Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 5

TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 18 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Kepedulian Terhadap Lingkungan Sosial/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.4 Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4.1 Mengidentifikasi teks dongeng tentang kondisi alam
4.4 Menyampaikan teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4.1 Memberi tanggapan terhadap teks dongeng

b) PPKn
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan di sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi contoh kewajiban dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Memberi tanggapan terhadap pelaksanaan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari

c) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran.
3.14.1 Membandingkan data pada grafik batang.
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
4.11.1 Melengkapi data pada grafik lingkaran berdasarkan data pada grafik batang.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
2.      kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.      data pada grafik batang
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
10.  Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan membahas tentang kewajiban beramal baik bagi manusia.
11.  Siswa menyampaikan pendapat dan pengalamannya tentang beramal baik yang pernah dilakukan. (Mengomunikasikan)

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca penggalan teks dongeng tentang
o   Dewi Anjani. (Mengamati)
o   Siswa menuliskan jasa-jasa Dewi Anjani untuk manusia, dan sifat baiknya yang patut ditiru. (Menyajikan)
o   Siswa menuliskan pendapatnya tentang Dewi Anjani. (Mengomunikasikan)
o   Siswa membaca teks tentang kebiasaan beramal. (Mengamati)
o    Siswa mengamati gambar dan menyebutkankegiatan apa saja yang ditunjukkan gambar. (Mengamati)
o   Siswa berbagi pengalaman tentang amal yang sudah mereka lakukan pada hari ini. (Mengomunikasikan)
o   Beberapa siswa mendapat kesempatan menanggapi isi gambar. (Menalar)
o   Seorang siswa membaca teks dengan suara nyaring dan siswa lain menyimak dengan baik. Guru bisa menggunakan cara lain untuk aktivitas membaca ini. (Mengamati)
o   Kemudian siswa mengamati gambar. (Mengamati)
o   Siswa menyebutkan contoh-contoh kewajiban yang mungkin dilakukan. (Mengomunikasikan)
o   Siswa menuliskan kewajiban yang ingin dilaksanakan pada bagan. (Mengomunikasikan)
o   Siswa belajar bersikap jujur dan menjalankan apa yang direncanakannya. (Mencoba)
o   Siswa mengamati gambar. (Mengamati)
o   Siswa memberi tanggapan tentang pelaksanaankegiatan pada gambar di tempatnya masingmasing. (Mengamati, menalar)
o   Siswa mengamati gambar alat tulis dan banyaknya masing-masing. (Mengamati)
o   Siswa menggunakan data pada gambar untuk membuatgrafik batang horizontal. (Mencoba)
o   Setelah grafik batang selesai dibuat, siswa menjawab pertanyaan pada buku yang berisi soal-soal membandingkan data. (Mengamati, menalar)
o   Siswa melengkapi grafik lingkaran dengan data yang terdapat pada grafik batang. (Menalar)
o   Guru menutup kegiatan dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, saling menolong dan saling melengkapi, serta perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

2. Penilaian Pengetahuan
o   Menuliskan kewajiban (latihan pada buku siswa).
o   Menggunakan data untuk membuat grafik batang (latihan pada buku siswa).
o   Melengkapi grafik lingkaran dengan data yang tepat (latihan pada buku siswa).

3. Penilaian Ketrampilan
Lembar Pengamatan Membuat Kesimpulan dari Teks yang Dibaca
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1









2


































































































































































































































































































Keterangan:
Kriteria 1 : menyebutkan beramal baik merupakan kewajiban
Kriteria 2 : menyebutkan contoh beramal
Kriteria 3 : memberi penjelasan tentang kebiasaan beramal orang di sekitarnya.


F. Sumber dan Media
1. Gambar-gambar tentang perbuatan baik
2. Buku teks

Mengetahui,                                                                       Tijue, 13  November  2015  
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                  Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027





LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 5



MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors