Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 1

TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 17 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Kepedulian Terhadap Lingkungan Sosial/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadapperkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.4 Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4.1 Mengidentifikasi teks dongeng tentang kondisi alam dengan tepat
4.4 Menyampaikan teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4.1 Menceritakan kembali isi teks dongeng tentang kondisi alam secara lisan atau tulis dengan tepat..

b) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran .
3.14.1 Mengidentifikasi data yang terdapat pada teks.
3.14.2 Membandingkan data pada tabel.
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
4.11.1 Membuat tabel berdasarkan data yang sudah diperoleh.
4.11.2 Membuat grafik batang berdasarkan data pada tabel.
.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
3.5 Memahami makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat.
3.5.1 Mengidentifikasi isi syair lagu daerah setempat
4.5 Menyanyi lagu wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu.
4.5.1 Menyanyikan lagu daerah setempat.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
2.      Perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran .
3.      Makna karya seni budaya dengan bahasa daerah setempat

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
·         Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
·         Sebagai pemanasan, guru menceritakan pengalamannya yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari siswa. Jika guru pernah mengunjungi Pulau Lombok, guru bisa menceritakan pengalaman tersebut. Atau dapat juga siswa yang bercerita.
·         Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat pada halaman pembuka. Minta mereka memberikan pendapat mengenai gambar tersebut. (Mengamati, menalar)
·         Siswa menyebutkan kembali permasalahan sosial yang sudah dibahas pada minggu lalu, dan sikap yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mengurangi permasalahan tersebut. (Mengomunikasikan)
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tema yang akan dibahas pada minggu ini, yaitu sikap peduli kepada orang lain dan lingkungan tempat tinggal.
·         Siswa membaca teks dongeng tentang asal muasal
·         Pulau Lombok dan mengamati isi teksnya dengan cermat. (Mengamati)
·         Siswa secara berpasangan melakukan Tanya jawab mengenai teks tersebut, dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan beserta jawabannya. (Menalar)
·         Siswa menyebutkan kembali pertanyaan-pertanyaan dan jawaban yang muncul saat berdiskusi. (Mengkonfirmasi)
·         Siswa menuliskan pertanyaan beserta jawaban berkaitan dengan teks. (Menalar)
·         Siswa membaca kembali isi teks dongeng tentang
·         Pulau Lombok. (Mencari informasi)
·         Siswa menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri dan dituangkan dalam bentuk tulisan. Siswa dapat menggunakan bahasa daerah setempat. (Menyajikan)
·         Siswa mengambil pelajaran dari teks dongeng bahwa Dewi Anjani memiliki kepedulian yang tinggi terhadap manusia. Kepedulian yang tinggi masyarakat Lombok terhadap sesama juga tertuang dalam lagu daerah mereka yang sangat populer di kalangan anak-anak yang berjudul “Kadal Nongak” (Mengamati)
·         Siswa mengamati lagu “Kadal Nongak” dan mencermati terjemahannya serta mendiskusikan isinya.
·         Kemudian siswa menyanyikan lagu ”Kadal Nongak.”
·         Guru bisa mengganti lagu “Kadal Nongak” dengan lagu daerah setempat yang berisi kisah kemanusiaan.
·         Siswa diberi kesempatan menyanyikannya secara berkelompok.(Mengamati, mencoba, menyajikan)
·         Kepedulian masyarakat Lombok terhadap lingkungan ditunjukkan dengan banyaknya perkebunan. Perkebunan membuat suasana Lombok tetap indah dan asri dan kesuburan tanahnya tetap terjaga.
·         Pohon-pohon juga dapat menghindari bencana seperti longsor dan banjir. Lombok terkenal dengan perkebunan jambu mete, vanili, kangkung dan manggis. Sambal pencing kangkung merupakan makanan khas Lombok yang sangat enak.
·         Kegiatan dilanjutkan dengan mengamati tabel banyaknya petani yang menanam beberapa tumbuhan khas Lombok dan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawahnya. (Mengamati)
·         Siswa menggunakan data pada tabel untuk membuat grafik batang secara mandiri. (Menyajikan).
·         Usai membuat grafik batang, siswa diberi kesempatan menanyakan hal lain yang ingin mereka ketahui berkaitan dengan pembelajaran hari ini. (Menanya)
·         Guru menutup kegiatan dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, saling menolong dan saling melengkapi, serta perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
o   Mengidentifikasi isi teks dongeng (latihan pada buku siswa)
o   Mengidentifikasi syair sebuah (latihan pada buku siswa)
o   Membandingkan data pada tabel (latihan pada buku siswa)

3. Penilaian Ketrampilan
Rubrik Kegiatan Menyanyi
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penguasaan
lagu
Siswa hafal
seluruh syair
lagu.
Siswa melakukan
sedikit kekeliruan
Tidak semua syair
dihafal dengan
baik
Siswa
tidak
menyanyi

2
Vokal
Artikulasi
yang
diucapkan
sangat jelas
Terdapat sedikit
kesalahan dalam
artikulasi

Artikulasi yang
diucapkan
sebagian jelas.

Artikulasi
tidak
terdengar jelas

3
Ekspresi
Ekspresi
wajah sesuai
dengan isi lagu,
konsisten dan
bersemangat
Memenuhi dua
kriteria

Memenuhi satu kriteria.

Tidak
memenuhi
kriteria





Daftar Periksa Membuat Benda Menggunakan Bahan Lunak
No
Nama Siswa
Kreatif
Rapi
Antusia
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak









































































































































































































































































































































































































F. Sumber dan Media
1.      Gambar-gambar pulau Lombok
2.      Gambar tanaman khas Lombok
3.      Buku teks pelajaran/buku siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, 9  November  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



Lengkapi tabel berikut berdasarkan data petani
tersebut!

No
Jenis tanaman
Banyaknya petani yang
menanam

Vanila








Jambu Mete








Manggis








Tembakau







Kangkung











TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 1

TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 1

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors