Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 6

TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 16 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Permasalahan di Lingkungan Sosial/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan social di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Menyebutkan bagianbagian yang terdapat pada teks surat tanggapan pribadi.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta ermasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Membuat teks surat tanggapan pribadi terhadap permasalahan di lingkungan sosial..

b) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
3.5 Memahami makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
3.5.1 Menghafal syair lagu dengan benar.
4.5 Menyanyi lagu wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu.
4.5.1 Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
.
c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah,sekolah dan  masyarakat sekitar.
3.3. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.3.1 Mengidentifikasi keberagaman di lingkungan rumah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
4.3.1 Memberi tanggapan terhadap beberapa keberagaman di lingkungan rumah.

d) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan table grafik batang, dan grafik lingkaran.
3.14.1  Mengidentifikasi data yang dikumpulkan melalui survei.
3.14.2 Membandingkan data yang terdapat pada grafik batang vertikal.
4.14. Mengumpulkan dan menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal dengan label terurut sesuai dengan grafik batang horizontal.
4.14.1 Menampilkan data dalam bentuk tabel kategorikal.
4.14.2 Membuat grafik batang vertikal berdasarkan data kategorikal pada tabel.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial
2.      Makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
3.      Keberagaman di lingkungan rum
4.      Grafik batang vertikal berdasarkan data kategorikal pada tabel
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
o   Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pentingnya menghargai perbedaan.
o   Siswa mendapat kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang perbedaan yang ada di sekitar rumahnya. (Mengomunikasikan)
o   Siswa membaca teks “Menghargai Perbedaan.” (Mengamati)
o   Siswa menyebutkan perbedaan apa saja yang ada pada teks. (Mengonfirmasi)
o   Siswa menyampaikan pendapatnya tentang perbedaan. (Menalar)
o   Siswa mengingat kembali bagian-bagian surat pribadi. (Menalar)
o   Siswa mengingat kembali tentang jenis-jenis perbedaan yang ada di sekitar tempat tinggal. (Menalar)
o   Siswa menyampaikan pendapatnya tentang perbedaan dalam bentuk surat. (Mencoba)
o   Lima surat terbaik akan dipajang di papan pajangan untuk dibaca banyak orang. (Menyajikan)
o   Siswa mengamati gambar pada buku siswa. (Mengamati)
o   Siswa menentukan sikapnya tentang gambar yang diamatinya. (Menalar)
o   Siswa secara berpasangan berbagi pendapat mengenai sikap masing-masing terhadap gambar.
o   (Mengomunikasikan)
o   Masing-masing siswa menuliskan pendapat pasangan diskusinya mengenai gambar tersebut pada tempat yang sudah disediakan. (Menyajikan)
o   Beberapa siswa mendapat kesempatan mempresentasikan tulisannya di depan kelas. (Menyajikan).
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya saling menghargai dalam perbedaan.
o   Siswa mengamati gambar peta Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau besar, dan pulau tempat mereka berada. (Mengamati, mencari tahu)
o   Siswa membaca teks (Mengamati).
o   Siswa berlatih mengisi teka-teki sesuai teks yang dibacanya (Menalar).
o   Siswa mengamati syair lagu “Dari Sabang Sampai
o   Merauke.” (Mengamati)
o   Siswa menyebutkan maksud dari syair lagu tersebut.
o   (Menginformasikan)
o   Siswa memerhatikan contoh yang ditunjukkan guru dalam menyanyikan lagu “Dari Sabang Sampai
o   Merauke.” (Mengamati)
o   Siswa berlatih menyanyikan lagu “Dari Sabang
o   Sampai Merauke.” (Mencoba)
o   Siswa secara bergiliran menyanyikan lagu “Dari
o   Sabang Sampai Merauke.” (Menyajikan)
o   Guru menyampaikan keberagaman suku bangsa, bahasa dan agama yang dimiliki Indonesia.
o   Siswa kembali mengamati peta Indonesia. (Mengamati)
o   Siswa menyebutkan pulau-pulau yang sudah diketahui pada peta. (Mengomunikasikan)
o   Siswa melakukan wawancara kepada teman-teman di kelasnya tentang pulau apa yang ingin mereka pelajari lebih dalam lagi. (Menggali informasi)
o   Siswa menuliskan hasil wawancara dalam tabel.
o   (Menyajikan)
o   Siswa menyajikan hasil wawancara dalam table kategorikal. (Menyajikan)
o   Siswa berlatih membuat grafik batang berdasarkan data dalamtabel. (Mencoba)
o   Siswa memperhatikan data yang dituangkan dalam sebuah grafik batang yang terdapat pada buku siswa. (Mengamati)
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan data pada grafik batang. (Menalar)
o   Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi, dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan, serta menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda untuk saling menghargai dan saling menolong

Remedial
o   Remedial diberikan kepada siswa yang belum mengalami perubahan, baik dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Remedial yang dilakukan guru, antara lain sebagai berikut.
o   Berlatih membuat surat pribadi balasan.
o   Berlatih mengenali masalah yang dapat diselesaikan dengan mengurangi sejumlah uang.
o   Berlatih memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang melalui strategi pengurangan.
o   Berlatih membuat karya dekoratif dari bahan lunak.
o   Berlatih membaca teks dengan benar.
o   Mengulang penjelasan tentang nilai uang menggunakan benda konkrit.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
o   Bagi siswa yang sudah memenuhi kriteria tertentu, dapat diberikan pengayaan berupa kegiatan berikut.
o   Membuat karya seni dekoratif dengan menggunakan tanah liat melalui proses pembakaran.
o   Mengumpulkan gambar yang menunjukkan perbandingan kondisi ideal dengan kondisi nyata dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sungai bersih dan sungai kotor, anak bersekolah dengan anak bekerja di bangunan.
o   Membuat mading tentang lingkungan ideal dengan tema menjaga lingkungan sekitar agar tetap indah dan nyaman.
o   Membuat surat tentang keprihatinan terhadap masalah sosial ditujukan kepada lembaga pemerintahan setempat.
o   Berlatih mengenali berbagai masalah berkaitan dengan uang yang dapat diselesaikan melalui pengurangan dengan tingkat kesulitan yang beragam.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan secara tertulis yang berupa latihan pada buku siswa
meliputi menjawab pertanyaan tentang:
1. Mengidentifikasi bagian-bagian surat
2. Mengidentifikasi teks yang dibaca
3. Mengisi teka-teki
4. Membandingkan data pada grafik


3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat keterampilan siswa pada
saat melakukan wawancara, dan menyanyikan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”.
Melakukan Wawancara
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Santun,
menggunakan
bahasa formil,
percaya diri, ada kata pembuka
dan penutup
Memenuhi
empat kriteria
Memenuhi tiga
kriteria.


Memenuhi dua kriteria
Memenuhi satu
kriteria

Rubrik Menyanyikan Lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penguasaan
lagu
Siswa hafal
seluruh syair
lagu
Siswa melakukan
sedikit
kekeliruan
Tidak semua
syair dihafal
dengan baik
Siswa tidak
hafal lagu

Vokal
Artikulasi yang
diucapkan
sangat jelas
Terdapat
sedikit
kesalahan
dalam
artikulasi
Artikulasi yang
diucapkan
sebagian jelas
Artikulasi
yang
diucapkan
tidak jelas

Ekspresi
Ekspresi wajah
sesuai dengan
isi lagu,
konsisten dan
bersemangat
Memenuhi dua
kriteria.
Memenuhi satu
kriteria
Tidak
memenuhi
kriteria.

 F. Sumber dan Media
1.      Peta Indonesia
2.      Gambar pakaian adat, rumah adat, dan makanan khas daerah
3.      Syair lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”
4.      Contoh grafik batang dan lingkaran
5.      Buku teks pelajaran/buku siswa



Mengetahui,                                                                        Tijue, 7  November  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


1. b) Jambu
Ada jeruk, jambu, pisang, dan nanas
Beni: nanas
Siti : pisang (tidak jambu, jeruk dan nanas)
Dayu: jeruk (tidak jambu, pisang dan nanas)
Edo?

2. a. Persamaan: sama-sama perempuan, menyeberang, berjalan.
b. Perbedaan: anak-anak><tua; berseragam><tidak berseragam; tidak
bertongkat><bertongkat; tidak berkacamata><berkacamata
c. Mereka menyeberang sesuai aturan. Karena mereka menyeberang di zebra
cross dan saat lampu merah tanda kendaraan harus berhenti sedang menyala

3. d. Berapa derigen air yang dibeli
4. Mencari alternatif permainan lain yang tidak membutuhkan lapangan bola, mencari
     lapangan bola di tempat lain, membaca buku, bersepeda, dan lain-lain.
5. Hari ke 3 : Rp8.000,00 – Rp2.000,00 = Rp6.000,00
    Hari k2 4 : Rp6.000,00 – Rp2.000,00 = Rp4.000,00
6. Tuliskan jumlah uang tabungan masing-masing individu pada kotak yang tersedia!
    a. Rp10.000,-
        Rp2.000,00 +Rp2.000,00 +Rp2.000,00 + Rp1.000,00 + Rp1.000,00 + Rp500,00
        +Rp500,00 + Rp500,00 + Rp500,00
    b. Rp7.000,00
        Rp2.000,00 +Rp2.000,00 +Rp1.000,00 + Rp1.000,00 +Rp500,00 + Rp500,00
    c. Rp5.500,00
        Rp5.000,00 + Rp500,00
    d. Rp6.000,00
        Rp2.000,00 +Rp2.000,00 + Rp1.000,00 + Rp1.000,00
    e. Rp9.000,00
        Rp5.000,00 + Rp2.000,00 + Rp2.000,00
    f. Rp7.500,00
        Rp2.000,00 +Rp2.000,00 +Rp2.000,00 + Rp1.000,00 + Rp500,00
7.Buatlah grafik batang berdasarkan jumlah tabungan yang dimiliki!
8.  a. Udin
b. Edo
c. Rp9.000,00 – Rp5.500,00 = Rp3.500,00
d. Rp10.000,00 – Rp7.000,00 = Rp3.000,00
Rp6.000,00 – Rp5.500,00 = Rp500,00
Rp3.000,00 + Rp 500,00 = Rp3.500,00
9. Udin : Rp10.000,00
Lani : Rp9.000,00
Dayu : Rp7.500,00
Beni : Rp7.000,00
Siti : Rp6.000,00
Edo : Rp5.500,00

Lembar Kerja Siswa 
(LKS)



Gambar
Bagaimana sikapmu?


Berbeda suku


TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 6







1.  ………………………….
2.  ………………………….
3.  ………………………….
4.  ………………………….
5.  ………………………….



 
Berbeda agama

TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 6
 





6.  ………………………….
7.  ………………………….
8.  ………………………….
9.  ………………………….
10.      ………………………….


TEMA 4 KELAS 3 SUB 2 PB 6


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors