Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 2

TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 17 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Kepedulian Terhadap Lingkungan Sosial/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.4 Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4.1        Mengidentifikasi teks dongeng tentang kondisi alam.
4.4 Menyampaikan teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4.1        Menemukan informasi tambahan berkaitan teks dongeng.

b) PPKn
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan di sekolah.
3.2.1        Mengidentifikasi contoh kewajiban di rumah.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2.1        Memberi tanggapan terhadap pelaksanaan kewajiban di rumah.
.
c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.4 Mengetahui cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2.1        Mempraktikkan cara melatih kekuatan otot kaki dan tangan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana
4.4      Mempraktikkan cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1        Mengidentifikasi cara melatih kekuatan otot kaki dan tangan.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
2.      Contoh kewajiban di rumah
3.      Cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
o   Guru menyampaikan bahwa dalam minggu ini mereka akan membahas beberapa permasalahan yang terkait dengan kebiasaan manusia yang dapat mengganggu kenyamanan seperti yang tertera pada gambar.
o   Guru menyampaikan bahwa mereka akan belajar tentang kewajiban.
o   Siswa membaca kembali cuplikan teks dongeng tentang Pulau Lombok. (Mengamati)
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait teks dongeng tersebut. (Menalar)
o   Siswa membaca teks tentang kewajiban. (Mengamati)
o   Siswa mengamati gambar yang menunjukkan kewajiban.
o   (Mengamati)
o   Siswa menyebutkan contoh-contoh kewajiban. (Mengomunikasikan)
o   Siswa mengamati gambar. (Mengamati)
o   Siswa mengidentifikasi gambar mana yang termasuk kewajiban. (Menalar)
o   Siswa menyebutkan kegiatan-kegiatan pada gambar yang termasuk kewajiban. (Mengomunikasikan)
o   Guru membagi siswa secara berpasangan.
o   Siswa mengamati kembali gambar-gambar tentang kewajiban. (Mengamati)
o   Bersama pasangannya, siswa melakukan Tanya jawab menggunakan pertanyaan yang ada pada buku siswa. (Menalar)
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan jawabannya di depan kelas. (Menyajikan)
o   Siswa mengidentifikasi kegiatan-kegiatan di rumah yang merupakan kewajiban. (Menalar)
o   Siswa menuliskan kegiatan di rumah yang merupakan kewajiban. (Mengomunikasikan)
o   Siswa bertukar catatan mengenai kewajiban di rumah dengan teman di sebelahnya. (Mengomunikasikan)
o   Siswa mengamati perbedaan dan persamaan kewajiban dengan temannya. (Menalar)
o   Siswa membaca teks tentang kewajiban pada buku siswa. (Mengamati)
o   Siswa membaca teks dan mengamati gambar tentang kegiatan melatih otot tangan dan kaki. (Mengamati).
o   Siswa menyebutkan kegiatan apa saja yang akan mereka lakukan dan bagaimana mereka melakukannya. (Mengonfirmasi)
o   Setelah berganti pakaian dengan pakaian orahraga, siswa melakukan pemanasan. (Mencoba)
o   Siswa berlatih melakukan kegiatan saling mendorong dengan tangan dan kaki, push up dan squad jump.
o   Mereka melakukan secara berpasangan. (Mencoba)
o   Setelah kegiatan selesai mereka melakukan pendinginan. (Mencoba)
o   Guru menutup kegiatan dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, saling menolong, dan saling melengkapi, serta perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
o   Mengidentifikasi penggalan teks dongeng (latihan pada buku siswa).
o   Mengidentifikasi gambar kewajiban (latihan pada buku siswa).
o   Memahami maksud kewajiban (latihan pada buku siswa).


 3. Penilaian Ketrampilan
Lembar Pengamatan Permainan Melatih Otot Tangan dan Kaki
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
Afiya Chairunnisa






2
Agung Arais






3
Ainaya Yarid Khaira






4
Aliva Nafisha Adiena






5
Alif Al Gibral






6
Akramul Akbar






7
Arrayyan Akbar






8
Amira Najla






9
Cut Dina Amelia






10
Fawniya






11
Hafidh Ramadhan






12
Iffah Mursyidah






13
Ikhsan Fadhilah






14
Luna Salsabila Saskia






15
Luluatul Fuadah






16
Maqsalmina






17
M. Farel Alfitra






18
M.Syuhada






19
Muhammad Alif Aulia






20
Muammar Hafizh






21
Nasywa Zilya Ulhaq






22
Reva Umira






23
Rita Safitri Yana






24
Rishad Albirra Maulana






25
Raudhatul Muna






26
Raifa Qatrun Nada






27
Sausan Rahmatillah






28
T. Firdaus






29
Tiara Anggelina






30
Ulfa Syahratul Izzah






31
Aldi Jefri Ananda






32
Dicky Novrian






33
Alfin







Ket:
Kriteria 1: mendorong tangan dan kaki
Kriteria 2: push up
Kriteria 3: squad jump

F. Sumber dan Media
1.      Gambar pakaian adat
2.      Gambar tanaman khas Lombok
3.      Gambar hasil kerajinan Lombok
4.      Buku teks pelajaran/buku siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, 10  November  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Setelah kamu mengamati gambar, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! Kamu dapat melakukannya sambil bertanya jawab secara berpasangan.

1. Mengapa belajar merupakan kewajiban?
..................................................................................


2. Apa yang akan terjadi jika kamu tidak belajar?

..................................................................................
 
3. Menurutmu, apakah mencari uang kewajiban
    anak-anak? Mengapa?

..................................................................................


MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors