Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 4

TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 18 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Kepedulian Terhadap Lingkungan Sosial/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.4 Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4.1 Mengidentifikasi teks dongeng tentang kondisi alam.
4.4 Menyampaikan teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4.1 Membuat kegiatan sebagai tanggapan terhadap teks dongeng.

b) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan di sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi kewajiban di sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2.1 Memberi tanggapan terhadap pelaksanaan kewajiban di sekolah.
.
c) PPKn
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.4 Mengetahui cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4.1 Mengidentifikasi cara berjalan yang tepat dan koordinatif melalui kegiatan
         gerak jalan
4.4 Mempraktikkan cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1 Mempraktikkan cara berjalan yang tepat dan koordinatif melalui kegiatan gerak jalan.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
2.      Hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan di sekolah
3.      Cara berjalan yang tepat dan koordinatif melalui kegiatan gerak jalan
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
10.  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan membahas tentang kewajiban di sekolah.
11.  Siswa menyampaikan pendapatnya seputar kewajiban di sekolah (Mengomunikasikan).
12.  Guru menceritakan beberapa berita aktual yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan
Dibahas

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menyebutkan kegiatan pada gambar, bertanya jawab, dan menemukan bahwa kegiatan pada gambar merupakan bentuk kewajiban siswa di sekolah. (Menalar)
o   Siswa mengamati kelasnya dan merapikan kelasnya. (Mencoba)
o   Siswa membaca teks tentang kelas yang bersih. (Mengamati)
o   Siswa menuliskan sekurang-kurangnya dua kewajiban di sekolah pada kertas yang telah disediakan dan menghiasnya dengan indah. (Mengamati, mengeksplorasi, mencoba)
o   Semua daftar kewajiban yang telah dibuat siswa, kemudian dipajang pada papan pajangan dan dapat dibaca semua siswa. (Menyajikan)
o   Setelah siswa membaca semua daftar kewajiban yang dibuat teman-temannya, siswa membuat tulisan berisi tanggapan tentang pelaksanaan kewajiban di sekolah. Apakah mereka antusias melaksanakannya atau menjadi beban tambahan buat mereka. (Menalar)
o   Kegiatan dilanjutkan dengan membaca penggalan teks dongeng pada buku siswa dan bertanya jawab mengenai pentingnya beramal kepada sesame manusia. Beramal itu sebetulnya merupakan kewajiban dan banyak bentuknya. (Menalar)
o   Setelah kegiatan bertanya jawab, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa. (Menalar)
o   Usai menjawab pertanyaan, siswa membaca teks tentang Uang Amal Sekolah. Uang amal merupakan bentuk kepedulian terhadap orang-orang yang membutuhkan. (Mengamati)
o   Siswa mengamati kembali teks Uang Amal Sekolah lalu bercerita secara bergantian tentang isi teks kepada teman di sebelahnya. (Mencoba)
o   Setelah saling bercerita tentang isi teks, siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait teks. (Menalar)
o   Salah satu kewajiban di sekolah, yaitu bersikap tertib dan disiplin. Untuk melatih sikap tertib dan disiplin, siswa berlatih gerak jalan bersama. (Mencoba)
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa gerak jalan bukan saja melatih ketertiban dan kedisiplinan, tetapi dapat membuat badan sehat dan bugar.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara berjalan yang baik, yaitu gerakan kaki dan tangan harus kompak. Gerakan tambahan atau variasi gerak dalam barisan juga dibutuhkan dalam lomba gerak jalan. (Mengamati)
o   Siswa mengamati contoh yang diberikan guru, contoh posisi siap, posisi jalan di tempat, posisi berjalan biasa, dan posisi berjalan tegap. (Mengamati)
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok berlatih berbaris dengan rapi, lalu berjalan dengan gerakan kaki dan tangan yang serempak antarsemua anggota. Siswa juga berlatih variasi gerakan saat berjalan. (Mencoba)
o   Setelah selesai berlatih gerak jalan, siswa melakukan pendinginan lalu berganti baju.
o   Guru menutup kegiatan dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, saling menolong, saling melengkapi, serta perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
o   Menuliskan contoh kewajiban di sekolah (latihan pada buku siswa).
o   Mengidentifikasi teks dongeng (latihan pada buku siswa).
o   Menjawab pertanyaan terkait teks tentang uang amal (latihan pada buku siswa).

3. Penilaian Ketrampilan
Lembar Pengamatan Kegiatan Gerak Jalan
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak

















































































































































































































































Ket:
Kriteria 1 : berjalan dengan gerakan tangan dan kaki seirama
Kriteria 2 : berjalan dengan tegak dan semangat
Kriteria 3 : melakukan variasi gerakan

F. Sumber dan Media
1. Contoh mading/penyusunan hasil karya pada karton
2. Kertas, pensil warna/crayon, benda-benda lain untuk menghias
3. Kaleng bekas untuk uang amal kelas
4. Buku teks pelajaran/buku siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, 12  November  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Bacalah kembali penggalan teks dongeng berikut ini.

“... Nyai Endit adalah orang terkaya di desa. Dia
orang yang sangat tamak. Ia selalu mengambil
keuntungan dari orang lain. Sikap Nyai Endit
membuat penduduk desa menderita ....
... Nyai Endit dan rumahnya tenggelam.
Penduduk yang sudah mengungsi
terselamatkan. Banjir menyisakan danau kecil
yang bernama Situ Bagendit”.



Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Bagaimana sifat Nyai Endit?
...................................................................................

2. Bagaimana akibat dari sifat Nyai Endit bagi
penduduk desa?
...................................................................................

3. Apakah sifat Nyai Endit membawa kebaikan
untuk dirinya? Jelaskan!
...................................................................................

4. Pelajaran apa yang dapat kamu ambil dari
dongeng tentang Nyai Endit?
...................................................................................

5. Menurutmu, apa yang terjadi jika Nyai Endit
adalah orang kaya yang suka membantu orang
lain?
...................................................................................

MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 4


TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 1
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 2
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors