RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 4 : Globalisasi
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Globaliasi dan Manfaatnya / 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Matematika
3.1 Mengemukakan
keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan
budaya dalam masyarakat Indonesia.
3.1.1 Menemukan dan
menjelaskan dampak positif dan negative dari era globalisasi terhadap kehidupan
bangsa Indonesia.
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar
ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk
cerita,tulisan atau media lainnya.
4.1.1 Menemukan dan
mengomunikasikan langkahlangkah dalam menyikapi dampak positif dan negative dari
era globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
b) Matematika
3.8 Memecahkan
masalah sederhana melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau
kerucut.
3.8.1 Menemukan
langkahlangkah mencari volume silinder menggunakan juring dan kesamaan busur.
4.9 Menggunakan
juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk
memecahkan masalah sederhana.
4.9.1 Memecahkan
masalah melibatkan juring dan kesamaan busur pada volume silinder.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
- Eksplorasi bangun ruang silinder menggunakan juring dan kesamaan busur.
- Menghitung volume silinder menggunakan juring dan kesamaan busur.
- Diskusi pengaruh globalisasi dalam kehidupan masyarakat.
- Investigasi pengaruh globalisasi dalam kehidupan masyarakat
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Globalisasi”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
beragam bentuk kemasan minuman berbentuk bangun ruang.
o
Siswa
menyimpulkan bahwa salah satu manfaat globalisasi yaitu beredarnya beragam produk
luar negeri di sekitar mereka.
o
Siswa melakukan
eksplorasi membuktikan rumus volume silinder menggunakan kertas/ karton.
o
Siswa melakukan
eksplorasi mengikuti instruksi yang diberikan
o
Siswa membuat
satu mainan dari bentuk silinder kemudian menghitung volumenya, dengan
memperhitungkan juring dan kesamaan busur pada alas silinder yang berbentuk
lingkaran
o
Siswa berdiskusi
untuk menemukan contoh pengaruh positif dan pengaruh negatif globalisasi dan
menyikapinya. Siswa menuliskan hasil diskusi dalam bagan yang tersedia.
o
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran 1.
o
Siswa menemukan
bentuk bangun ruang silinder dari benda-benda yang ada di rumah dan
menghitung volumenya.
Remedial
o
Siswa yang belum
memahami cara mencari bangun ruang, berlatih kembali didampingi guru.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
Hitungan Matematika volume silinder diperiksa kebenaran jawabannya dan
diskor.
Rubrik penilaian IPS:
diskusi dan tulisan menyikapi pengaruh negatif dan positif globalisasi.
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : -
Sumber Belajar : 1. Kotak bekas kemasan berbentuk balok dan silinder.
2. Gunting dan alat tulis
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru
Kelas VI B,
CHAIRUNNISA, S.Pd
JULIA, S.Pd.I
NIP.
19700312
199402 2 002 NIP.
19780714
200801 2 001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Sebuah kaleng minuman berbentuk silinder, memiliki
alas berbentuk
lingkaran yang terdiri dari empat juring yang sama
besar.
Panjang busur setiap juring adalah 2,5 cm dan tinggi
kaleng adalah 12 cm.
a. Hitung keliling alas kaleng tersebut.
b. Hitung volume kaleng tersebut.
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment