Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 5

TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 16 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                       : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 4                                       : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Permasalahan di Lingkungan Sosial/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi isi teks tanggapan terhadap surat tanggapan pribadi tentang permasalahan sosial.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menemukan kata-kata baru pada teks tanggapan.
4.3.2 Membuat surat tanggapan pribadi tentang peristiwa di lingkungan sosial.

b) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6 Menentukan strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
3.6.1 Mengenali masalah yang berkaitan dengan uang dengan menggunakan strategi pengurangan
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari ang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
.4.2.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang melalui strategi pengurangan.
4.2.2 Menyajikan permasalahan yang berkaitan dengan uang yang dapat diselesaikan dengan strategi pengurangan.
.
c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.3. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.3.1 Mengidentifikasi keberagaman perilaku individu di lingkungan sekitar.
4.3 Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
4.3.1 Memberi tanggapan terhadap hasil pengamatan tentang keberagaman perilaku individu di lingkungan sekitar.
.
C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
2.      Masalah yang berkaitan dengan uang dengan menggunakan strategi pengurangan
3.      Keberagaman perilaku individu di lingkungan sekitar
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
o   Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menghargai orang lain dan menjaga sarana umum bersama-sama.
o   Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang menghargai orang lain di tempat umum dan menjaga sarana umum. (Mengomunikasikan).
o   Siswa berbagi informasi tentang transportasi yang biasa digunakan saat pergi ke sekolah. (Mengeksplorasi)
o   Siswa berdiskusi tentang jenis-jenis transportasi umum yang biasa ditemui di lingkungan tempat tinggal.(Menalar, mengeksplorasi)
o   Bagi siswa yang di lingkungannya tidak terdapat angkutan umum dapat bercerita tentang bagaimana cara bepergian dari satu daerah ke daerah lain yang jaraknya cukup jauh. (Mengomunikasikan).
o   Siswa membaca teks pada buku tanpa bersuara. (Mengamati)
o   Siswa mengamati isi teks. (Mengamati)
o   Siswa menemukan aturan menggunakan transportasi umum. (Mengeksplorasi)
o   Siswa menyebutkan beberapa aturan menggunakan transportasi umum. (Mengonfirmasi).
o   Siswa mengamati pertanyaan-pertanyaan yang harus dilengkapi. (Mengamati)
o   Siswa mengamati kembali isi teks untuk melengkapi pertanyaan-pertanyaan. (Mengeksplorasi)
o   Siswa melengkapi kalimat tanya yang terdapat pada buku siswa. (Mencoba)
o   Siswa mengamati kembali teks “Peraturan Berkendaraan Umum”. (Mengamati)
o   Siswa mencari kata-kata baru pada teks. (Mengeksplorasi)
o   Siswa menuliskan kata-kata baru pada buku siswa. (Menyajikan).
o   Siswa berdiskusi tentang kata-kata baru bersama teman-temannya dibantu guru. (Menalar)
o   Siswa mengamati gambar tentang perilaku saat menggunakan transportasi umum. (Mengamati)
o   Siswa mendiskusikan gambar yang diamatinya dengan teman di sebelahnya. (Menalar).
o   Siswa menjelaskan perilaku apa saja yang mencerminkan sikap menghargai orang lain. (Menalar).
o   Siswa mengingat kembali tentang gambar yang diamatinya. (Mengamati)
o   Siswa menyampaikan pendapatnya tentang gambargambar yang diamatinya. (Mengomunikasikan).
o   Siswa menuliskan pendapatnya tentang gambargambar dalam bentuk surat. (Mencoba)
o   Siswa mengamati contoh permasalahan berkaitan dengan uang. (Mengamati)
o   Siswa mengenal permasalahan berkaitan dengan uang yang dapat diselesaikan dengan strategi pengurangan. (Menalar)
o   Siswa berlatih menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan uang. (Menalar)
o   Setelah mengerjakan beberapa latihan, siswa dapat membuat soal sendiri berdasarkan keinginannya dan menjawabnya dengan benar. (Menalar)
o   Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah dilakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dengan menyimpulkan bahwa manusia hendaknya bekerja sama, saling menghargai dan bertanggung jawab atas sarana milik bersama yang ada di lingkungan sekitar

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan tes tertulis dalam bentuk latihan pada buku
siswa berupa:
1.      Mengidentifikasi teks.
2.      Mengenal perilaku baik.
3.      Mengenal permasalahan yang berkaitan dengan uang

3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa dalam kegiatan membuat
surat pribadi. Berikut ini rubrik kriteria yang dinilai.

Rubrik Kegiatan Membuat Surat Pribadi
No
Kriteria yang dinilai
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kelengkapan
surat
Menulis tempat
Pembuatan surat, tanggal pembuatan surat, nama yang dituju,
kalimat pembuka, isi surat, kalimat
penutup, nama pengirim.

Memenuhi lima
kriteria.



Memenuhi tiga kriteria
Belum
Memenuhi kriteria
2
Isi surat
Lebih dari 15 kalimat.
Memuat 10-15 kalimat
Memuat 6-10 kalimat.
Di bawah 6 kalimat


F. Sumber dan Media
1.      Gambar aneka alat transportasi umum
2.      Gambar perilaku yang baik di kendaraan umum
3.      Buku tekspelajaran/buku siswa



Mengetahui,                                                                        Tijue, 6  November  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berlatihlah dengan mengerjakan soal-soal berikut
ini!
No
Soal
Jawaban
contoh
Siti pergi ke sekolah dengan
becak. Ongkos becak sebesar
Rp3.000,00. Siti membayarnya
dengan pecahan Rp5.000,00.
Berapa uang kembali yang Siti
peroleh?


Rp5.000,00 – Rp3.000,00
= Rp2.000,00
1
Udin pergi ke rumah Beni
dengan menggunakan
ojek. Ongkos ojek sebesar
Rp5.000,00. Udin membayar
dengan pecahan Rp10.000,00.
Berapa uang kembali yang Udin
dapat?


2
Lani pergi ke perpustakaan
umum dengan angkutan
kota. Biayanya Rp2.500,00.
Lani membayar dengan dua
pecahan dua ribuan. Berapa
uang kembali yang Lani dapat?


3
Buatlah soalmu sendiri!
...


4
Jika uang yang kamu miliki
kurang dari ongkos yang
seharusnya kamu keluarkan,
tindakan apa yang harus
dilakukan? Jelaskan!







MEDIA

TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors