Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 3

TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 17 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                       : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Kepedulian Terhadap Lingkungan Sosial/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.4 Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4.1    Mengidentifikasi teks dongeng tentang kondisi alam.
4.4 Menyampaikan teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4.1        Membaca teks dongeng tentang kondisi alam.

b) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni danberkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
3.1  Mengenal karya seni gaya dekoratif.
3.1.1   Mengidentifikasi barangbarang bekas yang dapat digunakan untuk membuat karya seni gaya dekoratif
4.3  Menghias benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar.
4.3.1  Membuat karya seni gaya dekoratif dengan menggunakanbarang bekas           yang ada di lingkungansekitar.
.c) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.6 Menentukan strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
3.6.1 Mengenali masalah yang dapat diselesaikan dengan menukar sejumlah     uang.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.2.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang dengan penukaran.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri dalam bahasa Indonesia
2.      Benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar
3.      Strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
o   Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari hari ini berkaitan dengan pentingnya sikap peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar.
o   Guru menceritakan berita yang sedang hangat dibicarakan yang berkaitan dengan sikap peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Berita yang diceritakan guru dapat diambil dari media elektronik maupun media cetak.
o   Siswa mengamati teks legenda Situ Bagendit. (Mengamati)
o   Siswa mengidentifikasi tempat kejadian legenda tersebut, tokoh yang terlibat, dan pelajaran yang dapat mereka petik dari legenda Situ Bagendit. (Menalar)
o   Siswa membaca teks legenda Situ Bagendit secara bergantian. Setiap siswa mendapat kesempatan membaca satu paragraf. Legenda dibaca sampai sekitar tiga putaran. (Mengamati, mencoba)
o   Setelah membaca teks cerita, siswa kembali mengidentifikasi teks legenda dengan menanyakan hal-hal lain yang ingin diketahuinya secara lisan. Siswa lain diberi kesempatan menjawab pertanyaan yang diajukan temannya. (Menanya, mengeksplorasi)
o   Setelah kegiatan bertanya jawab selesai, siswa menuliskan beberapa pertanyaan pada buku siswa. (Menyajikan)
o   Siswa diminta mengamati benda-benda hasil kerajinan daerah asal Nyai Endit, yaitu Garut. Guru mengajak siswa berdiskusi tentang kerajinan tangan khas daerahnya masing-masing. (Mengamati)
o   Siswa mengamati gambar dan mengidentifikasi benda-benda yang terdapat pada gambar dan memperkirakan cara membuatnya. Sehari sebelumnya siswa sudah mendapatkan informasi dari guru mengenai tugas membawa barang bekas untuk membuat kerajinan. (Mengamati)
o   Siswa mengamati teks cara membuat kerajinan pada buku siswa.(Mengamati)
o   Siswa menyebutkan barang-barang bekas apa saja yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan. (Mengomunikasikan)
o   Siswa mengamati cara membuat wadah serba guna dari kardus bekas dan perca. (Mengamati)
o   Siswa membuat wadah serbaguna dari kardus bekas dan perca. (Mencoba)
o   Siswa dapat membuat kerajinan dari barang bekas sesuai keinginannya sendiri dengan memanfaatkan barang bekas dan peralatan yang dibawanya. (Mencoba)
o   Setelah selesai berkreasi, siswa memajang hasil kreasinya pada tempat yang telah disediakan. (Menyajikan).
o   Kegiatan selanjutnya adalah mengamati gambar aneka jenis suvenir lengkap dengan harganya. Siswa menyebutkan benda-benda yang dilihatnya beserta harganya (Mengomunikasikan)
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang benda-benda unik atau suvenir biasanya mudah ditemui di tempat-tempat wisata. Selain memanfaatkan barang bekas atau sampah yang banyak ditemui dilingkungan sekitar, kerajinan juga dapat menghasilkan uang (Mengamati).
o   Siswa berlatih mengenali uang dengan nilai yang sama melalui kegiatan memasangkan kelompok uang yang memiliki nilai yang sama. (Mengamati)
o   Kemudian, dilanjutkan dengan berlatih menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. (Mencoba).
o   Guru menutup kegiatan dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, saling menolong dan saling melengkapi, serta perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
o   Mengidentifikasi teks dongeng (latihan pada buku siswa).
o   Memahami nilai sejumlah uang melalui menukar (latihan pada buku siswa).

3. Penilaian Ketrampilan
Rubrik Kegiatan Membuat Kerajinan dari Barang Bekas
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Menggunakan
barang bekas,
harmonis, rapi,
bermanfaat.

Memenuhi
Keempat kriteria.
Memenuhi tiga kriteria.
Memenuhi dua kriteria.
Memenuhi
 satu kriteria


F. Sumber dan Media
1.      Gambar-gambar pulau Lombok
2.      Gambar tanaman khas Lombok
3.      Buku teks pelajaran/buku siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, 11  November  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



 LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



Cobalah menyelesaikan masalah-masalah berikut!

1. Edo ingin membeli sebuah bros untuk Ibu seharga Rp1.500,00. Jika ia membayar dengan uang pecahan koin Rp500,00, berapa banyak koin yang harus ia siapkan?
...................................................................................
...................................................................................
...................................................................................
...................................................................................
 
2. Lani ingin membelikan Ayah bingkai foto seharga Rp 7.000,00. Ia membayar dengan uang pecahan Rp2.000,00 dan koin Rp500,00. Berapa lembar pecahan Rp2.000,00 dan koin Rp500,00 yang harus ia siapkan?
...................................................................................
...................................................................................
...................................................................................
...................................................................................


MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 3



TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 1
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors