Home » » TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 4

TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 17 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 4                                        : Globalisasi
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Globaliasi di Sekitarku / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Menemukan informasi tentang penggunaan energi listrik.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menyajikan laporan hasil partisipasi dalam gerakan peduli energi.

b) IPA
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.1 Menjelaskan pentingnya hemat energi listrik.
4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
4.3.1 Melaporkan hasil partisipasi dalam gerakan peduli energi

c) SBdP
3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara.
4.3 Menggambar poster dengan menerapkan tata letak sesuai prinsip seni.
4.3.1 Membuat poster gerakkan peduli energi
 
C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar dan teks.
2.      Menulis laporan hasil gerakkan peduli energi.
3.      Membuat dan mengampanyekan poster

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Globalisasi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Sebagai kegiatan pembuka, guru bisa menyiapkan ruang kelas dengan semua lampu yang menyala.
o   Ajukan pertanyaan “Amati ruang kelas, adakah sesuatu hal yang menurut kamu perlu diperbaiki?’
o   Arahkan siswa untuk menemukan pemborosan energi, bebaskan mereka untuk mengeluarkan pendapat.
o   Siswa mencermati gambar rumah yang boros energi.
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar.
o   Siswa membaca senyap teks tentang budaya hemat listrik.
o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks:

Jawaban:
-          Peran energi listrik di era globalisasi yaitu: listrik memberikan peranan besar yang mengakibatkan terjadinya globalisasi.
-          Kita perlu menerapkan sikap hidup hemat, karena dengan pemakaian benda-benda elektronik yang berlebihan maka akan mempengaruhi suhu bumi yang berakibat pada terjadinya pemanasan global. Selain itu, biaya untuk membuat pembangkit listrik sangat mahal, sehingga setiap orang harus hemat listrik supaya listrik bisa dinikmati oleh semua warga dunia.
o   Beberapa contoh sikap hidup hemat listrik yaitu: matikan benda elektronik jika tidak dipakai, gunakan lampu hemat energi, dsb.
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil, dengan bimbingan guru mereka akan melakukan gerakan peduli energi dan melakukan patrol energi di sekolah.
o   Siswa membaca informasi tentang gerakan hemat energi.
o   Siswa melakukan gerakan patroli energi, mengikuti langkah-langkah yang diberikan:

Langkah-langkah kegiatan patroli energi:
-          Buatlah beberapa kelompok kecil untuk melakukan patroli hemat energi.
-          Diskusikan jadwal pengaturan tugas untuk melakukan pemeriksaan pemakaian energi listrik setiap harinya di sekolah.
-          Buatlah daftar apa saja yang bisa dilakukan di sekolah untuk menghemat energi. Misalnya berpatroli dari kelas ke kelas untuk memastikan lampu mati ketika tidak digunakan.
-          Wujudkan gagasan-gagasanmu dalam suatu rencana kerja. Presentasikan kepada kepala sekolah. Lakukan peninjauan atau evaluasi berkala terhadap hasil-hasil yang telah dicapai.
-          Pastikan adik-adik kelas mengikuti jejakmu setelah kamu lulus sekolah nanti.
-          Pastikan kegiatan tersebut terus berlangsung hingga akhir tahun.
o   Dalam kelompok yang sama, siswa membuat poster yang berisi ajakan untuk melakukan sikap hidup hemat energi berdasarkan kriteria yang diberikan.
o   Siswa mengampanyekan poster ke setiap kelas, kemudian memasang poster tersebut di tempat-tempat strategis di seputar sekolah.
o   Siswa menuliskan laporan hasil gerakan peduli energi dalam bentuk teks eksplanasi ilmiah
o   Siswa menuliskan refleksi sikap hidup hemat energi selama ini baik di sekolah maupun di rumah.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.

Remedial
o   Siswa yang belum menyelesaikan poster diberikan waktu tambahan untuk menyelesaikannya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;        a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


1.        Penilaian

1. Penilaian tugas integrasi IPA dan SBdP: membuat dan mengampanyekan
Poster hemat energi.


2. Penilaian tugas integrasi IPA dan Bahasa Indonesia; Laporan eksplanasi
gerakan hemat energi



F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : -
Sumber Belajar     : • Karton untuk poster
• Alat tulis

Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                             JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                   NIP. 19780714 200801 2 001



Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Jawab pertanyaan berikut:
1. Apa peran energi listrik di era globalisasi saat ini?
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________


2. Mengapa kita perlu menerapkan sikap hidup hemat listrik?
_________________________________________________________________

_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________


3. Berikan beberapa contoh sikap hidup hemat listrik yang sudah kamu
terapkan dalam kehidupan sehari-hari!
_________________________________________________________________

_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________

TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors