalahan uang dengan mengurangi. (Menalar)
o   Agar semua siswa selalu ingat mengenai kewajiban menjaga kebersihan lingkungan sekolah, siswa berlatih membuat poster tentang ajakan menjaga kebersihan sekolah (Mencoba).
o   Siswa menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat poster. (Mengonfirmasi)
o   Poster dibuat pada karton berukuran besar, diberi gambar, dan warna agar tampilannya lebih menarik.
o   Kegiatan tersebut dilakukan secara berkelompok
o   Sebelum membuat poster, setiap anggota kelompok mengemukakan ide tentang konsep poster. Konsep poster tersebut ditulis terlebih dahulu di kertas. (Menalar)
o   Poster yang sudah selesai dipajang di tempat yang sudah disediakan. (Menyajikan)
o   Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan atas kasih sayang-Nya. Siswa menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama dan saling menolong dalam menjaga segala sesuatu yang sudah diberikan Tuhan. Rumah, sekolah, taman, dan semua lingkungan di sekitar adalah pemberian Tuhan. Manusia bertanggung jawab untuk merawat dan menjaganya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit
 
E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;  a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;        a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan secara tes tertulis dengan melihat hasil latihan
pada buku siswa meliputi hal-hal berikut.
• Memahami permasalahan kebersihan di lingkungan sosial (latihan pada buku siswa).
• Mengenali masalah yang berkaitan dengan uang (latihan pada buku siswa).
• Memahami masalah penjumlahan yang melibatkan uang (latihan pada buku siswa).

3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat keterampilan siswa pada saat melakukan diskusi, dan membuat poster.Berikut ini rubrik kriteria penilaiannya

Rubrik Membuat Poster Ajakan Menjaga Kebersihan Sekolah
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
menggambar
Gambar
memenuhi kertas
gambar, bentuk
dan kualitas
garis baik, ukuran benda yang digambar
proporsional
Hanya memenuhi
dua kriteria.
Hanya
memenuhi satu kriteria
Tidak
memenuhi
kriteria
2
Pewarnaan
Bervariasi,
harmonis, rapi,
penuh
Memenuhi tiga
kriteria.
Memenuhi dua kriteria.
Memenuhi
satu kriteria

Sikap
tanggung
jawab
Berinisiatif,
komitmen pada
tugas sampai
selesai, menjaga
kerapian, ber
semangat.

Memenuhi tiga
kriteria
Memenuhi dua kriteria
Memenuhi
satu kriteria

Lembar Pengamatan Kegiatan Berdiskusi
No
Nama Siswa
Kegiatan 1
Kegiatan  2
Kegiatan 3
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
Afiya Chairunnisa






2
Agung Arais






3
Ainaya Yarid Khaira






4
Aliva Nafisha Adiena






5
Alif Al Gibral






6
Akramul Akbar






7
Arrayyan Akbar






8
Amira Najla






9
Cut Dina Amelia






10
Fawniya






11
Hafidh Ramadhan






12
Iffah Mursyidah






13
Ikhsan Fadhilah






14
Luna Salsabila Saskia






15
Luluatul Fuadah






16
Maqsalmina






17
M. Farel Alfitra






18
M.Syuhada






19
Muhammad Alif Aulia






20
Muammar Hafizh






21
Nasywa Zilya Ulhaq






22
Reva Umira






23
Rita Safitri Yana






24
Rishad Albirra Maulana






25
Raudhatul Muna






26
Raifa Qatrun Nada






27
Sausan Rahmatillah






28
T. Firdaus






29
Tiara Anggelina






30
Ulfa Syahratul Izzah






31
Aldi Jefri Ananda






32
Dicky Novrian






33
Alfin







Keterangan:
Kriteria 1 : Aktif memberikan ide
Kriteria 2 : Menghargai pendapat orang lain
Kriteria 3 : Tidak memotong saat ada orang lain yang sedang berbicara

F. Sumber dan Media
1.      Gambar toilet bersih
2.      Gambar alat-alat kebersihan
3.      Brosur harga alat-alat kebersihan
4.      Beberapa poster tentang kebersihan
5.      Buku teks pelajaran/buku siswa



Mengetahui,                                                                        Tijue, 4  November  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Lanjutkan berlatih memecahkan masalah-masalah
berikut ini!
1.   Beni membeli kemoceng. Ia membayar dengan pecahan uang Rp10.000,00. Berapa banyak uang kembali yang ia terima?

___________________________________________

2.   Dayu membeli sapu lantai dan sikat. Ia membayar dengan pecahan uang Rp10.000,00. Berapa banyak uang kembali yang ia terima?

___________________________________________

3.   Siti membeli gayung dan sabun. Ia membayar dengan pecahan uang Rp7.000,00. Berapa banyak uang kembali yang ia terima?

___________________________________________

4.   Edo membeli lap pel dan ember. Jika uang Edo ada Rp9.000,00, berapa banyak uang kembali yang Edo terima?

___________________________________________

5.   Lani membeli lap kaca dan karbol. Jika Lani mendapat uang kembali sebanyak Rp2.000,00, berapa uang yang Lani bayarkan?

___________________________________________

 MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 3


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors