Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 4

TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 16 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                       : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Permasalahan di Lingkungan Sosial/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi isi teks surat tanggapan pribadi tentang permasalahan sosial.
3.3.2 Mengidentifikasi teks tanggapan terhadap teks surat pribadi
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Mengidentifikasi teks tanggapan terhadap surat pribadi tentang masalah sosial
4.3.2 Menyajikan hasil identifikasi terhadap teks.

b) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
. 3.4 Mengetahui cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4.1 Mengidentifikasi cara melatih kekuatan otot kaki
4.4 Mempraktikkan cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1 Mempraktikkan cara melatih kekuatan otot melalui permainan sederhana.

c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusiadalam berkarya seni dan  berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.3.1 Mengidentifikasi keberagaman perilaku individu di lingkungan sekitar.
4.3 Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
4.3.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang keberagaman perilaku individu di lingkungan sekitar.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang permasalahan sosial
2.      Memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif
3.      Keberagaman perilaku individu di lingkungan sekitar
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
o   Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang hambatan yang dapat ditemui di jalan.
o   Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman tentang hambatan yang pernah dijumpai di jalan. (Mengomunikasikan)
o   Siswa membaca teks “Perilaku di Jalan Raya.” (Mengamati)
o   Siswa menyebutkan perilaku apa saja yang dilihat di jalan raya. (Menalar)
o   Siswa menjelaskan bagaimana seharusnya kita bersikap di jalan raya. (Menalar).
o   Siswa kemudian mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa. (Mengamati).
o   Siswa menuliskan hasil pengamatannya di tempat yang sudah disediakan. (Menyajikan).
o   Siswa membaca surat pribadi yang terdapat pada buku siswa. (Mengamati).
o   Siswa mengamati pertanyaan-pertanyaan tentang teks. (Mengamati).
o   Siswa membentuk kelompok secara berpasangan, mendiskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan dengan pasangan diskusinya (menalar).
o   Siswa menuliskan jawaban berdasarkan hasil diskusinya (menyajikan).
o   Siswa membaca teks “Jalan Macet” secara estafet.
o   Seorang siswa mengawali membaca satu paragraf, lalu dilanjutkan oleh siswa lain dan seterusnya sampai tiga kali putaran. (Mengamati).
o   Siswa mengamati kembali teks “Jalan Macet.” (Mengamati).
o   Siswa menyimpulkan isi teks pada tempat yang telah disediakan. (Menalar).
o   Siswa mengamati kesimpulan yang dibuatnya tentang jalan macet. (Mengamati)
o   Siswa membaca kesimpulan yang dibuatnya berulang kali. (Mencoba)
o   Siswa menceritakan kesimpulannya tentang teks “Jalan Macet” di depan kelas. Siswa menggunakan kalimatnya sendiri dan dapat menggunakan bahasa daerah setempat. (Menyajikan)
o   Siswa berlatih saling menghargai dan mematuhi aturan dengan bermain bakiak.
o   Siswa membaca teks tentang bermain bakiak. (Mengamati)
o   Siswa menyebutkan apa saja yang dilatih dalam permainan bakiak. (Menalar)
o   Siswa membaca prosedur bermain bakiak dan mempelajarinya. (Mengamati)
o   Siswa membuat kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 3 (tiga) orang. (Mengorganisir)
o   Siswa menyiapkan bakiak dan garis lintas. (Mengorganisir)
o   Siswa melakukan pemanasan. (Mencoba)
o   Setiap kelompok mendapat giliran secara bergantian untuk bermain bakiak. (Mencoba)
o   Setelah semua mendapat giliran mencoba, setiap kelompok bersiap-siap berlomba.
o   Perlombaan dilakukan secara berjenjang. Semua kelompok yang menang pada tahap pertama akan bertanding untuk meraih posisi sebagai juara.
o   Kelompok yang menang tidak tinggi hati dan kelompok yang kalah tidak merasa rendah diri.
o   Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk saling menghargai dan bertanggung jawab atas kepentingan orang lain.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dilakukan guru dengan melihat hasil latihan pada
buku siswa yang berupa:
1. Mengidentifikasi hasil pengamatan.
2. Mengidentifikasi surat pribadi.
3. Mengenal aturan di jalan raya.

3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa pada kegiatan bercerita, dan
bermain bakiak. Kriteria penilaian dilakukan pada rubrik berikut.

Rubrik Kegiatan Bercerita
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Jumlah kalimat
Jumlah kalimat
lebih dari 10
kalimat.
Jumlah
kalimat
7-10kalimat.
Jumlah kalimat
4-6 kalimat.
Kurang dari 3
kalimat
2
Volume suara
Suara terdengar
oleh semua
anggota kelas
Suara
terdengar
hanya oleh
sebagian
anggota kelas
Suara hanya
terdengar oleh
guru.
Suara tak terdengar

Isi cerita
Cerita runut,
berbicara
tentang jalan macet, mencakup empat poinsesuai permintaan
Hanya
memenuhi
dua kriteria
Hanya
memenuhi satu
kriteria.
Belum mau
bercerita

Lembar Pengamatan
No
Nama Siswa
Kreatif
Rapi
Antusias
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
Afiya Chairunnisa






2
Agung Arais






3
Ainaya Yarid Khaira






4
Aliva Nafisha Adiena






5
Alif Al Gibral






6
Akramul Akbar






7
Arrayyan Akbar






8
Amira Najla






9
Cut Dina Amelia






10
Fawniya






11
Hafidh Ramadhan






12
Iffah Mursyidah






13
Ikhsan Fadhilah






14
Luna Salsabila Saskia






15
Luluatul Fuadah






16
Maqsalmina






17
M. Farel Alfitra






18
M.Syuhada






19
Muhammad Alif Aulia






20
Muammar Hafizh






21
Nasywa Zilya Ulhaq






22
Reva Umira






23
Rita Safitri Yana






24
Rishad Albirra Maulana






25
Raudhatul Muna






26
Raifa Qatrun Nada






27
Sausan Rahmatillah






28
T. Firdaus






29
Tiara Anggelina






30
Ulfa Syahratul Izzah






31
Aldi Jefri Ananda






32
Dicky Novrian






33
Alfin








H. Sumber dan Media
1.      Gambar rambu-rambu lalu lintas
2.      Bakiak 3 set
3.      Buku teks pelajaran/buku siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, 5  November  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan
berikut dengan teman sebangkumu!
1. Siapa yang berkirim surat?

___________________________________________

2. Kapan dan di mana surat itu dibuat?

___________________________________________

3. Apa yang dibicarakan di dalam surat?

___________________________________________

4. Pernahkah kamu mendapat hambatan pada
    saat ke sekolah? Jelaskan!

___________________________________________

5. Pernahkah kamu terlambat tiba di sekolah? Jika
pernah, bagaimana perasaanmu saat terlambat
    datang? Ceritakan!


Tempat Menulis Cerita:
………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………..

MEDIA

TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors