RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Kepedulian Terhadap
Lingkungan Sosial/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.4 Memiliki rasa
percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.4 Menggali informasi
dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
3.4.1
Mengidentifikasi
teks dongeng tentang kondisi alam.
4.4 Menyampaikan
teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.4.1
Membaca teks
dongeng tentang kondisi alam.
b) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni danberkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan
ide dalam berkarya seni.
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif.
3.1.1
Mengidentifikasi
barangbarang bekas yang dapat digunakan untuk membuat karya seni gaya dekoratif
4.3 Menghias benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar.
4.3.1 Membuat karya seni gaya
dekoratif dengan menggunakanbarang bekas yang
ada di lingkungansekitar.
.c) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6 Menentukan strategi
pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
3.6.1 Mengenali
masalah yang dapat diselesaikan dengan menukar sejumlah uang.
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang,
berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.2.1 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan uang dengan penukaran.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara
mandiri dalam bahasa Indonesia
2. Benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar
3. Strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan
sejumlah uang
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang
telah mereka pelajari sebelumnya.
o
Guru menyampaikan
materi yang akan dipelajari hari ini berkaitan dengan pentingnya sikap peduli
terhadap orang lain dan lingkungan sekitar.
o
Guru menceritakan
berita yang sedang hangat dibicarakan yang berkaitan dengan sikap peduli
terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Berita yang diceritakan guru
dapat diambil dari media elektronik maupun media cetak.
o
Siswa mengamati
teks legenda Situ Bagendit. (Mengamati)
o
Siswa
mengidentifikasi tempat kejadian legenda tersebut, tokoh yang terlibat, dan
pelajaran yang dapat mereka petik dari legenda Situ Bagendit. (Menalar)
o
Siswa membaca
teks legenda Situ Bagendit secara bergantian. Setiap siswa mendapat
kesempatan membaca satu paragraf. Legenda dibaca sampai sekitar tiga putaran.
(Mengamati, mencoba)
o
Setelah membaca
teks cerita, siswa kembali mengidentifikasi teks legenda dengan menanyakan hal-hal
lain yang ingin diketahuinya secara lisan. Siswa lain diberi kesempatan
menjawab pertanyaan yang diajukan temannya. (Menanya, mengeksplorasi)
o
Setelah kegiatan
bertanya jawab selesai, siswa menuliskan beberapa pertanyaan pada buku siswa.
(Menyajikan)
o
Siswa diminta
mengamati benda-benda hasil kerajinan daerah asal Nyai Endit, yaitu Garut.
Guru mengajak siswa berdiskusi tentang kerajinan tangan khas daerahnya
masing-masing. (Mengamati)
o
Siswa mengamati
gambar dan mengidentifikasi benda-benda yang terdapat pada gambar dan memperkirakan
cara membuatnya. Sehari sebelumnya siswa sudah mendapatkan informasi dari
guru mengenai tugas membawa barang bekas untuk membuat kerajinan. (Mengamati)
o
Siswa mengamati
teks cara membuat kerajinan pada buku siswa.(Mengamati)
o
Siswa menyebutkan
barang-barang bekas apa saja yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan. (Mengomunikasikan)
o
Siswa mengamati
cara membuat wadah serba guna dari kardus bekas dan perca. (Mengamati)
o
Siswa membuat
wadah serbaguna dari kardus bekas dan perca. (Mencoba)
o
Siswa dapat
membuat kerajinan dari barang bekas sesuai keinginannya sendiri dengan
memanfaatkan barang bekas dan peralatan yang dibawanya. (Mencoba)
o
Setelah selesai
berkreasi, siswa memajang hasil kreasinya pada tempat yang telah disediakan. (Menyajikan).
o
Kegiatan
selanjutnya adalah mengamati gambar aneka jenis suvenir lengkap dengan
harganya. Siswa menyebutkan benda-benda yang dilihatnya beserta harganya
(Mengomunikasikan)
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang benda-benda unik atau suvenir biasanya
mudah ditemui di tempat-tempat wisata. Selain memanfaatkan barang bekas atau
sampah yang banyak ditemui dilingkungan sekitar, kerajinan juga dapat
menghasilkan uang (Mengamati).
o
Siswa berlatih
mengenali uang dengan nilai yang sama melalui kegiatan memasangkan kelompok uang
yang memiliki nilai yang sama. (Mengamati)
o
Kemudian,
dilanjutkan dengan berlatih menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang.
(Mencoba).
o
Guru menutup
kegiatan dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan
menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, saling
menolong dan saling melengkapi, serta perlu memiliki sikap saling menghargai,
peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup dengan
membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
o
Mengidentifikasi teks dongeng (latihan pada buku siswa).
o Memahami nilai sejumlah uang melalui menukar (latihan pada buku siswa).
3. Penilaian
Ketrampilan
Rubrik Kegiatan
Membuat Kerajinan dari Barang Bekas
No
|
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Menggunakan
barang
bekas,
harmonis,
rapi,
bermanfaat.
|
Memenuhi
Keempat kriteria.
|
Memenuhi tiga kriteria.
|
Memenuhi dua kriteria.
|
Memenuhi
satu kriteria
|
F. Sumber
dan Media
1. Gambar-gambar pulau Lombok
2. Gambar tanaman khas Lombok
3. Buku teks pelajaran/buku siswa
Mengetahui, Tijue,
11 November
2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Cobalah menyelesaikan masalah-masalah berikut!
1. Edo ingin membeli sebuah bros untuk Ibu seharga
Rp1.500,00. Jika ia membayar dengan uang pecahan koin Rp500,00, berapa banyak
koin yang harus ia siapkan?
...................................................................................
...................................................................................
...................................................................................
...................................................................................
2. Lani ingin membelikan Ayah bingkai foto seharga Rp
7.000,00. Ia membayar dengan uang pecahan Rp2.000,00 dan koin Rp500,00. Berapa
lembar pecahan Rp2.000,00 dan koin Rp500,00 yang harus ia siapkan?
...................................................................................
...................................................................................
...................................................................................
...................................................................................
MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 1
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment