Home » » TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 6

TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 17 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 4                                        : Globalisasi
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Globaliasi di Sekitarku / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Matematika
3.8 Memecahkan masalah sederhana melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut.
3.8.1 Menemukan langkah-langkah mencari volume kerucut menggunakan juring dan kesamaan busur.
4.9 Menggunakan juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk memecahkan masalah sederhana.
4.9.1 Memecahkan masalah melibatkan juring dan kesamaan busur pada volume kerucut.

b) PJOK
3.4 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri.
3.4.1 Memberi contoh gerakan dasar tangkisan dalam pencak silat.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri.
4.4.1 Mempraktikkan gerakan dasar tangkisan dalam pencak silat.

c) Evaluasi

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
o   Mempraktikkan gerak dasar bela diri pencak silat.
o   Menyelesaikan soal cerita mencari volume kerucut menggunakan juring dan kesamaan busur.
o   Menggambar dan menghitung volume silinder dan kerucut dengan memperhitungkan juring dan kesamaan busur.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Globalisasi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar berbagai variasi tangkisan dalam pencak silat di buku guru.
o   Siswa memperhatikan guru memperagakan gerakan dasar tangkisan dalam pencak silat.
o   Siswa mempraktikkan gerakan dasar tangkisan dalam pencak silat dengan teknik yang benar.
o   Ingatkan siswa untuk selalu berlatih dengan penuh semangat dan penuh rasa bangga dengan pencak silat sebagai olahraga bela diri tradisional Indonesia.
o   Siswa menyelesaikan soal latihan mencari volume kerucut dengan melibatkan juring dan kesamaan busur pada alas yang berbentuk lingkaran.
o   Siswa mengamati kehidupan di lingkungan sekitar mereka, kemudian membuat tulisan dalam bentuk teks eksplanasi yang berisi:
o   Contoh manfaat yang dirasakan masyarakat karena pengaruh globalisasi.
o   Pengaruh energi listrik terhadap terjadinya globalisasi.
o   Sikap mereka dalam menyikapi arus globalisasi.
o   Siswa menggambar bangun ruang gabungan pada kertas berpetak dan menghitung volumenya.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1.
o   Siswa berdiskusi bersama orang tua di rumah tentang sisi positif dan sisi negatif dari globalisasi dan langkah-langkah menyikapinya.

Remedial
o   Siswa yang belum memahami cara mencari volume silinder dan kerucut menggunakan juring dan kesamaan busur, diminta untuk mengerjakan ulang dengan pendampingan guru. Guru bisa memberikan soal-soal tambahan untuk meningkatkan pemahaman siswa.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


 
1.        Penilaian
1. Penilaian tugas PJOK:
Daftar Periksa Penilaian Sikap PJOK

 

2. Penilaian tugas Matematika:
Evaluasi diperiksa kebenarannya dan diskor.

B.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : -
Sumber Belajar    : Soal latihan mencari volume kerucut yang melibatkan juring dan   kesamaan busur



Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                             JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                                NIP. 19780714 200801 2 001


EVALUASI

1.    Amati kehidupan di lingkungan sekitarmu, buatlah tulisan dalam bentuk teks eksplanasi. Tulisanmu harus mencantumkan:
-       Contoh manfaat yang dirasakan masyarakat karena pengaruh globalisasi.
-       Pengaruh energi listrik terhadap terjadinya globalisasi.
-       Sikap kamu dalam menyikapi arus globalisasi.
Perhatikan penggunaan huruf besar, tanda baca, pemilihan kosa kata baku,
serta kerapian tulisan.



2.    Sebuah kerucut untuk wadah es krim diketahui memiliki alas berbentuk lingkaran yang terdiri atas empat juring. Panjang busur pada setiap juring adalah 8 cm. Hitunglah:
a. Keliling alas lingkaran 
b. Kapasitas wadah es krim tersebut


TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 6




TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 4
TEMA 4 KELAS 6 SUB 2 PB 5



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors