RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Kepedulian Terhadap
Lingkungan Sosial/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.4 Memiliki rasa
percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.4 Menggali
informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
3.4.1
Mengidentifikasi
teks dongeng tentang kondisi alam.
4.4 Menyampaikan
teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.4.1
Menemukan informasi
tambahan berkaitan teks dongeng.
b) PPKn
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.2 Mengetahui hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan di sekolah.
3.2.1
Mengidentifikasi
contoh kewajiban di rumah.
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2.1
Memberi tanggapan terhadap
pelaksanaan kewajiban di rumah.
.
c) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.4 Mengetahui cara
memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan,
serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2.1
Mempraktikkan cara melatih
kekuatan otot kaki dan tangan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana
4.4
Mempraktikkan cara
memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan,
serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1
Mengidentifikasi
cara melatih kekuatan otot kaki dan tangan.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia
2. Contoh kewajiban di rumah
3. Cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan
dan pendinginan, serta bergerak
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal pembelajaran,
guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi
gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan
dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah
mereka pelajari sebelumnya.
o
Guru menyampaikan
bahwa dalam minggu ini mereka akan membahas beberapa permasalahan yang
terkait dengan kebiasaan manusia yang dapat mengganggu kenyamanan seperti
yang tertera pada gambar.
o
Guru menyampaikan
bahwa mereka akan belajar tentang kewajiban.
o
Siswa membaca
kembali cuplikan teks dongeng tentang Pulau Lombok. (Mengamati)
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan terkait teks dongeng tersebut. (Menalar)
o
Siswa membaca
teks tentang kewajiban. (Mengamati)
o
Siswa mengamati
gambar yang menunjukkan kewajiban.
o
(Mengamati)
o
Siswa menyebutkan
contoh-contoh kewajiban. (Mengomunikasikan)
o
Siswa mengamati
gambar. (Mengamati)
o
Siswa
mengidentifikasi gambar mana yang termasuk kewajiban. (Menalar)
o
Siswa menyebutkan
kegiatan-kegiatan pada gambar yang termasuk kewajiban. (Mengomunikasikan)
o
Guru membagi
siswa secara berpasangan.
o
Siswa mengamati
kembali gambar-gambar tentang kewajiban. (Mengamati)
o
Bersama
pasangannya, siswa melakukan Tanya jawab menggunakan pertanyaan yang ada pada
buku siswa. (Menalar)
o
Guru memberi
kesempatan kepada siswa menyampaikan jawabannya di depan kelas. (Menyajikan)
o
Siswa
mengidentifikasi kegiatan-kegiatan di rumah yang merupakan kewajiban.
(Menalar)
o
Siswa menuliskan
kegiatan di rumah yang merupakan kewajiban. (Mengomunikasikan)
o
Siswa bertukar
catatan mengenai kewajiban di rumah dengan teman di sebelahnya.
(Mengomunikasikan)
o
Siswa mengamati
perbedaan dan persamaan kewajiban dengan temannya. (Menalar)
o
Siswa membaca
teks tentang kewajiban pada buku siswa. (Mengamati)
o
Siswa membaca
teks dan mengamati gambar tentang kegiatan melatih otot tangan dan kaki. (Mengamati).
o
Siswa menyebutkan
kegiatan apa saja yang akan mereka lakukan dan bagaimana mereka melakukannya.
(Mengonfirmasi)
o
Setelah berganti
pakaian dengan pakaian orahraga, siswa melakukan pemanasan. (Mencoba)
o
Siswa berlatih
melakukan kegiatan saling mendorong dengan tangan dan kaki, push up dan squad
jump.
o
Mereka melakukan
secara berpasangan. (Mencoba)
o
Setelah kegiatan
selesai mereka melakukan pendinginan. (Mencoba)
o
Guru menutup
kegiatan dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan
menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, saling
menolong, dan saling melengkapi, serta perlu memiliki sikap saling menghargai,
peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
o Mengidentifikasi penggalan teks dongeng (latihan pada buku siswa).
o Mengidentifikasi gambar kewajiban (latihan pada buku siswa).
o Memahami maksud kewajiban (latihan pada buku siswa).
3. Penilaian
Ketrampilan
Lembar Pengamatan Permainan Melatih
Otot Tangan dan Kaki
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
Kriteria 1: mendorong
tangan dan kaki
Kriteria 2: push up
Kriteria 3: squad jump
F. Sumber dan Media
1.
Gambar pakaian adat
2.
Gambar tanaman khas
Lombok
3.
Gambar hasil
kerajinan Lombok
4.
Buku teks
pelajaran/buku siswa
Mengetahui, Tijue,
10 November
2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Setelah kamu mengamati gambar, jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut! Kamu dapat melakukannya sambil bertanya jawab
secara berpasangan.
1.
Mengapa belajar merupakan kewajiban?
..................................................................................
2. Apa yang akan terjadi jika kamu tidak belajar?
..................................................................................
3. Menurutmu, apakah mencari uang kewajiban
anak-anak? Mengapa?
..................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment