RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Kepedulian Terhadap
Lingkungan Sosial/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.4 Memiliki rasa
percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.4 Menggali informasi
dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
3.4.1 Mengidentifikasi
teks dongeng tentang kondisi alam
4.4 Menyampaikan
teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.4.1 Memberi
tanggapan terhadap teks dongeng
b) PPKn
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.2 Mengetahui hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan di sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi
contoh kewajiban dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Memberi
tanggapan terhadap pelaksanaan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari
c) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.14 Menentukan perbandingan
data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran.
3.14.1 Membandingkan
data pada grafik batang.
4.11 Mengumpulkan,
mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
4.11.1 Melengkapi
data pada grafik lingkaran berdasarkan data pada grafik batang.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia
2.
kewajiban sebagai
warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3. data pada grafik batang
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Guru membuka
pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang
telah mereka pelajari sebelumnya.
10. Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan
membahas tentang kewajiban beramal baik bagi manusia.
11. Siswa menyampaikan pendapat dan pengalamannya
tentang beramal baik yang pernah dilakukan. (Mengomunikasikan)
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
penggalan teks dongeng tentang
o
Dewi Anjani.
(Mengamati)
o
Siswa menuliskan
jasa-jasa Dewi Anjani untuk manusia, dan sifat baiknya yang patut ditiru. (Menyajikan)
o
Siswa menuliskan
pendapatnya tentang Dewi Anjani. (Mengomunikasikan)
o
Siswa membaca
teks tentang kebiasaan beramal. (Mengamati)
o
Siswa mengamati gambar dan
menyebutkankegiatan apa saja yang ditunjukkan gambar. (Mengamati)
o
Siswa berbagi
pengalaman tentang amal yang sudah mereka lakukan pada hari ini.
(Mengomunikasikan)
o
Beberapa siswa
mendapat kesempatan menanggapi isi gambar. (Menalar)
o
Seorang siswa
membaca teks dengan suara nyaring dan siswa lain menyimak dengan baik. Guru
bisa menggunakan cara lain untuk aktivitas membaca ini. (Mengamati)
o
Kemudian siswa
mengamati gambar. (Mengamati)
o
Siswa menyebutkan
contoh-contoh kewajiban yang mungkin dilakukan. (Mengomunikasikan)
o
Siswa menuliskan
kewajiban yang ingin dilaksanakan pada bagan. (Mengomunikasikan)
o
Siswa belajar
bersikap jujur dan menjalankan apa yang direncanakannya. (Mencoba)
o
Siswa mengamati
gambar. (Mengamati)
o
Siswa memberi
tanggapan tentang pelaksanaankegiatan pada gambar di tempatnya masingmasing. (Mengamati,
menalar)
o
Siswa mengamati
gambar alat tulis dan banyaknya masing-masing. (Mengamati)
o
Siswa menggunakan
data pada gambar untuk membuatgrafik batang horizontal. (Mencoba)
o
Setelah grafik
batang selesai dibuat, siswa menjawab pertanyaan pada buku yang berisi
soal-soal membandingkan data. (Mengamati, menalar)
o
Siswa melengkapi
grafik lingkaran dengan data yang terdapat pada grafik batang. (Menalar)
o
Guru menutup kegiatan
dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan
menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, saling
menolong dan saling melengkapi, serta perlu memiliki sikap saling menghargai,
peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
o Menuliskan kewajiban (latihan pada buku siswa).
o Menggunakan data untuk membuat grafik batang (latihan pada buku siswa).
o Melengkapi grafik lingkaran dengan data yang tepat (latihan pada buku
siswa).
3. Penilaian
Ketrampilan
Lembar Pengamatan Membuat Kesimpulan
dari Teks yang Dibaca
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria 1 :
menyebutkan beramal baik merupakan kewajiban
Kriteria 2 :
menyebutkan contoh beramal
Kriteria 3 :
memberi penjelasan tentang kebiasaan beramal orang di sekitarnya.
F. Sumber dan Media
1.
Gambar-gambar tentang perbuatan baik
2. Buku
teks
Mengetahui,
Tijue,
13 November
2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 1
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 2
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 3
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 4
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 2
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 3
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment