RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 4 : Globalisasi
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Globaliasi di Sekitarku / 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Matematika
3.8 Memecahkan
masalah sederhana melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau
kerucut.
3.8.1 Menemukan
langkah-langkah mencari volume kerucut menggunakan juring dan kesamaan busur.
4.9 Menggunakan
juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk
memecahkan masalah sederhana.
4.9.1 Memecahkan
masalah melibatkan juring dan kesamaan busur pada volume kerucut.
b) PJOK
3.4 Memahami konsep
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan dengan tangan dan kaki)
olahraga beladiri.
3.4.1 Memberi
contoh gerakan dasar tangkisan dalam pencak silat.
4.4 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan dengan tangan dan kaki)
olahraga beladiri.
4.4.1 Mempraktikkan
gerakan dasar tangkisan dalam pencak silat.
c) Evaluasi
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
o
Mempraktikkan
gerak dasar bela diri pencak silat.
o
Menyelesaikan
soal cerita mencari volume kerucut menggunakan juring dan kesamaan busur.
o
Menggambar dan
menghitung volume silinder dan kerucut dengan memperhitungkan juring dan
kesamaan busur.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang
lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Globalisasi”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar berbagai variasi tangkisan dalam pencak silat di buku guru.
o
Siswa
memperhatikan guru memperagakan gerakan dasar tangkisan dalam pencak silat.
o
Siswa
mempraktikkan gerakan dasar tangkisan dalam pencak silat dengan teknik yang
benar.
o
Ingatkan siswa
untuk selalu berlatih dengan penuh semangat dan penuh rasa bangga dengan
pencak silat sebagai olahraga bela diri tradisional Indonesia.
o
Siswa
menyelesaikan soal latihan mencari volume kerucut dengan melibatkan juring
dan kesamaan busur pada alas yang berbentuk lingkaran.
o
Siswa mengamati
kehidupan di lingkungan sekitar mereka, kemudian membuat tulisan dalam bentuk
teks eksplanasi yang berisi:
o
Contoh manfaat
yang dirasakan masyarakat karena pengaruh globalisasi.
o
Pengaruh energi
listrik terhadap terjadinya globalisasi.
o
Sikap mereka
dalam menyikapi arus globalisasi.
o
Siswa menggambar
bangun ruang gabungan pada kertas berpetak dan menghitung volumenya.
o
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.
o
Siswa berdiskusi
bersama orang tua di rumah tentang sisi positif dan sisi negatif dari
globalisasi dan langkah-langkah menyikapinya.
Remedial
o
Siswa yang belum
memahami cara mencari volume silinder dan kerucut menggunakan juring dan
kesamaan busur, diminta untuk mengerjakan ulang dengan pendampingan guru.
Guru bisa memberikan soal-soal tambahan untuk meningkatkan pemahaman siswa.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Penilaian tugas
PJOK:
Daftar Periksa
Penilaian Sikap PJOK
2. Penilaian tugas
Matematika:
Evaluasi diperiksa kebenarannya
dan diskor.
B.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : -
Sumber Belajar : Soal latihan mencari volume kerucut yang melibatkan juring dan kesamaan
busur
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru
Kelas VI B,
CHAIRUNNISA, S.Pd
JULIA, S.Pd.I
NIP.
19700312
199402 2 002 NIP.
19780714
200801 2 001
EVALUASI
1.
Amati kehidupan di lingkungan
sekitarmu, buatlah tulisan dalam bentuk teks eksplanasi. Tulisanmu harus
mencantumkan:
-
Contoh manfaat yang dirasakan masyarakat
karena pengaruh globalisasi.
-
Pengaruh energi listrik terhadap
terjadinya globalisasi.
-
Sikap kamu dalam menyikapi arus
globalisasi.
Perhatikan
penggunaan huruf besar, tanda baca, pemilihan kosa kata baku,
serta kerapian
tulisan.
2.
Sebuah kerucut
untuk wadah es krim diketahui memiliki alas berbentuk lingkaran yang terdiri
atas empat juring. Panjang busur pada setiap juring adalah 8 cm. Hitunglah:
a. Keliling alas lingkaran
b. Kapasitas wadah es krim tersebut
TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 4
TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment