Home » » TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 5

TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 17 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 4                                        : Globalisasi
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Globaliasi dan Manfaatnya / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Matematika
3.1 Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
3.1.1 Menemukan dan menjelaskan dampak positif dan negative dari era globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya.
4.1.1 Menemukan dan mengomunikasikan langkahlangkah dalam menyikapi dampak positif dan negative dari era globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.

b) Matematika
3.8 Memecahkan masalah sederhana melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut.
3.8.1 Menemukan langkahlangkah mencari volume silinder menggunakan juring dan kesamaan busur.
4.9 Menggunakan juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk memecahkan masalah sederhana.
4.9.1 Memecahkan masalah melibatkan juring dan kesamaan busur pada volume silinder.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :

  1. Eksplorasi bangun ruang silinder menggunakan juring dan kesamaan busur.
  2. Menghitung volume silinder menggunakan juring dan kesamaan busur.
  3. Diskusi pengaruh globalisasi dalam kehidupan masyarakat.
  4. Investigasi pengaruh globalisasi dalam kehidupan masyarakat

 D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Globalisasi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati beragam bentuk kemasan minuman berbentuk bangun ruang.
o   Siswa menyimpulkan bahwa salah satu manfaat globalisasi yaitu beredarnya beragam produk luar negeri di sekitar mereka.
o   Siswa melakukan eksplorasi membuktikan rumus volume silinder menggunakan kertas/ karton.
o   Siswa melakukan eksplorasi mengikuti instruksi yang diberikan
o   Siswa membuat satu mainan dari bentuk silinder kemudian menghitung volumenya, dengan memperhitungkan juring dan kesamaan busur pada alas silinder yang berbentuk lingkaran
o   Siswa berdiskusi untuk menemukan contoh pengaruh positif dan pengaruh negatif globalisasi dan menyikapinya. Siswa menuliskan hasil diskusi dalam bagan yang tersedia.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.
o   Siswa menemukan bentuk bangun ruang silinder dari benda-benda yang ada di rumah dan menghitung volumenya.

Remedial
o   Siswa yang belum memahami cara mencari bangun ruang, berlatih kembali didampingi guru.


 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

 

1.        Penilaian
Hitungan Matematika volume silinder diperiksa kebenaran jawabannya dan diskor.
Rubrik penilaian IPS: diskusi dan tulisan menyikapi pengaruh negatif dan positif globalisasi.




F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : -
Sumber Belajar     : 1. Kotak bekas kemasan berbentuk balok dan silinder.
2. Gunting dan alat tulis

Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                             JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                   NIP. 19780714 200801 2 001



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Sebuah kaleng minuman berbentuk silinder, memiliki alas berbentuk
lingkaran yang terdiri dari empat juring yang sama besar.
Panjang busur setiap juring adalah 2,5 cm dan tinggi kaleng adalah 12 cm.
a. Hitung keliling alas kaleng tersebut.
b. Hitung volume kaleng tersebut.

 
 

MEDIA

TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 5


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors