RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Kepedulian Terhadap
Lingkungan Sosial/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.4 Memiliki rasa
percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.4 Menggali
informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
3.4.1 Mengidentifikasi
teks dongeng tentang kondisi alam.
4.4 Menyampaikan
teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.4.1 Membuat
kegiatan sebagai tanggapan terhadap teks dongeng.
b) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah
Tuhan.
2.3 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan
ide dalam berkarya seni.
3.2 Mengetahui hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan di sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi
kewajiban di sekolah.
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2.1 Memberi
tanggapan terhadap pelaksanaan kewajiban di sekolah.
.
c) PPKn
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.4 Mengetahui cara
memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan,
serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4.1 Mengidentifikasi
cara berjalan yang tepat dan koordinatif melalui kegiatan
gerak
jalan
4.4 Mempraktikkan
cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan,
serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1 Mempraktikkan
cara berjalan yang tepat dan koordinatif melalui kegiatan gerak jalan.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia
2. Hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan
di sekolah
3.
Cara berjalan yang
tepat dan koordinatif melalui kegiatan gerak jalan
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Guru membuka
pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang
telah mereka pelajari sebelumnya.
10. Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan
membahas tentang kewajiban di sekolah.
11. Siswa menyampaikan pendapatnya seputar kewajiban di
sekolah (Mengomunikasikan).
12. Guru menceritakan beberapa berita aktual yang berkaitan
dengan materi pelajaran yang akan
Dibahas
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa menyebutkan
kegiatan pada gambar, bertanya jawab, dan menemukan bahwa kegiatan pada
gambar merupakan bentuk kewajiban siswa di sekolah. (Menalar)
o
Siswa mengamati
kelasnya dan merapikan kelasnya. (Mencoba)
o
Siswa membaca
teks tentang kelas yang bersih. (Mengamati)
o
Siswa menuliskan
sekurang-kurangnya dua kewajiban di sekolah pada kertas yang telah disediakan
dan menghiasnya dengan indah. (Mengamati, mengeksplorasi, mencoba)
o
Semua daftar
kewajiban yang telah dibuat siswa, kemudian dipajang pada papan pajangan dan
dapat dibaca semua siswa. (Menyajikan)
o
Setelah siswa
membaca semua daftar kewajiban yang dibuat teman-temannya, siswa membuat tulisan
berisi tanggapan tentang pelaksanaan kewajiban di sekolah. Apakah mereka
antusias melaksanakannya atau menjadi beban tambahan buat mereka. (Menalar)
o
Kegiatan
dilanjutkan dengan membaca penggalan teks dongeng pada buku siswa dan
bertanya jawab mengenai pentingnya beramal kepada sesame manusia. Beramal itu
sebetulnya merupakan kewajiban dan banyak bentuknya. (Menalar)
o
Setelah kegiatan
bertanya jawab, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa. (Menalar)
o
Usai menjawab
pertanyaan, siswa membaca teks tentang Uang Amal Sekolah. Uang amal merupakan
bentuk kepedulian terhadap orang-orang yang membutuhkan. (Mengamati)
o
Siswa mengamati
kembali teks Uang Amal Sekolah lalu bercerita secara bergantian tentang isi
teks kepada teman di sebelahnya. (Mencoba)
o
Setelah saling
bercerita tentang isi teks, siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait
teks. (Menalar)
o
Salah satu
kewajiban di sekolah, yaitu bersikap tertib dan disiplin. Untuk melatih sikap
tertib dan disiplin, siswa berlatih gerak jalan bersama. (Mencoba)
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru bahwa gerak jalan bukan saja melatih ketertiban
dan kedisiplinan, tetapi dapat membuat badan sehat dan bugar.
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang cara berjalan yang baik, yaitu gerakan
kaki dan tangan harus kompak. Gerakan tambahan atau variasi gerak dalam
barisan juga dibutuhkan dalam lomba gerak jalan. (Mengamati)
o
Siswa mengamati
contoh yang diberikan guru, contoh posisi siap, posisi jalan di tempat,
posisi berjalan biasa, dan posisi berjalan tegap. (Mengamati)
o
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok berlatih berbaris dengan rapi,
lalu berjalan dengan gerakan kaki dan tangan yang serempak antarsemua
anggota. Siswa juga berlatih variasi gerakan saat berjalan. (Mencoba)
o
Setelah selesai
berlatih gerak jalan, siswa melakukan pendinginan lalu berganti baju.
o
Guru menutup
kegiatan dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan
menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, saling
menolong, saling melengkapi, serta perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli,
jujur, santun dan bertanggung jawab.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
o
Menuliskan contoh kewajiban di sekolah (latihan pada buku siswa).
o
Mengidentifikasi teks dongeng (latihan pada buku siswa).
o Menjawab pertanyaan terkait teks tentang uang amal (latihan pada buku
siswa).
3. Penilaian
Ketrampilan
Lembar Pengamatan Kegiatan Gerak Jalan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
Kriteria 1 : berjalan dengan gerakan tangan dan kaki seirama
Kriteria 2 : berjalan dengan tegak dan semangat
Kriteria 3 : melakukan variasi gerakan
F. Sumber
dan Media
1. Contoh
mading/penyusunan hasil karya pada karton
2. Kertas,
pensil warna/crayon, benda-benda lain untuk menghias
3. Kaleng
bekas untuk uang amal kelas
4. Buku
teks pelajaran/buku siswa
Mengetahui, Tijue,
12 November
2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Bacalah kembali penggalan teks dongeng berikut ini.
“... Nyai
Endit adalah orang terkaya di desa. Dia
orang yang
sangat tamak. Ia selalu mengambil
keuntungan
dari orang lain. Sikap Nyai Endit
membuat
penduduk desa menderita ....
... Nyai
Endit dan rumahnya tenggelam.
Penduduk
yang sudah mengungsi
terselamatkan.
Banjir menyisakan danau kecil
yang
bernama Situ Bagendit”.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Bagaimana sifat
Nyai Endit?
...................................................................................
2. Bagaimana akibat
dari sifat Nyai Endit bagi
penduduk desa?
...................................................................................
3. Apakah sifat
Nyai Endit membawa kebaikan
untuk dirinya?
Jelaskan!
...................................................................................
4. Pelajaran apa yang
dapat kamu ambil dari
dongeng tentang
Nyai Endit?
...................................................................................
5. Menurutmu, apa
yang terjadi jika Nyai Endit
adalah orang kaya
yang suka membantu orang
lain?
...................................................................................
MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 1
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 2
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment